16 September 2005

Hoax Tentang Penularan HIV di Tempat Umum

Posted under: at 16:20

Sekarang sedang musim hoax berbahasa Indonesia rupanya. Sampai saat ini saya sudah menerima tak kurang dari satu lusin pesan untuk berhati-hati terhadap penularan virus HIV di tempat-tempat umum seperti di bioskop atau di ATM. Pesan tersebut saya terima dari berbagai macam media, mulai dari email pribadi, mailing list, instant messaging dan juga bulletin Friendster.

Rangkuman isi pesan tersebut:

Mohon luangkan sedikit waktu anda terhadap mail ini , jika perlu untuk nasihat kepada yang lain …. mohon forward ke kawan2 lain karena hal ini terjadi di PARIS baru baru ini dan kemungkinan terjadi di manapun di Dunia ini.

Beberapa minggu yang lalu , dalam sebuah teater Film, seseorang merasa ada yang menusuk di bagian bawah tempat duduknya, ketika dia berdiri dari tempat duduk nya , dia menemukan sebuah jarum melekat pada tempat duduknya denga adanya catatan yang bertuliskan “kamu baru saja ter-infeksi HIV”. Kantor Pusat pengawasan penyakit (di PARIS) melaporkan banyaknya peristiwa serupa di beberapa kota akhir akhir ini, semua jarum yang menjadi media di kejadian tsb, telah di test dan dinyatakan ada VIRUS HIV POSITIF. Kantor tsb juga melaporkan bahwa jarum ter-infeksi HIV serupa juga ditemukan di kotak pengambi l uang di MESIN ATM bank, disarankan pula pada para pengguna mesin ATM untuk “SANGAT WASPADA” ketika menghadapi situasi seperti ini. Semua BANGKU/TEMPAT DUDUK umum harus di PERIKSA dengan TELITI sebelum di gunakan. PEMERIKSAAN secara VISUAL dengan penuh ke-TELITIAN & KEHATI-HATIAN sangat perlu di butuhkan dengan kecukupannya, mohon forward kepada anggota keluarga anda serta kepada semua rekan akan potensi bahaya hal ini.

(blah blah blah)

Untuk menganalisisnya, mari kita buka Snopes.com, sebuah situs yang bertujuan untuk mencari kebenaran hal-hal semacam ini. Untuk mencari kebenaran berita ini, gunakan kata kunci ‘AIDS’ atau ‘HIV’. Ah, seperti yang saya duga, pesan berantai ini sudah ada di Snopes.com dan tidak sulit untuk menemukannya.

Penjelasan mengenai pesan berantai ini dapat dibaca pada bagian Pin Prick Attacks dengan klaim “AIDS-infected blood is being injected into unsuspecting moviegoers and young people dancing in bars or at raves.” Ternyata berita “beberapa minggu yang lalu” ini sudah beredar sejak tahun 1998. “Beberapa” memang berarti lebih dari satu, tetapi jauh lebih akurat jika disebut “beberapa tahun” dan bukan “beberapa minggu” :). Yang jelas, menurut Snopes kabar berantai ini tidak benar. Tidak pernah ada kejadian seperti yang dikabarkan oleh pesan berantai ini. Untuk lengkapnya, silakan anda baca sendiri di Snopes.com.

Walaupun demikian tidak ada salahnya kita berhati-hati sebelum duduk di bioskop. Memeriksa bangku atau tempat duduk secara visual dengan teliti dan seksama tentunya tidak ada salahnya. Bisa saja pemakai tempat duduk sebelumnya meninggalkan kejutan untuk anda, misalnya bekas makanan atau minuman yang luput dari petugas kebersihan. Anda tentunya tidak ingin pakaian anda kotor hanya karena anda menonton di bioskop.

42 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!