1 September 2005

Diskusi Sunni-Syiah di Anteve Hanyalah Sebuah Hoax?

Posted under: at 10:27

Jika anda rajin mengikuti beberapa mailing list atau forum populer, terutama yang berhubungan dengan Islam pada satu dua minggu terakhir, maka anda pasti sudah pernah membaca bahwa Anteve akan mengadakan diskusi Sunni-Syiah yang akan disiarkan secara langsung.

Disebutkan bahwa acara ini akan diselenggarakan pada Rabu, 31 Agustus 2005 kemarin pada pukul 13.00 sampai 17.00, bertempat di Gedung Jakarta Design Center Lt 6 Ruang Flamboyant. Acara ini akan diikuti pembicara-pembicara KH. Jalaluddin Rakhmat dan KH. Ali Umar Habsyi dari kalangan Syiah dan KH. Fauzan Al-Anshari dan KH. Halawi Makmun dari Majelis Mudahiddin Indonesia.

Pengumuman lengkap tentang acara ini dapat dilihat misalnya di mailing list wanita-muslimah.

Tetapi apa yang terjadi? Beberapa orang yang berniat mengikuti acara tersebut ternyata tidak dapat menemukan tanda-tanda adanya acara tersebut.

Dan kali inilah saya benar-benar kecolongan. Setelah sampai di JDC, lantai 6 tempat acara berlangsung, tidak ditemukan tanda-tanda sesuai pengumuman. Akhirnya saya bertanya kepada satpam yang jaga di lantai 6 tersebut. Sebuah kertas yang berisi penjelasan dari pihak manajemen Jakarta Design Center disodorkan kepada saya. Isinya menyatakan bahwa di JDC tidak ada acara yang bersangkutan.

Dan ternyatanya lagi, saya bukanlah satu-satunya orang kecele. Bersamaan dengan saya ada belasan orang lain yang mengalami hal serupa. Mereka mendapatkan informasi dari email atau mailing-list. Entah berapa orang lagi sebelum dan sesudah saya datang. Yang jelas pak satpam mengatakan cukup banyak.

Malamnya saya coba hubungi stasiun televisi ANTV, dan mendapatkan informasi bahwa mereka tidak punya rencana untuk mengadakan siaran live dari JDC tentang acara tersebut.

Saya sendiri masih berharap bahwa ini hanyalah kesalahan informasi, bisa jadi acara tersebut dilakukan bukan di Anteve, melainkan di stasiun televisi lain dan tidak disiarkan secara langsung. Tetapi jika ini benar-benar hoax, makin keterlaluan saja niat orang-orang untuk mengerjai sesamanya. Ini adalah pelajaran untuk kita supaya melakukan verifikasi ulang dengan lebih baik terhadap informasi-informasi yang kita dapatkan dari Internet. Para ‘hoax artist’ makin sering dan tidak tanggung-tanggung dalam melakukan aksinya, maka kita pun harus mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapinya.

Ada rekan-rekan yang mengalami hal yang sama atau punya informasi lebih lanjut tentang hal ini?

Update:

Informasi dari Imponk:

Saya sudah konfirmasi ke Anteve ternyata dialog MMI dengan OASE akan ditayangkan hari Kamis 15 September 2005 …di Anteve 22:30

24 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!