26 June 2006

‘Surat Izin Memiliki Pencetak Berwarna’

Posted under: at 14:52

Pemilik pencetak (printer) berwarna, pemindai (scanner) dan mesin fotokopi berwarna wajib mendapatkan izin dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu. Itu menurut isi Keputusan Kepala Badan Intelijen Negara tentang ‘Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna, Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Pengganda Berwarna Lainnya’. Keputusan ini ditetapkan pada tanggal 19 April 2006, tetapi saya tidak tahu apakah keputusan ini sudah diberlakukan.

Alasan penetapan keputusan ini? Karena peralatan tersebut dapat digunakan untuk mencetak uang palsu.

Berikut adalah akibat-akibat yang ditimbulkan oleh penetapan keputusan ini pada pengguna akhir.

Perangkat yang dimaksud adalah alat-alat yang memiliki fungsi: fotokopi, fax, pencetak (printer), dan/atau pemindai (scanner)

Mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya adalah:

Perangkat (apparatus) yang memiliki beberapa fungsi penggandaan di dalam satu kesatuan mesin baik secara tunggal maupun multifungsi. Fungsi-fungsi yang terdapat pada mesin tersebut antara lain: penggandaan barang cetakan/dokumen berwarna dengan sistim optis atau lensa pemindai (copier), pencetakan kode/data digital dari komputer (printer), pengubahan dokumen menjadi kode digital (scanner), mengirimkan dokumen melalui jalur telekomunikasi (facsimile), berikut dengan peralatan-peralatan lainnya seperti jenis-jenis tinta/toner/cartridge copier dan lain-lainnya. (pasal 1)

Pembeli perangkat-perangkat yang dimaksud harus mendapatkan izin secara kolektif melalui tempat pembelian.

Pemilik / pengguna sebagai konsumen mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya wajib mendapatkan izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) melalui permohonan kolektif oleh produsen/importir/ distributor/reseller terdaftar. (pasal 6 ayat 1)

Sedangkan pemilik yang membeli perangkat-perangkat ini sebelum diberlakukannya keputusan ini, harus mengajukan permohonan izin ke Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu melalui distributor masing-masing, paling lambat 6 bulan setelah diberlakukannya keputusan ini.

Pemilik/pengguna mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya, yang kepemilikannya diperoleh sebelum ditetapkannya keputusan ini diperlakukan sarna, yaitu wajib mengajukan permohonan izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) sebagaimana tersebut dalam pasal 6 ayat 1, paling lambat 6 (enam) bulan sejak diberlakukan keputusan ini. (pasal 6 ayat 2)

Jika pemilik menjual perangkat yang dimaksud, maka pemilik baru harus melaporkan transaksi tersebut ke pihak distributor untuk diteruskan ke Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu.

Pemindah-tanganan kepemilikan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya wajib dilaporkan oleh pemilik/pengguna yang baru kepada produsen/importir/distributor/reseller terdaftar untuk di teruskan ke Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) untuk memperoleh pembaharuan izin operasional. (pasal 6 ayat 3)

Kehilangan perangkat yang dimaksud harus dilaporkan ke kepolisian setempat, dan bukti pelaporan tersebut harus diserahkan ke distributor.

Kehilangan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya maka pemilik/pengguna wajib membuat laporan kepada kepolisian setempat dan fotokopi tanda bukti laporan diteruskan ke produsen/importir/distributor/reseller terdaftar. (pasal 8 ayat 1)

Yang sangat merugikan konsumen dan sangat menguntungkan produsen pencetak (printer) adalah peraturan yang ini. Penggantian tinta/toner/*cartridge harus diperoleh melalui distributor resmi. Menurut pasal ini, tidak diperkenankan menggunakan tinta suntik atau toner isi ulang.

Kerusakan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya dan perbaikan dengan penggantian suku cadang maupun bahan pakai Uenis-jenis tinta/toner/cartridge) harus dilakukan oleh dan/atau diperoleh melalui produsen/importer/distributor/reseller terdaftar. (pasal 8 ayat 2)

Hal sepele seperti memusnahkan mesin pencetak saja harus dibuatkan Berita Acara Pemusnahannya dan harus dilaporkan ke distributor.

Pemusnahan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesinmesin pengganda berwarna lainnya dilakukan oleh pemilik/pengguna dengan membuat Berita Acara Pemusnahan. (lampiran-2) (pasal 9 ayat 1)

Pemilik/pengguna melaporkan tentang pemusnahan tersebut dengan melampirkan Berita Acara Pemusnahan kepada produsen/importir/distributor/reseller terdaftar. (pasal 9 ayat 2)

Peraturan yang sangat merepotkan, baik bagi konsumen maupun distributor perangkat-perangkat yang dimaksud. Selain itu jika tujuannya untuk mencegah pemalsuan uang, maka tidaklah efektif jika dilakukan dengan mengontrol distribusi perangkat-perangkat ini. Walaupun dengan perangkat-perangkat ini pengguna bisa mencetak gambar uang, tetapi pengamanan yang ada pada uang yang sebenarnya tidak dapat diduplikasikan.

149 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!