20 July 2006

Gempa dan Kepanikan

Posted under: at 02:29

Sore kemarin, Jakarta dan sekitarnya diguncang oleh gempa kecil selama beberapa detik. Sewaktu gempa ini terjadi, saya sedang berada di ITC Depok. Tetapi mungkin karena sedang berjalan-jalan, saya dan istri tidak merasakan gempa tersebut. Yang dapat saya amati hanyalah benda-benda yang bergoyang dan reaksi dari orang lain.

Sayangnya, cukup banyak orang yang beraksi dengan panik. Mereka terlihat ingin secepat mungkin keluar dari gedung. Akibatnya lift dan tangga berjalan penuh sesak dengan antrian orang. Mungkin orang-orang ini tidak tahu kalau lift dan tangga berjalan adalah lokasi yang beresiko sangat tinggi jika terjadi gempa. Jika ingin keluar dari gedung, maka seharusnya orang-orang ini menggunakan tangga darurat serta menghindari lift atau tangga berjalan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36/2005, setiap gedung bertingkat diwajibkan memiliki memiliki tangga darurat ini. Mungkin ada baiknya kita mengetahui letak tangga darurat ketika memasuki gedung yang baru kita datangi.

Kepanikan ini mungkin adalah bukti bahwa masyarakat belum terbiasa dengan situasi darurat bencana. Mungkin seharusnya pemerintah menyebarkan tata cara menghadapi bencana alam seperti ini, misalnya melalui televisi dan media massa lainnya.

65 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!