Wikipedia Bukan Tempat Beriklan!

Seorang teman menunjukkan kepada saya sebuah artikel mengenai keberadaan situs Sony-AK.com di Wikipedia. Situs Sony-AK.com sendiri adalah sebuah situs yang berisi artikel-artikel berbahasa Indonesia tentang teknologi informasi. Saya mengakui memang pelaku IT Indonesia sangat memerlukan keberadaan situs-situs semacam itu, namun sangat disayangkan jika usaha tersebut sampai menyalahgunaan fasilitas umum semacam Wikipedia.

Artikel Wikipedia Sony-AK.com yang [berbahasa Inggris](http://en.wikipedia.org/wiki/Sony_AK_Knowledge_Center) ternyata sudah dibuat sejak Desember tahun lalu. Sedangkan [halaman *backlinks*-nya](http://en.wikipedia.org/wiki/Special:Whatlinkshere/Sony_AK_Knowledge_Center) berisi taut-taut yang berhubungan dengan penghapusan halaman tersebut. Dan satu-satunya halaman umum yang melakukan taut ke halaman ini hanyalah halaman [pembuat situs tersebut](http://en.wikipedia.org/wiki/Sony_Arianto_Kurniawan). Kedua halaman tersebut dibuat pada hari yang sama, alamat IP yang sama dan waktu yang sama.

Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel yang ditulis di Wikipedia tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri:

> ‘**We** have many articles about IT…’

Yang menarik adalah halaman penghapusan untuk artikel [Sony-AK.com](http://en.wikipedia.org/wiki/Special:Undelete/Sony_AK_Knowledge_Center) dan [pembuatnya](http://en.wikipedia.org/wiki/Special:Undelete/Sony_Arianto_Kurniawan). Artinya kedua artikel tersebut sudah pernah dihapus sebelumnya karena tidak sesuai dengan semangat Wikipedia. Alasan-alasan penghapusan artikel tersebut bisa dilihat di halaman [*Votes for Deletion*](http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Votes_for_deletion/Sony_AK_Knowledge_Center). Sedangkan, untuk halaman mengenai pembuatnya, saya tidak bisa menemukan *VfD*-nya, kemungkinan besar *sysop* melakukan kebijaksanaan [*speedy deletion*](http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Criteria_for_speedy_deletion).

Sedangkan [halaman berbahasa Indonesia](http://id.wikipedia.org/wiki/Sony_AK_Knowledge_Center)nya baru dibuat pada tanggal [22 September](http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Sony_AK_Knowledge_Center&action=history), hanya satu hari sebelum [artikel di Sony-AK.com](http://www.sony-ak.com/news/sony-ak_at_wikipedia.php) dipublikasikan.

Menurut hemat saya, artikel-artikel tersebut hanyalah usaha untuk beriklan di Wikipedia, atau paling tidak usaha untuk *keren-kerenan* saja. Apapun alasannya, kedua artikel ini tidak pantas untuk ditulis di Wikipedia. Silakan lihat artikel-artikel di bawah ini untuk menilai apakah suatu artikel layak masuk Wikipedia atau tidak:

* [Wikipedia:Importance](http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Importance)
* [Wikipedia:What Wikipedia is not](http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:What_Wikipedia_is_not)
* [Wikipedia:Companies, corporations and economic information/Notability and inclusion guidelines](http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Companies,_corporations_and_economic_information/Notability_and_inclusion_guidelines)

Wikipedia bukanlah tempat untuk beriklan!

123 comments

  1. Indonesia kan orangnya kreatif, selalu memikirkan trik dalam menyelesaikan masalah, tidak peduli kalau itu melanggar aturan dan norma.

  2. Wikipedia mau masukin informasi Sony-AK ya terserah Wikipedia karena pemahaman Wikipedia tidaklah selalu sama dengan anda, bilang aja sewot kalau blog priyadi tidak bisa masuk Wikipedia, pakai alasan begitu segala

    Kesimpulannya Priyadi tidak bisa masuk Wikipedia lalu kecemburuannya terhadap Sony AK dimasukkan di blognya, jadi malas buka priyadi.net lagi

    sungguh disayangkan sekali…

  3. Waduuh.. cara ngiklan yang nggak etis sama sekali. Tapi makasih buat Pri, setidaknya aku jadi tahu keberadaan situs Sony AK..

  4. Hmm, sampe segitunya ya? Hmm, mungkin pioneer sony-ak.com harus turun tangan menertibkan abusing of wikipedia ini ..

    Klo saya liat sih sony-ak.com ini (sepertinya) tidak lagi dimanage sama pioneernya (Sony AK), soalnya newsletternya udah tidak lagi pada nama dia, tp ganti dgn nama yg lain. Dan klo tdk salah (dari analisa status YM) sepertinya Sony AK ada di SDA sekarang .. ini cm gosip loh .. Tp klo dari Desember kmrn sudah ada (artikel di Wikipedia) berarti kemungkinan orangnya jg udah tau ..

    Anyway, regardless of who did it, yang penting dan harus ditanamkan kan wikipedia bukan tempat beriklan!

  5. Komentar nomor #9 nggak ada juntrungannya. Dihapus oleh sysop tandanya tidak di-approve, tidak di-approve karena tidak sesuai dengan ketentuan Wikipedia. Ensiklopedi kok diisi iklan?

  6. #9 bacotnya gak mutu!! Sotau!!
    Dah jelas2 SONY AK yang salah malah maki2 orang yang benar. Kalo blog-mah gak usah masuk ke Wikipedie, gak perlu!!

    Kalo gak di delete bisa2 ntar jadi banyak iklan di dalam Wiki. ckckck..!!

  7. #9: hehe, wikipedia itu ensiklopedi yang bisa diedit oleh siapa saja. yang mengedit sebagian besar artikel bukan orang wikipedia sendiri.

    nah, seandainya saya iri & mau masuk wikipedia ya tinggal bikin artikelnya seperti yang dilakukan tim sony-ak. kenapa harus repot2 nulis di blog segala? :-? cuma apa itu sesuai dengan kebijaksanaan & semangat wikipedia? rasanya sih ngga

  8. cek dulu, apa #9 terafiliasi dgn sony-ak, kalo iya ya wajar bisa dimengerti lah kenapa dia ngomong gitu. tapi kalo nggak? well, berarti cuma orang ga tau apa-apa tapi ngebacot ngomongnya sembarangan. these days… :-s

  9. Dulu sewaktu pertama kali kenal wikipedia, saya juga pernah tuh masang nama di situ yang akhirnya kena deletion :P (ini bukan kesengajaan, murni ketidaktahuan).

    Kayaknya memang Wikipedia adalah sasaran empuk tempat beriklan karena sistem editnya yang sangat open dan banyak situs yang memberikan link back yang tentu saja sangat Google friendly ;) (walaupun tetap tidak memberikan alasan moral untuk memasarkan situs tersebut).

  10. Well.. Well..
    Kok situasinya begini yah? *kipas-kipas* agak panas yah hihi.. Sebenernya abe kenal dengan sonny ak ini, karena kemaren sempat ditawarin jadi pengurus disitu sekalian bantu-bantu nulis artikel :) doi salah satu penulis aktif di IKC, sejujurnya abe banyak belajar juga dari doi!

    Misi doi ampir sama dengan IKC sendiri, mencerdaskan masyarakat endonesia akan komputer! Well, pernyataan di thread Om Pri ini lumayan “keras” bukankah sebaiknya jika doi disurati langsung dan ditanya tanggapannya biar berimbang? mungkin benar seperti #12 bilang, bukan doi yg buat? atau memang doi buat TAPI doi gag tau agreement yg berlaku? hihi.. bisa ajah bukan? pun demikian, kalau doi yg buat bolehlah abe buat TUJUAN-nya memang benar, tapi caranya yg SALAH *maaf*

    *tukk.. tukk.. tukk.. getok pelan pala #9 Ame-aja*
    heh.. kalau ngomong itu jangan anonym dunks! biasakan berani berdebat, dan hak Ame untk mengeluarkan pendapat ada kok! =)

    Mas sony AK ditunggu Hak jawabnya! ;)

  11. We have many … bukan berarti We wrote … kan?

    I have many computer books!

    Apakah saya yang nulis buku2 itu? JELAS TIDAK!

    Duh, jangan berasumsi gitu dong :P Ampun dah cara berpikirnya …

  12. #22: “we have …” itu tulisan di artikel wikipedianya. kalau dibilang “we have …” maka kemungkinan yang nulis artikel wikipedia itu orang yang berhubungan dengan sony-ak.com. beda kasusnya kalau nulisnya “it has …” atau “the site has …”, itu baru NPOV. coba deh baca artikelnya (lihat revisi sebelum editing hari ini seandainya sudah ada yang edit hari ini).

  13. duh..sorry… tadi sudah nulis panjang-panjang sebenarnya. Tapi, karena sebelum tulisan itu saya pasang tanda “

  14. #21: eh, saya gak mrotes sony ak-nya secara pribadi. saya cuma mrotes situs sony-ak.com dan siapapun yang menyalahgunakan wikipedia. nah kalo kebeneran om abe kenal sama orangnya, gimana kalau masalahnya diclearkan? misalnya dengan menarik artikel wikipedianya.

  15. gue gak terlalu ambil pusing, Wikipedia ya milik Wikipedia, mau mereka tutup Wikipedia ya terserah mereka, kalau ada yang menulis udah keluar dari rules mereka juga akan delete kalo Wikipedia tidak suka, habis perkara

    kalau misal saja mereka ingin mempertahankan ya terserah, herannya gue cuman gak terlalu suka orang menghakimi sesuatu hal dimana dia kurang ada hubungannya dalam arti “anak dalam Wikipedia”, elo punya pendapat, gue juga punya pendapat, bereskan ?

    gitu aja kok diributin, kurang kerjaan aja

  16. #30: masih ada tuh :-P
    #31 : misal gini, ada tempat ex wc umum. Tapi disitu bisanya cuma buang air kecil saja (kayak wc nya di bus malam) dan semua orang juga tau kalau buang air besar disana tidak boleh. Nah tiba-tiba ada yang yang buang air besar disana? gimana coba?
    maaf kalau analoginya rada kasar.
    Pak Pri, dikirimin email aja tuh pengelola situs Sony AK nya atau langsung kepada si Sony nya.

    regards

  17. kenapa gue bilang si priyadi iri ? :) kalau mau bikin wikipedia lebih bagus kan hubungin sony-ak & wikipedia secara langsung biar cepat clear dan jelas bukan di blog yang hanya dikomentarin orang itu-itu aja
    atau ingin wikipedia masuk priyadi.net ?

    biar masuk detik effect lagi ? ya gue dukung aja, tapi kalau mau seperti itu masih ada cara lainkan buat itu ? gue sih tentang ini semua tidak ingin tahu dan ga mau tahu, gue cuman jelasin pendapat gue yg sebelumnya :)>-

  18. #31:

    ah, ente juga ngeributin ini. kurang kerjaan aja!™ :) ente mungkin blum mengerti wikipedia. wikipedia itu proyek komunitas internet, bukan proyeknya pengurus wikipedia semata2. saya memang bukan orang dalam wikipedia, cuma pernah kontribusi sedikit artikel. tapi wikipedia itu resource yang sangat berharga untuk komunitas internet. gak pantas rasanya kalau disalahgunakan.

    #33:

    heheh, ini bukan kejadian pertama kalinya. jelas saya gak iri, kalau iri ya tinggal bikin artikel tentang saya di wikipedia dan semua beres (selain gimana caranya mempertahankan artikel itu & reputasi saya yang jatuh karena mengabuse wikipedia). anda cuma berpikir saya iri untuk menjustifikasi sikap anda yang ada di pikiran anda, entah apa itu, saya juga gak tahu anda siapa.

    sebenarnya saya bisa saja inisiasi VfD, tapi saya gak tahu berapa lama ini bisa bertahan lama, mengingat VfD sudah dilakukan paling tidak satu kali tapi ada saja yang membuat ulang artikel itu. ini sudah saya kasih tahu faktanya di tulisan saya, coba baca lagi. kalau pengabuse gak mengabuse wikipedia secara persisten mungkin gak akan saya bahas :).

  19. Begini ya priyadi, memang kalau udah sumbang sedikit artikel terus merasa paling memiliki ? wong wikipedia alias yang punya sampai sekarang belum delete, gak tahu karena belum tahu atau dibiarkan saja yang jelas kalau wikipedia tidak suka ya nanti di delete sendiri, malah priyadi yang ribut, agak lucukan

    jadi situs sony-ak tidak berharga menurut anda ? mungkin bagi anda tidak, tapi belum tentu untuk orang lain, pantas tidak pantas ya anda sampaikan kepada yang bersangkutan baik si sony-ak atau wikipedia, itu kalau serius peduli dengan wikipedia atau hanya basa-basi, gue tidak tahu, Priyadi sendiri yang bisa jawab, gampang to

    bukannya gue kurang kerjaan, gue tergelitik dengan judul yang anda sampaikan, wajar to, masalah nulis ya atau tidak itukan terserah anda, tetap bertahannya itu di wikipedia atau didelete itu hak wikipedia sepenuhnya ! gitu aja diulang-ulang

    masalah si WC tadi, ya elo bilang donk sama si orang yang manfaatin jasa tersebut dan penyedia jasa tersebut kan sama-sama enak ? kalau mungkin emang si penyedia WC menganggap orang yang manfaatin jasa tersebut berguna bagi banyak orang dan memperbolehkan dia buang air besar, SO WHAT? itukan wc-wcnya dia, mau dia tutup juga terserah dia, wong punyanya dia, tapi dah beda lagi kalo si punya WC tidak suka, bisa diusir yang pakai jasa tersebut.

    Kesimpulan gue, ini urusan sony-ak ama wikipedia yang mungkin perlu pembantu secara nyata bukan OMDO atau basa-basi, ga perlulah kita menghakimi Sony-ak, kalau memang Sony-AK salahin rules dan wikipedia tidak suka ya nanti juga didelete, kalau suka karena mungkin berguna banyak orang ya mungkin dibiarin, kalau priyadi serius mau bantu wikipedia, bukan basa-basi, OMDO, sekali lagi langsung ke Sony AK dan wikipedia, Semoga bermanfaat pendapat gue ;)

  20. #35: sepertinya saya menjelaskan berkali-kali mengenai wikipedia gak ada yang masuk juga. wikipedia itu kerjaan komunitas, BUKAN CUMA ORANG2 WIKIPEDIA SAJA. bukan wikipedia yang mendelete artikel! komunitas yang mendelete artikel. kalau saya atau anda mau inisiasi VfD bisa saja. yang jadi masalah adalah VfD sudah dilakukan paling sedikit satu kali dan hasilnya adalah *delete* tapi pembuat artikel persisten untuk memasang artikelnya di wikipedia. artikel saya memang baru sedikit sekali. tapi itu tidak mengurangi penghargaan saya terhadap karya komunitas.

    saya gak bilang sony-ak.com gak berharga. silakan baca lagi tulisan saya di awal: “pelaku IT Indonesia sangat memerlukan keberadaan situs-situs semacam itu.” tapi coba anda baca kelayakan artikel tersebut, sudah saya sebutkan 3 buah link di tulisan saya di atas. saya juga sudah sebutkan kalau tidak ada artikel lain yang membuat taut ke artikel itu.

    reading comprehension!™

  21. #35: Coba deh kalo berargumen itu yang objektif, yg dipermasalahkan sebetulnya itu apa, jangan malah mempermasalahkan orangnya yg berargumen. Ad hominem banget sih, kayak org gak berpendidikan aja. Bete kan dibilang gak berpendidikan? Makanya stay focused on the matter aja (soal beriklan di wikipedia), jgn malah ngomongin orangnya (pri atau sony ak) atau bawa2 hal lain yg gak dipermasalahkan (seperti situs sony ak “berharga” atau nggak itu gak relevan).

    Wikipedia punya aturan yg jelas soal NPOV, dan dilanggar. Ini doang masalahnya. Soal subject yg di”promosi”in di dalam artikelnya maupun pemilik website itu siapa itu gak relevan. Soal intentionnya Priyadi maupun org lain di sini apa itu gak relevan.

    Gak ada yg melarang org berpendapat, cuma ya kalo kita ngomongin A trus pendapatnya mengenai masalah B kan aneh, gak nyambung.

    Sekalian deh, coba pahami dulu deh Wikipedia itu apa dan cara kerjanya gimana sebelum ngomong lebih jauh. Wikipedia itu community based, gak pake model editor kayak majalah.

  22. #35 : kekeke dodolz ah, sutra lah saya males beretorika yang tidak nyambung. saran saya bwat ame satu aja: tolong baca deh about wikipedia itu.
    maaf saya kurang pandai menerjemahkan bahasa inggris disana, tapi saya faham maksud, tujuan dan etika keberadaan wikipedia.
    Pak Pri: piss yah, maaf saya jadi banyak berkomentar disini saking gemesnya kekeke

  23. Sorry, but, kayanya gak dibolehin beda pendapat ya di sini..? Bukannya ngebelain, tapi waktu si Ame ngeluarin komentar yang kontra langsung deh diabisin rame2x hehehe…

    Saya suka baca2x tulisan Priyadi, bisa nambahin hal2x yang gak disadari. Tapi harusnya ada demokratis dunk. Maksudnya, kalo ada yang beda pendapat ya dibiarin aja, gak usah pake diserang rame2x gitu.. :)>-

    *Just personal statement loh :d

  24. #41: demokratis bukan berarti diam saja melihat sesuatu yang salah, bukan? dan lagi sama sekali gak ada niat berkomplot menjatuhka’ pihak2 yang kontra, sumpah! :)

  25. Kalau beda pendapatnya soal makanan enak sih nggak akan diserang, tapi kalau macam yang diatas tadi? Rasanya siapapun (yang etikanya masih normal) bisa lihat pendapat mana yg keterlaluan.

    Wikipedia bisa ditulis/diedit/dihapus oleh siapa saja. Apakah pantes dipake ngiklan? Kebetulan rumah saya mau dijual :D

    Atau kalau jual rumah dianggap kurang berhubungan (acuannya apa?) kebetulan saya punya beberapa situs yang butuh “pengakuan”.

    Jadi, apakah pantes seorang pemilik situs nulis artikel ttg dirinya sendiri di wikipedia?

    Beda dg ame aja yang nggak suka dengan judul tulisan ini, saya setoedjoe 100%

  26. #24 Yang saya tidak mengerti, mengapa kalimat “We have many articles about IT …” Anda diartikan sebagai “…dibuat oleh pemilik situs itu sendiri” ?

    Apakah memang arti harafiahnya begitu?

    Sama seperti kalau nulis “I have many books about IT”.
    Apakah saya akan dianggap sebagai penulis buku itu?

    “We have” = memiliki, bukan membuat (atau menulis dalam konteks sebuah artikel).

    Ini aja kok yang saya soroti dalam tulisan Priyadi. Selebihnya saya setuju saja ttg. Wikipedia, tidak boleh pasang iklan (terselubung) karena memang aturannya begitu.

  27. klo saya baca tulisan tsb merujuk ke “tulisan di wikipedia”. Bukan ‘books about IT’-nya.

  28. Hihihi, sering rame di blog ini :d. Sebenernya ga setuju juga sih gw si Ame di keroyok rame – rame, walaupun gw juga engga suka sama orang yang meninggalkan “jejak” di blog orang lain secara anonymous (mungkin di back-end ada emailnya ya?), apa lagi yang Ad-hominem.

  29. #46: gini lho supaya gak rancu.

    kalau ada yang nulis “we create XYZ thingamajig” di artikel ACME corp di Wikipedia, maka kemungkinan yang nulisnya adalah orang ACME corp. kenapa? karena pakai subjek ‘we’. siapakah ini ‘we’? yang jelas sih bukan wikipedia :)

    sedangkan kata kerjanya bisa apa saja, bisa ‘have’, ‘create’, ‘wrote’, ‘make’, ‘craft’, apa saja juga bisa.

    tapi kalau ditulis “the company creates XYZ thingamajig” di artikel ACME corp di Wikipedia, maka itu ditulis secara NPOV.

    mudah2an sekarang ngerti :)

  30. Situs Sony-AK.com sendiri adalah sebuah situs yang berisi artikel-artikel berbahasa Indonesia tentang teknologi informasi. Saya mengakui memang pelaku IT Indonesia sangat memerlukan keberadaan situs-situs semacam itu, namun sangat disayangkan jika usaha tersebut sampai menyalahgunaan fasilitas umum semacam Wikipedia.

    Hmm.. Paragraf ini sudah seharusnya di kasih font merah biar jelas kalau memang thread ini sudah berimbang :)

    #28 Duh Om Priiii.. abe mana berani cabut tuh artikel dari situ, itu mah bukan punya abe, ntar di salahkan lagi sama Mas Sony dan Team nya! Biar aja deh orang-nya sendiri yg revisi atau delete sekalian! Eh, iyah.. abe udah japri melalui YM nyah gak ada jawaban! (biasanya sih doi online terus YM nya walau kadang ntah dimana hihi.. namanya jugak sonny gendeng! *istilah abe yah* Ame juga jangan tersinggung!)

    #43 #44
    Arghhh.. Om Idbannnn.. perlu abe kirim kibot ke Plaza Bapindo Lantai 12 sana? Gimana seh? hihihi.. thanks yah!

  31. gue bilang para penjilat priyadi (priyadi kekakanan ikut ke kanan, priyadi ke kiri ikut kekiri) GOBLOK dan TIDAK NGERTI APA-APA, kenapa gue bilang begitu ? gue apa pernah bilang kalau wikipedia boleh jadi tempat iklan ? KAGAK ADA ! yang gue sorot cara priyadi dan cara priyadi itu adalah kecemburuan dengan ketentuan-ketentuan yg gue tulis ! Dasar Idiot!

    kapan gue bilang priyadi kagak suka Sonny AK ? gue bilang pakek tanda tanya “?” apakah bener yg gue duga? kalau isi blog bisa sajakan basa-basi ?, baca commentt gue! ngaku berpendidikan tapi kagak tahu apa isi yang gue tulis, PAYAH BANGET! satu lagi, gue tanya, hampir semua gue kagak dijawab ? takut kagak bisa jawab ? takut dibilang isi BLOGnya OMDO doank ? atau jangan-jangan kagak dibaca comment gue, dibaca dulu deh !

    Gue kagak mau lama-lama, gue tutup commentnya disini, saran gue lebih baik belajar melihat apa maksud comment orang, satu lagi saran gue yang penting, belajar memecahkan masalah dengan solusi bukan dengan berputar di tempat, pendapat gue, kebanyakan isi commentnya asal bunyi kagak ada isinya dan kagak tahu maksud yg gue tulis, nanti gue bilang kagak berpendidikan sakit hati, sekali lagi baca maksud apa yg ditulis orang baru comment !

  32. Gini yah, saya baca blog Pri soal ini dan saya setuju dengan pendapat Pri. Ibarat seorang penulis buku yang bertujuan membuat buku medicines misalnya, dia membiarkan orang menyumbang ide dan tulisan2 selebar2nya dengan tujuan mengumpulkan informasi seluas2nya dan seakurat2nya. Tentu saja penyumbang isinya bisa dokter, ahli sejarah, ataupun malah astrologer. Nah karena sering dikunjungi dan dibenarkan isinya, jadilah isi buku itu sesuai kehendak masyarakat. Penilaian baik atau tidaknya isi buku itu tergantung pada masyarakat itu. Nah kalau tiba2 di isi buku ada tulisan racun tikus ampuh buat mengobati sakit ginjal pada manusia (misalnya, sorry kalo saya ambil ekstrimnya). Yang tahu kalo racun tikus itu ngga bener dan malah bisa membahayakan manusia, tentu saja akan ada yang tergerak buat membetulkan, menghindari salah kaprah dan menyelamatkan yg mempercayai isi buku yg bertujuan baik tapi isinya diisi yang ngga benar kan? Coba ambil contoh lain, ada yg bilang obat mahkota dewa yang bisa menyembuhkan breast cancer. Saya yang akan maju dan memberi koreksi karena pengalaman pribadi nyokap saya yg kankernya membesar karena makan mahkota dewa yang notabene belum terbukti secara klinis dan nyaris memakan korban yaitu nyokap saya sendiri?
    Dalam hal wikipedia ini untungnya belum ada yang pasang iklan mahkota dewa di wikipedia. Tell me if there is one in there, surely I will go full throttle protesting it till the community delete it, the reason? There is NO clinical evidences yet, so it will NOT be categorised as a medicine, but as a HERBAL.
    Hope ame-aja get what the others and myself, trying to explain to her.

  33. Satu lagi reason, menurut saya loh, kita semua punya norma dan mampu membedakan yang benar dan salah. Lagipula menurut saya teguran yang disampaikan sih halus dan mendetail, cuma kenapa tiba2 beberapa org jadi marah2 dan menyerang subyek lain yang engga ada sangkut pautnya dengan isi yang dibicarakan.
    Ini mengingatkan saya pada waktu ada konferensi dokter dr singapore yang ngebahas masalah peningkatan mutu transfusi darah di Solo waktu itu, salah seorang dokter yang sudah tua malah membahas soal slide di power point salah satu rekannya yang engga lengkap karena hanya ada satu data perbandingan dari satu kota yang belum dimasukkan karena belum dikirim2 oleh pegawai kota tersebut. Data ini sebenarnya engga begitu penting karena semua data2 dr kota2 lain sudah masuk dan cuma satu kota yang belum masuk dan hasilnya bisa menyusul kemudian. Tebak berapa menit waktu tanya-jawab yang dihabiskan dokter tua tersebut buat masalah kecil ini? Hampir 90% waktu tanya-jawab habis karena kengototan dokter tua tersebut yang walaupun dijawab data akan menyusul kemudian bila diperlukan tetap ngotot. Apa sih yang dia dapat dari semua ini selain menghabiskan waktu dan tenaga dokter ahli singapore ini yang secara sukarela mengajar dokter2 di Indo soal teknik dan kemajuan tranfusi darah?

  34. sekarang sudah terbukti priyadi benar-benar iri dengan Sony-AK \:d/, comment gue yang penting tidak dimasukkan di blognya karena counternya sangat mematikan buat semua pendapat priyadi dan comment lainnya, gue rasa kagak perlu dilanjutkan lagi comment gue :)

  35. bagus deh kalau dimasukkan, lili elo kagak tahu yg gue maksud ? baca comment gue dengan teliti, upgrade kalau perlu biar ngerti <:-p, bukan berputar-putar tanpa solusi karena dialog tanpa ada solusi jelas (seperti tidak ada komunikasi nyata antara priyadi pembuat judul secara langsung ke sony-ak/Wikipedia) maka blog itu adalah adalah SAMPAH! Apa blog ini sampah ? anda sendiri yang bisa menjawabnya [-x, gue stop comment gue sampai disini karena comment gue udah masuk yang sebelumnya :)>–

  36. duh.. masih panas juga *kipas-kipas*
    panas di sini yah! ahh.. kalau berdebat sudah “melabeli” begini jadi males ah.. :((
    *kipas-kipas dan berlalu*

  37. gue bilang para penjilat priyadi (priyadi kekakanan ikut ke kanan, priyadi ke kiri ikut kekiri) GOBLOK dan TIDAK NGERTI APA-APA, kenapa gue bilang begitu ? gue apa pernah bilang kalau wikipedia boleh jadi tempat iklan ? KAGAK ADA ! yang gue sorot cara priyadi dan cara priyadi itu adalah kecemburuan dengan ketentuan-ketentuan yg gue tulis ! Dasar Idiot!

    #53: iya deh elu pinter…., ampe bisa bilang semua org yang setuju ama pri IDIOT! (elu pinter flaming).

    dilihat dari struktur bahasa andan (Ame-aja) bisa dibilang anda yang tidak bisa berdiskusi dengan ‘cerdas’, kenapa saya bilang begitu? kalo sudah menyerang individu-individu maka yang anda sajikan adalah debat kusir.
    Anonymitas memang tidak dilarang, hanya saja anda berkoar disini dan melakukan peng-idiot-an masal dengan tanpa identitas adalah COWARD!(PENGECUT!).

    Hi Yazid!™

  38. dedenf comment gue udah stop, buat apa tanggapin comment gue, udah jelaskan apa yg gue sampaikan, justru elo sendiri yg mulai debat kusir padahal gue udah stop.
    =d>

    anyway, gue terima kasih dikatakan pinter :p, gue anonymous sebanding dengan keroyokan di blog (yg kebanyakan comment kagak langsung melihat apa solusi sebenarnya dari isi dialog) jadi anonymous gue adil! FAIR! :-j

    gue sih kagak masalah elo pro priyadi, cuma gue minta elo berpikir realistis buat apa dialog tanpa solusi nyata, sampah ? ya SAMPAH! sorry agak kasar karena dari tadi elo kagak ngarti-ngarti l-)

    gue bukan bicara menyerang secara individu, tapi memang individunya sengaja ingin memperlebar masalah Sony-AK dgn Wikipedia tanpa solusi nyata, berkoar-koar di blog (OMDO) l-) ! kenapa bisa begitu ? baca comment gue diatas, udah malas mengulang-ulang ! :)

    gue udah stop commentnya :)>-

  39. gue apa pernah bilang kalau wikipedia boleh jadi tempat iklan ? KAGAK ADA ! … Dasar Idiot!

    kalo gitu apa yg sebenernya anda maksud? (“KAGAK ADA !”â„¢) apakah anda punya akal sehat? (“KAGAK ADA !”â„¢) ato minimal otak yg gak cacat mungkin? (“KAGAK ADA !”â„¢)

    *ahh…enaknya anonymous sambil ad hominem sekali2…~o)*

  40. Waduh, si ame-aja, coba saya liat comment anda sebelumnya:
    “Wikipedia mau masukin informasi Sony-AK ya terserah Wikipedia karena pemahaman Wikipedia tidaklah selalu sama dengan anda, bilang aja sewot kalau blog priyadi tidak bisa masuk Wikipedia, pakai alasan begitu segala.
    Kesimpulannya Priyadi tidak bisa masuk Wikipedia lalu kecemburuannya terhadap Sony AK dimasukkan di blognya, jadi malas buka priyadi.net lagi

    sungguh disayangkan sekali…
    Comment by Ame-aja
    Posted from United States
    Using Internet Explorer 6.0 on Windows XP
    26 September 2005 at 08:18 ”

    Itu comment yg kamu taro baru namanya mengkategorikan something yg bukan tujuan dibuat entry soal wikipedia tadi. Coba liat di wikipedia:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:What_Wikipedia_is_not#Wikipedia_is_not_a_propaganda_machine

    Wikipedia is not a propaganda machine
    Wikipedia is not a soapbox, or a vehicle for propaganda and advertising. Therefore, Wikipedia articles are not:
    Propaganda or advocacy of any kind. Of course, an article can report objectively about such things, as long as an attempt is made to approach a neutral point of view. You might wish to go to Usenet or start a blog if you want to convince people of the merits of your favorite views.

    Self-promotion. While you are free to write about yourself or projects you have a strong personal involvement in, remember that the standards for encyclopedic articles apply to such pages just like any other. A very few somewhat famous Wikipedians have significantly contributed to encyclopedia articles about themselves and their accomplishments, and this has mostly been accepted after some debate. Creating overly abundant links and references to autobiographical articles is not acceptable. See Wikipedia:Autobiography.

    Advertising. Articles about companies and products are fine if they are written in an objective and unbiased style. Furthermore, all article topics must be third-party verifiable, so articles about very small “garage” companies are not likely to be acceptable. External links to commercial organizations are acceptable if they can serve to identify major corporations associated with a topic (see finishing school for an example). Please note Wikipedia does not endorse any businesses and it does not set up affiliate programs.

    Itu pokok masalah yg dibahas, bukan ngebahas keirian ato kenapa engga dimasukkan wikipedia, dsb. Also, Wikipedia is not a blog.
    This Priyadi’s Place is a blog that is belong to Priyadi alone and he is free to write anything he wants. If most of the readers decide he is right, it all up to the readers, not to you. So please read carefully about “What is Wikipedia is not” yang sudah dikasi link-nya di atas.
    Please bercermin getu n kenapa kasi alamat ga jelas terus, aku liat alamat lo di US trus tao2 ganti Argentina, juga email lo kayanya engga valid. What makes you differ from a spammer then?

    PS: Sorry Pri, for this long comment. I’ll stop in here. I won’t said stop but still write again like you-know-who.

  41. Pri elo malah ajak gue jawab pertanyaan elo, pertanyaan gue aja hampir kagak ada yg elo jawab l-), gue kan udah stop, tapi gue orangnya kadang kagak enakan gitu kalau diajak dialog, gue jawab deh, anggap saja gue beri kontribusi ke elo <:-p buat why not? kayaknya hampir semua orang tahu kalau kagak ada' itu artinya tidak tahu, elo belum tahu ? atau elo cacat otak ? :(|) sepertinya anda tidak punya otak (Anda duluan yang memulai, not me) ;)) Buat lili, gue tahu maksud elo tapi elo itu dari tadi belum juga belum ngarti, padahal gue suruh upgrade l-), elo pinginnya gue dialog yg elo mau, enak aja, gue bahas ttg A malah ajak bahas lainnya, OON lo :-j gue udah tekanin dari tadi, berdialoglah buat dapatkan solusi bukan buat comment SAMPAH 8-}, orang kagak ngarti apa-apa juga bisa bikin topic dan comment sampah (BERTEORI TANPA SOLUSI) l-), sekali lagi belajar berdiskusi untuk mendapatkan solusi bukan debat kusir, gue udah beri WIN WIN SOLUTION >:d<, contoh itu! bagus kalau mau mencontoh memberikan solusi! :) jangan reply, cuman debat kusir jadinya :)>–

  42. Kok malah berantem sih? jadinya jauh banget dari topik. Jaka sembung bawa botol atuh euy, teu nyambung pisan, TOL!!

  43. Kira-kira apa perlu gak ya konfirmasi/pertemuan Priyadi sama Sony-AK untuk ngebahas masalah beginian? =)).

    Mungkin kata-kata elo yang ini terlalu nyelekit Pri:

    Menurut hemat saya, artikel-artikel tersebut hanyalah usaha untuk beriklan di Wikipedia, atau paling tidak usaha untuk keren-kerenan saja.

    Ada kemungkinan hal itu dilakukan karena ketidaktahuan mereka (bukan untuk keren-kerenan) dan lebih bagus kalo diberitahu secara personal, by email atau apalah gitu sebelum diposting disini. Karena mungkin menurut pendukung sony-ak.com seperti menebarkan kesalahan orang ke khalayak umum. Itu sih menurut gw :-). Tapi emang biar bagaimanapun menurut gw sony-ak.com gak layak tampil di wikipedia apapun alasannya itu.

  44. #68: hmmm, I suppose sebuah situs IT yang isinya penuh dengan artikel2 IT harusnya tahu kalau wikipedia itu bukan tempat iklan. mungkin anggapan gua ternyata salah ya :( tadinya memang mau langsung proses VfD, tapi ternyata sudah pernah dan artikelnya dibuat ulang.

    #66: ini komentar terakhir beneran gak yah? :)

  45. #49 Makanya, yang saya beratkan dalam tulisan Priyadi ini adalah penyamaan arti “have” dan “create” , “make”, “wrote” :)

    Karena ini jelas mengandung arti yang sangat berbeda.

    Sama saja dengan bahasa Indonesia :

    “have something” = memiliki sesuatu, tapi belum tentu dia yang membuat sesuatu itu. Bisa jadi dia diberi oleh orang lain (given by), mengumpulkan dari tempat lain (collecting).

    Jelas kan?

    Sedangkan “to create/make/wrote” ini mengandung arti bahwa subyek (penulis) adalah orang yang melakukannya (membuat, menulis).

    “I wrote this article” –> Siapa yang nulis artikel itu? “I”

    “I have this article” –> Siapa yang nulis artikel itu? BELUM TENTU “I” !

    Masih kurang jelas?

    Bukan masalah subyeknya “We”, tapi asumsi Priyadi bahwa “have” sama dengan “to create/make/wrote”.

    Kurang jelas lagi? Nyerah deh kalau gitu :D

  46. #71: hehehe, jadi bingung :) coba jangan cuma dilihat struktur kalimatnya saja, tapi lihat juga dimana kalimat itu ditulis, yaitu di wikipedia. coba deh baca artikel wikipedianya.

    jadi kata ‘article’ yang ada di halaman wikipedia merujuk kepada artikel di sony-ak.com, bukan artikel wikipedianya sendiri

  47. we have many articles about IT…
    menurut saya rasanya salah kalau diartikan subjek adalah pembuat articles, sebab kata selanjutnya adalah have mungkin sama jika kita mengatakan we have many cd about travelling,

    #49, kalau dikatakan
    kalau ada yang nulis “we create XYZ thingamajig” di artikel ACME corp di Wikipedia, maka kemungkinan yang nulisnya adalah orang ACME corp. kenapa? karena pakai subjek ‘we’. siapakah ini ‘we’? yang jelas sih bukan wikipedia”

    benar ‘we’ di sini jelas bukan wikipedia, tapi create di sini jelas2 menunjukkan arti penciptaan kata kerja yg dilakukan oleh subyek yg dalam hal kalimat diatas adalah ‘we’ dan jelas sekali bukan wikipedia, jika kalimat create tsb kita ganti dengan have maka jelas ‘we’ wikipedia dan pembuat.
    Saya sependapat dengan obyektif, to have to create .

  48. “I wrote this article” –> Siapa yang nulis artikel itu? “I”

    “I have this article” –> Siapa yang nulis artikel itu? BELUM TENTU “I” !

    Betoel! Tapi kata “artikel” yang dimaksud Om Pri pada tulisan:

    Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: “We have many articles about IT…”

    Merujuk kepada entry di wikipedia. Bukan “articles about IT”.

    Kalau “komunitas” menganggap Sony-AK layak untuk dimasukkan ke Wikipedia, maka komunitas akan menulis, “Mereka memiliki banyak artikel IT”.

    Tapi kalau ditulisnya, “Kami memiliki banyak artikel IT, murah-murah, sayang anak”, kan jadi berkesan jualan kacang? :D

    * semoga saya sedang berbuat baik, bukan lagi dikerjain :|

  49. walah saya

    maksudnya ‘we’ tidak sama dengan wikipedia dan tidak sama dengan pembuat.
    Saya sependapat dengan obyektif, pada dasarnya to have tidak sama dengan to create di tulis dimana pun

    sekian ralatnya maap tadi salah ketik dan gak liat preview :D

  50. maksudnya ‘we’ tidak sama dengan wikipedia dan tidak sama dengan pembuat (articles about IT).

    Ya, “We” adalah penulis entry di wikipedia.

    Kalau dia tulisnya “They”, mungkin dia masih bisa berkelit kalo artikel tsb bukan iklan, tapi ditulis oleh komunitas.

    Berhubung dia pakai “We”, maka jadinya iklan. (atau mungkin narsisme? atau ‘butuh pengakuan’?)

    Tapi biarpun dia pakai “They”, saya tetap nggak setuju kalau Sony-AK layak masuk wikipedia. Kalau ada yang pikir layak, berarti saya dan ratusan pemilik situs lain juga layak dan berhak untuk masuk.

    Saya sependapat dengan obyektif, pada dasarnya to have tidak sama dengan to create di tulis dimana pun

    Kalau ini saya juga sependapat :D

  51. yup saya pun sependapat ttg artikel tsb merupakan iklan, saya tidak pernah mengatakan artikel yg ditulis dalam bahasa inggris tsb bukan iklan :), hanya saja saya agak merasa aneh kalo dikatakan have diidentikkan dengan create, sebagaimana ditulis oleh bung priyadi “paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: “We have many articles about IT…”
    di sinilah saya tidak sependapat :) karna pada dasarnya to have tidak sama dengan to create walaupun konteksnya ditulis di wikipedia, saya sudah membaca artikel tsb tapi kesan yg saya dapat adalah Sony AK Knowledge Center mengiklankan diri nya sbg knowledge provider for indonesian people yg memiliki banyak artikel ttg IT :)
    mmm kayak2nya sependapat lagi dengan bung obyektif :D

    terima kasih

  52. #78: aduh gimana ini jelasinnya :-? b-(. saya bukan mengartikan kalimat yang ada di wikipedia. saya juga tahu kalau to have != to create. tapi mencoba melihat sesuatu di balik kalimat tersebut yang mengesankan kalau orang dari sony-ak-lah yang membuat artikel tersebut.

  53. tambahin lagi kepalang tanggung :D

    sebagaimana ditulis oleh bung priyadi “paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: “We have many articles about IT…”
    di sinilah saya tidak sependapat

    Jangan jauh-jauh, “artikel tersebut” maksudnya adalah tulisan di Wikipedia yang nggak wajar kalau dibuat oleh seseorang yang menceritakan tentang dirinya sendiri (narsis/ngklan?).

    Jadi bukan merujuk ke books about IT dan belum sampai ke create dan have, baru sampai “We” –> KAMI memiliki, berkesan ngiklan dan narsis, dibanding kalau dia nulis, “Mereka memiliki…” :D

  54. Huehuheue, katanya IT masak nggak tau etika? Jujur aja kalau gue liat dia nulis di Wikipedia plus “news” di site-nya itu cuma utk bikin semacam “pengakuan” dari situs lain (wikipedia). Kalau segampang itu mah enak kali, gue juga mau nulis² ttg site gue di Wikipedia :P

    Tapi marilah berprasangka baik :P Sony AK emang belom tau semangatnya Wikipedia. Biar ntar ada orang ke-3 yang nulis ttg permasalahan ini disana, jadi kan sony-ak nya tetep masuk tuh tanpa berkesan ngiklan :D

  55. #80 Dibaca berkali-kali pun tetap tidak bisa menimbulkan kesan bahwa Sony-ak yang membuat (menulis) artikel2 tersebut :) Lha wong jelas-jelas ditulisnya “We have …”.

    Itu tuh kalimat bahasa Inggris yang sangat gamblang dan mudah dimengerti kok.

    Kecuali ….
    Kecuali ……. memang itu adalah asumsi … (early assumption?).

    “Ah! Sony-AK bilang dia punya banyak artikel! Berarti dia yang membuat artikel itu dong yah!…. !” :) Gitu kali ya gaya berpikirnya Priyadi.

  56. #84: haduh, gimana yah? *garuk2 kepala* :) nyerah deh :) ini gak ada hubungannya dengan “have”-nya. saya gak lagi menerjemahkan ;). ato gini deh, coba baca artikel wikipedia tentang microsoft misalnya. apa disana ada kata “we”? gak ada. untuk mereferensikan microsoft dengan menggunakan kata ganti, mereka menggunakan kata ganti pihak ketiga “they” atau “them”, bukan “we” atau “us” :)

    kalau pakai “we” artinya microsoft yang bikin artikelnya.

  57. kok jadi masalah formal linguistik? kasian si azza ngejelasinnya, kayanya gw ulang lagi deh. masalahnya di kalimat ini ya:

    Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: “We have many articles about IT…”

    kata “artikel” yg pertama mengacu pada paragraf sebelumnya dari tulisan dgn judul “Wikipedia Bukan Tempat Beriklan!” ini, yaitu:

    Artikel Wikipedia Sony-AK.com yang berbahasa Inggris ternyata…

    atau dgn kata lain, artikel yg ini. kata “artikel” yg ke-2 mengacu pada kata “artikel” yg pertama (doh!), jadi mengacu ke artikel wikipedia yg ntu-ntu juga, sami mawon. sedangkan kata “articles” —yg perkara “to have” dan “to write”-nya jadi permasalahan oleh obyektif dan pemerhati— mengacu pada artikel-artikel yg ada pada situs sony-ak.com, terlepas dari siapa yg sebenarnya menulis artikel-artikel tersebut. sudah jelas, mungkin?

  58. Barusan baca artikel di tempat Sony ttg tulisan Mas Pri. Terlepas dari pendapat pribadi saya mengenai Artikel ttg Sony-AK Knowledge Center yg pernah dimuat di Wikipedia, saya cuman mau salut sama kata2 di Artikel Sony yang dilink Dudi (thanks ^_^)! disebutin antara lain:”Kami tidak akan berkomentar mengenai posting tersebut dan silakan para pembaca yang berkomentar sesuai dengan jalur dan format yang telah tersedia di sana. Tetapi juga pada kesempatan ini kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua komunitas yang merasa terganggu dengan berita kami dan kami juga mohon maaf kepada pihak Wikipedia apabila dianggap konten kami sangat mengganggu. Kami serahkan semuanya kepada komunitas pada umumnya dan juga pada pihak Wikipedia pada khususnya.”

    Statement seperti ini lebih bikin suasana ga panas *ngambil kipas dari Abe* daripada komentar2 yang pro atau kontra yang bisa bikin diskusi ga sehat dan debat kusir or whatever they call ..
    Mari berdiskusi dengan logika!! *2 thumbs up buat yang udah kasih penjelasan tanpa emosi :D*

    ** Semoga komentar ini tidak memancing debat lagi :D **
    *** Rezi yang masih asik2 aja menambah wawasan dan ilmu dengan membaca http://www.priyadi.net, http://www.sony-ak.com dan semua links bermutu yang ada di 2 tempat itu ^_^

    Comment by: Rezi Rusly
    Posted from Sunter (cuaca terik matahari menyengat, angkot seliweran, Metro Mini mogok, kopaja demo)
    Using IE 6.0 (kesian amat ya saya..) Using Win XP (Bajakan)

  59. Saya melihat flame war ini lebih kepada ‘rasa kurang suka’ pada Priyadi, bukan pada isi posting.

    Kalau melihat isi posting, saya cenderung sependapat pada Abe, bahwa memang ada baiknya Priyadi japri ke Sony, dan ini juga sudah dijawab Priyadi bahwa hal ini sudah pernah terjadi dan diulangi lagi.

    Jangan lupa, banyak pembaca silent disini dan mereka bisa menilai sebenarnya comment mana yang mutu, berangasan ataupun comment yang egois.

    Soal To Have & To Create dipermasalahkan ya saya pikir sesuatu yang dilebar-lebarkan, persis ilustrasi soal dokter tua yang mempermasalahkan sesuatu yang tidak esensial.

    Vavai

  60. #66 “kagak ada” = “tidak tahu”??:o:-? yakin tuh?? bertahun2 saya di jkt, bahkan masih half-betawi juga. haloo..”semua orang”, ini bener nih? kok kayanya ga logis ya? berarti statement anda sebelumnya (#53):

    gue apa pernah bilang kalau wikipedia boleh jadi tempat iklan ? KAGAK ADA ! …

    berarti dibaca: “gue apa pernah bilang kalau wikipedia boleh jadi tempat iklan ? TIDAK TAHU !”.:))=))

    hmm, ya, ya… berarti jelas masalahnya sekarang :-?, ternyata anda KAGAK ADA (baca: TIDAK TAHU) dgn apa yg anda omongin sendiri, apalagi permasalahan sebenernya di sini. gak usah mikirin saya dulu deh, keadaanmu sendiri lebih memprihatinkan nak.. *prihatin*


    Dasar Idiot!â„¢ =))=))=))

  61. ada yg perlu di cermati lagi saya rasa,
    1. kita sepakat artikel dalam bahasa inggris itu mempromosikan diri secara langsung dengan menggunakan kata subject we
    2. atas dasar no 1 hal tsb maka kita sepakat artikel tsb telah mempergunakan wikipedia untuk kepentingan pribadi

    namun ada juga yg kita tidak sepakat,

    Asumsi atau kesan mengenai “Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri” adalah suatu hal yg blum bisa atau tidak bisa dibilang valid, asumsi bung Priyadi dg mengatakan “seakan-akan artikel tsb dibuat …” yg dirujuk berdasarkan kalimat “We have many articles about IT …” kata subject We sangat benar menunjukkan sbg si penulis artikel.

    #81, rasanya anda salah tangkap, yg saya garis bawahi adalah pernyataan bung Priyadi yg mengatakan kata “We have many …” di anggap menandakan artikel tsb dibuat oleh pemilik situs, kalau anda mengatakan “… bukan merujuk ke books about IT ..” anda salah menanggapi wong yg saya rujuk adalah pendapat bung Priyadi yg mengatakan “paragraf kedua dari artikel tsb menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri…”, paragraf kedua yg mana dari artikel tsb yg menandakan seakan2 artikel tsb dibuat oleh pemilik situs itu sendiri ?
    bung Priyadi merujuk pada kata2 di paragraf ke 2 “We have many articles about IT ..” dengan mem-bold kata subject ‘We’ yg mewakili pemilik situs, jika pemilik situs yg dimaksud oleh bung Priyadi adalah pihak sony_ak maka kata2 yg saya tangkap adalah “paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri(pihak sony_ak) karna mereka(pihak sony_ak) menulis “We have many articles about IT..”.

    #84, Kata subject We di sini tak akan ada artinya tanpa kata ‘have’, karna yg menjadi masalah dalam hal ini menurut saya adalah kalimat “seakan-akan artikel tsb dibuat …” yg dirujuk berdasarkan kalimat “We have many articles about IT …” jika tidak ada hubungannya dengan ‘have’ maka jelas akan aneh dan tidak terlihat maksud dari si penulis artikel(pihak sony_ak) karna ‘have’ di kalimat “We have many articles about IT…” menjelaskan bahwa We (pihak sony_ak) meng-klaim memiliki(bukan membuat) banyak artikel ttg IT.
    Mungkin inilah yg saya dan bung obyektif maksud sehingga saya merasa aneh knp kata2 “we have many articles about IT” kok bisa diartikan atau berkesan atau dianggap oleh bung Priyadi sebagai “.. menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri..” mungkin jika kalimat
    “Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: “We have many articles about IT…” dihilangkan maka polemik ini tidak berlanjut:)

    #83, klo mao coba aja gih, mungkin nanti bung Priyadi akan mengulas lagi :D ato pihak wikipedia ato siapa gitu akan membuat tata cara preventif nya nanti :)

    demikian pengertian dari pemikiran saya dan tidak akan saya perpanjang lagi :), sangat mungkin ini salah, namun terlepas salah ato benar, saya rasa pihak sony_ak telah sukses berpromosi melalui wikipedia yg di expos oleh bung Priyadi :)

  62. #88: Kalimat ini:

    Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: ‘We have many articles about IT…’

    memang rancu sehingga bisa dimaklumi jika ada yang salah menangkap maksudnya. Sekarang mari kita ubah kalimat tersebut menjadi seperti ini:

    Paragraf kedua dari artikel ini menandakan seakan-akan artikel yang ditulis di Wikipedia tersebut dibuat oleh pemilik situs itu sendiri: ‘We have many articles about IT…’

    Bagaimana? :d

  63. Sony AK atau Website Sony AK boleh saja masuk di Wikipedia, selama masih dalam koridor atau aturan dari Wikipedia. Aturan Content, aturan bahasa aturan bla..bla.. yang lain. Selama dalam koridor tsb saya rasa tidak masalah.

    Saya menganggap Sony AK sama halnya dengan Google, atau Microsoft (misalnya) dalam kapasitas (potensi) “nilai”-nya sebagai sebuah “knowledge” untuk “layak” di Wikipedia

    Tentang artikel atau content di Wikipedia tersebut di tulis oleh pihak SonyAK sendiri atau bukan, menurut saya juga bukan masalah. Selama hal tersebut bernilai sebuah “knowledge”.

    Masalahnya content tentang Sony AK di Wikipedia tersebut lebih cenderung kearah iklan, self promotion dan “nilai knowledge”-nya sendiri masih kurang.

  64. ok, atas saran dari polisieyd, kalimatnya sudah saya perjelas. mudah2an sekarang sudah lebih bisa dimengerti :)

    ini kalau masih kurang jelas: :)

    Paragraf kedua dari artikel(1) ini menandakan seakan-akan artikel(2) yang ditulis di Wikipedia tersebut dibuat oleh pemilik situs itu(3) sendiri: ‘We(4) have many articles(5) about IT…’

    Keterangan:

    (1) http://en.wikipedia.org/wiki/Sony_AK_Knowledge_Center
    (2) sama dengan (1)
    (3) http://www.sony-ak.com
    (4) menurut konteks pada kalimat2 sebelumnya adalah http://www.sony-ak.com, karena ini adalah kata ganti orang pertama, maka saya simpulkan bahwa artikel ini seakan-akan dibuat oleh (4) sendiri
    (5) artikel di http://www.sony-ak.com, BUKAN artikel di wikipedia

    sedangkan kalimat ‘We have many articles about IT…’ adalah kutipan dari (1), dan BUKAN dari (5) atau saya sendiri.

    tambahan lagi untuk yang siapa tahu belum familiar dengan wikipedia: wikipedia adalah situs ensiklopedi bebas dimana siapapun bisa membuat dan menyunting artikel-artikel yang ada di dalamnya.

  65. #93 sepakat! saya juga salut dgn tulisan2 pada blog anda, sudah beberapa kali ke sana, saya memang sudah menunggu anda untuk meng-clearkan masalah bahasa ini.<:-p nah, tinggal dibaca deh ama obyektif & pemerhati...

  66. #93 upss…maksudnya saya…ketauan deh.. :d

    why-not…y-not…ton-y…

    dan karena saya juga merasa entry wikipedia tersebut kurang sesuai, maka tadi saya edit wording-nya (my first time). belum sempurna, mungkin masih agak ngiklan, tapi setidaknya sudah diperbaiki sedikit. silakan cek ke sana.

  67. Saya masih nggak setuju kalau Sony-AK dianggap pantas masuk wikipedia. Kalau memang dianggap pantas, berarti priyadi.net dan ratusan situs lain juga berhak (untuk nyoret-nyoret wikipedia… potensi masalah baru, hueh)

    Malah rasanya banyak situs Indonesia yang tidak tercatat di wikipedia sementara situs-situs tersebut masih lebih populer, berguna, dan lebih pantas berada di wikipedia daripada Sony-AK.

    Lain hal kalau seperti saya bilang diatas. Karena sekarang sudah menjadi seperti ini, Sony-AK sudah membuat berita, mungkin memang sekarang ia pantas untuk dimasukkan.

    Tapi yang pasti bukan, “Sony AK Knowledge Center is a professional online IT (information technology) knowledge provider for Indonesian people”. Ini siapa yang bilang? Dirinya sendiri? Anak buahnya? Iklan? Saya sih nggak memandang Sony-AK setinggi itu. Ada ratusan situs lain yang bisa didefinisikan seperti itu. Sebut detikinet :| atau infokomputer.

    Menurut saya, tulisan yang pantas masuk Wikipedia mengenai Sony-AK adalah tulisan yang menjelaskan permasalahan saat ini. Dimana sebuah “situs IT” karena “ketidaktahuannya” berusaha meninggalkan pesaingnya dengan cara yang tidak sesuai dengan etika :P

    :::::

    Terlepas dari semua omongan diatas, saya menaruh hormat pada penulis news di situs Sony-AK.

  68. #101: Dan penulis situsnya kayaknya berasal dari Sonny-AK sendiri. Coba baca Latest News-nya:

    ….Tetapi juga pada kesempatan ini kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua komunitas yang merasa terganggu dengan berita kami dan kami juga mohon maaf kepada pihak Wikipedia apabila dianggap konten kami sangat mengganggu…

    Nah itu bukannya vanity tuch? (eh… apa sih maksud vanity di Wikipedia?)

  69. :( wahhhh… kok panas banget ya disini *keluh*

    Aku sudah tahu soal situs mas Sony ini, walaupun gak kenal beliau secara langsung tapi dia seniorku di kampus.
    Pengennya ngasih komentar banyak tapi nanti malah memperuncing masalah.

    Ya sudah, akhirnya aku mo kembali kekampungku yang tenang dan damai.

    *permisi*

  70. Sepertinya ame-aja kena banned :d

    why-not? elo kena umpan gue juga ahkirnya, gue lihat sepertinya elo anak jkt, ternyata dugaan gue benar elo anak jkt, setengah betawi lagi

    gue juga tahu kagak ada’ itu tidak ada bukan tidak tahu, elo SANGAT PARAH DAN SANGAT MEMPRIHATINKAN SEBAGAI MENGAKU ANAK JAKARTA
    =)), kenapa gue bilang begitu ? dari tadi gue beri umpan biar elo bisa tahu cari tahu jawabnya, justru kagak elo jawab-jawab dan itu SUDAH JELAS ANDA TIDAK TAHU, TITIK! NO ELSE!, & disini sekarang gue jelasin buat elo, IDIOT LU ;))

    yang bilang gue troll sengaja gue diemin karena yang comment juga isinya sampah, kenapa gue bilang sampah karena cuman berputar-putar, contoh nyata si Sony AK sudah beri konfirmasi tentang dialog diskusi ini, manfaatkan buat bertanya lebih jelas, justru dipanjang-panjangkan, makanya gue bilang comment disini hampir semuanya sampah, Sekali lagi saran gue tanyakan langsung ke Sony AK biar semua CLEAR! :)

    nah jangan reply lagi, cuma debat kusir nantinya :)>-

  71. #105: gak ada yang ngeban ente. itu akibat ente berusaha keras untuk jadi anonim, entah apa alasannya. seandainya tidak, ente bakalan dikasih tahu kalau komen ente masuk moderation.

    ente pakai nama samaran, ngehapus cookie, masuk lewat open proxy di berbagai negara, gonta ganti alamat email yang fiktif. entah apa tujuannya berusaha anonim sampai sejauh itu, sedangkan terus terang menurut ane, komen ente gak ada mutunya.

    dan ane gak tahu apakah ini komen terakhir ente yang beneran :)

  72. priyadi cs yang konon bisa sedikit bikin getar kompas, anne ahira dsb cuma segitu saja, ahkirnya nyerah alias bertekuk lutut lawan gue padahal gue cuma sendiri ;))

    comment gue dianggap kagak mutu karena elo kagak bisa jawab hampir semua pertanyaan gue l-), hampir isi comment topik ini berputar-putar ditempat dan gue anggap itu sampah <:-p, inget pri, comment gue suruh menghubungi Sony AK ahkirnya dapat jawaban dgn hasil Sony-AK konfirmasi, paling kagak WIN WIN SOLUTION gue manjur dari pada elo cuman OMDO ;)) terus terang, gue lebih suka topic priyadi yang bermanfaat seperti menambah knowledge (Seperti topic yang baru), pasti banyak yang lebih senang sama priyadi >:d<, anyway, gue minta maaf kalau ada comment yang menyinggung atau ada yang salah, anggap aja gue memberi pembelajaran sama priyadi cs agar lebih baik. pri dan yg lain jangan reply lg, bisa debat kusir! :)>–

  73. hehehehe Mas Sony memang hebat deh :) sampe diributin ama komunitas begini :)

    sebenernya sih :) bukan memihak sapa2….gue barusan aza baca Sony-ak dan menurut gue, dia kan bukannya mau mengiklan deh ke wikipedia, dia cuman kepengen masukin aza disitu karena mungkin kalo menurut saya, maksudnya dia adalah seperti directory listings gitu :) kalo masalah iklan, malah yang kalian ributin dari tadi ini jadi iklan buat dia :) hehehehe selayaknya selebritis, skandal malah bikin tenar nama :) jadi secara gak langsung, kalian sudah menjadi bintang iklannya secara gratis :)

    Lagipula, masalah artikel yang ada, itu kan ditaruh under news, apa saja yang terjadi menyangkut dengan sony-ak akan ditaruh disitu, itu kan seperti halnya dengan berita, memang kaga ada yang suka dengan paparazzi, bahkan NYPD juga gak suka kok sama kehadiran paparazzi yang selalu cepat :)

    jangankan masuk wikipedia, masuk ke priyadi.net dan dibahas habis2an gini juga masuk.

    Baca : http://www.sony-ak.com/news/sony-ak_at_priyadi_net.php

    :) lagipula, rek rek, ame-aja itu kan cuman mengemukakan pendapat :) memang sudah menjadi ciri khas kita bahwa yang berpeda pendapat harus dipangkas yach? :)

  74. #109: wikipedia bukan directory listing, silakan lihat-lihat wikipedia dan taut yang saya berikan di atas. saya gak mempermasalahkan artikel yang ada di sony-ak.com tapi yang di wikipedia.

    mengenai komen ame-ame gak ada yang saya hapus kok, tentunya selain yang dobel.

  75. halah, kok beberapa dari kalian yang anonim banyak yang memperpanjang debat nggak puguh sih?

    ditambah wikipedia dianggap sebagai directory listing pula. directory listing tuh di sana di yahoo.com atau di dmoz.rog

  76. Asik ya, comment-nya Priyadi serasa jadi forum diskusi :d
    Dipikir2x ada baeknya juga Mas Pri buka forum buat bahas tiap artikel. Jadi gak sekedar komen aja, tapi bisa dibahas tuntas pake debat2x sgala gitu ;))

  77. #105 ciee…ngeles nih?;) defend niyee… situ kocak deh:)) oya, in case blom tau, why-not itu gw (khusus bwt lo, coba!).

    berarti kalo gw anak jakarta, gw malu2in, gitu? sayangnya gw bukan anak jkt (bisa baca nggak? gw cuma bilang bertaun2 gw di jakarta, dst). gw anak bandung kok, disini cuma numpang kerja. berarti lo untuk kesekian kalinya salah lagi kan, kesiann deh… =)) peduli amat lo lagi mancing ato kecebur kek, peduli amat. sana deh balik ke suster lu, belum sembuh jgn kesini dulu.

    “Arguing with anonymous strangers on the Internet is a sucker’s game because they almost always turn out to be — or to be indistinguishable from — self-righteous sixteen-year-olds possessing infinite amounts of free time.” ~ Neal Stephenson, Cryptonomicon ~

  78. buat #114

    Elo ini aneh, strange people! elo siapa juga gue kagak peduli, mau elo jungkir balik atau apa, emang gue pikirin, terus terang! SO WHAT GITU LHOO!! ANEH LO!!

    .. bahkan masih half-betawi juga ..’ tapi setelah itu elo bilang ‘gw bukan anak jkt’ jadi kesimpulannya elo bukan anak jakarta (tidak ada sedikitpun keturunan yg penduduk aslinya betawi yang jakarta tentunya) ? jadi elo kagak ngakuin ‘half betawi elo’ ?, jadi elo kagak ada turunan betawi ? padahal elo bilang ‘half-betawi’, satu hal cuman satu kata buat elo, ELO SAKIT!!

    si priyadi udah nyerah!, jadi elo kagak terima kalau priyadi nyerah ya ITU URUSAN ELO!, awas permennya jatuh ! cocok banget ama icon kartun anak-anak yang elo pakai sesuai dengan kepribadian elo ! CHILDISH BANGET! dan SAKIT tentunya!

    tolong jangan reply lagi cuma debat kusir jadinya !

  79. #115
    bisa gak nulis alamat email yang bener? (kalo lu punya)
    bisa gak nulis alamat website yang bener (kalo lu punya)
    bisa gak lu nulis nama yang bener? (itu kalo lu punya!)

    COWARD!!
    *sori pri…, Pi eM eS :)*

  80. siapa bilang keturunan betawi harus tinggal di jakarta? anak jakarta gak selalu keturunan betawi, keturunan betawi gak selalu tinggal di jakarta.
    hint:
    betawi –> suku
    jakarta –> tempat di mana suku betawi dulu tinggal.

  81. Ada artikel ini dari teman saya, sorry kalo saya post entry lagi. Semoga ada orang yg sadar setelah membaca ini, kalo masi belum sadar yah what can you do when his mind already irrepairable? Maybe his brain cells undergoing apoptosis? [-(

  82. #116
    anonymous gue (no ident posted) sebanding dgn keroyokan jadi gue fair dan adil walaupun hasil ahkirnya priyadi cs menyerah :)

    #117
    gue kagak pernah bilang keturunan betawi harus tinggal di jakarta begitu juga sebaliknya tapi elo bilang bukan anak jakarta padahal elo ‘half betawi’ / setengah betawi dan elo tidak mengakui diri sendiri sebagai anak jakarta yg sebenarnya tempat di mana suku betawi dulu tinggal

    apakah setengah darah betawi anda tidak mengakui diri anda sebagai orang jakarta ? anda sendiri yg bisa menjawabnya dan gue kagak mau tahu dan tidak mau tahu :)

    #118
    gue sudah tahu dan menurut gue itu hanya berlaku utk blog yg benar-benar berisi bukan sampah (disini isi topic dan kebanyakan comment berputar-putar ditempat dan itu gue anggap sampah), perlu elo tahu justru comment gue yg menyuruh menghubungi Sony-AK yg ahkir membawa konfirmasi sony-ak di situsnya tentang diskusi di blog ini, apa gue harus mengulang-ulang lagi ? :)

    kalau lama-lama diteruskan bisa menjadi debat kusir, gue hormati pendapat elo kalau elo juga melakukan hal yang sama begitu juga sebaliknya, gue juga kagak mau memaksakan pendapat gue, sebab gue bukan type orang seperti itu :)

    jangan reply lagi kalau mau debat kusir, debat kusir sama yang lain saja, gue kagak berminat :)

  83. ok saya rasa sudah cukup. posting saya #108 adalah sarkasme. sayang sekali ame atau siapapun nama anda sekarang tidak bisa melihatnya. orang yang berdiskusi harusnya bisa melihat ini bukan persoalan menang atau kalah.

    dari posting2 anda tidak ada kesimpulan apa2 selain bahwa ybs membutuhkan perhatian yang lebih dan tidak memiliki kemampuan berdiskusi dan membaca yang baik. jika anda berumur kurang dari 15 tahun dan baru di internet saya rasa wajar, tapi jika lebih dari 15 tahun, saya sarankan anda untuk mengunjungi psikiater.

    anonimitas tidak dilarang, rekan2 disini juga banyak yang anonim, hanya saja anonimitas bukan untuk disalahgunakan untuk menunjukkan supremasi diri anda.

    karena posting2 anda makin OOT dan ‘flamish’, maka thread saya tutup. di masa yang akan datang dan di posting2 lainnya, saya akan hapus tulisan dari anda yang seperti itu.

Comments are closed.