18 June 2007

Pajak Microsoft

Posted under: at 18:55

Kemarin secara tidak sengaja saya dan seorang pembaca berbincang mengenai pajak Microsoft. Ringkasannya saya tulis di bawah ini dalam bentuk FAQ.

Apa itu pajak Microsoft?

Pajak Microsoft adalah biaya sistem operasi Microsoft Windows yang dibebankan kepada konsumen yang membeli satu paket komputer. Biaya sistem operasi ini sudah termasuk dalam biaya yang dibayarkan konsumen untuk membeli komputer tersebut.

Mengapa pajak Microsoft tidak disukai?

Alasan yang paling umum dipakai adalah jika konsumen tersebut tidak berencana untuk menggunakan Microsoft Windows, maka yang bersangkutan tetap harus membayar harga produk Microsoft Windows yang sudah termasuk di dalam harga perangkat keras yang dijual.

Bukankah ini sama saja dengan misalnya mobil yang dijual bersama-sama dengan sistem audio?

Jika kita membeli mobil yang dilengkapi dengan sistem audio, maka kita bisa saja menjual sistem audio tersebut di pasar bebas dan mendapatkan kompensasi seharga nilai sistem audio tersebut.

Sebaliknya, sistem operasi Microsoft Windows yang disertakan dalam paket perangkat keras biasanya didistribusikan dalam bentuk yang tidak mudah dilepas dari inangnya. Terkadang, sistem operasi tersebut tidak didistribusikan dalam bentuk CD/DVD, tetapi sudah terekam dalam harddisk dan akan menolak jika dipindahkan ke komputer lain. Konsumen yang ingin menjualnya ke pihak ketiga akan kesulitan untuk melakukannya.

Selain itu, perjanjian lisensi (EULA) Microsoft Windows versi ini secara eksplisit tidak memperkenankan konsumen untuk menjual Microsoft Windows versi bundling ini secara terpisah dari perangkat keras yang menyertakannya.

Apakah pajak Microsoft hanya merugikan pengguna sistem operasi alternatif?

Biasanya yang bersuara keras tentang pajak Microsoft ini adalah para pengguna sistem operasi alternatif seperti Linux atau BSD karena mereka adalah yang dirugikan secara langsung akibat praktik ini.

Tetapi bukan berarti pengguna Microsoft Windows tidak dirugikan. Jika ada konsumen yang menggunakan Microsoft Windows XP dan memperbaharui komputernya sebanyak tiga kali, dengan membeli komputer berpajak Microsoft, maka dia harus membeli perangkat lunak yang sama persis sebanyak tiga kali.

Di sisi lain jika ia membeli Windows XP versi retail, dan membeli komputer tak berpajak Microsoft sebanyak tiga kali, maka ia hanya perlu membayar Windows XP sebanyak satu kali saja.

Apakah ada vendor yang tidak menyertakan pajak Microsoft?

Ada, tetapi tidak banyak. Sepanjang pengamatan saya, ada beberapa vendor lokal di Indonesia yang menjual perangkat kerasnya tanpa pajak Microsoft. Tetapi kebanyakan vendor asing masih menyertakan pajak Microsoft dalam penjualan produk-produknya.

Apakah benar mitos vendor yang menjual komputer berpajak Microsoft hanya diperbolehkan menjual komputer bersistem operasi Windows?

Sepanjang pengetahuan saya, tidak. Perjanjian antara vendor dan Microsoft biasanya hanya melarang vendor menjual komputer tanpa sistem operasi. Biasanya, vendor kemudian mengakali perjanjian ini dengan menyertakan sistem operasi FreeDOS atau Linux.

Lenovo menjual komputer dengan sistem operasi SuSE Linux. Selain itu, Dell juga menjual komputer dengan sistem operasi Ubuntu Linux. Walaupun demikian, kedua vendor ini juga menyediakan komputer dengan sistem operasi Windows.

Bagaimana cara untuk menghindari membayar pajak Microsoft ini?

Cara terbaik adalah dengan memilih vendor perangkat keras yang tidak menyertakan sistem operasi, atau menyertakan sistem operasi dengan lisensi bebas. Dengan demikian kita yakin bahwa dalam harga komputer yang dimaksud tidak ada komponen harga sistem operasi yang tidak akan pernah kita gunakan.

Jika vendor yang kita pilih biasa mengenakan pajak Microsoft, cara terbaik adalah dengan meminta produk tanpa sistem operasi atau produk dengan sistem operasi berlisensi bebas sebelum membeli produk yang bersangkutan; tentunya dengan tidak melupakan potongan harga.

Bagaimana bagi yang terlanjur membeli atau tidak punya pilihan lain selain komputer berpajak Microsoft?

Beberapa orang berhasil mendapatkan ganti rugi setelah memberi tahu vendor yang bersangkutan duduk permasalahannya. Biasanya langkah tersebut dilakukan setelah memilih untuk tidak setuju dengan EULA ketika ditanyakan apakah setuju atau tidak setuju.

Walaupun demikian, tidak ada langkah yang baku yang bisa diikuti. Cara-cara untuk mendapatkan ganti rugi tersebut berbeda untuk vendor yang berbeda, pada negara yang berbeda dan bahkan cabang yang berbeda pula. Selain itu ada pula resiko permintaan anda akan ditolak mentah-mentah.

Berapa besar dari pajak Microsoft tersebut?

Tidak ada yang tahu persis, dan mungkin akan sulit dihitung secara pasti. Pajak Microsoft hanyalah satu hal dari kerjasama antara Microsoft dan vendor perangkat lunak. Selain pajak Microsoft, kerjasama tersebut juga dilakukan dalam bentuk co-branding (penggunaan logo Designed for Microsoft Windows), co-marketing (penggunaan pernyataan Acme recommends Windows Vista Home Premium for personal computing pada setiap iklan perangkat keras) dan sebagainya.

Harga yang pantas dari sisi konsumen sebenarnya adalah harga retail dari perangkat lunak tersebut. Seandainya sistem operasi tersebut tidak benar-benar terikat pada perangkat kerasnya dan tidak ada hambatan teknis maka wajar jika perangkat lunak tersebut dijual dengan harga sedikit di bawah harga retailnya.

Walaupun demikian, beberapa yang berhasil mendapatkan ganti rugi mendapatkan jumlah ganti rugi sekitar €30 atau $50.

Lalu bagaimana dengan pajak SuSE, pajak RedHat, pajak Ubuntu, pajak Xandros? Bukankah sama saja dengan pajak Microsoft?

Saya berpendapat jika seseorang tidak berniat untuk menggunakan SuSE, RedHat, Xandros atau Ubuntu pada komputer yang akan dibelinya, maka dia berhak untuk mendapatkan kompensasi wajar.

Vendor boleh saja menjual komputer dengan menyertakan sistem operasi SuSE, Redhat atau Ubuntu, tetapi seharusnya pengguna bisa saja menjual atau mengalihkan lisensi perangkat-perangkat lunak tersebut kepada pihak ketiga tanpa harus dihalang-halangi.

Selain itu, vendor bisa saja menyertakan sistem operasi Linux tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Tanpa memberikan dukungan teknis, sistem operasi Linux dapat diberikan dengan mudah dan murah. Dan dengan demikian komponen biaya perangkat lunak menjadi tidak signifikan.

Apa ada situs yang khusus membahas ini?

Silakan lihat-lihat:

Apakah saya sudah berpengalaman dalam hal ganti rugi pajak Microsoft ini?

Belum pernah. Apa anda memiliki pengalaman yang bisa diceritakan?

71 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!