27 May 2005

Beberapa Alasan Untuk Masih Memakai Produk Microsoft

Posted under: at 01:46

No Windows Please!

Kemarin saya menyinggung sedikit mengenai beberapa alasan untuk tidak menggunakan perangkat lunak dari Microsoft. Tapi tentunya tidak 100% dari seluruh pengguna komputer dapat bermigrasi ke Linux karena berbagai alasan.

Kali ini saya mencoba untuk membahas alasan-alasan mengapa produk perangkat lunak dari Microsoft masih dibutuhkan. Jika memungkinkan akan saya ulas juga bagaimana rintangan bermigrasi ke sistem operasi FLOSS ini dapat diminimalisasi atau bahkan dieliminasi.

Perangkat Keras Tertentu Tidak Mendukung Linux

Mungkin ini adalah rintangan pertama dalam melakukan migrasi ke Linux: beberapa perangkat keras tidak mendukung sistem operasi Linux. Contoh perangkat keras umum yang patut dicurigai tidak memiliki dukungan untuk Linux adalah: kartu VGA, printer dan modem internal. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah:

  • Dengan mengganti atau tukar tambah perangkat keras yang tidak mendukung Linux dengan yang mendukung Linux
  • Dengan mensyaratkan kompatibilitas Linux untuk setiap perangkat keras yang akan dibeli pada masa yang akan datang. Anda memang tidak bisa melakukan migrasi saat ini, tapi jangan sampai lima tahun ke depan kondisinya masih tetap sama.

Aplikasi-Aplikasi Masih Membutuhkan Windows

Alasan umum lainnya adalah bahwa aplikasi yang dibutuhkan hanya bisa berjalan di atas Windows. Beberapa solusi untuk mengatasi rintangan ini adalah:

  • Gunakan aplikasi alternatif yang bisa berfungsi di Linux
  • Walaupun penggunaan Windows tidak dapat dihindari, pelan-pelan bermigrasi ke aplikasi yang memiliki versi Linux, sebagai contoh Firefox, Thunderbird dan OpenOffice. Migrasi sistem operasi di masa yang akan datang akan jauh lebih mudah jika aplikasi yang dijalankan relatif sama.
  • Terutama untuk para pemain game, lakukan dualboot antara Windows dan Linux. Bootlah ke Windows jika membutuhkan aplikasi-aplikasi yang hanya berfungsi di Windows.
  • Selidiki apakah aplikasi yang anda gunakan dapat dijalankan dengan menggunakan emulator Windows seperti Wine, Cedega atau Crossover Office, atau emulator DOS seperti DOSEMU atau DOSBOX.
  • Jika memungkinkan, selidiki juga penggunaan emulator komputer seperti VMWare atau Qemu. Dengan cara ini, anda menjalankan Windows di atas Linux sehingga Windows berjalan secara bersama-sama dengan Linux.

Memang tidak 100% pengguna komputer dapat bermigrasi ke Linux, tetapi bagi pengguna kasual yang menggunakan komputernya untuk membuat dan mencetak dokumen, membuka web, mencek email, memainkan musik, memutar film dsb, maka Linux sudah lebih dari mencukupi.

Pengguna Tidak Terbiasa Dengan Linux

Walaupun Linux dapat memenuhi kebutuhan hampir semua pengguna kasual, tetapi jenis pengguna ini yang pertama kali akan menolak Linux. Alasannya bermacam-macam, tetapi intinya sama, yaitu tidak terbiasa dengan Linux.

Jika migrasi dilakukan pada lingkungan korporat yang cukup besar, masalah ini bisa diminimalisasi dengan melakukan pelatihan ulang karyawan. Perusahaan besar seharusnya sudah cukup terbiasa melakukan pelatihan ulang setiap kali melakukan upgrade sistem operasi Windows. Maka pelatihan dalam hal migrasi ke Linux juga tidak menjadi masalah yang besar.

Sebagian Besar Pengguna Komputer Menggunakan Windows

Ini adalah masalah yang paling besar menurut saya. Sebagian besar pengguna komputer masih menggunakan Windows, maka dukungan teknis akan lebih mudah didapatkan untuk sistem operasi Windows. Jika anda menggunakan Linux, maka anda akan kesulitan untuk mencari pertolongan dari teman atau anggota keluarga.

Perusahaan besar kemungkinan besar bisa mengatasi masalah ini karena memiliki helpdesk untuk melayani keluhan para pegawai. Sedangkan pengguna komputer rumahan akan mengalami kesulitan yang sangat berarti terutama jika tidak memiliki akses Internet.

Menurut saya kelebihan Windows satu-satunya saat ini adalah pangsa pasarnya yang besar. Jika Windows tidak memiliki pangsa pasar yang besar maka Windows akan mengalami nasib yang sama seperti Linux saat ini: sedikit aplikasi komersil yang berjalan di Windows dan sedikit pembuat perangkat keras yang akan membuat driver untuk Windows.

63 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!