24 February 2008

Independensi Blog

Posted under: at 03:02

Saya cuma bisa senyum-senyum melihat tulisan Pak Budi Rahardjo yang berjudul To Adinoto dan Eep karena sebenarnya saya sudah cukup sering mengalaminya. Saya sudah tidak ingat lagi berapa kali saya mendapatkan komentar-komentar dengan nada semisal:

  • Kok tidak pernah menulis lagi tentang ________?
  • Kok gak bosen-bosen sih nulis tentang _________?; atau bahkan
  • Kok postingan kali ini gak mutu?

Biasanya akan saya abaikan komentar-komentar seperti itu, walaupun saya tidak menyangkal komentar-komentar tersebut memang terkadang bisa mempengaruhi diri saya dalam menulis blog. Kalaupun terpaksa dijawab, akan saya jawab kurang lebih sama dengan jawaban Pak Budi: “Silakan anda baca blog lain,” atau “Anda berhak untuk tidak membaca blog saya.”

Saya pun sempat menuangkan hal ini dalam tulisan saya Kemerdekaan Dalam Menulis Blog, walaupun tentunya tidak se-‘tajam’ atau se-‘terus terang’ tulisannya Pak Budi :). Kalau ternyata komentar-komentar bernada negatif tersebut saya rasa terlalu mempengaruhi diri saya dalam penulisan blog, saya sempatkan diri saya untuk membaca ‘deklarasi’ yang saya nyatakan pada Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2006 tersebut.

Mungkin yang dibutuhkan Pak Budi saat ini adalah memproklamasikan kemerdekaannya kepada Adinoto dan Eep. Dan yang dibutuhkan ‘selebriti yang mulai ngeblog’ adalah proklamasi kemerdekaannya kepada Pak Budi :).

133 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!