Mendongkrak Nilai SpreadFirefox

Mozilla FireRoy

Saat ini sepertinya sedang seru-serunya para pemblog berlomba untuk mendongkrak perbendaharaan nilai [SpreadFirefox](http://www.spreadfirefox.com). SpreadFirefox adalah situs yang bertujuan untuk mempopulerkan *web browser* [Mozilla Firefox](http://www.mozilla.org/products/firefox/). Pada situs SpreadFirefox, pengunjung dapat membuat sebuah account. Kemudian account tersebut akan mencatat nilai yang merepresentasikan usaha dari pemilik account untuk mempopulerkan Firefox.

Cara paling populer untuk mempromosikan Firefox adalah dengan memasang logo Firefox pada situs web. Logo tersebut memiliki *link* ke tempat men*download* Firefox. Jika *link* tersebut diikuti oleh pengunjung yang belum menggunakan Firefox, maka nilai akan bertambah satu bagi pemilik account.

Ada banyak cara yang dilakukan para pemblog untuk menaikkan skor SpreadFirefox mereka. Cara yang paling sederhana adalah dengan menempatkan logo beserta *link* di tempat-tempat strategis. Selain itu beberapa pemblog ([termasuk saya sendiri](https://priyadi.net/archives/2004/10/27/php-browser-sniffing-to-promote-firefox/)) melakukan deteksi browser dengan berbagai macam cara. Jika yang terdeteksi bukan *web browser* Firefox, maka akan ditambilkan promosi untuk pindah ke Firefox. Cara yang lebih kontroversial lagi dilakukan oleh [Idban](http://secandri.com/blog/), dia menggunakan foto selebritis IT Indonesia yang dimodifikasi seakan-akan beliau sedang melakukan promosi Firefox. Foto tersebut kini dapat [di*download* langsung dari SpreadFirefox](http://www.spreadfirefox.com/?q=comment/reply/4689). Asal mula foto tersebut adalah [dari situs web Idban](http://secandri.com/blog/2004/10/27/gunakan-firefox/). Kabarnya, setelah menggunakan gambar itu, nilai SpreadFirefox-nya bertambah 7 point hanya selama beberapa jam. Sementara itu, nilai SpreadFirefox saya saat ini masih juga 25 setelah lebih dari satu bulan.

Ada yang berminat untuk mengikuti langkah Idban? :)

8 comments

  1. Yah gak kejam kok, itung2 bales dendam ama situs2 yg cuma bisa dibuka di IE, yg detect browser and not even *try* to serve the content anyway kalo browsernya gak IE. Gantian aja boikot IE, hehe. Gua mau bikin bannernya yg gede biar scrollnya jauh ke bawah. Hahaha.

  2. Eh, omong2 kesannya kita jadi mau menjadikan website kita “Best Viewed with FireFox” gak yah. Orang yg missing the point (standard compliance, not about the browser) bisa salah menangkap nih jangan2.

  3. @Ronny: wah, bisa jadi ya malah ada requirement “Best viewed with”. Tapi personally, ada semacam experience tersendiri ketika seseorang browse pake FF. Web page bisa dipersentasikan di FF dengan lebih baik gitu… Heheheh…Atau kasih slogan kayak “Browsing menjadi lebih enak dan menyenangkan bersama FF?” heheh…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *