3 August 2006

Kritik Terhadap Blog Menhan Juwono Sudarsono

Posted under: at 17:43

Rasanya kok sulit untuk tidak menulis tentang tokoh yang satu ini. Cepat atau lambat, tokoh ini akan membuat pernyataan-pernyataan ciri khasnya. Contohnya, harian Jawa Pos hari ini memuat artikel berjudul Situs Dotcom Menhan Dikritik. Berikut adalah kutipannya.

Pakar telematika Roy Suryo mengkritik pemilihan domain (nama) website Menhan tersebut. “Kalau belakangnya pakai com, itu perusahaan, ada kepentingan bisnis atau komersialnya. Karena itulah, kita tidak menggunakan ekstensi com untuk website presiden,” ujar anggota tim khusus pengelola website kepresidenan itu.

Lebih lanjut, Roy meminta Menteri Komunikasi dan Informasi Sofyan Djalil untuk mengingatkan koleganya. “Itu tugas Pak Sofyan untuk segera mengingatkan beliau,” katanya.

Menurut Roy, dalam dunia maya, sudah ada klasifikasi di balik pemilihan domain. Dijelaskan, jika website didesain resmi untuk informasi kenegaraan, menggunakan ekstensi domain go.id, misalnya www. deplu.go.id yang dipakai Departemen Luar Negeri. Untuk kepentingan pendidikan, lazimnya menggunakan ekstensi domain edu di belakang nama situs. “Jangan salah kaprah,” tegasnya.

Pria bergelar Kanjeng Raden Mas Tumenggung itu juga mengkritik model blog yang digunakan dalam situs Menhan. “Itu kan tidak resmi, sepatutnya sebagai pejabat publik harus menampilkan citra yang baik, termasuk dalam berkomunikasi melalui internet,” ujarnya.

Rasanya saya tidak perlu lagi mengomentari pernyataan tersebut. Tapi sepertinya wartawan yang mewawancari beliau lupa untuk menanyakan pertanyaan satu milyarnya: mengapa situs web kepresidenan memiliki domain .info dan bukan .go.id. Itu jika memang pemilihan akhiran nama domain sedemikian pentingnya, sampai-sampai Menkominfo disuruh untuk menangani urusan tersebut.

Info dari Enda dan Benny.

140 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!