28 November 2006

Coca Cola dan Mentos

Posted under: at 02:01

Kemarin saya mendapat sebuah email berantai yang isinya adalah sebagai berikut:

Subject: MENTOS AND COKE… beware

A little boy died in Brazil after eating MENTOS and drinking Coca-Cola together.

One year before the same accident happened with another boy in Brazil ………….

Please check the experiment that has been done by mixing Coca-Cola (or Coca-Cola light are the same) with MENTOS…….. So be careful.

Tentunya email tersebut disertai dengan gambar-gambar percobaan mencampur Coca Cola dan Mentos yang ukuran totalnya sekitar 400 KB :).

Perasaan saya ini adalah hoax. Dan benar, ternyata memang tidak ada orang yang meninggal akibat meminum Coca Cola sambil memakan permen Mentos. Tetapi di sisi lain, campuran Coca Cola dan Mentos dapat menghasilkan semburan adalah fakta, bukan hoax.

Jika Mentos dimasukkan ke dalam botol Coca Cola, maka akan terjadi semburan. Coca Cola (atau soda merk apapun) mengandung karbondioksida yang dimampatkan, dikurung oleh molekul-molekul air yang saling menarik. Dalam kondisi normal, karbondioksida akan sulit lepas ke udara, karena untuk memecah tegangan permukaan ini dibutuhkan energi. Pada saat dimasukkan ke dalam botol Coca Cola, permen Mentos meleleh dan memecahkan tegangan permukaan ini. Selain itu, permukaan Mentos terdiri dari banyak lubang-lubang kecil. Ini adalah tempat yang cocok untuk berkumpulnya molekul-molekul karbondioksida. Saat Mentos dimasukkan ke dalam botol Coca Cola akan terjadi banyak gelembung-gelembung karbondioksida. Ini terjadi sangat cepat, dan peningkatan tekanan yang tiba-tiba ini yang mendorong cairan ke luar botol.

Setelah mengetahui informasi yang sangat berharga ini, kemarin saya langsung membeli satu botol Diet Coke dan satu bungkus Mentos :D. Sayangnya ternyata percobaan yang saya lakukan tidak sesukses seperti yang ada di ribuan video di Internet. Setelah Mentos dimasukkan ke dalam Coca Cola, reaksi memang dapat langsung terlihat. Walaupun demikian tidak terjadi semburan sampai setinggi satu meter, mungkin cuma 5 sentimeter saja :(. Karena gagal, maaf tidak ada skrinsot :).

Informasi lebih lanjut:

76 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!