22 November 2005

Meebo: Layanan Instant Messaging Berbasis Web

Posted under: at 21:11

Meebo adalah sebuah layanan klien IM berbasis AJAX. Layanan ini memang sudah lama tersedia, tetapi karena sesuatu hal saya baru bisa mencobanya sekarang. Mungkin karena versi FireFox saya yang terlalu lama, koneksi GPRS yang tidak stabil, atau hal lainnya.

Dengan Meebo, kita bisa melakukan login ke akun IM ICQ/AIM, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Jabber/GoogleTalk secara bersamaan. Pada halaman login akan ditanyakan username dan password untuk keempat layanan IM tersebut. Sayangnya, pengguna layanan ini tidak dapat melakukan login pada dua atau lebih akun untuk layanan IM yang sama.

Meebo

Antarmuka Meebo mirip dengan menggunakan aplikasi IM konvensional. Hanya saja, seluruh interaksi dilakukan pada sebuah web browser. Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi IM konvensional akan dapat dengan mudah menggunakan Meebo.

Khusus untuk dukungan Jabber, sepertinya Meebo hanya mendukung konfigurasi server yang mirip dengan GoogleTalk. Saat ini, Meebo masih belum dapat mengakses akun Jabber pribadi saya di priyadi@priyadi.net yang konfigurasi servernya berbeda dengan GoogleTalk.

Meebo berguna bagi anda yang ingin menggunakan akun IM pada komputer lain, tetapi tidak ingin direpotkan dengan prosedur download dan instalasi program klien IM. Selain itu, layanan ini juga berguna jika pengelola jaringan anda –tanpa alasan yang jelas– memblokir penggunaan IM.

64 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!