22 November 2005

Perdagangan Skripsi di Internet

Posted under: at 16:46

Tak jarang kita temukan kenyataan bahwa mahasiswa tingkat akhir bisa mendapatkan layanan penulisan skripsi. Tingkat layanannya pun bermacam-macam. Mulai dari yang hanya jasa pengetikan dan penjilidan sampai dengan penyediaan data, pembuatan materi, dan bahkan pelatihan yang disertai pemberian trik-trik bagaimana menghadapi dosen penguji. Layanan-layanan semacam ini memang tidak dijumpai secara terang-terangan, tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa layanan-layanan ini memang ada.

Jika sudah begitu, lama kelamaan ‘bidang usaha’ seperti itu akan merambah Internet. Contohnya adalah skripsiku.com. Situs ini menawarkan skripsi untuk bidang ekonomi, akuntansi dan manajemen dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa. Harga yang ditawarkan adalah Rp 230 ribu untuk satu hasil fotokopi skripsi dan Rp 1,5 juta untuk tesis. Jika dalam bentuk berkas Microsoft Word, harganya adalah Rp 600 ribu per skripsi.

Apakah ‘bisnis’ ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi? Nampaknya tidak. Dalam situs web yang bersangkutan terdapat informasi nama yang mungkin adalah nama asli, nomor ponsel dan rekening bank. Sedangkan pada data whois juga terdapat nomor telepon. Situs ini juga diletakkan pada penyedia web hosting di dalam negeri. Tentunya tidak akan sulit bagi aparat untuk melacaknya jika memang ingin mengusutnya.

Informasi whois pada saat posting ini dibuat:

[whois.PublicDomainRegistry.com]
Registration Service Provided By: SINGCAT.COM
Contact: +62.2192696401
Website: http://singcat.com

Domain Name: SKRIPSIKU.COM

Registrant:
    N/A
    Rendri Valentio        (rendry_val@yahoo.com)
    Bekasi
    Bekasi
    Jawa Barat,15412
    ID
    Tel. +021.8602530

Creation Date: 06-Jul-2005
Expiration Date: 06-Jul-2006

Domain servers in listed order:
    ns1.singcat.com
    ns2.singcat.com
    ns7.singcat.com
    ns8.singcat.com


Administrative Contact:
    N/A
    Rendri Valentio        (rendry_val@yahoo.com)
    Bekasi
    Bekasi
    Jawa Barat,15412
    ID
    Tel. +021.8602530

Technical Contact:
    N/A
    Rendri Valentio        (rendry_val@yahoo.com)
    Bekasi
    Bekasi
    Jawa Barat,15412
    ID
    Tel. +021.8602530

Billing Contact:
    N/A
    Rendri Valentio        (rendry_val@yahoo.com)
    Bekasi
    Bekasi
    Jawa Barat,15412
    ID
    Tel. +021.8602530

Status:ACTIVE

Sebenarnya, di luar negeri sendiri praktik-praktik semacam ini juga sudah ada, semisal di PaperWriters.com, The Doctor, Lazy Students dan sebagainya. Sedangkan mahasiswa yang memilih untuk melakukan plagarisme dapat menggunakan ‘layanan’ seperti Mega Essays, Research Paper Online, All Free Essays dan sebagainya.

Cara terbaik untuk mencegah praktik-praktik semacam ini adalah dengan menciptakan iklim pendidikan yang baik. Walaupun demikian, hanya solusi teknis yang dapat mendeteksi plagiarisme dan praktik-praktik semacamnya. Produk-produk perangkat lunak yang fungsinya untuk mendeteksi plagiarisme juga telah banyak beredar, misalnya: EVE, TurnItIn atau CopyCatchGold. Saya tidak tahu efektivitas produk-produk semacam ini untuk mendeteksi plagiarisme pada skripsi/paper berbahasa Indonesia. Tetapi, kemungkinan besar sama sekali tidak akan efektif.

Cara paling efektif untuk mendeteksi plagiarisme menurut saya adalah Google. Internet adalah sumber plagiarisme yang paling besar, mengapa tidak manfaatkan Internet untuk mendeteksi plagiarisme? Caranya juga tidak sulit dan tidak mahal:

  1. Dari paper/skripsi/tugas akhir yang diduga merupakan hasil plagiarisme, ambillah sekitar 5-7 kata yang berderet. Kata-kata tersebut tidak perlu dalam kalimat yang sama.

  2. Carilah deretan kata tersebut dengan menggunakan Google di dalam tanda petik.

Tentunya akan lebih efektif jika setiap perguruan tinggi di Indonesia mempublikasikan skripsi/tugas akhir mahasiswa-mahasiswanya dengan cara yang mudah diakses oleh mesin-mesin pencari.

123 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!