22 December 2005

Disclaimer Blog

Posted under: at 21:32

Dari seluruh omong kosong ini mungkin satu hal yang bisa menjadi pengalaman kita semua adalah status blog di mata hukum. Sesuatu yang kita anggap ‘normal’ seperti sebuah tautan ternyata bisa saja memberatkan posisi anda di pengadilan. Walaupun belum sempat mengalami uji hukum, ada baiknya penulis blog menyertakan sedikit disclaimer. Siapa tahu blog anda yang akan menjadi kelinci percobaan untuk pertama kali diuji di muka hukum.

Berikut adalah beberapa hal yang menurut saya patut disertakan di dalam disclaimer, disarikan dari tulisan Enda Nasution dan Andry Huzain dan juga pendapat saya pribadi.

Keterkaitan Dengan Organisasi/Institusi/Perusahaan Tempat Kita Bekerja

Sebutkan bahwa opini dalam blog anda adalah opini anda pribadi dan tidak mewakili perusahaan tempat anda bekerja, misalnya:

Opini yang ditulis dalam blog ini adalah semata-mata opini pribadi saya dan tidak mewakili sikap atau pendapat organisasi atau institusi atau perusahaan yang berkaitan dengan saya langsung maupun tidak langsung.

Komentar/Trackback/Pingback

Sebutkan bahwa anda tidak bertanggung jawab atas komentar/trackback/pingback yang dibuat oleh pihak lain, misalnya:

Saya tidak bertanggung jawab atas komentar, trackback dan pingback yang ditulis oleh pihak lain selain saya. Seluruh komentar, trackback dan pingback adalah tanggung jawab masing-masing pemiliknya. Saya akan memberikan informasi yang ada tentang penulis komentar, trackback dan pingback jika diminta secara hukum.

Kutipan

Sebutkan bahwa tulisan anda kemungkinan memuat kutipan dari sumber lain, misalnya:

Tulisan saya bisa memuat kutipan dari sumber lain. Saya tidak bertanggung jawab atas isi dari kutipan maupun tulisan yang saya kutip secara keseluruhan. Kutipan adalah milik dari pemiliknya masing-masing, dan digunakan dalam blog ini demi kemudahan pembacanya.

Hiperlink/Tautan

Sebutkan bahwa anda tidak bertanggung jawab atas taut/hiperlink pada blog anda, misalnya:

Blog ini menggunakan teknologi hiperlink. Penggunaan taut/hiperlink adalah semata-mata untuk memudahkan navigasi pembaca blog ini. Saya tidak memiliki kontrol atas isi dari situs web lain yang direferensikan oleh taut/hiperlink pada blog ini, oleh karena itu saya tidak bertanggung jawab atas isi dari situs web yang direferensikan tersebut.

Kebenaran Informasi di Blog

Sebutkan bahwa blog ini bukanlah hasil dari jurnalisme, misalnya:

Blog ini adalah blog pribadi saya dan tidak ada jaminan bawa tulisan di blog ini akan adil, tidak bias dan seimbang. Bersikaplah dewasa dan jika anda membutuhkan opini dari pihak lain atau pihak yang berseberangan pendapat, anda dapat mencarinya dari sumber lain. Informasi yang disediakan oleh blog ini bersifat apa adanya, tanpa jaminan dengan kepercayaan penuh pada kedewasaan para pembacanya.

Ada komentar?

Referensi:

77 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!