3 January 2007

Tentang Musibah Adam Air

Posted under: at 17:37

Berikut beberapa rangkuman hal-hal yang menarik seputar musibah Adam Air.

Akhir tahun 2005, Jakartass menulis tentang iklan Adam Air yang mengandung 10 kesalahan ejaan. Iklan tersebut ditampilkan pada lembar belakang Jakarta Post, satu halaman penuh.

Februari 2006, Marek Bialoglowy menulis tentang pengalamannya terbang dengan Adam Air yang disebutnya sebagai ‘Fear Factor’. Tampaknya, pesawat yang ditumpanginya berumur 17 tahun, jauh dari klaim Adam Air bahwa semua armadanya adalah baru. Hanya ada satu pesawat yang berumur kurang dari 10 tahun, dan kemungkinan pesawat ini yang diizinkan beroperasi di Singapura. Rata-rata umur pesawat Adam Air adalah 18 tahun. Walaupun demikian, maskapai penerbangan lain tidak lebih baik daripada Adam Air: hanya Garuda dan Lion Air yang rata-rata umur pesawatnya lebih muda daripada Adam Air.

Jakartass kembali menulis tentang musibah Adam Air: What did we say? The disaster waiting to happen.

Mengenai kecelakaan Adam Air, Jeff Ooi menulis tentang Does ‘Low-Cost’ mean ‘Low-Maintenance’ aka High-Risk?. Berdasarkan sebuah forum diskusi, Jeff menyimpulkan maskapai penerbangan yang aman adalah Garuda, Merpati (jet), Sriwijaya, Express, Batavia (A319).

Yang paling menarik adalah tulisan di PPRuNe Forums, sebuah forum yang tampaknya diisi oleh para pilot profesional. Seorang pilot anonim yang menamakan dirinya PK-KAR menggambarkan Adam Air sebagai The Flying Circus Nightmare. Kebenaran pesan ini tentunya tidak dapat saya buktikan, tetapi pesan yang disampaikan rasanya perlu diperiksa oleh pihak yang berwenang. Pesan tersebut sepertinya ditulis oleh seorang mantan pilot Adam Air atau paling tidak mengenal pilot-pilot Adam Air.

Untuk mengetahui detail pesawat yang digunakan, kita dapat mencarinya di Airfleets.net. Kita dapat mengetahui misalnya umur pesawat, pengguna sebelumnya, daftar pesawat di sebuah maskapai, dan sebagainya. Sebagai contoh, ini adalah detail pesawat yang mengalami kecelakaan kemarin, dan ini adalah detail armada Adam Air.

189 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!