27 October 2005

Solusi Untuk Meja Yang Goyang

Posted under: at 23:19

André Martin dari CERN menemukan bukti matematis bahwa sebuah meja yang ‘goyang’ (salah satu dari empat kakinya tidak menyentuh lantai) dapat diperbaiki dengan memutar meja tersebut tak lebih dari 90 derajat.

We prove that a perfect four-feet square table, posed in continuous irregular ground with a local slope of at most 15 degrees can be put in equilibrium on the ground by a “rotation” of less than 90 degrees. We also discuss the case of non-square tables and make the conjecture that equilibrium can be found if the four feet are on a circle.

Walaupun demikian ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Kaki meja membentuk bujursangkar. Walaupun demikian, meja berbentuk persegi panjang diperkirakan bisa saja memenuhi syarat ini asalkan keempat kakinya berada pada sebuah lingkaran.
  • Panjang kaki meja sama persis. Dengan kata lain, goyangnya meja disebabkan oleh permukaan lantai yang tidak rata, bukan karena panjang kaki meja yang berbeda.
  • Besar sudut maksimum yang dibentuk oleh dua titik pada lantai adalah 15 derajat.

Memutar meja untuk memperbaiki goyang pada meja berbentuk kotak mungkin tidaklah praktis. Untuk meja ini, cara-cara klasik seperti menyelipkan kertas atau kayu di bawah kaki meja yang tidak menyentuh lantai jauh lebih praktis. Tetapi untuk meja atau kursi berbentuk bundar, cara ini bisa dicoba.

Informasi didapatkan dari Kottke. Baca juga perhitungan lengkapnya.

39 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!