12 July 2005

Katakan Tidak Ke APJII

Posted under: at 19:50

Say NO to APJII

Perseteruan antara APJII dan IDNIC ccTLD-ID memasuki babak baru. Hal ini dimulai dari Munas IV APJII yang salah satu program kerjanya adalah “Penetapan Format institusi untuk IDNIC, Redelegation Process”. Kelihatannya, APJII saat ini sedang berusaha untuk menarik kontrol IDNIC dari tangan ccTLD-ID yang diketuai Budi Rahardjo melalui campur tangan pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari posting Budi Rahardjo yang berjudul Say No To APJII.

A few days ago, they went to the Government and asked the Gov to support APJII (or they use the name ID-NIC) as the domain management in Indonesia. Now, I am pretty sure APJII will send an email to IANA/ICANN as well, asking for a redelegation to them.

Ternyata lebih daripada itu, APJII juga berniat untuk menempuh jalur hukum terhadap Budi Rahardjo secara pribadi. Tuduhannya? Penggelapan Dana Domain .ID.

Ketika dihubungi, John Sihar Simanjuntak, Wakil Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tidak menyangkal adanya rencana tuntutan yang akan dilayangkan oleh APJII, meskipun tidak merinci secara detil bentuk tuntutan tersebut.

Budi Rahardjo pun menyangkal dengan keras tuduhan tersebut. “Tuduhan itu adalah fitnah.”.

Ketika dihubungi oleh detikinet pada Senin (11/7/2005), Budi yang terdengar letih tersebut, menyatakan dirinya hanya akan pasif saja mengikuti apa yang akan dilakukan oleh APJII nantinya. “Dugaan tuduhan penggelapan tersebut adalah fitnah,” tegas Budi.

Menurut rilis pers APJII, litigasi memang menjadi jalan APJII untuk merebut secara paksa registrasi domain dari pengurus yang sekarang.

Adapun langkah-langkah APJII sesuai dengan program Munas APJII yang digelar bulan Mei lalu, antara lain melakukan redelegasi dan litigasi terhadap pengelolaan PDTT-ID/ccTLD (country code top level domain) dari perorangan ke lembaga IDNIC, pembentukan PT IIX (Indonesia Internet Exchange), serta penyuksesan pelaksanaan APRICOT yang akan digelar di Bali tahun 2007.

Yang saya tidak mengerti adalah mengapa tuduhan tersebut berupa tuduhan pidana penggelapan dana?

Saya sendiri berpendapat bahwa registrasi domain sebaiknya tidak ditangani oleh APJII. APJII adalah asosiasi yang menaungi kepentingan anggotanya yang terdiri dari penyedia jasa akses Internet di Indonesia. Sedangkan pelaku bisnis Internet tidak hanya anggota APJII. Web hosting dan web developer umumnya tidak menjadi anggota APJII sedangkan mereka juga adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan pengelolaan domain.

Jadi, Say NO to APJII!

46 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!