29 March 2006

555 dan Nomor Fiktif Lainnya

Posted under: at 22:41

Jika sering menonton film Amerika, pasti sudah sering pula melihat berbagai nomor telepon dengan awalan 555. Sebagai contoh, nomor ponsel Mulder pada serial X-Files adalah 555-0199, sedangkan nomor tim pemburu hantu pada film Ghostbusters adalah 555-0000. Ternyata, awalan 555 ini memang dikhususkan untuk keperluan fiktif. Awalnya, seluruh nomor dengan awalan 555 disediakan untuk keperluan fiktif, namun belakangan hanya nomor 555-0100 sampai dengan 555-0199 yang disediakan untuk keperluan fiktif.

Nomor fiktif seperti ini diperlukan untuk menghindari keisengan orang-orang yang mencoba menghubungi nomor yang dipublikasikan secara meluas, misalnya pada film, acara televisi atau novel.

Walaupun rentang nomor untuk keperluan fiktif sudah disediakan, ada beberapa kasus dimana pembuat film karena sesuatu hal tidak menggunakan nomor-nomor tersebut. Sebagai contoh adalah film Bruce Almighty. Pada film ini disebutkan bahwa nomor telepon Tuhan adalah 776-2323, padahal dalam dunia nyata nomor tersebut sudah dipakai di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Akibatnya pada awal-awal penayangan film tersebut, salah satu pemilik nomor 776-2323 menerima 15-20 panggilan untuk ‘Tuhan’ setiap jamnya. Dan dua tahun kemudian, ia masih menerima 5-6 kali setiap minggu.

Tidak berhubungan dengan nomor-nomor fiktif, tetapi efek dari dipublikasikannya sebuah nomor telepon secara meluas dapat kita lihat pada pengalaman Mbot. Hanya karena mendapat limpahan sebuah nomor telepon bekas selebritis Marshanda, Mbot harus melayani panggilan telepon sebanyak 8-20 orang dalam satu hari. Marshanda sendiri kemungkinan mengganti nomor tersebut karena sebuah majalah –entah sengaja atau tidak– mempublikasikan nomornya sehingga diketahui khalayak ramai.

Selain nomor telepon fiktif 555, biro administrasi penerbangan Amerika Serikat (FAA) juga menyediakan nomor-nomor registrasi pesawat fiktif yaitu N88892, N9748C, N9747P. Film-film yang menggunakan banyak pesawat terbang seperti Terminator 3 atau 24 bahkan melakukan pendaftaran nomor registrasi pesawat untuk keperluan tersebut.

Selain itu, disediakan juga nomor fiktif untuk nomor kendaraan bermotor, yaitu 2GAT123. Dan kabarnya, nomor jaminan sosial (Social Security Number) dan nomor izin mengemudi juga memiliki rentang nomor yang dapat digunakan untuk keperluan fiktif. Sedangkan untuk domain Internet, IANA telah menyediakan domain example.com, example.net, example.org serta TLD .example untuk keperluan tersebut walaupun dalam kenyataannya masih jarang digunakan dalam kultur pop, mungkin karena hegemoni ‘dot.com’ atau karena tidak cukup mirip dengan kondisi di dunia nyata.

Yang menjadi pertanyaan apakah di Indonesia ada konvensi seperti ini? Jika menonton film Amerika beberapa kali, pasti kita akan mengira-ngira bahwa ada sesuatu yang spesial dengan angka 555. Tetapi jika menonton film Indonesia beberapa kali, tidak ada pola yang melekat dalam pikiran saya. Bahkan saya pernah melihat adegan pada film/sinetron yang menggunakan nomor telepon yang terlihat seperti asli, perkiraan saya nomor tersebut adalah nomor telepon prabayar yang akan dibuang setelah digunakan. Jika nomor tersebut nantinya didaur ulang, bisa saja nantinya akan timbul masalah jika digunakan oleh pemakai baru.

55 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!