SMS Fitnah dan “The Chronicles of Narnia”

Hari ini saya ada janji kepada istri saya untuk menonton [Harry Potter and the Goblet of Fire](http://imdb.com/title/tt0330373/), namun karena filmnya sudah lama raib dari [bioskop langganan](http://21cineplex.com/theater/detil.cfm?ID=199&name=CILANDAK&city=3) (*ya ya ya saya tahu…. hare gene masih nonton Harry Potter?*), kami memutuskan untuk menonton [The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe](http://imdb.com/title/tt0363771/).

Kami berangkat sekitar pukul 16.30. Dalam perjalanan, saya dihubungi melalui telepon oleh seorang teman: “Emangnya kamu ikut nyebar-nyebarin foto SBY hasil rekayasa?” Hmmmm :-?, ya saya jawab saja tidak, karena memang begitu kenyataannya. Teman tersebut kemudian mengabarkan kalau ada SMS yang mengatakan bahwa saya adalah tersangka kedua kasus yang menimpa [Herman Saksono](https://priyadi.net/archives/2005/12/12/herman-saksono-roy-suryo-dan-susilo-bambang-yudhoyono/). Hah!? Tercengang saya mendengarkannya. Sambil berusaha berkonsentrasi menyetir dan menenangkan istri saya yang terlihat agak panik, saya mencoba bertanya lebih lanjut. Tetapi selang beberapa waktu saya urungkan niat saya dan lebih berkonsentrasi menyetir dan menenangkan istri saya yang sedang hamil 8 bulan.

Istri saya tentunya bukannya tidak kaget. Bagaimana tidak kaget, saya di telepon berbicara dengan berbagai kata kunci menyeramkan, misalnya “polisi”, “jaksa”, “pasal”, dan sebagainya. Perjalanan menuju CITOS saya habiskan untuk memberi penjelasan kepada istri saya. Selama perjalanan saya tahu bahwa saya menerima beberapa pesan SMS, tetapi saya tunda niat saya untuk membaca setelah sampai ke tujuan.

Setelah selesai memarkir mobil saya, saya baca SMS tersebut. Isinya kurang lebih adalah sebagai berikut:

> Kalau boleh menyarankan, selain si Herman yg sudah jadi tsk, sebenarnya si PRIYADI (www.priyadi.net) ini yg lebih berbahaya.Dia “menjaring kekuatan” di blog-nya, bahkan menunjukkan alamat2 blog teman2 lain & menyebarluaskan foto2 Rekayasa Presiden tsb.Berbeda dgn Herman, kalau si Priyadi ini di Jakarta.

Hmmmm :-?.

Berbahaya? Menjaring kekuatan? Kekuatan seperti apa? Saya cuma seorang penulis blog di antara [ribuan blog di Indonesia](https://priyadi.net/archives/2005/10/13/top-100-blog-indonesia-atau-kira-kira-seperti-itu/), seorang pekerja teknologi informasi biasa dan jelas-jelas hanya seorang rakyat jelata. Jarang bicara politik umum, kecuali untuk bidang-bidang spesifik yang saya amati seperti teknologi informasi dan krisis energi. Saya bukan anggota partai politik, apalagi kelompok terlarang. Pemalas, sering terlambat bangun dan lebih sering menghabiskan waktunya di komputer. Rasanya saya bukan ancaman untuk pihak manapun.

Sampai di depan bioskop kami langsung memesan tempat duduk. Ah, ternyata hari ini cukup ramai, mungkin karena ini hari Senin. Senin artinya NOMAT! Kami hanya mendapat tempat duduk yang tidak begitu ideal, yaitu di hampir di sisi samping. Ah biarlah, yang penting akhirnya kami nonton juga setelah beberapa lama.

Pikiran saya kembali tertuju ke pesan SMS tersebut. Menyebarluaskan foto-foto rekayasa Presiden? Nah ini baru yang namanya fitnah. Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan katanya, tapi itu sepertinya tidak menghalangi oknum tersebut untuk mengirim SMS ini ke banyak orang. Ya, SMS ini dikirim ke banyak orang. Selama saya menonton Narnia, saya menerima beberapa SMS hasil terusan yang isinya kurang lebih sama. Yang saya lakukan yang menyangkut foto SBY palsu tersebut hanyalah memberi taut ke blog Herman Saksono pada tulisan saya yang berjudul [Didikgate](https://priyadi.net/archives/2005/12/07/didikgate/). Tak kurang, tak lebih. Dan bahkan bukan hanya saya yang melakukan hal tersebut. Siapa saja? Silakan cari sendiri, saya tidak ingin menyulitkan teman-teman saya yang juga melakukan hal yang sama.

Pada saat kami sedang menonton film, beberapa teman bahkan menelepon saya. Tetapi karena penonton lain –terutama pasangan di sebelah saya yang terlihat punya ‘kesibukan’ lain selain menonton– sepertinya terganggu, saya matikan telepon saya. Maaf bagi teman-teman yang kebetulan menghubungi saya pada waktu tersebut. Dan \*uh\*, maaf juga bagi anda berdua yang kebetulan duduk di samping kami ;).

Filmnya sendiri menurut saya cukup bagus walaupun konsentrasi saya tidak penuh tertuju ke film ini. Selain karena SMS tersebut, juga karena \*kebelet\* ingin \*pipis\* selama separuh penayangan film ini :-&. Saya tahu persis film ini sama dengan selera menonton istri saya: fantasi, family, drama, perang terbuka. Ya, cocok sekali. Kualitas filmnya sendiri cukup baik, tetapi karena tulisan ini seharusnya tidak mengulas film :), maka ulasan tentang film saya cukupkan sampai di sini saja. Yang jelas *rating* 7.7 yang diberikan oleh pengunjung IMDB.com rasanya cukup representatif untuk menggambarkan kualitas film ini. Ini adalah film keluarga berkualitas di atas rata-rata, tipikal film-film yang beredar pada akhir tahun.

Dan oh ya, saya sampai lupa memberi informasi kalau saya tidak di Jakarta. Rumah di Depok, kantor di Depok. Ke Jakarta hanya untuk misalnya (*surprise!*) menonton film. Yurisdiksi Polda Metro Jaya memang meliputi daerah Jabotabek, tetapi secara teknis saya tinggal di luar kota Jakarta. Kalau bukan orang Depok, rasanya lebih tepat melabeli saya sebagai orang Bandung ketimbang orang Jakarta.

Setelah selesai nonton, kami langsung pulang dan seperti yang sudah saya duga sebelumnya, banyak rekan-rekan yang memberi berbagai macam masukan. Terima kasih kepada rekan-rekan semua.

Kalau dipikir-pikir apa *sih* untungnya kalau Pak SBY menggugat saya menodai atribut negara? Saya jelas tidak melakukan hal tersebut. Bahkan menurut saya Herman Saksono pun tidak melakukannya. Dalam kasus kenaikan harga BBM tanpa diminta saya [mendukung 100%](https://priyadi.net/archives/2005/09/23/dukung-kenaikan-harga-bbm-2/). Saya bukannya ingin mencari simpati dari Pak SBY, semua tulisan saya murni pendapat saya tanpa ada maksud untuk menjadi partisan maupun oposisi kelompok politik secara spesifik. Hanya saja masih saja terpikir: apa *sih* untungnya seandainya saya digugat? Apakah ada pihak ketiga yang diuntungkan oleh hal-hal remeh semacam ini?

Dan apa yang akan terjadi besok pagi? Beberapa hari yang lalu Herman Saksono [menonton Narnia](http://hermansaksono.blogspot.com/2005/12/narnia-dan-kesalahan-walt-disney.html), sedangkan saya baru tadi. Apakah ini pertanda [kasus Herman Saksono](https://priyadi.net/archives/2005/12/12/herman-saksono-roy-suryo-dan-susilo-bambang-yudhoyono/) juga akan terjadi pada saya? Ataukah saya bisa melewati hari esok tanpa terjadi apa-apa seperti halnya Herman [menonton Harry Potter](http://blog.neofreko.com/index.php/2005/11/28/petualangan-harry-potter-di-solo/) dan saya melewatinya?

123 comments

  1. maklum mas, kamu kan sudah jadi selebnya dunia internet.jadi biarin aja deh. semoga penyebar fitnah diberi imbalan yang setimpal.

  2. Iya tenang saja Mas, secara awam aku tidak melihat ada yang salah. kalau memang ada yang mencari-cari jalannya juga tidak akan jauh, malah Mas akan semakin populer. Contohnya aku jadi ikut baca dan tau malah ikut kasih comment lagi… dan mengklik Google AdSense:d

  3. Yang kayak gini nih yg mengail di air keruh, lagi pada shock gini kok ya ada-ada saja SMS kayak gituan. Siapa sih sang menyebarkan pertama kali? :o :-?

  4. Dan apa yang akan terjadi besok pagi? Beberapa hari yang lalu Herman Saksono menonton Narnia, sedangkan saya baru tadi. Apakah ini pertanda kasus Herman Saksono juga akan terjadi pada saya? Ataukah saya bisa melewati hari esok tanpa terjadi apa-apa seperti halnya Herman menonton Harry Potter dan saya melewatinya?

    Bisa saja terjadi, tapi masalahnya karena mencemarkan nama Didik lewat Didikgate. :d

  5. >> Dia “menjaring kekuatan” di blog-nya

    Hem, pabalik letah ….
    Dulu bilang blog basbang. Sekarang malah paranoid.
    Telat kali dia ya membangun kekuatannya.
    Mau bikin kekuatan, sudah telat, terlanjut malu, untuk bikin blog. TelBang, telat banget …..

    Gini yang namanya pakar ? Mbok objective dong, jangan manasin2, mumpung punya minyak tanah ya …

  6. =))
    Hi Roy!™
    katanya blog hanya trend sesaat, dan hanya katarsis pemiliknya.
    ngapain dipikirin.

    klo gag terima, ya buat aja sendiri, tapi diapalin tuh paswet biar gag kayak penggemar lu tempo hari :D

  7. Kalau emang bener SMS tentang priyadi itu, sudah bisa DIPASTIKAN Roy Suryo hendak membungkam para blogger Indonesia.

    Ini adalah “langkah kecil” si Roy untuk menciptakan image buruk para blogger di kalangan umum, yaitu : para blogger yang selalu bikin ulah

    Gue pahamin ini adalah dendam pribadi kanjeng Roy kepada para blogger, karena selama dia berkomentar…”teori”-nya selalu dimentahkan oleh para blogger.

    Dan kalau dimentahkan, khan dia tidak bisa menjadi “pakar” lagi dong..hehehhehe

    Sangat disayangkan Partai Demokrat punya kader dengan mental seperti itu

  8. Apa artinya kasus Herman ini ? Berarti, bloggers sebetulnya cukup powerful, sampai Roy Suryo merasa perlu untuk bertindak.

    Coba kalau bloggers bukan apa-apa, saya yakin Roy (yang pada saat ini sedang dalam posisi yang sangat powerful – pejabat di partai yang berkuasa di negara ini) tidak akan mengambil tindakan sedrastis ini.

    Nah, jadi mari kita manfaatkan kekuatan ini. Mari kita dukung bersama-sama rekan-rekan kita yang sedang ditimpa musibah.

    Kalau ada yang bisa membuatkan banner untuk ini, saya akan pasang di blog saya *lirik kampung gajah*

  9. Sirik tanda tak mampu,Si Pakar sdh merasa kaya Oli Top1, namanya dah jeblog didunia maya,makanya cari sensasi.
    Bertobatlah wahai si Sirik :((

  10. Waaaaw…
    gak nyangka, ngeblog ternyata bisa berbahaya juga yach :-?

    Ngemeng-ngemeng, sebenernya Pak SBY itu bisa internetan gak ya?

  11. halah halah

    saya ingin ketawa akan semau ini =))

    pak yang sabar aja ya

    Hi Roy (maaf ya, saya ma sama vokalis Boomerang kok)

    Pengen di bikini gambar nya kali =))

  12. walah, Oom…mending ngurusi kehamilan bojo sampeyan, timbang mikirin sms koyok ngene… :)

    Mugo2 priyadi-jr.net :D sehat wal’afiat yah, Oom!!

  13. #q5, yakin tuh orang lupa password-nya? atau cuma sekedar taktik supaya blog-nya tetap tertayang walaupun sudah diminta untuk diperbaiki? ;)

    mestinya si herman bisa pake cara yang sama tuh, berdalih stress diinterogasi polisi sampai lupa password, jadi entri-nya gak bisa dihapus :P

  14. Kalau menurut pendapat pribadi saya :

    Apa yang dilakukan mas Didik (didikgate), masih dalam koridor kepatutan, karena selain dia mengenakannya pada dirinya sendiri, posenya juga masih wajar, dan tidak menimbulkan berbagai tafsir kecuali sebuah kelucuan (kayak gini yg susah).

    Demikian pula terhadap pak Priyadi yang hanya berpendapat terhadap sebuah persoalan. Kalaulah pendapat demikian saja dikatakan berbahaya, bagaimana dengan editorial Media Indonesia ? Toh sampai sekarang sehat2 aja :).

    Kalau rekayasa gambar dilakukan pada org lain, dengan pose dan dandanan yang kurang etis kalau saya kok tidak tepat. Kita tanyakan kepada diri sendiri apakah masih dalam koridor kepatutan atau nggak. Apa kira-kira orang yg kita permak itu tersinggung tau nggak. Kita tidak bisa membenarkan diri kita dengan dalih humor melakukan rekayasa foto diluar kepatutan, sementara orang yang gambarnya kita permak tidak rela. Maka yang melakukan permak harus meminta maaf. Dan memaafkan adalah sikap yang amat sangat terpuji.

    Kalau ada orang yang dipermak, sementara yang yang dipermak belum mempermasalahkan, tetapi ada orang yang hyperaktif melakukan peringatan2, mesti ada apa-apanya.

    Salam

  15. Btw ada yang punya referensi UU atau perangkat hukum lainnya tentang ini ? ada blogger yang lawyer nggak ya.

    Semoga apa yang dialami Herman tidak terjadi pada rekan-rekan lainnya.

  16. Mas Pri
    insya allah tulisan dalam blog ini tidak menjadikan tsk seperti yang dialami oleh Herman dan juga harapan saya tidak akan ada lagi victim lain dari kasus Herman.
    Dengan segala kerendahan hati saya berniat untuk menjadi fasilitator dialog antara mas pri sbg perwakilan komunitas blog dengan pemerintah dan kepolisian.
    bagi yang ingin berminat ikut diskusi harap kirim email konfirmasi ke judithms@gmail.com.
    semoga kita bisa mendapatkan penyelesaian yang baik.

    jms

  17. (1) Dipegang RS, Depkominfo lb parah dr Harmoko
    (2) GusDur masih jauh lebih demokratis dari SBY
    (3) Nyesel gue milih SBY
    (4) Semakin banyak blogger ditangkap polisi, seribu kali lipat yg akan jadi antipati sama Partai Demokrat

  18. Iya nih…
    Lama2 sense of humor dianggap penistaan, tapi yang jelas2 penistaan dan kejahatan dianggap humor dan isu belaka.

    Toengtoeng. Tapi mas Pri ga usah pusing. Ga worth mas… semua tau cerita sebenernya. heheh.

  19. Belajar dari kasusnya milis ITB
    perlu kamu tambahin tuh Disclaimer: isi tanggung jawab pembaca :)

  20. Yang sabar Mas Pri, menghadapi manusia picik seperti itu. Sing Waras ngalah (TM).

    Maklumi, dia kefefet , nyari duit ampe motret cewe ditayangkan di ANTV

  21. Jadi inget lagunya kelly clarkson nih !!
    “because of you I never stray too far from the side walk,because of you I learned to play on the safe side so I don’t get hurt,because of you I find it hard to trust not only me,but everyone around me,because of you….I am afraid…”
    Mas pri nggak perlu risau,blogger2 indonesia yang ada di USA selalu mendukung anda,mari kita hadapi semuanya bersama-sama,tulisan mas pri itu masih sangat sopan sekali kalo dibanding dengan blogger asal USA. Resiko berdemokrasi itu ya harus siap dikritik,kalo cuma yang kaya gitu disini udah biasa,baru rekayasa foto seperti itu aja sudah heboh banget!!!!!bener2 kelewatan dah indonesiaku ini…… :o

  22. hm……,
    Raden Roy, sebagai pakar mustinya berfikir seperti seorang pakar…. jangan berpikiran pakir.

    Masak kerjaan seorang pakar cuma beginian doang! Nyuruh maen tangkep!

    Kalau pengen diakui sbg pakar multimedia, tunjukan dong kontribusimu, mumpung panjenengan sedang nempel dengan kekuasaan. Misalkan bikin terobosan apa kek biar rakyat indonesia meski miskin tapi nggak gaptek. Inga-inga! panjenengan pakar multimedia, bukan multi petaka!

  23. wah kelewatan bener itu orang…
    tapi tenang aja mas ..cob aaja mas kontak kontak ke..lbh di ui ato lbh non profit lain..sekedar jaga jaga dan “menggalang persiapan” supaya tidak (seperti lagu kosidah) “salah langkah..salah langkaah..

    kelewataan bener itu orang emang..

  24. yah, gak usah terlalu dipikirin mas, namanya juga RS, semua mua dah tau siapa dia, we’re all on your side:), kalo bukan karena media nyebut2 dia `pakar`-atau dia minta media nulis dirinya sebagai pakar- kita gak bakalan uring2anm, dan dasar wartawan, ya mau aja dapet berita gampang walau cemen, karena cemen juga dari seorang `pakar` lumayan bisa menjual/:),

    pyuh, pokok-e wes ra sah dipikirin mas:d

  25. Kayaknya tuh orang kirim smsnya sambil minum bir kali yak. [-(. Ah, gue kira tuh film jelek, gue malah nonton the Brother Grimm … :).

  26. Pak pri,terus berjuang ya.palingan sebentar lagi juga ilang ceritanya.si roy tuh cuma mo cari sensasi doang.kurang kerjaan banget

  27. tenang aja, kan yg di sini cuma linknya, bukan gambarnya, jadi kang pri ga bisa dibilang masang gambar itu baik disini apalagi di tempat orang (kalo udah di tempat orang tanggungjawabnya juga beda dong). jadi jelas ini cuma fitnah, yg bisa menimbulkan pencemaran nama baik, tuntut balik aja! :) saya yakin si pengirim SMS (really, siapa sih?) gak bisa ngebuktiin apa yg diomonginnya. kalopun bisa, apa bisa dibuktiin kalo itu melanggar hukum?

    digertak? ya gertak balik..

  28. :-w nah… itu dia, bloger Indonesia menyebar di seluruh penjuru dunia tanpa batas, mendukung kebebasan bertanggungjawab! Blogger = Contol sosial yang tak pernah terpatahkan! :)>-

  29. Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu… :)

    Tetap pada pendirian ya Mas Pri. Kalau didiamkan, yang fitnah pasti capek sendiri. Yang jelas, Mas Pri nggak salah kok…

  30. Wah… makin ngaco sang Pakar kita ini :-w

    Kalau menurut hemat saya Pri, memuat taut ke halaman lain itu gak sama dengan menampilkan secara eksplisit (lha wong servernya aja beda). Di google juga ada tautnya koq. Apa yang mulia Kanjeng Raden Mas Tumenggung RS juga mau mengadukan google ke polisi? Lebih jauh lagi, seandainya bisa dibuktikan bahwa SMS itu memang berasal dari KRMT yang mulia (barangkali kita bisa minta bantuan beliau untuk melakukan traceback, kan beliau ini dulu “berjasa” membantu menangkap Mas Tommy melalui traceback seluler), kayaknya malah Anda bisa balik menuntut si Priyayi dengan tuduhan pencemaran nama baik dan perbuatan yang tidak menyenangkan.

    Jangan takut Pri, saya yakin banyak yang akan membentuk barisan untuk membela Anda.

    Untuk KRMT RS (saya tau Anda pasti terus memantau blognya Pri ini): Give it up dude, sadar dong, tingkat kepakaran itu dinilai oleh komunitas (IT), bukan oleh wartawan, terlebih diri panjenengan pribadi!

  31. He he he. Masih ada aja yang kayak gini yah…

    Jelas pasti ada kompornya neyh, kompor berkumis. Sabar ajah mas Pri…

  32. saran saya:
    siapkan *mental* untuk DetikEffect berikutnya! hehehe

    ps: semoga presiden kita bisa membedakan kebenaran dan pembenaran untuk sebuah masalah.

  33. Kasus gini kalau mau diusut serius nanti yang jadi tersangka bisa sampai ratusan orang… trus kalau naik ke sidang semua mau gimana coba? pengadilan terpisah? kaya sidang pelanggaran lalin aja jadinya…

    *”Sodara bersalah…” …Tok2…*

  34. BLOG ini tiap hari banyak orang baca. Jadi, apa pun yang ditulis disini seperti jadi objek yang ditaro dibawah mikroskop, hal kecil pun keliatan jadi gede. :D

    Begitulah resikonya klo jadi “selebriti” mas! :-?

  35. #87 wahhh… kaya gitu jadinya, ya?? Pengadilan rame2??
    Waduuh… saya juga maki2 pakar, malah maki2 elite2 agama/negara yang brengsek2 di blog saya? Lha… trus saya apa disuruh ikut sidang rame2??

    Nggak ku-ku!!

    *ngitung ongkos becak ke jakarta*

    ndak ah….

    suru sidang aja si PRIYAYI sendiri sono!

    :-w:-w

  36. chronicles of narnia ternyata juga jadi kontroversi di wikipedia. ada yang meenyebutkan cerita karangan CS Lewis ini bisa dijadikan alat kristenisasi, dan memang artikel di wikipedia itu terasa agak keras membahas “converting to christian” ini. baca-baca sekilas juga dibilang karya lewis itu cenderung sexism, mendukung racism, etc.

  37. Kalau soal “wadul me wadul ” emang si Roy jago nya =)), kalau orang jawa bilang “tumbak cucukan” ….
    suka mengadu adu untuk hal yang tidak penting (mungkin karena memang tidak ada lagi hal lain yang bisa di urus ).. kita do’akan saja agar kangmasroy bisa sadar bahwa perbuatannya merugikan orang lain :-)

  38. @ Pak Pri, salam kenal and selamat berjuang !!! Saya siap digerakkan kapan aja buat mbantai si KRMT

    @ Pak Basuki, kalo si KRMT mah bukan cuman tumbak cucukan, tapi bener bener tumbak cocotan !!!

  39. huaa..jaman gini masih fitnah orang..Lama2 deretan tersangka bisa bertambah terus nih. Yang comment disini ntar mulai dicek satu2..:-P Sabar ya, Pri!

  40. haha gw terpaksa bangkit dari kubur melihat foto-foto mengkhawatirkan di flickr avi..ternyata ini toh…ah biarin aja pri..hari gini ngurusin roy..I hope someday what he said could really backfire to him, real hard :D

  41. wah mPri, jumat mgg lalu aku nonton Narnia sama Markum dan Nugi, apa artinya bakal ada masalah sama RS jugak?
    Mana dia? Tak Kampleng ae!

  42. kalo sampe gak terbukti tuduhan dia ke Mas Pri, jangan tanggung-tanggung, tuntut balik utk pencemaran nama baik… jangan mau diajak berdamai dan segalanya… pokoknya dia harus meminta maaf secara terbuka dan mengembalikan nama baik Mas Pri..

  43. cuek aja mas, biasa kalo orang sirik kek gitu kerjaannya. jgn dianggap aja, sms-sms pidnah kek gitu udah banyak bertebaran tergantung yg bacanya aja. selama yg nerima/bacanya masih pake akal sehat (dalam arti engga o`on) paling cman senyum trus delete. ntar juga ada balesannya (suka nonton sinetron2 kek Azab Illahi, Hidayah, etc.. ?) nah Yakin aja kalo yg iseng kek gitu kenak balasannya…. hihihihihi

  44. Yang jelas nih sumbernya dari “you know who”. Kalo ketemu .. pengen cekik aja tuh. Dipotong-potong…dibuang ke kali progo aja. Biar jadi penunggu kali progo. :d

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *