18 January 2007

Mematikan Pratilik Taut Snap.com

Posted under: at 08:58

Jika ada ‘asesoris’ blog yang saat ini paling tidak saya sukai, itu adalah pratilik taut dari Snap.com. Dengan menggunakan asesoris ini, jika kursor kita arahkan ke sebuah taut, maka akan muncul sebuah kotak kecil berisi gambar tangkapan layar dari taut yang dimaksud.

Asesoris semacam ini sangatlah populer, bahkan WordPress.com termasuk yang menggunakan ini untuk seluruh blog-blognya. Walaupun demikian, karena berbagai alasan, saya pribadi kurang menyukainya.

Masalah pertama, diperlukan transfer data untuk mengunduh gambar tangkapan layar yang dimaksud. Dan transfer data ini dilakukan bukan atas inisiatif pengunjung. Yang pengunjung lakukan hanyalah meletakkan kursor di atas sebuah taut. Dalam kondisi normal, aksi tersebut tidak akan menghasilkan transfer data tambahan.

Masalah kedua, ini tidak baik dalam hal usabilitas. Pengguna yang bermaksud untuk mengikuti sebuah taut akan dikejutkan oleh kotak yang tiba-tiba muncul. Mungkin hal ini bisa menjadi wajar jika semua taut di Internet berperilaku sama, tetapi kenyataannya tidak demikian. Jika fitur ini dianggap berguna, maka tempat yang tepat untuk mengimplementasikannya bukanlah pada situs web, melainkan pada web browser.

Dan ketiga, pratilik yang ditampilkan oleh Snap.com tersebut sebenarnya tidak cukup mengandung informasi tentang situs yang dituju. Yang ada hanyalah sebuah screenshot berukuran mini. Mungkin informasi yang dapat ditangkap oleh pengunjung hanyalah desain umum situs web tersebut. Selain itu, screenshot yang ditampilkan bukanlah versi aktual dari situs tersebut, tetapi versi lama pada saat terakhir kali gambarnya ditangkap oleh Snap.com.

Saya sebagai pemilik blog bisa tidak memasang Snap.com di blog ini, tetapi saya tidak memiliki kontrol atas blog yang saya kunjungi. Untungnya Snap.com memiliki fasilitas untuk mematikan ‘fitur’ ini untuk semua situs secara keseluruhan. Cukup kunjungi taut deactivate Snap.com dan selesailah sudah. Tidak akan ada lagi pratilik taut Snap.com di semua situs yang saya kunjungi.

Tetapi, saya pribadi lebih menyukai cara yang ini: sunting berkas /etc/hosts dan tambahkan host spa.snap.com pada alamat IP 127.0.0.1.

Untuk para pemilik blog, mohon matikan pratilik taut Snap.com di blog masing-masing :).

141 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!