4 May 2008

ICE – In Case of Emergency

Posted under: at 23:19

Pada kejadian serangan teroris di London tahun 2005, paramedik mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi kerabat korban yang dapat dihubungi dalam kejadian darurat. Mereka memiliki akses ke ponsel korban, tetapi tidak dapat dengan cepat mengetahui kerabat korban dari sekian banyak kontak yang terdapat dalam ponsel tersebut.

Untuk memecahkan masalah tersebut, Bob Brotchie mengusulkan pemilik ponsel untuk menambahkan kontak dengan nama ‘ICE’, singkatan dari in case of emergency. Kontak ini memuat nomor telepon yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat. Dengan cara ini petugas dapat dengan cepat menghubungi kerabat korban tanpa perlu menelepon satu per satu nomor telepon yang ada dalam daftar.

Ide ini cukup populer pada tahun 2005-an di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Di Indonesia, saya perhatikan ide ini belum banyak diketahui, dan besar kemungkinan yang bertugas dalam kondisi darurat pun tidak mengetahui ide ini. Walaupun demikian ada baiknya kita mengikuti ide ini. Caranya sederhana, mudah dan tidak memakan waktu lama.

Pilih kerabat terdekat yang kita inginkan sebagai kontak dalam keadaan darurat. Gunakan fungsi Salin, Copy atau Duplicate untuk menyalinnya, dan ganti namanya menjadi ‘ICE’ atau sisipkan ‘ICE’ di depan namanya. Ada baiknya pula kita memastikan nomor telepon di kontak tersebut adalah nomor telepon absolut dengan tanda + di depannya sehingga tetap dapat dihubungi dari luar negeri. Contohnya, jangan pakai nomor 08123456789, tapi gunakan nomor +628123456789.

Beberapa ponsel tidak dapat menangani jika ada dua atau lebih kontak dengan nomor telepon yang sama. Gejalanya adalah jika kita dihubungi oleh nomor tersebut, nama penelepon tidak akan ditampilkan, yang ditampilkan hanyalah nomor teleponnya saja. Solusinya sederhana, cukup tambahkan tanda * di akhir nomor telepon yang berada di kontak ICE. Jika tadinya nomornya adalah +628123456789, ubahlah menjadi +628123456789*.

95 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!