20 December 2005

Ulang Tahun Pertama 68%

Posted under: at 11:24

68%

Ketika Dr. Azahari meninggal, masyarakat dan pers menanggapi hal tersebut dengan penuh skeptisme. Menghadapi skeptisme publik ini, polisi membuat pernyataan bahwa Dr. Azahari kemungkinan 99.99% sudah tewas:

Menurut Djoko, berdasarkan penjelasan Kapolri, bisa dipastikan Azahari tewas, 99,99 persen. Memang, petugas Polri belum melihat jenazah Azahari. “Dan saya kira juga susah dilihat. Sebab, mayat-mayat yang tampak tergeletak hancur berkeping-keping. Bayangkan saja, ada 11 bom yang meledak di tempat itu,” ungkap dia.

Mengapa 99.99%? Apakah mereka mau repot-repot untuk melakukan analisis probabilitas hanya untuk mendapatkan angka tersebut? Rasanya tidak. Lalu mengapa mereka tidak menggunakan istilah-istilah yang relatif seperti ‘kemungkinan besar’ atau ‘hampir pasti’?

Mungkin alasannya adalah bahwa mereka ingin supaya pernyataan mereka lebih meyakinkan. Angka yang absolut tentunya jauh lebih meyakinkan daripada besaran yang relatif. Tetapi apakah mereka tahu darimana angka tersebut didapatkan? 99% kemungkinan, eh maksud saya kemungkinan besar tidak.

***

Hari ini tepat satu tahun yang lalu, MetroTV menyiarkan acara Bincang Pagi. Acara tersebut menampilkan Wimar Witoelar sebagai salah satu peserta. Kemudian, pemandu juga menghadirkan Roy Suryo melalui telepon. Dalam acara ini, Roy Suryo mengklaim bahwa 68% dari seluruh pemilik akun di Friendster adalah palsu. Sebuah klaim yang bombastis yang bahkan mungkin Friendster sendiri tidak akan pernah dapat mengetahuinya.

Roy Suryo juga mengklaim bahwa beliau mendapatkan angka tersebut dari administrator Friendster. Setelah hubungan dengan Roy Suryo terputus, Wimar Witoelar, dengan setengah bercanda berkata kira-kira seperti ini (dikutip dari blog MDAMT):

Mohon nanti risetnya tentang 68% itu angkanya dapat darimana coba kirim ke saya melalui email.”

Saya yang juga penasaran kemudian mengirim email ke Friendster yang berisi:

Hello,

A fairly well known public figure here in Indonesia, Roy Suryo, recently has made media appearances stating that 68% of all Friendster’s users are fake. Mr. Suryo claimed to get that 68% number from a staff of Friendster, Inc. I would like to have your verification if the information is indeed correct and whether Friendster, Inc. has issued such statement to Mr. Suryo before.

Thank you for information.

Sedangkan jawaban yang saya peroleh dari Friendster adalah:

Thanks for your email. Please can you give me some more information about Roy Suryo and the comment? He has never spoken to anyone here at Friendster, and his comment about 68% of Friendster users being fake is categorically not true. We have never issued such a statement to Mr.Suryo before.

Thanks

Joe Hurd
Corporate Development and International
Friendster, Inc.
1380 Villa Street
Mountain View, CA 94041
USA

Selanjutnya, angka ‘mistis’ 68% ini kini telah menjadi bagian dari kultur dari sebagian pengguna Internet di Indonesia. Pada komunitas tertentu (termasuk di blog ini dan kawan-kawan), jika misalnya anda membuat pernyataan “99% kemungkinannya Dr. Azahari telah meninggal”, maka rekan-rekan akan serta merta mengingatkan “bukan 99%, tapi 68%” karena anda juga tidak mengetahui dari mana angka tersebut didapatkan, bukan?

Tidak ada yang spesial dengan pecahan 68%, tetapi saat ini angka tersebut memiliki fungsi untuk mengingatkan kita semua untuk tidak sembarangan menggunakan bilangan absolut supaya terlihat lebih meyakinkan di mata orang lain.

Selamat ulang tahun pertama 68%!

Tambahan: ternyata ada yang spesial dengan 68%, berikut penjelasan dari Bagus Tirta Susilo:

saya tidak tahu apakah paragraf ini telah diklarifikasi atau tidak di posting-posting mas berikutnya. yang saya tahu, 68% itu menunjukkan jumlah populasi berjarak satu standar deviasi dari rata-rata, khusus untuk asumsi data normal. jadi sebenarnya, secara statistika distribusi, ada yang spesial dengan 68%. yang absurd adalah penerapan konsep ini oleh roy, karena saya tidak tahu rata-rata dan standar deviasi profil user friendster itu apa, berapa, dan bagaimana mengukurnya.

139 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!