7 September 2005

Google AdSense dan Blog Berbahasa Indonesia

Posted under: at 08:32

Imponk kemarin menanyakan kepada saya mengapa sampai saat ini belum ada yang mengklik iklan Adsense-nya. Menurut saya penyebab utamanya kemungkinan besar adalah bahwa blog Imponk berbahasa Indonesia. Karena itu hampir semua iklan Adsense yang ditampilkan adalah PSA yang tidak masuk hitungan walaupun diklik oleh pengunjung. Sampai saat ini memang Google Adsense tidak mendukung konten berbahasa Indonesia.

Jadi apa alternatif bagi penulis blog berbahasa Indonesia? Selain Google Adsense ada juga layanan lain. Adsrated.co.uk menyediakan ulasan beberapa penyedia layanan PPC selain Google Adsense. Saya sendiri belum pernah mencoba layanan PPC selain Google Adsense. Bagaimana pengalaman anda yang sudah mencobanya?

Walaupun demikian, penulis blog yang sekaligus penggemar Google Adsense tidak perlu kuatir. Saya berkeyakinan bahwa Google suatu saat akan mendukung konten berbahasa Indonesia. Pada bulan Januari yang lalu Google meluncurkan Google.co.id. Setelah itu Google juga meluncurkan versi Bahasa Indonesia dari Gmail. Selanjutnya bisa saja Google akan mendukung Bahasa Indonesia untuk program Adsense-nya. Saya sendiri menulis blog menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tergantung dari isi tulisan yang saya buat.

Bagaimanapun, pasar Indonesia tidak dapat diabaikan oleh Google. Indonesia adalah salah satu negara yang paling aktif ber-Internet apalagi yang berhubungan dengan interaksi antara pengguna. Saya masih ingat bagaimana kanal-kanal berbahasa Indonesia di IRC pada pertengahan tahun 90-an adalah kanal-kanal yang paling banyak penduduknya. Kemudian pernah ada yang memberi tahu saya bahwa grup terbanyak di Yahoo! Groups adalah grup yang dibuat oleh orang Indonesia. Friendster –sebuah situs jaringan pertemanan– sebagian besar dihuni oleh orang-orang dari Indonesia. Dan tentu saja mailing list paling ramai di Google Groups adalah mailing list berbahasa Indonesia.

Jadi bersabarlah, karena saat itu akan tiba :). Menulis blog tanpa pemasukan tidaklah percuma, masih ada manfaat lain yang dapat didapat dari menulis blog. Tetapi jika anda menulis blog hanya untuk mengharapkan pemasukan, maka anda adalah orang-orang yang merugi :). Tidak perlu mengubah gaya penulisan anda hanya untuk mengharapkan pendapatan dari Adsense. Tetaplah menulis blog dengan gaya anda sendiri dan saya yakin anda dan kita semua akan mendapat manfaat dari itu.

83 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!