12 April 2006

Talkshow Tentang Blog di DeltaFM

Posted under: at 20:36

Saya dan Shahnaz Haque di DeltaFM

Hari ini saya diundang oleh DeltaFM untuk mengisi acara talkshow yang memuat topik tentang blog. Acara dimulai pada pukul 11.00 dan dipandu oleh Mbak Shahnaz Haque di Jakarta dan sekaligus Mas Gilang dari Bandung. Acara berlangsung dalam suasana santai selama kurang lebih 2 jam dan diselingi oleh musik, iklan dan berita.

Topik yang dibicarakan tidak jauh-jauh dari apakah itu blog, perbedaannya dengan situs web dan bagaimana cara membuat blog. Selama acara berlangsung saya juga sempat membuatkan blog untuk Mbak Shahnaz Haque dengan menggunakan fasilitas dari Blogger. Alamat blog tersebut adalah shahnazhaque.blogspot.com. Mudah-mudahan saja aktivitas menulis blog ini bisa dilanjutkan di luar acara ini :D. Sayangnya, Mas Gilang yang mencoba di Bandung kesulitan melakukan hal yang sama akibat koneksi Internet yang tidak memadai :).

Pertanyaan-pertanyaan juga datang melalui SMS dan telepon. Ada yang menanyakan mesin pencari khusus blog, ada yang menanyakan bagaimana cara membuat blog yang bagus, dan tidak sedikit yang menanyakan ejaan dari ‘blog’, ‘blogger’ dan ‘technorati’. Dan juga tentunya beberapa pertanyaan yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik yang dibahas. Untuk menjawab ejaan, saya jawab melalui interactive box di situs deltasiesta.net.

Yang menarik adalah di pertengahan acara, DeltaFM mengundang ‘sang pakar’ yang sudah kita kenal dengan baik melalui telepon. “Yah, dia lagi…,” pikir saya. Sebelumnya saya memang tidak diberitahu kalau Delta akan menghubungi yang bersangkutan, tapi hal ini tidak perlu menjadi masalah :).

‘Sang pakar’ mempertanyakan keabsahan blog dengan menyinggung krisis identitas pada kasus Natasha Anya dan juga kasus-kasus yang sama sekali tidak berhubungan dengan blog :D, seperti kasus Basuki Suhardiman. Walaupun tidak berhubungan dengan topik, saya ladeni saja untuk beberapa saat :). Sedangkan argumen saya bisa dilihat pada tulisan-tulisan saya yang terdahulu tersebut.

Setelah hubungan telepon terputus dan diisi dengan spot iklan untuk beberapa saat, pemandu menanyakan tentang masalah kredibilitas blog. Saya jawab bahwa jangan terlalu menghakimi anonimitas. Anonimitas berguna untuk beberapa hal, saya mengambil contoh yaitu blog Mini MSFT yang dimiliki oleh seorang karyawan Microsoft yang peduli dengan masa depan perusahaan tersebut. Blog tersebut menjadi pemicu orang-orang dalam Microsoft untuk memperbaiki hal-hal yang salah dan bekerja dengan lebih baik lagi.

Selain itu, saya juga menyampaikan bahwa kredibilitas di dunia blog bukan diukur oleh siapa yang menulis blog tersebut, tetapi oleh jumlah referensi dari blog lain. Blog yang kredibel memiliki lebih banyak incoming link daripada blog yang tidak kredibel. Sesuai salah satu slogan blog: “I blog, therefore I am”, bukan “I am, therefore I blog” :). Mesin pencari pun berusaha mengurutkan hasil pencarian salah satunya berdasarkan faktor kredibilitas ini. Tentunya masih banyak faktor kredibilitas lain, tetapi karena waktu yang terbatas saya tidak sempat mengemukakannya.

Setelah itu, di layar terlihat ‘penampakan’ SMS dari ‘sang pakar’ seperti di bawah ini :).

SMS dari ’pakar’

Tim DeltaFM tidak merasa memberikan nomor Mbak Shahnaz kepada ‘sang pakar’, tetapi setelah itu ponsel Mbak Shahnaz menerima pesan. Yang pertama:

Mbak Shahnaz Yth, ini HP-ku. Kalau perlu apa2, silahkan kontak langsung kapan saja. Soal blog tadi, terusterang saya hanya tidak ingin masyarakat (bisa jadi?) mendapatkan informasi menyesatkan, karena Delta mengundang narsum yang tidak jelas moralnya. Mohon bisa dicheck benar terlebih dahulu. Tq

Dan pesan kedua:

FYI saja, komunitas TI sekarang ini sedang berjuang “membersihkan” borok2 Internet di Indonesia. Upaya ini tidak mudah, banyak tantangan dari internal sendiri yg merasa terancam eksistensi (baca: kelakuan negatifnya). Kami juga bekerjasama erat dgn Depkominfo, ICT-Watch, APJII & Komisi Perlindungan Anak.

(SMS dipublikasikan dengan izin Mbak Shahnaz)

Ah, rasanya saya sudah mulai terbiasa dengan pesan-pesan SMS seperti itu dan tidak lagi menganggapnya sebagai pesan yang menyeramkan, aneh atau ‘ajaib’. Yah, dimaklumi saja :).

Sekitar pukul 13.00 acara usai, saya meminta foto-foto hasil jepretan selama acara berlangsung dan berpamitan. Sedangkan para pemandu dan tim DeltaFM kembali melanjutkan aktivitas mengisi acara pada jam berikutnya. Walaupun dengan sedikit ‘friksi’, tetapi yang terpenting adalah makin banyak masyarakat di Indonesia yang makin penasaran dengan fenomena blog.

Akibat demonstrasi di Jl. Jend. Sudirman, rute pulang saya macet. Saya baru sampai di rumah sekitar pukul 16.00.

138 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!