28 February 2006

Razia Perangkat Lunak Bajakan dan Tanggapan Para Pembajak

Posted under: at 14:14

Harian Tribun Timur memberitakan bahwa puluhan pedagang komputer di Makassar akan ramai-ramai tutup untuk memrotes aksi razia perangkat lunak bajakan yang dilakukan oleh aparat. Sebenarnya tidak ada yang aneh dengan razia seperti ini, tetapi yang menarik adalah tanggapan dari para pedagang komputer.

Di sisi lain, ujar Marzuki Rauf, praktisi hukum yang juga hobi komputer ini, pemerintah tak memberi jaminan atau kemudahan untuk mendapatkan software asli. Sisi lain harus diakui bahwa masyarakat kita masih dilingkupi dengan kemiskinan.

“Nah, kebanyakan masyarakat hidup dalam kemiskinan. Ketika produk seperti komputer itu kemudian mahal, kita bakal semakin ketinggalan teknologi. Ini jelas bertentangan dengan keinginan pemerintah untuk memasyarakatkan komputer dan sejumlah IT lainnya,” ujar Marzuki.

Saya tidak suka membenarkan pencurian atas nama kemiskinan. Apa batasan kemiskinan sehingga kita diperbolehkan mencuri? Mencuri tetaplah salah apapun alasannya. Lagi pula benda yang dicuri bukanlah sesuatu yang esensial untuk dapat bertahan hidup. Dan tentunya juga ada perangkat lunak alternatif yang dapat digunakan secara legal tanpa perlu membajak.

Salah seorang pemilik toko komputer mengaku untuk satu unit komputer yang dilengkapi dengan sejumlah program atau software serba asli, harganya bisa mencapai puluhan juta. Para pedagang menghitung sejumlah software standar yang memungkinkan komputer multimedia bisa bekerja optimal. Untuk software operating system (OS) dengan aplikasi Windows XP-Pro asli, harga untuk ini saja sudah mencapai 150 dolar AS. Sedangkan untuk program pengolah data Microsoft Office senilai 268 dolar, Autocad seharga 5.000 dolar, dan Corel Draw seharga 4.400 dolar. “Kira-kira dengan satu unit komputer itu dijual seharga 70 juta,” ujar salah seorang pemilik toko komputer.

Apakah CorelDraw dan Autocad diperlukan oleh komputer multimedia supaya dapat bekerja optimal? Ah, mungkin para pedagang komputer ini harus belajar lebih banyak lagi tentang perangkat lunak yang biasa mereka install. Dan yang pasti mereka harus belajar jika ada alternatif perangkat lunak yang gratis dan sekaligus legal.

Mungkin akan lebih baik jika mereka ini berkonsentrasi pada penjualan perangkat keras dan membiarkan pengguna menginstal sendiri perangkat lunaknya. Saya yakin para pengguna ini cukup kreatif untuk dapat mendapatkan perangkat lunak, baik bajakan, orisinil, maupun FLOSS. Yang harus lebih kreatif lagi adalah para pedagang komputer ini.

134 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!