14 January 2005

Gratis vs Bayar

Posted under: at 14:12

Lagi-lagi Roy Suryo membuat pernyataan yang ‘ajaib':

Saya tidak ingin memperpanjang permasalahan ini kepada pihak-pihak yang (sengaja?) membuat seolah-olah kalimat tersebut intinya menjadi salah, termasuk kepada komentar-komentar lepas yang ditulis dengan hanya menggunakan e-mail gratisan.

Apa masalah beliau dengan email gratisan? Apakah karena email gratisan menjadi tidak jelas siapa pengirimnya? Tentu saja itu bukan alasan yang baik, karena email yang tidak gratisan pun dapat dispoof. Selain itu, kualitas sebuah posting melalui email tidak dinilai dari siapa yang melakukan posting tersebut, juga tidak dinilai dari gratisan atau tidaknya email yang digunakan. Kualitas posting lebih ditentukan dari bobot isi posting itu sendiri. Posting yang bersifat anonim pun dapat saja memiliki isi yang bermutu. Anonimitas bahkan diperlukan untuk kasus-kasus tertentu, misalnya pegawai yang melaporkan tindakan tempat bekerjanya yang ilegal.

Apakah sesuatu yang tidak gratisan jelas pengirimnya? Jelas tidak. Sebagai contoh, SMS yang dikirim melalui kartu SIM prabayar tidaklah gratis, tetapi pengirimnya juga tidak dapat dengan mudah diverifikasi. Untuk email, ada beberapa penyedia layanan email yang dengan senang hati akan menerima pembayaran dari anda, tetapi apakah mereka akan memastikan email yang dikirim melalui fasilitas mereka memiliki informasi yang benar? Tentu tidak, mereka akan membiarkan seseorang membuat email dengan nama aneh-aneh, seperti batman@example.com. Jikapun mereka memiliki informasi mengenai alamat email tersebut tentunya mereka tidak akan menyerahkannya kepada pihak lain begitu saja. Provider email terikat terhadap hukum privasi. Proses mendapatkan informasi tersebut harus dilakukukan melalui jalan hukum yang berbelit-belit. Jika provider berada di lain negara dengan pengusut, maka prosedurnya akan menjadi jauh lebih rumit dan hampir tidak mungkin bagi pihak lain untuk mendapatkan informasi tersebut.

Bagaimana dengan email gratisan? Apakah pasti tidak jelas pengirimnya? Tentu saja tidak. Biasanya perusahaan-perusahaan memberikan email gratis bagi pegawainya. Email ini diterima dengan gratis oleh pegawai, bahkan pegawai dibayar untuk menggunakan email tersebut. Apakah jenis email ini tidak jelas pengirimnya? Biasanya jelas karena kebanyakan perusahaan memiliki kebijakan bahwa penamaan email harus jelas. Tapi tentunya email manapun, gratis atau tidak dapat saja difitnah oleh pihak ketiga.

Beberapa provider email seperti Yahoo menyediakan layanan dasar dengan gratis, tetapi pelanggan dapat memilih membayar untuk mendapatkan layanan ekstra. Apakah jika pelanggan memilih membayar, maka otomatis account email tersebut menjadi ‘jelas’? Tentu saja tidak.

Internet mengajarkan saya satu hal: sesuatu yang mahal/tidak gratis belum tentu lebih baik daripada sesuatu yang murah/gratis.

Apa email berbasis web yang terbaik? Jika pertanyaan itu ditujukan kepada pengguna Internet yang sudah berpengalaman menggunakan email berbasis web, maka jawabannya kemungkinan besar adalah: Gmail. Apakah untuk menggunakan Gmail harus bayar? Tidak.

Apakah sistem operasi yang mahal seperti Windows sudah pasti lebih baik daripada sistem operasi ‘gratisan’ seperti Linux atau FreeBSD? Jawabannya tentu saja tidak. Sistem operasi ‘gratisan’ tidak kalah secara kualitas daripada sistem operasi yang dijual dengan harga mahal.

Masih banyak contoh lainnya. Jika anda sudah berpengalaman di dunia Internet, maka anda akan terbiasa oleh sesuatu yang gratisan. Tetapi gratisan belum tentu ”tidak jelas’ atau tidak berkualitas. Malah sebaliknya, kadang-kadang sesuatu yang gratisan adalah sesuatu yang berkualitas.

39 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!