27 April 2005

Jalan Tol Cipularang

Posted under: at 22:31

Tol Cipularang

Saat ini saya sedang di Bandung untuk sebuah keperluan. Perjalanan ke Bandung, tentunya saya tempuh dengan menggunakan jalan tol Cipularang yang baru dibuka beberapa hari yang lalu. Sebelumnya, perjalanan dari Jakarta ke Bandung biasa memakan waktu 3-6 jam tergantung keramaian. Tapi dengan menggunakan jalan tol yang baru dibuka ini, perjalanan perdana saya ini hanya memakan waktu kurang dari dua jam. Saya sendiri berangkat dari seputaran Pancoran kurang lebih pukul 15.45 dan sampai di gerbang tol Pasteur Bandung sekitar pukul 17.30. Dan itu pun sudah termasuk bermacet-macet di jalan tol Cikampek karena adanya kecelakaan dan perjalanan juga kami tempuh dengan santai.

Menurut perhitungan saya, jarak tempuh juga sangat berkurang. Biasanya perjalanan dari Jakarta ke Bandung berjarak kurang lebih 180 km. Sedangkan dengan adanya jalan tol ini, jarak dari Cawang Jakarta ke Pasteur Bandung hanyalah sekitar 135 km.

Tidak ada masalah yang berarti pada kondisi fisik jalan, hanya saja masih ada pekerjaan di sana-sini. Saya perhatikan, di antara ruas jalan Sadang-Padalarang Barat hanya ada satu tempat keluar yang operasional, yaitu di Jatiluhur/Purwakarta/Ciganea. Sedangkan menurut pengamatan saya masih ada dua tempat keluaran lagi yang masih dalam tahap pembangunan.

Pada perjalanan perdana saya ini, jalan tol Cipularang relatif sepi. Masih jauh lebih ramai ruas tol Cikampek. Pada percabangan ke arah Sadang dan Cikampek, saya lihat kebanyakan mobil berat menuju arah Cikampek. Melihat kondisi fisik, terrain dari tol Cipularang jauh lebih bergelombang dibandingkan tol Cikampek yang relatif rata. Sebagian besar ruas jalan memiliki dua buah lajur, kecuali pada beberapa tempat yang menanjak dibuat menjadi tiga lajur.

Menurut saya pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan jauh lebih strategis dibandingkan tol Cipularang ini. Tol Cikampek-Palimanan akan menghubungkan pelabuhan Cirebon serta calon bandara Internasional di Kertajati, Majalengka. Sedangkan tol Cipularang ini hanya akan menghubungkan kota Bandung yang menurut saya tidak dirancang untuk menjadi kota besar. Saya tidak tahu mengapa pemerintah memprioritaskan tol Cipularang dibandingkan tol Cikampek-Palimanan. Mungkin karena KAA. Mungkin karena jauh lebih menguntungkan? :) Tapi paling tidak perjalanan saya dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya akan menjadi jauh lebih singkat. :)

88 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!