Review Reviewland.com

Dari beberapa milis saya menerima email hasil forward yang berasal seorang *reviewer* dari reviewland.com. Tetapi dari postingnya tidak terlihat bahwa yang bersangkutan adalah seorang *reviewer* yang netral dan tidak berat sebelah. Karena itu saya penasaran dengan situs reviewland.com.

Kesan pertama dari reviewland.com adalah disainnya yang sangat tidak profesional. Situs ini memaksakan diri menggunakan frame walaupun sebenarnya tidak dibutuhkan frame. *Hyperlink* hampir seluruhnya menggunakan Javascript untuk *popup* window baru. Singkatnya, situs ini sangat mengerikan dari sisi usabilitas.

OK, lalu bagaimana dengan isi situs ini?

Di sebelah kiri halaman utama ada logo Internet Explorer dengan tulisan *”The Best Browser”*. Saya tidak tahu apakah ada *reviewer* lain yang berpendapat sama dengan yang satu ini. Terus terang walaupun saya sendiri tidak pakai IE, saya sering berurusan dengan masalah-masalah yang ditimbulkan oleh IE. Mungkin sang *reviewer* tidak tahu adanya browser seperti [Firefox](http://www.mozilla.org), [Konqueror](http://www.konqueror.org) atau [Opera](http://www.operasoftware.com).

Di bawahnya ada logo lain bertuliskan:

>Total Domination. Microsoft Windows XP. Windows Mobile Pocket PC. Full Microsoft operating system for PC/PDA/Phone

Dari sini sudah terlihat sang *reviewer* memang benar-benar ‘netral’ :). Di bawahnya lagi ada logo dengan tulisan:

>Reviewland.com anti menggunakan memori merk lokal dan merk kacangan. Seluruh komputer kami menggunakan memori import terbaik di dunia yaitu Kingston. Reviewland.com anti menggunakan VGA kacangan, hanya ATI Radeon 9700 Pro yang kami gunakan.

Memberi label ‘kacangan’ pada hardware yang digunakan oleh pengunjungnya adalah cara yang tepat untuk melakukan penghinaan kepada pengunjung.

Dari berbagai macam halaman lainnya, saya menemukan pernyataan-pernyataan:

>Secara feature & kecanggihan teknologi, PDA Phone Pocket PC jelas lebih unggul dibanding Smart Phone. SmartPhone seperti Sony Ericsson P900 pada dasarnya tetaplah telpon, hanya saja dibekali kemampuan mendekati PDA, sedangkan PDA Pocket PC seperti Thera memiliki kemampuan yg boleh dibilang sama dengan PC. Bahkan boleh dibilang bahwa PDA Pocket PC bisa menggantikan notebook, karena PDA berbasis PocketPC memiliki software-software yg sama seperti PC/notebook. Mulai dari Microsoft Word, Excel, Outlook, software presentasi seperti PocketShow dan Powerpoint, hingga game-game ala PC yaitu Quake, Doom, Age of Empires, SimCity, dan lain-lain. Software-software yg umum di PC seperti ACDSee, Photoshop, Powerpoint, Quicken, MS Money, dsb juga ada untuk PocketPC. Jadi jangan takut bila software yg ada di PC anda tidak ada di PocketPC.

Hmmm… bisa menggantikan notebook? Pada notebook saya tidak terinstall Word, Excel, Outlook. Jadi dengan demikian Pocket PC lebih unggul dibandingkan notebook saya? :)

>Situasinya berbeda dgn PDA/Smartphone berbasis Symbian (Nokia, Sony, Siemens) yg miskin software. Begitu pula PDA berbasis Palm juga memiliki kualitas & jumlah software yg kalah dibanding Pocket PC. Apalagi PDA berbasis Palm boleh dikatakan sedang sekarat akibat dominasi PDA berbasis Microsoft PocketPC. Ini tak lain karena kehebatan dominasi Microsoft sang pencipta PocketPC.

Penulis artikel sepertinya hidup dalam dimensi yang berbeda. Pada dimensi yang saya tinggali, jumlah software untuk Palm jauh lebih banyak daripada software untuk PocketPC. Mengenai kualitasnya, masih banyak aplikasi Palm yang berkualitas lebih baik daripada PocketPC. Bahkan banyak *reviewer* lain mengatakan bahwa Microsoft Word dan Excel untuk PocketPC kalah secara kualitas dibandingkan dengan Documents To Go di Palm.

>Semua PDA berbasis PocketPC juga dapat diatur resolusinya menjadi 640×480, 800×600, ataupun 1024×768 (mode landscape). Jadi masalah layar yg sempit bukan lagi alasan bila anda ingin browsing internet ataupun melihat sheet excel yg lebar.

PDA dengan layar 1024×768? Semua PDA berbasis PocketPC? Compaq iPAQ 3970 milik teman saya tidak dapat menampilkan resolusi lebih dari 320×240.

>Beberapa orang menganggap ukuran Thera terlalu besar, ini karena mereka membandingkannya dengan handphone yg notabene tidak memiliki feature secanggih Thera. Perlu diingat bahwa Thera adalah device Pocket PC yg memiliki feature canggih layaknya sebuah PC. Jadi anda harus membandingkan ukurannya dengan ukuran notebook. Sebab dengan memilki Thera anda tak perlu lagi membawa-bawa notebook lagi. Apa yg dapat dilakukan notebook dapat juga dilakukan di Thera.
Notebook yg paling kecil beratnya masih berkisar 1kg (1000 gram) dan besarnya masih seukuran buku tulis, sedangkan Thera beratnya cuma 198 gram dan dapat dimasukkan ke dalam saku kemeja.
Bisakah anda memasukkan notebook ke saku kemeja anda????

Orang ini mengganti *notebook*nya dengan PDA? Mungkin bagi sedikit orang fungsi *notebook* dapat digantikan dengan PDA. Tetapi *reviewer* ini melakukan generalisir, *”Apa yang dapat dilakukan notebook dapat juga dilakukan di Thera”*. Mungkin sayanya yang belum tahu misalnya bagaimana caranya melakukan *video editing* di PDA?

>Dengan memiliki PDA Phone multifungsi seperti Thera Verizon, anda jelas tak perlu repot2 lagi membawa notebook ketika bepergian. Mendengarkan MP3 atau menonton movie menggunakan notebook di dalam taxi/bus kota tentu akan merepotkan.Namun dgn PDA semua aktifitas kantor maupun multimedia dapat dgn mudah dilakukan dimanapun sekalipun di dalam toilet. Dengan notebook, bisakah anda browsing internet ataupun mengetik sambil berdiri? Bisakah anda mengetik email di notebook sambil kencing di toilet? Bisakah anda mengetik dengan notebook sambil menunggu kemacetan di belakang kemudi? Tentu tidak. Ini artinya notebook dalam hal mobilitas sama sekali tidak praktis karena tidak jauh berbeda dgn PC Desktop yg membutuhkan meja/kursi untuk mengoperasikannya.

Saya tidak akan mengomentari yang ini :).

> Bila ada orang yg bilang bahwa mengetik menggunakan notebook lebih nyaman drpd menggunakan PDA, itu adalah omong kosong besar yg keluar dari mulut dari orang yg tak pernah punya PDA Pocket PC. Dengan PDA kita bisa mengetik sambil tiduran dengan merebahkan kepala di bantal, sambil bersandar di kursi malas, atau bahkan sambil menunggu kemacetan di belakang kemudi. Itu semua tak dapat anda lakukan bila anda menggunakan notebook untuk mengetik.

Untuk bisa melakukan *”mengetik sambil tiduran”* mungkin harus sering *fitness* dan *weight lifting* seperti yang dilakukan *reviewer*. Sayangnya, *reviewer* disini tidak menghitung biaya untuk aktivitas tersebut :). Saya pribadi tidak betah menggunakan *grafiti* untuk menginputkan data lebih dari satu halaman, masih jauh lebih nyaman menggunakan notebook.

> Sedangkan PDA Phone PocketPC seperti Thera memiliki perbendaharaan software yg sama komplitnya dgn notebook.

Ini point yang terlalu mudah untuk disanggah. Jadi saya lewatkan saja.

> Percuma saja punya Bluetooth kalau tidak bisa dial-up ke internet. Bagaimanapun juga mengecek email / browsing jauh lebih penting drpd transfer file menggunakan Bluetooth. Dan lagi tranfer data menggunakan Bluetooth sangatlah lambat, dan ujung-ujungnya anda akan lebih menyukai transfer data / sync via USB (Craddle/Card reader) yg 20X lebih cepat drpd tranfer data/sync via bluetooth.

Sepertinya *reviewer* tidak mengerti desain awal dari Bluetooth. Bluetooth bukan dibuat untuk keperluan transfer data berkecepatan tinggi. Apakah untuk mentransfer vCard, foto atau data lainnya yang berukuran kecil saya harus pakai kabel USB? Kalau pakai kabel USB bagaimana saya bisa transfer data ke rekan lain yang menggunakan PDA juga?

> Saya yakin bahwa orang tolol sekalipun tahu bahwa Toshiba dan barang “Made in Japan” tentu merupakan jaminan kualitas. Sedangkan faktor ketololan pulalah yg membuat banyak orang mengira bahwa O2 XDA adalah PDA Phone buatan Inggris.

Tolol? Sony Clie adalah barang “Made in Japan”. Apakah *reviewer* juga akan tidak bias dalam me*review* barang tersebut?

> Dengan PocketPC anda bisa melakukan aktifitas bisnis seperti mengetik, mengirim email, dan melakukan presentasi dengan PowerPoint di mana saja, baik di lapangan golf ataupun di dalam gym. Hal tersebut jelas tak dapat dilakukan bila anda menggunakan notebook. Hanya orang tolol yg membawa-bawa notebook ke lapangan golf ataupun gym. Dari sini sudah terbukti bahwa notebook bukanlah alat yg benar-benar mobile. Alat yg “mobile” haruslah praktis dan bisa masuk kantong, dan notebook jelas tidak memenuhi syarat tersebut.

Tolol?

>Jaman sekarang ini notebook semakin kehilangan fungsinya, sebab aplikasi-aplikasi masa kini cukup berat untuk dijalankan di notebook. Beberapa aplikasi terbaru bahkan mensyaratkan memory minimal 512MB, dan ada pula yg membutuhkan memory sebesar 1GB. Prosesosrnya pun dituntut sekelas P4 3.2Ghz ke atas. Game-game terbaru juga menuntut VGA sekelas Radeon X800 atau Geforce 6800. Persyaratan seperti itu jelas sulit dipenuhi sebuah notebook, jadi ujung-ujungnya fungsi PC Desktop tetap tidak dapat tergantikan oleh notebook. Selain itu notebook juga sulit diupgrade dan mahal. Hal itulah yg membuat notebook tak akan pernah bisa menggantikan PC Desktop. Bila yg diunggulkan oleh notebook adalah dalam hal mobilitas, saat ini rasanya kurang tepat. Sebab semua fungsi notebook sekarang ini dapat dilakukan oleh PocketPC, dan dalam hal mobilitas PocketPC jauh lebih unggul dibanding notebook. Bila anda menggunakan notebook hanya sekedar mengerjakan MS Office, browsing, dan mengirim email, sebaiknya singkirkan notebook anda yg merepotkan itu, sebab semua pekerjaan tsb bisa dilakukan dengan PDA Phone Pocket PC seperti Thera. Jadi intinya : bila ingin performa gunakan PC desktop, dan bila ingin mobilitas gunakan PocketPC. Fungsi sebuah notebook saat ini tidak jelas, sebab dalam hal mobilitas kalah oleh PocketPC dan dalam hal performa kalah oleh PC Desktop.

Bagaimana dengan kelebihan-kelebihan notebook dibandingkan PocketPC? Misalnya metoda input yang jauh lebih nyaman dan cepat dibandingkan dengan PocketPC. Atau *processing power* dari notebook yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan PocketPC. Aplikasi mana yang mensyaratkan memori minimal 512MB? Mungkin cuma aplikasi-aplikasi khusus yang jarang dipakai oleh banyak orang.

> Dengan harga Thera yg cuma 2,4 juta anda tidak akan pernah rugi membelinya, karena dengan dana sebesar itu anda hanya bisa mendapatkan handphone Nokia/Sony Ericsson yg featurenya pasti tidak ada apa-apanya dibanding Thera. Sebagai informasi, harga Nokia 9210i masih diatas 4 juta, Sony Ericsson K700i masih 3 juta, dan Sony Ericcon P900 masih 5 jutaan. Dalam hal kecanggihan, ketiga Smartphone tsb tidak ada apa-apanya dibanding Thera yg notabene merupakan sebuah PDA Phone PocketPC.

Apa yang dimaksud tidak ada apa-apanya? Bias penulis kembali muncul tanpa dapat menyebutkan alasan-alasannya.

> NOTE: ARTIKEL INI DIKETIK & DIUPLOAD MENGGUNAKAN PDA PHONE AUDIOVOX THERA

Selamat! Artinya tidak rugi anda sering *fitness* dan *weightlifting* :).

> Tak terasa sudah sekitar 10 tahun sistem handphone GSM menjajah bumi pertiwi. Tak terasa pula sudah 10 tahun pula kantung rakyat indonesia dikuras oleh tarif pulsa GSM yg sangat mahal. Selama ini, untuk berkomunikasi dengan handphone, bangsa Indonesia diharuskan membayar tarif pulsa yg mencapai 8X hingga 20X lebih mahal drpd tarif telpon lokal. Padahal orang yg dihubungi masih berada di kota yg sama. Dengan tarif yg selangit itu, apa bedanya operator GSM dengan bangsa penjajah yg dahulu kala juga menguras harta rakyat indonesia secara brutal & serakah?? Untunglah Tuhan selalu memberikan pertolongan bagi bangsa Indonesia yg malang ini. Belum lama ini telah hadir sistem handphone CDMA yg memungkinkan kita berkomunikasi menggunakan handphone dengan tarif lokal ala telpon rumah.

Apa hubungannya harga dengan standar GSM atau CDMA? Bedakan antara standar teknis dan regulasi. Artikel tersebut juga penuh dengan omong kosong lainnya.

> Memang tentu butuh waktu bagi CDMA untuk menggeser GSM dari Indonesia, terutama mengingat adanya faktor-faktor psikologis sbb:
– Cukup banyak orang yg pemikirannya masih konservatif, alias malas/ragu terhadap sesuatu yg baru.
– Ada orang yg menanggap tarif GSM sebesar Rp.1800/menit masih sangat murah, karena mungkin mereka dapat duit dari langit.
– Di negara Indonesia lebih banyak orang bodoh dibanding orang pintar

Wah. Saya berpikiran konservatif, dapat duit dari langit dan bodoh.

> Pengembangan CDMA di sisi provider juga lebih murah dibanding GSM (makanya itu pula yg membuat tarif CDMA murah, karena investasinya juga murah) Sistem CDMA2000 1X pada dasarnya dapat diimplementasikan dengan menggunakan perangkat CDMA generasi lama sekalipun (tanpa perlu penggantian hardware). Oleh karena itu secara investasi lebih murah. Kemudahan upgrade itulah yg membuat Amerika memandang sistem CDMA ini lebih berpotensi di masa depannya dibanding GSM. Bahkan Microsoft ikut mendukung langsung implementasi teknologi CDMA pada mobile device.

Wah. Mungkin itu alasannya negara maju seperti Amerika Serikat jauh tertinggal daripada negara-negara Asia seperti Jepang atau negara Eropa dalam hal teknologi selular.

> GSM merupakan sistem yg sudah berusia 10 tahun lebih. Sedangkan CDMA2000 1X adalah sistem baru yg lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien. Mustahil sebuah teknologi kuno bisa lebih unggul dalam hal kecepatan dan efisiensi. Makanya cukup konyol bila ternyata dalam faktanya teknologi GSM yg usang itu tarifnya justru lebih mahal drpd CDMA2000 1X. Teknologi GSM telah membodohi kita, ironisnya banyak diantara kita yg lebih suka dibodohi terus menerus dengan teknologi lama yg tarifnya mahal.

*speechless*

Kesimpulan: Reviewland.com sangat tidak layak untuk dilihat. Desain situsnya sangat tidak profesional. *Review*nya sendiri juga sangat biased, terlalu berat sebelah ke produk Microsoft serta penuh dengan omong kosong yang tidak ada buktinya. Saya sendiri masih akan tetap membaca situs-situs *review* hardware yang sudah terpercaya seperti [Anandtech](http://www.anandtech.com) atau [ZDNet Extremetech](http://www.extremetech.com). Untuk situs sejenis berbahasa Indonesia, [Obengware](http://www.obengware.com), dapat menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan sampah seperti Reviewland.com, walaupun belum dapat menyaingi kualitas *review* dari situs-situs luar.

85 comments

  1. heh. hehehe, well. gue sih no comment pri.
    as a proud Mac and Palm user, gue udah terbiasa dengan celotehan ngaco orang2 pendukung produk Microsoft gini. Well, mungkin aja dia dibayar… namanya juga cari duit. hehehe

  2. Ampun dech saking betenya ama tuh orang om pri bikin blognya hahahaha cool man! very active hahaha seru-seru…

  3. gue yakin si BK ini lagi desperate nambahin hits buat webpage-nya. makanya dia pake taktik bikin onar di berbagai milis dan forum, sehingga banyak yang kepancing buat cari tahu apa sih reviewland itu. mbah dapit aja sampe kepancing buat klik, gue sendiri ogah la yaw, website lama gue di centrin gue yang gak pernah update aja hits-nya triple angka hit si reviewland, hehehe

  4. setuju bahwa thera memang murah.di bandung pada tgl 11 november 2004 Saya membeli thera gress seharga 1.975.000 garansi ganti baru 1 bln, Servise 3 bln.

  5. Wah, Saya Rasa tanggapan dari pak Pri gak jelas juga dan belum punya alasan yang tepat untuk menyanggah semua pendapat yang ada di reviewland.com, jangan hanya karena reviewer tersebut membanggakan kelebihan yang ada di microsoft (sedangkan dari statement yang saya baca dari anda , anda tampaknya kurang suka dengan produk microsoft), bukan kah reviewland.com hanya sekedar memberikan informasi(tidak memaksa anda mo terima kek ato kaga terserah anda…) yang sekiranya menurut saya berguna buat pengetahuan saya dan mungkin pembaca lainnnya dan juga mampu setidaknya memberikan gambaran mengenai perbedaan yang sangat mencolok antara produk hp yang menggunakan GSM dan CDMA, lagian kalo menurut saya kalau anda mengatakan situs tersebut tidak layak dilihat, sebaliknya saya rasa situs tersebut jauh lebih layak dilihat dibanding situs yang hanya bisa memprotes dan mengejek tanpa ada alasan yang jelas dan juga tidak ada isinya alias ga ada informasi yang berguna buat pembacanya, paling tidak dari reviewland.com saya jadi punya sedikit gambaran mengenai penggunaan teknologi GSM dan CDMA, apakah anda jangan2x pendukung produk GSM maupun HP2xnya yang takut kalau2x produk CDMA Booming lalu Hp2x anda yang berbasis GSM tidak laku!, sekian dari saya

  6. Untuk #8, pertama-tama saya harus beri tahu kalau saya gak jualan HP :). Mengenai sikap pro microsoft reviewland, saya melihat sikap tersebut membabi-buta, reviewer jelas tidak dapat melihat sebuah hal secara objektif tanpa memihak microsoft. mengenai GSM dan CDMA itu cuma dua buah standar teknis seluler, mengenai harga itu cuma bisa2nya regulasi, bukan karena CDMA harganya jadi murah :). Dari ini saja sudah terlihat berat sebelahnya. Selain itu reviewer kerap kali menggunakan kata-kata makian (tolol?) dan mengata-ngatai pembacanya :). Mengenai kritik saya, situs saya ini gak melulu cuma kritik saja kok :). Silakan lihat bagian-bagian lainnya :).

  7. “Untuk situs sejenis berbahasa Indonesia, Obengware, dapat menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan sampah seperti Reviewland.com”
    Utk situs review hardware, gamexeon.com juga bisa jadi pertimbangan… :D

  8. err…. emang di linux ada program benchmark ya….
    lagian berdasarkan pertimbangan, hardware yg direview di gamexeon kan kebanyakan hardware yang masih ada hubungan dengan game/hiburan.. and imo… rasanya game 3d kebanyakan dirilis utk windwos jadi ya….r asanya agak2 mubazir klo ngebench hware di linux hehe…

  9. Program benchmark? Kenapa harus pakai program khusus untuk benchmark? Benchmark paling baik adalah benchmark pada aplikasi sesungguhnya, bukan synthetic benchmark.

    Coba belajar lagi ke situs-situs yang sudah mainstream seperti Anandtech, Tom’s Hardware atau Extremetech. Mereka selain pakai synthetic benchmark, juga pakai program sesungguhnya untuk nge-benchmark.

    Jangan lupa juga belajar bagaimana nge-benchmark di Linux! :) Hari gini masih pake Windows doang? :)

  10. bos… buat review kelebihan PDA palm dari PDA windows dunk, dari segi harga, aplikasi, game, internet, telpon dll. biar kita tahu kenapa tidak membeli audiovox, tapi ksih masukan juga PDA phone ber os palm yang lebih keren dan harga gk jauh beda ma audiovox.

    kenapa harus memilih gsm, aku mikir seh pengen pindah ke cdma, karena benar kata reviewland, pulsa baek sms maupun telp lebih murah cdma. bandinginnya sesama indosat aja dah ketahuan, gsmnya berapa, cdmanya berapa.

    wahhh om ini referensinya selalu dari situs luar, masih bagusan reviewland dunk dia mereview barang dengan pengetahuannya sendiri dan disesuaikan kondisi sesungguhnya dia yang hidup diindonesia, memandang dari segi ekonomi di indonesia, harga pulsa di indonesia, dan barang di indonesia. boleh dikata dia hidup didunia nyata (indonesia), sedang om di dunia orang (barat). moga review om nantinya bukan hasil cuplikan dari situs luar, tapi bener2 dari kondisi yang om tahu dan sesuai dengan kondisi orang indonesia. gk tahu dink kalo om emang berdomisili di barat sono.

    ditunggu reviewnya. kabari kalo dah ada, moga membukakan mata orang awam dan jangan lama2 ya bos..

    btw,opera lebih baek dari ie

  11. WTF?

    Barang yang mereknya sama itu tetap sama, baik dibeli di dalam negeri atau di luar negeri. Kalau ada perbedaan, itu cuma perbedaan yang minor. Untuk ini silakan cari referensi dari situs luar, saya jamin perbedaan barangnya tidak akan terlampau jauh.

    Mengenai CDMA vs GSM, saya gak menyangkal kalau CDMA di sini rata-rata lebih murah daripada GSM. Tapi itu bukan karena teknologinya, tapi karena regulasinya. Semua operator GSM itu punya lisensi mobile, sedangkan hampir semua operator CDMA berlisensi fixed wireless. Otomatis harga CDMA lebih murah. Yang saya masalahkan adalah kata-kata seperti “Teknologi GSM telah membodohi kita”. Apa maksud perkataan seperti itu? GSM itu bukanlah orang yang bisa membodohi anda. GSM mahal? Salahkan regulatornya.

    Saya gak akan membuat review aneh-aneh (saya gak punya akses ke macam2 gadget, dan juga gak ada waktu), jadi silakan saja anda beli Audiovox Thera kalau itu yang anda mau. Teman saya yang pernah pakai Thera akan bilang “Good Luck!” :).

    Oh ya, Firefox lebih baik daripada Opera/IE :).

  12. Wah, Om Pri, gimana kalo rekan-rekan di RSW juga bikin buat antibudzkay.org atau antireviewlanddotcom.org atau antibudikurniawan.org atau anti…… :d dah mual gw ama kesombongannya.

    Parahnya lagi, kok mau-maunya Komputek muatin artikel dari tuh orang :P

  13. trus maksudnya apa mas pri banding2in microsoft vs linux ? banding2in notebook vs pda ? bangga yah make linux ? bangga yah make notebook ?, kalo gitu saya juga mau beli notebook ah :-), minta duit dong mas pri buat beli notebook :-D

  14. Mas mau kasih tanggapan soal thera nih, saya sendiri pemakai thera. saya tidak mau berat sebelah, ada point penting yang menurut saya sangat benar (mungkin penyampaian BK) yg terlalu pedas. Diluar masalah regulasi atau teknologi, yang jelas kita sebagai konsumen membayar sangat mahal selama bertahun2 menggunakan GSM jelas sebagai rakyat biasa saya merasa diperas dengan tarif gila2 an seperti ini. Thera yang berbasiskan CDMA jelas merupakan alternatif, mengirim email satu halaman A4 tidak sampai Rp.50, biaya percakapan yang hanya setengahnya GSM.
    Satu lagi tidak lama setelah review di revland di posting saya membeli thera, dan saya berani membandingkan, dengan budget 2,4jt saya tidak bisa mencari HP lain yang kemampuannya melebihi thera !;)

  15. mas pri, sy punya pertanyaan masalah aplikasi pd pocket pc dengan menggunakan ASP.NET. apakah ASP.NET bisa diinstal langsung di pocket pc atau harus menggunakan software pendukung? klu harus menggunakan software pendukung apa nama software tersebut?trus klu mas punya contoh program ASP.NET untuk pocket pc tolong sy diberikan contoh programnya? mohon dibalas secepatnya.makasih

  16. gue jadi ada kerjaan, baca2 :d hueheheh… gue ambil sisi cdma-nya aja… iye murah, beli hp yg ruim n dual band, satu nomor tetap untuk di jkt, trus kalo pulkam ke jatim beli perdana cdma apa aja, balik ke jkt yah tinggal buang aje tu nomor, begitu pula berikutnya :”> hueehehehe… satu nomor gsm yg fix tetep perlu, pake im3 aje, murah n flat sesama im3… tapi kalo mo idealis pusing juga ni, im3/starone = indosat = singtel :-”
    pengin deh ada operator yg 100% punya negri ndiri, bikin kaya negara ndiri n diri sendiri, bukan bikin kaya negara laen, tapi sayang hampir semua dibeli pihak luar, jualan emang gampang, sayangnya byk org kita ga sadar bahwa hidup bukanlah semata uang…:x eh… apa’an sih… jadi melenceng dr review land :”> eh gak juga, eh asia? jepang? setau saya di jepang gsm malah udah punah /:)

    tentang microsoft, gue akuin si bill emang tau apa yg mesti dia lakukan, smart ass!?! maling yg pintar n tau apa n kapan mesti ambil tindakan… top deh… begitu topnya ampe gue jadi ikut muak… akhirnya muntah, trus sakit, berobat, sehat lagi… dan melupakan bill gates, hidup sehat bersama opensource… browsing cepat n aman bersama firefox huehuehuehue… gak jelas deh tulisan gue :”>

    ember om, dulu gonta-ganti broser, and akhirnya sejak setaon kmaren, pilihan saya jatuh ke firefox. Firefox iz da best :x IE is BEDEST /:) arghhhhh… ga jelas ya arah tulisan saya :”>

  17. Yah, kita ambil yg baiknya aja deh…
    Memang banyak bagian dlm review yg sifatnya terlalu subyektif / dibesar2kan… Bagi reader yg awam, bisa terkesan image yg keliru 8-|, atau bagi yg agak melek bisa bikin bingung :-?, tp bagi yg udah tahu bikin mual :-w. Anyway, informasi yg disajikan cukup menarik juga, apalagi dgn ilustrasi yg ‘asoy’ begitu. :d \:d/\:d/\:d/

  18. waah.. emang orang indonesia jagonya deh.
    diindonesia apa aja cuma jadi wacana dan perdebatan
    dari yang namanya hukum, politik, teknologi, ampe yang namanya cara nololin orang aja jadi perdebatan antara mas Prie ama yang baca situs ini.
    sebaik baiknya kritikus itu yang ngomong secara baik, langsung ke orangnya dan bisa menjamin orang lain yang ga ada hubungannya tahu kejelekan yang dikritik.
    gimana nih mas prie .. besok-besok mah urut dada aja deh sama cara orang indonesia ngomong.. mendingan ente bikin orang kita pinter aja deh, misalnya nih tolong bikin situs, isinya : cara bikin game, cara bikin office, cara bikin web, cara bikin handpone atau pda murah.
    wes ah mumet mikir wong indonesia seng doyan ribut, tapi ra doyan mikir sing angel-angel. karepe gampang doang-oang-oang.. wah malah jadi saya yang njelek jelekin orang indonesia ya…. bisa bisa digamparin ma orang se indonesia neh.

    maaf maaf maaf

  19. #24: otokritik yang bagus! :) saya juga urut dada sama orang yang ngejelek2in indonesia, memangnya orang indonesia gak bisa nerima kritik? :)

  20. Dari review land aku jadi tau nokia CDMA 6255 lho !
    Memang omongannya si Budkay itu ngasal. Tapi cukup to de point buat orang awam!
    Omongannya memang bombastis ( tolol,no way, ga berguna, sampah dsb ) Tapi mengena secara efisien !
    mengenai Microsoft, yah thats different way than you have ony your mind

  21. Emang pada tolol orang-rang ini, kalo suka silahkan loe baca nggak suka ya udah, rewel loe
    (perlu latihan fitness dan weightlifting lg nih gue, sapa tahu didatengin :d )

  22. Aduh duh… Ini orang yg bernama Budz Kay masih aja nyempetin diri disini? Atau jgn2 yg nongol disini itu Budweiser Frog?

    “WAAAZZZUUUUUPPPP!!!!”

    \:d/\:d/\:d/

    Intinya itu sama memang, bagi yang ga suka Budz Kayz (kayak gw, ingat pertempuran kita di milis ipaqers, Bud?) ya ga usah baca. Begitu juga yang ga suka ama blognya Priyadi ya ga usah baca kalo ternyata dia prefer this or that brand etc.

    Nonetheless, gw masih nilai minus buat Budz karena kelewat pede. Setidaknya si Priyadi kaga kemana2 ngiklanin commentnya dia ttg sesuatu. Sedangkan si Bud Frog ini mesti ngebela2in kemana-mana termasuk Forumponsel dan milis2 demi utk mamerin opini dia yang sebegitu murahannya. Dan anehnya, dia di kritik tapi bergaya sok teknis dalam menjelaskan sesuatu yg mbleber-mbleber kemana-mana.

    Dude, you blow fart outta ya mouth.

    Dan karena itulah mungkin memang harus ada kite2 ini yg ngejelasin penyeimbang dari makian Bud Frog ini.

  23. kekekeke… bener.. baca “about us” deh… trus liat gallerynya. :o
    hal yang patut diacungi jempol dari om budzkay ini adalah idenya untuk menjadikan reviewland.com sebagai ajang “nampang”-in foto diri. Cara yang bagus buat menarik perhatian lawan jenis ;))
    oiya… ide bagus juga naekin hits dengan cara nyelipin foto2 bokep.:d

  24. GW MAU PAMER MUKA KEK MAU PAMER KONTOL KEK SUKA2 GW, EMANG LOE ORANG SEMUA PADA ANCUR MUKANYA JADI NGGAK BERANI MAMERIN MUKA LOE PADA, ATO EMANG MUKA LOE UDAH KEPAMPANG DI SITUS2 PORNO YANG NAMPILIN BOKEP INDO???? HEHEHEHEHE

  25. Mbaca reviewnya om Bud emang asik dan sering bikin ketawa karena caranya ngomong yg kasar, emang

    sih hidup gw juga banyak dengan orang yang kritis, kasar dan sejenisnya lah…(BTW, gw biker)

    Bagi gw ga masalah asalkan apa yang disampaikan adalah demi membela rakyat Indonesia. Kiblat kita

    adalah negara maju, maksudnya apa yang dipakai mereka kita harus segera pakai, mengapa? Keburu

    dapet limbah.
    Tahu khan berapa puluh tahun kita tertinggal dengan negara2 maju?
    Karena itu jadilah orang yang kritis, researcher, berpikiran maju, be 1%.

    Tapi buat yang bokepnya, waduh, sempet panas nih mate, gimana tidak, pas lagi puasa eh, liat

    gambar kayak gituan, langsung gw scrolldown abis2an truz di Save, liat lagi abis Isya’…he he he

    he

    Kepribadian orang memang berbeda2, sebagaimana gw sering perang pendapat dengan adik sendiri :)

  26. gw termasuk orang super awam di bidang PDA
    dan gw pengen nyoba yang namanya PDA & CDMA
    Kalo msalah harga sih CDMA OKE TUH ? 9 dah banyak yang nyoba dan oke )
    untuk PDA DENGAN HARGA SEGITU dibandingkan dengan PDA yang lain itu mah jauh berbeda, Untuk review dari budz omongannya terlalu hebat ( kasar ) gak sesuai dengan pancasila ( masa ) tapi disesuaikan dengan keadaan negara kita, masalah pornografi , kamu orang boleh cek kesemua penguna multimedia tolong dilakukan survei pornografi pada semua tingkat masyarakat ?, jadi ini juga penyampaian yang baik tapi salah ? ( bingung kan ) yang pasti tentang reviewnya bud makasih jadi gw tau tentang pDA and cmda buat mas pri, coba buat review tentang hal yang sama dengan budz tentang PDA audiovox thera dengan CMDA dan tampa memihak kesemua pihak, berikan yang terbaik dan jangan jadi plagiator dengan melihat review website luar, ( berani gak ) dan untuk desien website buds gak usah dipermasalahin dan jangan lah ngejelikin seni adalah sebuah hal yang gak bisa dibantah dan bukan merupakan suatu nilai yang pasti tergantung dari orang yang ngeliat dan banyak unsur2 yang lain untuk itu :x

  27. :)wah mas budi tuh sok tau banget
    kayak udah tau dalemannya windows yang bobrok dan harus sering di pacth, dan tidak mau melajarin linux secuil saja biartau, betapa lebih amannya pake linux(walaupun tidak 100%) dari pada windows, atau dia belun tau kalau sistem embedded linux pada gadget multimedia di US menjadi gadget multimedia terbaik 2005,and asl tau aja linux and opensource itu gratis dari segi license ,dan sangat mendidikuntuk maju karena bisa kita oprek mas

  28. Buat Mas Pri,…

    Elo kok gak kasih kesimpulan????
    jadi PDA apa nih yang bisa lebih baik dari Thera???
    payah bisanya cuma kritik orang aja
    Mana solusinya????
    elo sendiri gak bisa kasih jalan ke kita
    mana HP yang paling cocok dari segi fungsi?
    dari segi harga??/
    seenggaknya busd kay “lebih jujur”” dari pada orang kayak Mas Pri yang “plin-plan”
    bilang tuh orang saalah lah, gitu lah
    tapi gak kasih jalan keluar
    gw juga bisa kayak elo

  29. Mungkin saya ingin menjadi penengah saja disini. Untuk om Pri Review anda cukup bagus. Saya yg saat ini sedang membuat website juga ingin mendapat review dari om. Sebagai tambahan saja, PDA memang tidak bisa menggantikan notebook sepenuhnya tetapi sebatas penggunaan pemula ini sangat dapat menggantikan. Pengguna pemula biasanya penggunaannya sebatas Word, Exel, Power Point, Organizer, game, internet, dll. Dengan PDA ini sudah cukup untuk menggantikan fungsi notebook tersebut. Jadi kalau penggunaannya sebatas itu saja, buat apa beli laptop yang jauh lebih mahal. Soal input data, PDA bisa menggunakan keyboard eksternal, yang infrared sekitar 300rb, Bluetooth 600rb. Jadi tidak harus menggunakan graffiti. Dengan keyboard itu anda bisa mengetik 10 jari seeperti di notebook, bahkan keyboardnya bisa dilipat, sehingga jauh lebih praktis daripada notebook. Untuk BK, tolong yg sabar ya, gak usah marah, sebenernya niatan om pri baik kok, Cuma ingin website anda menjadi lebih baik. Juju raja, saya pun terinspirasi membuat website dari situs anda. Tapi insyaAlloh isinya tidak tentang PDA aja. Sekarang masih 40%. Beberapa bagian dari Website saya diambil dari reviewland.com, tetapi saya ganti bahasanya menjadi lebih netral dan halus. Semoga ini akan memenuhi keinginan om Pri, dan teman-teman lainnya. Akhir kata terima kasih kepada om Pri dan BK, saya banyak mengambil pelajaran dari kalian. Tolong doakan supaya Website saya cepat selesai ya…:)

  30. Om2 & tante2, bisa tolong kasih tau saya forum/web orang2 indo yg bahas ttg audiovox thera? soalnya saya lagi cari2 pda cdma yg bagus dan murah. saya baru liat2 info tttg thera, kyocera, nokia, motorola, samsung, tapi gak komplit bahasnya.

    tnx banget ya ??

    ok.

  31. to : ibeng. Yang paling murah kyocera, cuma sekitar 500 ribu. tapi kyocera itu palm. Ayah saya ingin membeli kyocera itu. Nanti kalo sudah dapet barangnya saya kirimi reviewnya. InsyaAlloh. Kalo thera, bekasnya sekitar 1,5 juta. Kalo saya lebih memilih Thera, karena pakai Windows mobile. Kelebihan pake windows mobile, program Palm juga bisa dibuka lewat program style tap. Jadi kalo beli PocketPC(PPC) sama dengan dapet dua operating sistem sekaligus. PPC dan Palm. dari semua PDA CDMA yang paling murah ya itu. Kalo Samsung harganya selangit. Kalo motorola yang baru udah pake linux, katanya sih. Belum sempet ngeliatin motorola. Nokia juga harganya pasti mahal. Gak enak nih kalo nulis panjang panjang disini. Lagian Out of topic. Ntar tempatnya habis:d. emailku : aa_gam@gawab.com. gak tau kenapa e-mail di sini di hidden. Gak tau boleh apa gak nyantumin e-mail. Sory kalo misalnya gak boleh, dihapus juga gak apa-apa.wss.

  32. menurut gw Review Reviewland.com lumayan masuk akal..
    jaman sekarang ini jelas mobilitas sangat di tuntut…
    dibanding dgn notebook jelas PDA phone jauh lebih mobile lahh… orang awam jg tau..

    kalo masalah fitur, PDA bisa disejajarkan dgn komputer,
    tapi kalo kinerja atau kecepatan, PDA memang bukan tandingan komputer/notebook,krn namanya aja jg PDA (Personal Digital Assisten)jd hanya asisten yg tugasnya hanya sedikit membantu pekerjaan. kl masalah mau video edit mah ya di PC biasa aja kalee…

    kl CDMA vs GSM yg tholol tuh pemerintah kitanya..
    liat aja di negara maju spt Jepang,Amerika,Korea,dan Eropa hampir seluruhnya sudah meninggal kan GSM. sudah jelas teknilogi CDMA lebih canggih dr GSM.. apalagi internetnya jauh lebih cepat..
    jadi sebenernya pas CDMA kluar, produsen GSM ini lah yg kebakaran jenggot, takut gulung tikar,maka mereka meminta kpd pemerintah untuk mengekang CDMA..
    ada teknologi yg lebih bagus kok malah di kebiri..
    negara yg anehhh…..!!! GRRR….!!

  33. #40: cdma yang mana mas? sistem eropa, amerika, jepang, korea itu berbeda, gak interoperable. amerika & korea pake cdma2000, sisanya pakai wcdma. sayangnya kita malah menganut sistem yang cuma dipakai di amerika & korea.

    kalo soal harga sih gak nyambung sama teknologinya. kalau regulasinya membolehkan, pake GSM juga bisa murah :).

  34. BUDZ KAY bikin sensasi lagi.

    Setelah sekian lama membela AMD, sekarang beralih membela intel. Anda bisa simak ulasannya di Tabloid komputek edisi 464.
    Foto budz kay terpampang besar, dan bertuliskan: budi saat live demo perbandingan Pentium D 805 vs Athlon 64 telah dipertontonkan oleh penulis pada acara seminar INTEL Campus Road Show 2006.

    Mungkin intel sudah membayar lebih, sehingga membuat Budz Kay berpindah jurusan.
    BK menulis bahwa Pentium D 805 seharga $137 dapat bersaing dengan AMD Athlon64 X2 4800+ seharga $895, karena P D805 dapat dioverclock hingga 3,7.
    Tampaknya BK selalu memberikan review berat sebelah. Jadi jika membela Intel yang ditunjukkan positifnya saja. Dan musuhnya AMD dicaci maki, tanpa mengakui kelebihannya.
    Saya pribadi lebih suka review PC+, atau Obengware.com dan reviewer lainnya. Reviewer yang baik jika mereview processor selalu disebutkan hardware yang digunakan untuk tes. Sedangkan BK tanpa hardware, langsung muncul hasil benchmarknya. Jangan-jangan hardware AMDX2 diberi yang jelek sehingga kalah dengan P EE. Padahal di PC+ sebaliknya. Begitupula pada sumber lainnya.
    P D 805 dioverclock hingga 3,7 sangat mengherankan. Mungkin BK menggunakan dry ice yang bukan pendingin yang umum. Karena D805 ini gampang panas. Anda dapat menyimak cuplikan http://www.obengware.com di bawah ini:

    “Kedua processor baik D805 dan 950 sangat berpotensi untuk processor overclock. Tetapi kedua procesor ini sangat panas, khususnya D805 dengan multiplier tinggi. Kedua procesor sangat mudah mencapai suhu 60 deg.C walau hanya dioverclock sekitar 20% tanpa overvoltage. Dan akan lebih tinggi lagi bila dilakukan overclock dengan menambah daya pada Vcore processor ketika procesor bekerja Full Load.”

    “…dalam melakukan overclock, sebaiknya mempersiapkan cooler khusus dan menambah fan agar temperature udada didalam case lebih rendah. Pada test untuk kedua procesor , temperature sangat mudah melewati batas 60 deg.C. Bila panas dari processor dibiarkan menyebar, diperkirakan dapat meningkatkan panas bagi perangkat lain. Anda juga harus mengetahui bahwa panas tidak saja dibentuk oleh procesor. Dan dapat dihasilkan dari komponen lain seperti chip-set dan VGA. Panas dari ketiga komponen ini dapat menambah beban kerja komponen lain seperti harddisk, power supply bahkan memory.
    Pada test dengan thermometer digital, kami mengunakan heatsink jenis premium dari Zalman 9500 dengan open case. Temperature processor dapat dengan mudah lewati 50deg.C”
    “Tetapi pada test dihentikan karena pengujian dengan 3Dmark 03, temperature terus naik mencapai 65 Deg.C.
    Walau sudah mengunakan heatsink premium panas processor dipastikan melewati suhu 50 deg.C.”
    “Sangat disarankan mengunakan jenis pendingin Water Cooler agar temperature processor dapat bekerja temperature rendah. Sekalipun anda memperbaiki pendingin didalam case serta memakai heatsink jenis premium. Panas dari kedua model processor tersebut sangat sulit dikendalikan ketika dioverclock, bila peningkatan Vcore processor harus ditempuh. Sebaiknya hindari memacu kecepatan processor dengan peningkatan voltage CPU, karena hanya akan menambah panas processor ketika bekerja full load.”

    Perbandingan Intel Pentium D 805 tidak seimbang. Karena P D 805 dioverclock, dibandingkan prosesor lain yang default dari pabrik.
    Saya disini bukannya penggemar AMD ataupun pemakai. Bahkan saya Pengguna Intel dan mungkin sebentar lagi mau beralih ke AMD. Dengan kata lain saya membela AMD, karena AMD tidak sejelek yang dikatakan BK.
    Masih banyak sih kesalahan yang direview. Tapi mungkin om priyadi mau mengulas tabloid ini suatu saat, yang merupakan sarang BK. Gak tau masuk jakarta atau gak taboid ini. Agen jakarta (021)766166213 & 5347132. Bahasanya kasar, salah satunya seperti pada edisi 462 hal 15:”jujur saja, kami merasa bete dengan pertanyaan semacam ini”.
    Semoga BK lebih bijak ketika mereviw, dengan memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing product, dan lebih sopan penulisannya.

    Maaf, kalau Panjang banget………….

  35. budzkay dilawan… Capek lagi ngomentarin budzkay. Sejak dulu review & artikel2nya memang gitu. Malah dulu sempet ada majalah komputer lokal yg cukup tersinggung sama tulisan budzkay. Tapi ya mau gimana? Org aneh kayak gitu dilawan pake argumen sehat, tetap aja nggak bakal menang. Dia khan hidup di dunianya sendiri.

  36. Pada gila ya, ulas aja hal yang lebih penting dan berguna ….. bukan cas cis cus cas cis cus kek gini, bila ada milyaran kayak gini, bisa abis juga space …. hehhehe
    Sorry … JK

  37. woah.. tadi si BudzKay abis seminar di kampus gw di jogja nih.. ttg Intel Dual-Core.

  38. gw habis lihat tulisannya budz kay di http://www.reviewland.com/hardware-pentiumd805.htm, bener banget…. ancuuur!! Baru kali ini gw lihat ada pengujian benchmark tapi skor pembandingnya pake bawaan softwarenya?? :-?, jelas ga adil dung! cukup dari itu aja gw dah tahu kapasitas orang ini, heran gw, orang bego gini kok bisa mewakili intel ngomong dimana2 ya?? please deh!

  39. Pertama-tama gue lan kenal tuk semuanya
    Begini Mas.Gue punya Hp.Motorola E.398 Ada masalah nih
    Software Mp3nya ke hapus jadi ga bila muter mp3 lagi di HP.Gimana caranya supaya jalan lagi dan kalau mau download dimana yang bisa tolong ya mas and mbak
    trim deh atas bantuanya semoga Tuhan membalas kebaikan anda.

  40. pak pri. saya pemakai thera…, th 2004 beli 2,4Jt.
    Th 2006 mau jual lagi(karena Udah dapet XDAIIs)
    ….AMPUUUUN cuman ditawar 900 ribuan.
    Tp berkat artikel pak BK. thera saya bisa laku 1.600.000.(lumayan, nambah duit dan nambah orang melek teknologi)
    BTW kelemahan audiovok thera,daya tahan baterenya+ modelnya yg nggak mutakhir + inject (bukan ruim) …
    Keunggulan Thera :thera MEMANG BENAR-BENAR AMPUH.
    INFO TERKINI DALAM GENGGAMAN (PAKAI aVANTGO)+
    EMAIL GRATISAN DALAM OUTLOOK (SAYA PAKE POP3NYA TELKOM.NET)
    belum lagi traffic streamingnya. (Inject dobel dgn Fren)…. jadi ya emang ada plus minusnya.
    Kelemahan Reviewland : Kosakata yg biasa + tidak merekrut pak pri sebagai konsultan bahasa & webnya
    Kelebihan Reviewland : Bisa meningkatkan harga jual thera & menjadi pembahasan panjenengan (jg rekan2 panjenengan)
    Terima kasih….:)

  41. brauakakakak gw baca artikel sama commentnya sampe ngakak, asli lucu.

    Soal kata2 si budz yg agak ‘kasar’ saya rasa biasa sajalah, tidak perlu di tanggapi. Terus terang saya lebih suka dengan review yg ‘unik’ seperti ini, karena sudah bosan baca yg biasa-biasa saja.

  42. Mau Tanya memang Audiovox Thera 2032SP bisa di inject dua nomor sekaligus?? Pakai apa saja? Flexi & Esia atau Flexi dan Fren

  43. Wow posting lama nih (how did I missed it?)… eniwei, itu situsnya reviewland.com masih idup loh. Desainnya juga masih rada norak.

    Gw engga anti sama reviewland, bacaannya cukup untuk menghibur diri sejenak :”>

  44. mmm… satu-satunya kelemahan di reviewland.com .. : “TIDAK ADA KELEBIHANNYA” dan dan satu-satunya kelebihannya : SEMUA KEKURANGAN ..
    (rekursi sampai dengan tak berhingga)

  45. Hahaha…kocak banget si BudKayz ini…Gw heran kok bisa2nya dia bikin seminar, nulis di tabloid or whatsoever??…

    Beliau ini tampaknya baru aja melek sebuah gadget berbasis PocketPC, benar2 kosong reviewnya.

    Saya hanya kasihan dg orang2 yg betul2 awam thd PPC. jika membaca review BudKayz ini akan menjadi…TOLOL….

  46. udah om pri… bikin situs tandingan reviewland aja lah… :)
    btw, mo tanya dong sama yg udah pake audiovox thera 2032SP, kelebihan n kekurangan ni produk apa sih???

  47. Buat sdr. Priyadi yg namanya review yg pasti akan slalu menampilkan sisi baik dan buruknya dari apa yg direview, mulai komparasi harga, specs, maupun fungsinya dg produk perbandingannya, jd jgn diambil hati. Bagi saya review BudzKay tsb ckp representatif dan jg provokatif:)>-jg gak terlalu memojokkan pihak lain, tapi hanya sekedar memancing emosi pihak lain, bagi saya itu wajar saja :d. Saya memang sdg cari reviewnya thera, kebetulan ada forum ini jadi tau banyak plus minusnya. Thanks buat semuanya.

  48. :):)
    saya rasa memang terlalu melebih2kan thera yah
    walaupun http://www.usahajaya.biz salah satu pioniir penjual thera namum tidak sehebat yang dikatakan reviewland
    dan juga tidak terlalu jelek buat pda harga super low ini

    anyway memang thera sampai hari ini gak ada matinya ,masih dicari orang2

  49. minimo ( mini mozilla ) g bisa diinstall di thera. opera juga. ktny support cuma buat windows mobile 5. Sedangkan thera os nya pk yg ver 2002. ada yg pny link buat opera / firefox yg support win mobile 2002? bagi dwonk… ato ada yg punya trik upgrade os utk thera? biar bs pk wm5. thx.

  50. :)>-:)>-:)>-
    saya kenal deket BK karena dulu satu kampus bahkan pernah nginep di rumahnya.
    waktu reviewland.com di buat semua nya udah bias mas
    saya inget sekali waktu itu AMD usung prosesor murah
    dia jadi front men di barisan amd terus kalo nggak salah waktu itu dia masih pake netscape sebagai browsing
    dari semua itu kayaknya dia dapet uang dari situ
    kalo saya sih nggak ambil pusing tulisan dia, mau jelek bagus itukan penilaian obyektifff

  51. saya lg cari info audiovox thera,eh malah ketemu yg kayak ginian. ha ha lucu tp bingung jadi beli gak ya.?

  52. Wele. Sampe taon gini masih ada juga yang komen yah. top dah yang satu ini :p

    @mas pri di postingan #41:
    Err … WCDMA yang diusung eropa itu berbasis GSM mas. nama teknisnya UMTS. Yang sekarang udah sampai taraf HSDPA, itu juga WCDMA.

    just information biar ga rancu antara CDMA dan WCDMA.

  53. Thera, aku beli Desember 07, bagus sebagai PDA untuk pemula, atau yang biginer, kelemahan cukup banyak, beberapa yang krusial adalah :
    -tidak bisa SMS empat angka, sehingga untuk mendaftar anda harus telpon 4444. dan dijamin gak bisa ikut kuis apapun.. (jadinya hemat pulsa).
    -batre yang bikin boros itu telpon, jadi kalau pembaca adalah orang yang jarang pake telpon cdmanya, tapi seing pake fungsi PDAnya lebih baik pake Thera, saya kalo malem phone di non aktifkan. tapi kalo pembaca ya terserah aja.
    -setelah punya thera aku baru sadar bahwa PDA ini sudah ketinggalan jaman, karena PDA sekarang RAMnya lebih besar. dan mememang kebuthan kita butuh RAM yang lebih besar, kalo hanya 32MB benar2 harus hemat program.
    Saran saya bagi oranag yang punya uang yang cukup lebih baik beli audiovox yang baru yang ruim itu loh. cuma 2,9jutaan secondnya (bagi gue mahal), sedangkan Thera 1,2 – 1,6Jutaan.
    intinya terserah elo aja dech..:d

  54. :)saya pemakai setia audiovox thera dan mobile8. Buat saya Thera ekonomis sebagai sebuah PDA. Banyak kekurangan memang jika dibandingkan dengan generasi PDA terbaru, tetapi karena harga cukup terjangkau jd ya gak masalah.

  55. Busyettt… udah berapa taon neh…. :d
    Gw pernah pake thera, emang mantaf antara harga n performance 3d-nya lumayan. processor 216MHz, memory 32, bisa maen Tomb raider… cuma batere-nya ga nahan….

    Selamat untuk blog mas Pri… tahan lama..:d/
    Tp gw juga baca reviewland waktu mau beli thera… :d

  56. sukur gw baru dapet pda ini… tuker tambah ama ponsel siemen C75 yang harganya cuma 600rban padahal fungsinya jauh banget …. apapun kata mereka … i love this pda

  57. persis kayak Tim PSSI,yang juara komentator,makanya di Indonesia yang laku tu acara gosip, talkshow,….review..ect.
    Payah…………gw tinggal di negeri “lamis”, negeri warung kopi……:d

  58. please would you share your softwares for PDA Thera to me…?coz i’m a new beginner users of Thera PDA -2032 please please ye….thanx a lot before and hopely after…

  59. hehehe, kalo liat poto yg bikin review di reviewland.com memang sejenis homo atau germo ya? :d

  60. Thera audiovox : bagus banget
    kualitasnya bisa setaraf dengan smartphone yang harganya x lipat darinya.
    sayang baterenya boros
    Tapi bagus untuk pemula

  61. weleh….
    orang indonesia dari dulu bisanya cuman kritik doang.
    tunjukin dong boss, klo emang bisa lebih baik dr org yg dikritik.

    apa salahnya mencari dari berbagai sumber untuk mendapat sebuah kesimpulan yg baik.

    hanya org tolol yg cuman bersumber pd satu informasi. tp dah berkoar-koar.

  62. REVIEWLAND.COM = INFOKOMPLIT.COM
    ” TIAP HARI DIKUNJUNGI LEBIH DARI 700 PENGUNJUNG ”
    (lebih dari 30.000 hits per hari)

  63. setiap orang punya style sendiri2 om, punya basic sendiri2, en punya pengetahuan sendiri2:-w…setahu saya, basically mr Budz itu adalah seorang gamer, so maklum aja kalo punya style yang “agak” kasar, kalo om mungkin seorang programer handal, jadi ada perbedaan pandangan, lagipula di dunia review belum pernah saya temui sebuah review yang benar2 seimbang, jadi ya santai aja, gak usah pake mencela toh apa bedanya kita sama orang itu kalo kita juga mencela orang yang suka mencela tersebut :-\”

  64. Benar sekali pak. Ulasan dia mengenai pc gaming dengan console
    http://www.reviewland.com/hardware-pcgamingconsole.htm
    sangat banyak hoax dan mengesankan bahwa reviewer adalah seorang yang berpandangan sempit.
    Dan yang sangat saya sesalkan, tidak ada kolom untuk komentar pada situs beliau. beberapa hoax yang ia kemukakan seperti

    Membeli prosesor seharga tertentu bila dioverclock bisa mengalahkan prosesor seharga 3 kali lipatnya. beliau tidak memikirkan bahwa overclock itu bukan hal yang murah, butuh pendingin dan catu daya (power supply) yang mahal guna menjaga kestabilan.

    Bandingkan bagian artikel di atas yang mengunggul-unggulkan ATI dengan artikel biadab beliau yang sangat menghujat seperti di sini:
    http://www.reviewland.com/hardware-vgaiq-1.htm
    http://www.reviewland.com/hardware-vgaiq-2.htm
    benar2 terbalik 180 derajat bukan. benar2 dia memakan omongannya sendiri yang dahulu mengagung-agungkan nvidia dan sekarang dia mengakui kejayaan ATI. gaya bahasa seperti ini hanyalah gaya bahasa orang yang berpikiran pendek dan sempit.

  65. wow… ini tahun 2012 :D, menyimak komen dari atas sampai paling bawah adalah sebuah nostalgia… ternyata dulu juga ada yang membahas seperti ini >_< lucu banget

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *