3 September 2006

Mempertanyakan Seminar “The True Power of Hexagonal Water”

Posted under: at 14:07

Dari sebuah komentar pada tulisan saya tentang air heksagonal, saya mengetahui bahwa pada tanggal 26 Juni 2006 telah diadakan seminar bertajuk “The True Power of Hexagonal Water” dengan pembicara Masaru Emoto dan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Sedangkan Menteri Kesehatan Siti Fadilah juga hadir sebagai keynote speaker.

Seminar tersebut membahas hal-hal seputar yang katanya adalah ‘air heksagonal’. Masaru Emoto berbicara tentang penelitiannya tentang air ‘heksagonal’. Sedangkan Aa Gym berbicara tentang air zam-zam dan kekuatan doa.

Kita sudah tahu siapa Aa Gym dan Siti Fadilah. Tapi siapakah sebenarnya Masaru Emoto?

Masaru Emoto adalah lulusan Yokohama Municipal University dalam bidang hubungan internasional, dan pada tahun 1992, dia menerima gelar ‘Doktor’ dari The Open International University for Alternative Medicine. Universitas ini bukanlah universitas yang terakreditasi dan memiliki syarat ‘kelulusan’ yang sangat minim: tidak ada pengujian dan sama sekali tidak perlu menghadiri kelas.

Masaru Emoto terkenal karena penelitian yang dilakukannya:

  1. Taruh air di dalam gelas
  2. Ucapkan kata-kata, musik atau taruh gambar tertentu di dekat gelas tersebut.
  3. Bagi air tersebut ke dalam beberapa cawan petri berdiameter 5 cm.
  4. Bekukan sampai -25°C
  5. Tinggalkan selama 3 jam, kemudian biarkan cawan-cawan tersebut menghangat
  6. Amati bentuk kristal es melalui mikroskop.

Konon, jika yang diucapkan adalah kata-kata atau musik yang baik, maka kristal es akan berbentuk indah. Sedangkan jika yang diucapkan adalah kata-kata buruk, maka kristal es juga akan berbentuk buruk.

Penelitian ‘Dr.’ Emoto ini tidak diterima di kalangan sains terutama karena Emoto tidak melakukan uji double blind. Dalam hal ini pengamat bentuk kristal es bebas untuk menginterpretasikan keindahan bentuk kristal es tergantung apa yang telah dilakukan sebelumnya terhadap es tersebut.

Emoto tidak bersedia untuk melakukan eksperimen sesuai dengan metoda ilmiah yang benar. Bahkan tidak pula menggubris tawaran James Randi yang akan memberikan satu juta dolar jika dapat memberikan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Emoto lebih memilih untuk pergi dari negara ke negara untuk memberikan ‘seminar’. Emoto juga menjual berbagai macam produk melalui situs-situs webnya hado.net dan h2omwater.com walaupun tanpa disertai penjelasan ilmiah yang jelas.

Emoto juga menulis beberapa buku. Buku yang paling laris adalah The Hidden Messages in Water yang sempat bertengger di posisi 100 besar. Walaupun demikian, pengalaman saya membuktikan bahwa yang laris belum tentu benar.

Bagi beberapa orang, hasil ‘penelitian’ ‘Dr.’ Emoto mungkin sangatlah mencengangkan. Tetapi menurut saya yang mencengangkan adalah bahwa tokoh-tokoh dengan reputasi sekaliber Aa Gym dan Siti Fadilah bersedia untuk membantu Emoto menyebarkan informasi yang menyesatkan. Seharusnya mereka-mereka ini melakukan investigasi terhadap latar belakang Emoto sebelumnya. Hal sederhana seperti melakukan pencarian di Internet akan menjawab semuanya.

Bagi tokoh religi seperti Aa Gym, bahayanya juga sangat jelas: jika umat beriman karena percaya terhadap penelitian seperti ini, maka apa yang akan terjadi jika penelitian tersebut berhasil dipatahkan? Apalagi penelitian Emoto memang belum terbukti kebenarannya. Jadi, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai sekarang juga: waspadalah!

Referensi:

233 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!