1 October 2005

Harga BBM Jadi Naik

Posted under: at 00:41

Harga BBM Indonesia jadi mengalami kenaikan pada hari ini, tanggal 1 Oktober 2005. Kenaikan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Premium naik dari Rp 2400 ke Rp 4500 (naik 87,5%)
  • Solar naik dari Rp 2100 ke Rp Rp 4300 (naik 104,7%)
  • Minyak tanah naik dari Rp 700 ke Rp 2000 (naik 185,7%)

Walaupun saya pendukung setia penghapusan subsidi BBM, tapi kenaikan BBM kali ini berkesan bahwa kenaikan BBM terlampau tinggi. Mungkin akan lebih baik jika kenaikan sebesar itu dilakukan sebanyak dua tahap dengan tahap kedua dilakukan pada awal bulan Februari tahun depan. Sebelumnya saya perkirakan kenaikan hanyalah sebesar kurang lebih 50% seperti yang dikabarkan sebelumnya.

Walaupun demikian, saya pribadi tetap mendukung penghapusan subsidi BBM dan mengharapkan segala sesuatunya akan baik-baik saja esok hari.

Dengan kenaikan ini, bahan bakar berkualitas tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Plus kembali menjadi alternatif yang menarik. Perbedaan harga antara Premium dan Pertamax hanyalah Rp 1200, atau 26.6%. Tidak seperti sebelumnya, harga Pertamax lebih daripada dua kali lipat harga Premium.

74 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!