15 August 2005

Hoax Mengenai Suara-Suara Dari Dalam Tanah

Posted under: at 23:11

Ah, lagi-lagi cuma hoax. Sampai saat ini saya sudah menerima tak kurang dari 10 email tentang suara-suara jeritan dari dalam tanah. Beberapa di antaranya bahkan menyertakan file MP3 jeritan tersebut yang berukuran lebih dari 600KB. Tentu saja hal ini sangat mengganggu.

Email-email hoax ini bertemakan dakwah dan diawali dengan:

Penemuan terakhir ini adalah penemuan yang sangat mengejutkan pendengaran kami, dengan penemuan ini banyak dari peneliti kami yang berhenti dari pekerjaan ini karena ketakutan. Pada awalnya kami hanya hendak mendengarkan pergerakan bumi dengan interval tertentu dan mendengarkan Super Sensitive Microphone yang masuk ke dalam bilik-bilik atau lubang-lubang bumi dan reruntuhan galian. Pada awalnya kami menyangka apa yang kami dapat itu adalah gesekan dari alat-alat kami pada dinding-dinding perut bumi, tetapi suara ini menghancurkan seluruh logika kami.

Setelah beberapa penyesuaian kami berkesimpulan bahwa suara ini berasal dari interior bumi, jadi seakan-akan di dalam perut bumi ini ada ruang lain yang berbeda dari tempat yang kami gali, dan dari ruangan tersebutlah kami tidak mempercayai apa yang kami dengar. Kami mendengar dari ruang bumi yang lain itu ada suara manusia berteriak keras dalam kesakitan. Walaupun satu suara didengar, kami dapat mendengar ribuan bahkan jutaan latar belakang suara manusia yang sedang dalam kesakitan akibat penyiksaan.

blah… blah… blah…

Versi lengkap dapat dilihat di sini.

Ternyata hoax ini adalah hoax dakwah Agama Kristen yang ditulis ulang dalam versi Agama Islam. Penemuan yang disebut sebagai “penemuan terakhir” ini sudah ada sejak awal tahun 90-an menurut debunking yang dilakukan Snopes.com. Halaman tersebut pun terakhir diperbaharui pada tahun 1998. Bacalah halaman tersebut jika anda ingin mengetahui bagaimana hoax ini tersebar pertama kalinya.

Mengenai audio MP3 yang disertakan pada hoax tersebut, suara itu bisa merupakan suara apa saja. Bisa jadi itu adalah suara beberapa orang berteriak atau menangis yang disatukan. UrbanDictionary.com bahkan mengatakan bahwa itu adalah suara anak-anak kecil yang diperlambat temponya.

Suara tersebut bisa merupakan suara apa saja. Jika kita tidak diberitahu dibohongi sebelumnya bahwa suara tersebut adalah suara akibat penyiksaan maka tidak mungkin pikiran kita mengatakan bahwa suara tersebut adalah teriakan manusia akibat penyiksaan. Metoda ilmiah yang benar untuk mengidentifikasi asal suara itu adalah dengan double blind test, dimana subjek tidak diberitahu terlebih dahulu tentang apa yang akan dia dengar.

Yang mencengangkan menurut saya bukan suara aneh tersebut, tetapi bahwa hoax ini sempat disiarkan pada acara pengajian di Daarut Tauhid di MQ FM! Silakan lihat thread tentang hal ini di MyQuran.org.

Ada-ada saja…

77 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!