12 October 2004

Vandalisme Spammer Indonesia Pada WikiPedia

Posted under: at 19:32

Vandalisme Spammer

Tambah kacau, begitu kata saya. Setelah beberapa lama blog saya dihujani pendapat tidak jelas dari pada pendukung Anne Ahira, kini giliran artikel Ikhlasul Amal yang menjadi target para spammer tersebut.

‘Diskusi’ yang terjadi dalam blog tersebut bermulai dari definisi spam. Saya, Amal, Eko dan Jay adalah orang-orang yang tidak setuju dengan metoda marketing melalui spam. Sedangkan pendukung Anne Ahira sepertinya terlihat tidak rela untuk meninggalkan metoda ‘marketing’ tersebut. Mereka beberapa kali mencoba untuk mendefinisikan ulang istilah spam. Misalnya dengan argumen bahwa spam yang mereka kirim tidaklah bulk dan alasan-alasan lainnya.

Karena mungkin kami senantiasa menggunakan referensi spamming di Wikipedia, mereka mencoba melakukan vandalisme pada Wikipedia. Hasilnya seperti yang terlihat pada screenshot ini. Artikel panjang lebar mengenai spamming tersebut diganti menjadi sebuah paragraf tanpa makna:

wakkk istilah spamming sih sebenarnya masih kacau, blom ada tuh, tapi menurut saya spamming sih ok ok aja demi kemajuan ekonomi ada yang harus dikorbankan, iya kan?

Untungnya Wikipedia memiliki mekanisme untuk mencegah vandalisme ini, salah satunya adalah dengan menyimpan history dari artikel tersebut. Setelah ini, entry tersebut akan saya reversi. Jika pada spammer tetap bersikukuh untuk mengedit artikel tersebut maka ada kemungkinan sysop akan turun tangan untuk melakukan blokir IP address atau membekukan artikel tersebut.

Come on people, grow up!

34 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!