13 May 2005

Fenomena Blog Ditinjau Dari Sisi Psikologis

Posted under: at 11:26

Kenz membahas blog ditinjau dari sisi psikologis.

Aktivitas menulis blog merupakan proses belajar. Ketika kita mengungkapkan perasaan kita melalui suatu blog, kita akan belajar untuk mengenal perasan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian kita. Semakin sering kita menyadari hal tersebut semakin lama kita semakin mengenal diri kita sendiri sehingga pada situasi yang sama, kita akan belajar untuk mengontrol emosi tersebut. Hal ini merupakan salah satu dari dasar pemikiran Aaron Beck yang terkenal dengan terapi kognitifnya.

Tak lupa, bahasan itu juga menyinggung sisi psikologis dari you-know-who yang selama ini selalu antipati terhadap fenomena blog :). Perlu diperhatikan pula bahwa domain blog ini diakhiri dengan ‘ugm.ac.id’. Saya harap ini bisa mengakhiri anggapan-anggapan beberapa pihak bahwa fenomena anti you-know-who dilandasi oleh sentimen dari Universitas tertentu.

35 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!