12 October 2004

Pendapat Widarto Wirawan Tentang Anne Ahira

Posted under: at 12:36

Salah satu pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia berpendapat bahwa yang dilakukan Anne Ahira adalah bentuk dari skema piramid.

Jadi kembali ke pertanyaan dasar, “Apabila saya bergabung, dan tidak merekrut, apakah saya rugi..?” Bila jawabnya “Ya, saya rugi”, maka itu piramid. Saya masuk lobang, dan untuk keluar lobang saya harus cari korban baru.

Cara presentasi Ahira, jelas iming-iming bonus yang lebih ditonjolkan daripada produknya sendiri. Dengan rekrut 4-16-64-256, dijanjikan bonus bulanan 6.569 dolar AS. Namun harus disadari, dengan multiplikasi seperti ini, maka pada level 16, maka seluruh penduduk dunia sudah habis (4 pangkat 16 = 4,3 milyar orang), dan pada saat hal tersebut terjadi, ada lebih dari 80% yang tidak mendapat bonus, dan hanya 25% yang diuntungkan.

Untuk lengkapnya silakan lihat pada halaman akhir wawancara tersebut. Atau anda dapat pula membacanya dari halaman pertama.

Walaupun saya pribadi tidak sepenuhnya setuju dengan misi dan visi para anggota APLI dalam memasarkan produknya, APLI adalah asosiasi-nya para pemasar yang menggunakan metode MLM. Jika APLI saja tidak setuju dengan skema piramid yang dilakukan oleh AA, lalu bagaimana dengan kita semua yang rata-rata tidak menyukai MLM?

55 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!