FAQ Tentang New7Wonders

Berikut adalah FAQ yang saya buat karena saya mendapatkan banyak pertanyaan dan kecaman akibat tulisan-tulisan saya tentang penipuan New7Wonders. Halaman ini akan terus diperbaharui jika ada masukan-masukan yang saya terima.

FAQ 1: Kenapa sih repot-repot ngurusin masalah New7Wonders?

Karena New7Wonders merupakan vanity scam, yang memanfaatkan ego kita semua untuk meraup keuntungan. Ini tak jauh berbeda dengan penipuan Who’s Who atau diploma mill dimana korban menyerahkan sejumlah uang untuk atribut tertentu, misalnya gelar akademis atau person of the year, walaupun sebenarnya institusi tersebut tidak memiliki kredibilitas atau akreditasi untuk memberi gelar tersebut. Praktis tak ada orang lain yang menganggap gelar atau atribut tersebut sebagai sesuatu yang penting.

New7Wonders pun demikian, mereka hanyalah sebuah perusahaan kecil asal Swiss, bukan organisasi Internasional ataupun lembaga bentukan kerjasama multilateral antara negara-negara.

Perbedaannya, New7Wonders menambahkan bumbu berupa kompetisi dengan kontestan lain, tujuannya untuk menyentuh rasa nasionalisme kita semua. Selain itu, New7Wonders merupakan vanity scam dengan skala internasional yang korbannya bukan lagi perorangan, tetapi negara-negara yang berdaulat.

Pada kontes tahun 2007, situs web New7Wonders memuat taut dan logo UNESCO. Khawatir akan dampak dari pencatutan nama ini, UNESCO kemudian mengklarifikasi bahwa mereka tidak memiliki sangkut paut dengan New7Wonders.

FAQ 2: Ah, ini kan gak beda dengan misalnya Indonesian Idol atau acara lainnya.

Tentu saja ada persamaan antara New7Wonders dan Indonesian Idol, misalnya keduanya sama-sama menggunakan media SMS untuk memilih. Dan tentunya ada keberatan-keberatan yang bisa dialamatkan kepada keduanya. Sebagai contoh, keduanya menggunakan kriteria populer untuk menentukan pemenang, bukan kriteria objektif. Sanjaya Malakar secara kontroversial bisa melaju ke babak ke-7 American Idol dengan kemampuan yang pas-pasan. Patung Kristus Penebus Rio de Janeiro bisa mendapatkan gelar ‘keajaiban dunia’, walaupun secara objektif, monumen-monumen lain seperti misalnya Candi Prambanan, Menara Eiffel atau Patung Liberty lebih berhak mendapatkan gelar tersebut.

Akan tetapi tentu saja ada perbedaan antara Indonesian Idol dan New7Wonders. Secara singkat: New7Wonders adalah Indonesian Idol yang pemenangnya ditentukan dari jumlah uang yang disetorkan kontestan kepada panitia. Kualitas objektif sama sekali tidak penting, yang penting jumlah uangnya. Kontestan tidak tahu  berapa uang yang diberikan kontestan lainnya kepada panitia. Dan jika kontestan kalah, uang yang telah disetorkan tidak dikembalikan.

Stakeholder Indonesian Idol adalah peserta itu sendiri. Pada New7Wonders, walaupun peserta adalah Taman Nasional Komodo, stakeholder-nya adalah kita semua sebagai rakyat Indonesia.

Indonesian Idol mendapatkan pemasukan dari pihak ketiga yang mendapatkan hiburan dari acara tersebut. Panitia kemudian menyerahkan sebagian dari pemasukan tersebut kepada kontestan, dalam bentuk gaji, pelatihan, akomodasi, atau lainnya. Semua kontestan mendapatkan keuntungan, termasuk kontestan yang kalah di babak awal sekalipun.

New7Wonders mendapatkan penghasilan dari setoran kontestan itu sendiri yang berasal dari platform pemilihan berbayar. New7Wonders praktis tidak mengeluarkan biaya apapun untuk kontestan. Bahkan biaya pemasaran ditanggung oleh masing-masing kontestan. Biaya yang dikeluarkan kontestan yang kalah melalui platform voting berbayar tak dapat dikembalikan. Bagi seluruh kontestan, kontes New7Wonders merupakan negative-sum game.

FAQ 3: Ah, masa sih penipuan? Saya cuma keluar Rp 1 untuk memilih kok, atau bahkan gak keluar duit sama sekali.

Pemilih memang hanya mengeluarkan Rp 1, atau bahkan tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Tetapi ongkos yang sesungguhnya lebih besar daripada itu.

Pertama, ada sponsor yang menyubsidi sehingga biaya yang harus dikeluarkan pemilih menjadi serendah itu. Karena panitia lokal harus membayar lisensi ke New7Wonders, dan mereka tentunya tidak akan menerima mata uang Rupiah, maka akan ada devisa kita yang terbuang. Maka, nilai sesungguhnya yang harus dibayar pemilih melalui SMS jauh lebih tinggi daripada Rp 1 atau Rp 0.

Kedua, akibat kontes ini, akan ada pihak yang mendapatkan basis data nomor ponsel dari puluhan juta rakyat Indonesia. Ini adalah informasi yang sangat berharga, mungkin jauh lebih berharga daripada bayaran lisensi kepada New7Wonders.

Ketiga, sang dalang dari skema ini tetap mendapatkan keuntungan jika kita ikut memilih, terutama melalui media seperti SMS premium.

Namun ada baiknya jika kita melihat lebih jauh daripada sekadar nilai uang yang hilang akibat skema ini: kontes New7Wonders ini menghina intelegensia kita semua. Karena pada praktiknya, ini hanyalah kontes ‘adu jumlah setoran’.

FAQ 4: Dasar orang Indonesia, gini aja diributin! Bukannya ngedukung, malah ngejatuhin!

Sikap saya dan kawan-kawan merupakan bentuk kepedulian kepada Indonesia, bukan sebaliknya. Kami tidak menyukai nasionalisme kawan-kawan dieksploitasi untuk kepentingan mereka.

Dan bukan hanya Indonesia, di negara-negara lain ada banyak rakyat mereka yang terusik dan melakukan edukasi seperti yang saya lakukan selama ini.

Kawan-kawan kita dari Korea yang merasa terusik dengan kampanye Jeju membuat situs web Justice4Jeju7. Mereka juga membuat situs No7Wonders yang berisi tentang masalah-masalah New7Wonders di berbagai negara. Kawan-kawan dari Vietnam membuat tulisan di sebuah forum tentang scam New7Wonders yang sampai tulisan ini dibuat sudah mencapai lebih dari 60 halaman. Red Hunt Travel, sebuah blog yang didirikan teman kita dari Kanada juga membahas tentang kontroversi New7Wonders.

Dan masih banyak lagi. Pencarian Google ‘new7wonders scam’ banyak menemukan hal yang sama.

FAQ 5: Kalau Komodo menang, maka pariwisata bisa naik.

Analisis yang saya lakukan dari data-data industri pariwisata tujuh pemenang New7Wonders tahun 2007 tidak menunjukkan adanya pertumbuhan pariwisata dari ditunjuknya tujuh monumen tersebut sebagai keajaiban dunia yang baru.

Seluruh penelitian yang sering dikutip oleh pihak New7Wonders pun ternyata tidak dilakukan dengan metodologi yang benar dan memiliki asumsi-asumsi awal yang salah.

Kawan-kawan kita dari Korea juga membuat analisis mendalam tentang ‘penelitian independen’ yang sering dikutip oleh oknum New7Wonders.

Sebaliknya, pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2007-2008 ke Indonesia ternyata lebih tinggi daripada enam negara pemenang New7Wonders 2007. Alih-alih mendapatkan penghargaan, Budpar justru mendapatkan kecaman karena memutuskan hubungan dengan New7Wonders!

Selain menobatkan kontestan sebagai pemenang, New7Wonders praktis tidak melakukan apa-apa. Seluruh biaya pemasaran ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing kontestan. Dan pemasaran tersebut tentu saja bisa dilakukan tanpa harus ada New7Wonders.

Situs web New7Wonders bukanlah situs yang banyak dikunjungi pengguna Internet,  sehingga tidak akan berpengaruh banyak terhadap pemasaran.

FAQ 6: Tapi setelah Komodo terpilih menjadi finalis, pariwisata di Komodo meningkat.

Ini adalah kesalahan logika post hoc ergo propter hoc. Jika kejadian B terjadi setelah kejadian A, belum tentu B terjadi karena A. Bisa saja A dan B disebabkan oleh faktor C (spurious relationship).

Dalam hal ini, faktor C adalah pemasaran yang dilakukan pemerintah untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo. Faktor inilah yang menyebabkan Komodo terpilih menjadi finalis; sekaligus meningkatkan pariwisata di Taman Nasional Komodo. Tanpa harus menjadi nominasi New7Wonders pun, pariwisata bisa kita tingkatkan.

FAQ 7: Dasar pengkhianat! Dasar tidak nasionalis!

Rasanya terlalu jauh untuk mengukur nasionalisme hanya dari jumlah uang yang kita sumbangkan kepada Bernard Weber :). Saya pikir mayoritas rakyat Indonesia pada dasarnya sangat nasionalis, tetapi memiliki informasi yang berbeda-beda. Berikut saya peragakan dalam bentuk Johari window:

Mayoritas orang-orang yang mengirim SMS ke 9818 berada di kuadran 2. Dan sebagian besar rakyat Indonesia berada di kuadran ini. Tulisan-tulisan saya selama ini bertujuan untuk memindahkan teman-teman sebangsa dan setanah air dari kuadran 2 ke kuadran 1. Memilih untuk tidak berpartisipasi mengirim SMS pilih Komodo tentu tidak bisa disebut ‘tidak nasionalis’.

Bernard Weber dan oknum New7Wonders lainnya tentunya berada di kuadran 4. Hati kecil saya masih menaruh harapan bahwa tidak ada warga negara kita yang menjadi anggota kuadran 4 ini.

FAQ 8: Saya sudah tahu, tapi bolehkah kami teruskan vote Komodo?â„¢

Pengalaman saya dalam mengamati vanity scam seperti diploma mill atau Who’s Who scam, ada orang-orang yang tetap bersikukuh bahwa hal ini bukanlah penipuan, walaupun telah diberi tahu hal yang sesungguhnya. Mereka tetap bangga dengan memamerkan plakat ‘Man of the Year’ yang didapatkan dengan harga $200 dari sebuah institusi yang tidak jelas asal usulnya, misalnya.

Di Indonesia, bisa jadi tak sedikit yang seperti ini. Orang-orang dengan sifat yang sama tersebut barangkali akan memiliki sifat yang sama pula pada kontes New7Wonders.

Penjelasan yang kedua, ada orang yang akan menjadi sangat defensif setelah diberi tahu bahwa dia tertipu. Ini adalah akibat dari choice-supportive bias.

Tentunya tak ada yang dapat menghalangi siapapun untuk mengirim SMS pilih Komodo. Yang dapat saya dan kawan-kawan lakukan hanyalah memberi informasi yang sesungguhnya.

FAQ 9: Negara-negara lain yang telah menjadi pemenang bangga atas prestasi tersebut. Kenapa kita tidak?

Betulkah? Saat saya mengumpulkan data mengenai pariwisata negara-negara pemenang New7Wonders pada tahun 2007, tak satupun situs web resmi pariwisata negara-negara tersebut yang menampilkan atribut New7Wonders secara besar-besaran.

Kalau tidak percaya, silakan lihat sendiri situs resmi dewan pariwisata negara-negara India, Yordania, Peru, RRC, Italia, Brazil dan Meksiko.

FAQ 10: Orang-orang yang terlibat dalam New7Wonders adalah orang-orang yang saya kenal memiliki integritas tinggi. Jadi tidak mungkin New7Wonders merupakan penipuan.

Ini adalah kesalahan berpikir argument from authority atau argumentum ad verecundiam: hanya karena X adalah orang yang kita kenal berintegritas, maka ucapan X kita anggap sebagai kebenaran. Tentu saja ini salah. Jika Einstein mengatakan 1+1=3, bukan berarti itu benar hanya karena Einstein yang mengatakannya.

Walaupun demikian, tentu tak dapat kita simpulkan bahwa orang-orang Indonesia yang terlibat dalam New7Wonders tidak berintegritas dan memiliki agenda jahat. Bukan tidak mungkin mereka termasuk ke dalam kuadran 2 di atas (lihat FAQ no 7 di atas). Atau mereka termasuk ke dalam kuadran 1 tetapi sudah terlanjur terikat dengan kontrak atau komitmen yang harus mereka penuhi.

Kabarnya, Jusuf Kalla hanya membutuhkan waktu lima menit untuk menerima tawaran untuk menjadi duta Komodo. Dalam waktu lima menit tentu saja tak mungkin bagi beliau untuk dapat melakukan analisis mendalam mengenai skema New7Wonders ini.

Tuduhan vanity scammer saya alamatkan hanya kepada Bernard Weber, New Open World Corporation dan New7Wonders Foundation, bukan kepada afiliasinya di Indonesia. Saya mengerti jika oknum-oknum New7Wonders ini sekilas terlihat sangat legitimate dan tak sedikit orang-orang yang sebetulnya berintegritas, tetapi terjebak dan mempercayai mereka.

FAQ 11: Kontes ini diiklankan oleh televisi nasional, didukung operator seluler dan perusahaan besar lainnya. Jadi tidak mungkin ini pembodohan.

Sama seperti FAQ 10, ini adalah kesalahan berpikir argument from authority atau argumentum ad verecundiam. Kesimpulan tersebut tak dapat diambil hanya karena iklan kontes New7Wonders ditayangkan televisi nasional dan didukung oleh operator seluler.

FAQ 12: Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana untuk memenangkan Taman Nasional Komodo, kenapa harus berhenti di tengah jalan?

Dana yang telah dikeluarkan pemerintah kepada New7Wonders hanyalah biaya pendaftaran sebesar $200. Selain itu pemerintah juga mengeluarkan biaya untuk pemasaran. Biaya yang terakhir ini tentunya selain berefek pada perolehan suara Komodo di New7Wonders, juga berimbas pada kenaikan pariwisata di Komodo.

Jadi, biaya yang benar-benar hilang hanyalah biaya pendaftaran sebesar $200 ($200 perak, bukan $200 ribu atau bahkan $200 juta). Sedangkan biaya pemasaran akan terkonversi menjadi kenaikan industri pariwisata di Taman Nasional Komodo.

FAQ 13: Paling tidak ada kebanggaan Taman Nasional Komodo bisa masuk sebagai 7 keajaiban dunia. Dan ini berlaku untuk selamanya.

Berapa banyak di antara kita yang pada tahun 2008-2009 ingat di luar kepala siapa saja yang menjadi pemenang kontes New7Wonders 2007?

Rasanya tak banyak di antara kita yang ingat. Bisa jadi bahkan mengetahui kontes ini pun tidak. Kalau begitu, selain kita, apakah nantinya banyak orang-orang asing yang tahu daftar pemenang kontes New7Wonders tahun ini? Saya pribadi sangat meragukannya.

Ini tak jauh berbeda dengan atribut Person of the year yang didapatkan dengan harga $200 dari institusi yang tidak jelas asal usulnya: selain kita sendiri, praktis tak ada orang lain yang peduli dengan atribut tersebut.

FAQ 14: Tahun 2007, New7Wonders mengadakan acara deklarasi pemenang di Lisbon, Portugal yang megah dan diliput jaringan berita Internasional. Ini bisa jadi ajang untuk promosi.

Itu dulu. Tahun ini New7Wonders tidak akan mengadakan acara deklarasi pemenang. Setelah kisruh di Indonesia dan Maladewa, kelihatannya mereka tidak berhasil menemukan negara lain yang bersedia untuk membayar ongkos mahal yang mereka tuntut untuk menjadi tuan rumah acara ini.

Sebagai gantinya, New7Wonders akan mengizinkan negara-negara pemenang untuk membuat ‘acara penganugerahan’ sendiri di negara masing-masing. Tentu saja dengan biaya masing-masing.

FAQ 15: Tapi saya dengar New7Wonders bekerjasama dengan PBB.

Memang betul bahwa situs web Office for Partnership PBB (UNOP) memuat sebuah halaman mengenai kerjasama antara PBB dan New7Wonders. Halaman yang dibuat pada tanggal 8 Juli 2007  –satu hari setelah acara puncak New7Wonders tahun 2007– tersebut digunakan New7Wonders sebagai pondasi kredibilitas New7Wonders selama bertahun-tahun.

Karena tidak jelas seperti apa dan bagaimana bentuk kerjasama tersebut, maka teman-teman kita dari Korea menanyakan langsung ke UNOP. Jawaban dari UNOP mengejutkan: UNOP tidak memiliki kerjasama dengan New7Wonders, dan halaman tersebut merupakan bagian dari situs web lama UNOP. Jika kita mengakses situs web UNOP dari halaman depan, maka kita tidak akan menemukan keberadaan New7Wonders di sana.

Jerih payah teman-teman dari Korea dapat dibaca di berkas PDF ini: New7Wonders Foundation, Currently Not in Partnership with the UN Office for Partnerships.

Mungkin akibat dari ancaman gugatan hukum dari teman-teman dari Korea ini, New7Wonders kemudian merevisi halaman interesting questions and answers. Yang tadinya mengatakan “sedang bekerjasama dengan PBB”, menjadi “pernah bekerjasama dengan PBB”. Tetapi apa bentuk kerjasama yang telah dilakukan tetap menjadi misteri.

Situs berita Korea OhMyNews melakukan wawancara dengan New7Wonders dan mencoba untuk menanyakan apa bentuk kerjasama yang pernah dilakukan New7Wonders dan PBB. Tetapi lagi-lagi, perwakilan New7Wonders tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

Dengan situasi seperti ini, satu-satunya ‘kerjasama’ yang kita ketahui antara UNOP dan New7Wonders adalah bahwa Direktur UNOP Amir Dossal turut menghadiri acara puncak New7Wonders 7 Juli 2007 di Lisbon, Portugal.

FAQ 16: Kalau bukan kita yang mendukung Taman Nasional Komodo, lalu siapa lagi?

Tulisan saya ini tidak bertujuan untuk menghentikan dukungan kepada Taman Nasional Komodo. Sama sekali bukan itu tujuannya. Sebaliknya, dukungan penuh tetap harus kita berikan kepada Taman Nasional Komodo sebagai wahana konservasi maupun sebagai objek wisata.

Yang dipermasalahkan di sini hanyalah mendukung Taman Nasional Komodo melalui ajang kontes New7Wonders.

Jangan sampai pula kita terjebak pada anggapan yang menyamakan “tidak mendukung TMK melalui New7Wonders” dengan “tidak mendukung TMK”.

FAQ 17: Pasti ada hal positif yang disebabkan kontes New7Wonders: wisatawan berkunjung, kesejahteraan masyarakat bertambah, kepedulian terhadap komodo meningkat, ekonomi berkembang dsb. Bukankah semua itu hal yang positif?

Untuk keperluan pembahasan ini, mari kita asumsikan hal-hal yang positif tersebut adalah akibat dari New7Wonders (tapi lihat FAQ 6 di atas).

Jika A menyebabkan B; dan B merupakan hal yang positif, maka belum tentu A adalah hal yang positif. Untuk peragaan, ganti A dengan “Gayus melakukan korupsi” dan B dengan “perbaikan sistem perpajakan”. Rasanya semua setuju kalau A adalah hal yang negatif dan B adalah hal yang positif.

Sekarang ganti A dengan “kontes New7Wonders” dan B dengan “kesejahteraan masyarakat meningkat”. Rasanya semua setuju jika B adalah hal yang positif (walaupun hubungan sebab akibat tetap harus dipertanyakan, lihat FAQ 6 di atas), tetapi hanya karena B adalah hal yang positif, tidak dapat disimpulkan bahwa A adalah hal yang positif pula. Positif atau tidaknya A tetap harus dievaluasi secara independen.

Hal ini merupakan kesalahan berpikir appeal to consequences. Dalam bahasa Inggris dikenal ada pepatah “the end result doesn’t justify the means”.

Yang seharusnya kita lakukan adalah meningkatkan industri pariwisata dan konservasi alam di Taman Nasinal Komodo “dengan cara yang baik”, bukan “apapun akan dilakukan asal tujuan tercapai”.

FAQ 18: Pemimpin-pemimpin negara lain saja mendukung kontes ini, kenapa kita tidak?

Barangkali mereka tidak tahu duduk persoalannya. Barangkali mereka tahu, tapi ingin memanfaatkan acara tersebut untuk mendongkrak popularitas mereka.

Ini lagi-lagi merupakan argument from authority. Kenyataannya adalah bahwa New7Wonders merupakan vanity scam terlepas apa yang dikatakan tokoh-tokoh tersebut. Jika pemimpin-pemimpin tersebut ‘masuk sumur’, apa kita juga akan ikut ‘masuk sumur’?

Untungnya, pemimpin negara kita (dan juga Maladewa) bisa mengetahui kejanggalan kontes New7Wonders ini jauh lebih cepat daripada negara-negara lain akibat kisruh acara puncak antara New7Wonders dan pemerintah Indonesia dan Maladewa. Jika tidak ada kasus ini, rasanya negara kita akan bernasib sama dengan negara lain.

FAQ 19: Katanya New7Wonders akan membagikan keuntungannya untuk keperluan konservasi dari pemenang kontes ini. Kenapa kita tidak dukung usaha ini?

Pada kontes tahun 2007, pihak New7Wonders menjanjikan 50% dari surplus untuk konservasi monumen-monumen yang menjadi pemenang. Walaupun demikian, New7Wonders tidak pernah memenuhi janji tersebut, alasannya: “Kami tidak mendapat keuntungan.” Pihak New7Wonders menolak untuk memberitahu jumlah pemasukan dan pengeluaran ketika ditanya media massa.

Untuk kontes tahun 2011 ini, New7Wonders sama sekali TIDAK menjanjikan hal yang sama seperti yang mereka janjikan pada tahun 2007. Kali ini, 50% tersebut akan mereka gunakan untuk keperluan mereka sendiri. Kontestan tidak akan mendapatkan apapun dari mereka.

Yang membuat janji pembagian keuntungan untuk konservasi adalah official steering committee (OSC) dari New7Wonders di Indonesia, bukan New7Wonders itu sendiri.

FAQ 20: Ah, kamu pasti antek Malaysia yang tidak mau ‘kadal air raksasa’ kalah dari komodo!

:)

\*\*\*

FAQ di atas adalah hasil olah data dan pemikiran saya mengenai New7Wonders. Untuk mengetahui perspektif dari pihak official steering committee New7Wonders, silakan anda lihat sendiri situs web pilihkomodo.com atau hubungi @liiaang di Twitter.

Saya persilakan pembaca untuk menilai sendiri berdasarkan informasi yang selengkap-lengkapnya.

462 comments

  1. Salut utk mas Priyadi yg ttp rajin memberikan penjelasan utk masyarakat Indonesia walau byk jg masyarakat yg blm bisa mencerna fakta2 yg ada. Semoga semakin byk masy Indonesia yg sadar bahwa kompetisi New 7 Wonders ini hanyalah bisnis yg menjual harapan saja. STOP MEMPERBUDAK NASIONALISME DEMI UANG!

  2. Sepertinya, banyak yang jadi lebih yakin mempertahankan pendapatnya, setelah diberitahu bahwa dia salah….
    (pengalaman pribadi, malu kan mengakui kalau diri kita salah…)

  3. Sepertinya, banyak yang jadi lebih teguh mempertahankan pendapatnya kalau dia dikatakan salah….
    (Pengalaman pribadi, malu kan mengakui diri sendiri salah)
    BTW, harusnya bukan FAQ ya, karena bukan berbentuk pertanyaan. Tapi “Kecaman yang sering dikemukakan” (tau ah bahasa Inggrisnya apa….).

  4. Halah kok jadi dopost. submit comment pertama belum keluar. Submit kedua langsung keluar 2 kali.. Maaf….

  5. kmrn pernah iseng iseng coba sms, tapi untungnya gk di proses karena saat itu pulsa nya cm sisa Rp. 27.
    dari situ jadi tau ternyata boong kalo biaya sms nya cm Rp. 1, soalnya pulsa saya gk berkurang walau udah sms 2x.

    dan setelah baca ini jadi makin jelas bahwa ini semua hanyalah akal akalan bisnis kaum kapitalis

  6. padahal kan ada satu orang yang paling mengerti komodo malah menyerukan stop dukung komodo, justru beliau inilah yang paling memiliki integritas soal komodo. yang jadi sponsor itukan politisi, pasti ada agenda di balik dukungannya.

  7. fakta tentang komodo: Komodo adalah binatang yang penyendiri, berkumpul bersama hanya pada saat makan dan berkembang biak.

    klo seandainya ia diekspos sedemikian rupa apa itu gak membuat reptil ini jadi stres?

    *mav kalau pendapat saya salah*

  8. Televisi ini masih menjadi senjata yg paling “tangguh” di Indonesia. jadi, orang Indonesia masih menganggap bahwa kalo ada iklan yang ditayangin ditivi itu adalah “bagus”
    well,nyatanya tidak semua seperti itu ya..

  9. Klo menurut aku siy ini cuma argumen 1 org aja yg bkin niy blog,,krn ga ada bukti jelas,, yaaa tsrh siy pendapat org kan beda2

  10. Saya tdk akan pernah percaya sesuatu hal yg penilaiannya berdasarkan sms. Lanjutkan bung.saya setuju bahwa Ini semua tdk masuk akal.

  11. Jangan gara-gara kecurangan manusia yang kena imbasnya binatang. Apa salahnya komodo kita lebih dikenal dengan mengetik Komodo kirim sms ke 9818 ?
    Kasian komodo kita yang tidak tau apa-apa. Mungkinkah ini gejala krisis kebanggaan? Bangga apa yang kita miliki dan negara lain tidak?
    Wallohu’alam.

  12. Sy senang dgn kritikannya. Hanya sj kritik terhadap keuntungan yg diperoleh panitia bagi sy sangat klasik. Sederhana sj, adakah lembaga yg melakukan kegiatan tanpa memperoleh keuntungan? Dipastikan jawabannya tidak. Sebesar dan sekridebel apapun suatu lembaga pasti bertujuan memperoleh keuntungan,baik itu ekonomis,politik,sosial,dan budaya. Hanya sj, dlm konteks komodo idol, sy lakukan dgn pertimbangan kesadaran, bukan ketidaksadran sebagaimna penulis stigmakan. Sy kaget sj, atas dasar apa Anda menuliskan kalau kami tak sadar, jika anda menggunakan instrumen johari windows bukan berarti sy dan juga yg lain masuk ke dalam kuadran 2. Kami sadar kalau panitia memperoleh keuntungan dalam jumlah besar karena dia lembaga internasional, beda dgn lembaga sekelas RT yg tentunya memperoleh keuntungan dari kegiatannya sebesar geografis RT. Bahkan, kalau mau jujur zaman sekarang kekritisan pun melahirkan keuntungan ekonomis, misalnya kekritisan yg diperoleh lembaga LSM asing.
    Bagi sy sms rp.1 rupiah dan rp.2000 bahkan lebih adalah hal sama ketika sy keluarkan atas dasar kesadaran dan keikhlasan sj. Sy termasuk orang yg dukung ketik komodo kirim ke 9818, krena sy berharap pulau komodo dan juga yg lain menjadi ingatan anak bangsa. Dan sy masih percaya sesuatu yg melibatkan orang banyak akan sedikit bermanfaat, sejarah kisah eksostisme jawa dan bali yg ditulis diabad ke19 kini telah mendapatkan hasilnya. Ekonomi rakyat bali dan jawa terangkat hanya karena salah satunya faktor pariwisata. bukan begitu?

    1. @laode:

      yang jadi masalah bukan keuntungannya. tapi darimana keuntungan tersebut berasal. silakan baca FAQ 1 dan FAQ 2.

      kedua, New7Wonders bukan lembaga internasional, tapi perusahaan asal Swiss. silakan baca FAQ 1.

      faktor pariwisata, silakan baca FAQ 5.

  13. Seperti inilah yang sering saya pikirki, tapi sayangnya keluarga saya termasuk kelompok 1 dan saya diharuskan ikut sms, maka saya sms aja walaupun tahu jelas masalahnya.

  14. belajar logisme gitu dari mana om?
    (FAQ 6,7&10)
    :D
    istilahnya keren2 ^^d
    dan teorinya tentunya…
    kalo dari buku, minta rekomendasinya donk Om :)

  15. sejak tau bahwa kontes ini adalah dari pihak swasta, dan tidak ada hubungannya dgn UNESCO , detik itu juga saya nggak respect sama kontes ini ….

    STOP VOTE KOMODO…!

    Komodo tidak utuh kepopuleran, komodo hanya butuh pelestarian untuk tetap bertahan hidup….

  16. Nice post Om Pri!!
    belajar logisme gitu dari mana om?
    (FAQ 6,7&10)
    :D
    istilahnya keren2 ^^d
    dan teorinya tentunya…
    kalo dari buku, minta rekomendasinya donk Om :)

    1. @jacquein:

      buku favorit saya soal logika berpikir/berdebat: Attacking Faulty Reasoning, karangan T. Edward Damer. tapi di wikipedia juga sangat lengkap kok :)

  17. Akhirnya artikel pamungkas tentang new 7 wonders telah dibuat. Mantap!

    #26
    Maksud #6, pak Pri disuruh nulis ini di kompas (atau mungkin maksudnya kompasiana). Begitu yang saya pahami dari kalimat #6.

  18. baru 5 menit lalu saya kirim sms .. trus baca artikel ini .. untung baru 10 sms, hehe .. izin share jg Pa :)

  19. Hmmm baguuus…tapi kayaknya gag banyak orang Indonesia yang tau yak.
    Coba ditulis di koran biar pada tau.

  20. Bener2 artikel yang mencerahkan .
    Saya sih sudah curiga pas dulu ada pemilihan lewat email, dan sekarang lewat sms .
    Tapi tadi saya beritahu keteman2 saya soal ini ,
    mereka malah gak percaya dan tetap ngirim sms sampai ribuan .
    Hahaha

  21. anda juga tidak punya bukti yang kongkrit, hanya analisa sepihak tanpa data2. anda sendiri, apa yang sudah anda lakukan untuk membantu Komodo menjadi lebih dikenal?kalau belum berbuat apa2 sebaiknya tutup mulut, dan jangan meyebar fitnah.

    1. @sonny: kesalahannya di sini adalah mengasumsikan New7Wonders itu membantu komodo untuk lebih terkenal. padahal, kita sendiri yang keluar duit untuk pemasaran.

  22. Saya adalah manusia Indonesia yang turut serta memberikan keikhlasan untuk mengirimkan sms KOMODO.. Tulisan ini sangat saya sayangkan.. Karna menurut saya, mau swasta ataupun UNESCO ato pun RT 5 kecamatan Rungkut yg mengadakan acara ini saya bodoh amat! Yang pasti saya sangat berterima kasih karna mencantumkan nama PULAU KOMODO.. Kalau boleh saya tanya, apakah saudara2 pernah tau 3-5thn lalu tentang Pulau Komodo?? Saya rasa tidak! Dengan adanya hal DUKUNG KOMODO dan tolong SMS.. Paling tidak hal tersebut mendorong orang (khususnya org Indonesia) untuk aware dgn pulau komodo.. Tulisan anda ini dengan teori tetek bengek yg anda sebutkan dapat membuat mindset org menjadi skeptis dengan pariwisata Indonesia.. Apalg nanti ketika (misal) KOMODO kalah.. Dan org akan berpikir “tuh kan bener Si Priy!” Hhhh.. Dukung lah brader sekali2 Indonesiamu.. Berapa banyak PAHLAWAN KITA YANG (dianggap) TOLOL yg hanya berpikir MERDEKAKAN INDONESIA bagaimanapun caranya!!! Dan akhirnya mereka tanpa pikir panjang berdiri di garis depan dan merelakan nyawanya utk INDONESIA.. Terkadang untuk membela harga diri, bahasa, darah INDONESIA kita tidak perlu memikirkan teori tetek bengek dll.. Yang kita butuhkan adalah ke sensitif-an untuk merasakan!
    Saya juga tidak yakin, anda ini berasal dari mana, di sponsori oleh siapa, motifnya apa, dll.. Bisa jadi anda di sponsori perusahaan yg sedikit lbh besar dr new7wonders (apalah itu!) Utk memind set me-brainwash otak2 manusia yg dgn membaca teori bahasa asing lalu berkata.. “Ooo.. Betul juga yaa, mantap juga nih si Priy! Org intelek rupanya” hahahahaha.. Pak JK 5 mnt untuk menentukan.. Hahahahaha.. Info dr mana ituuuu.. Buat saudara2ku.. PERCAYA TUHANMU, PERCAYA ORANG TUAMU, PERCAYA NURANIMU, CARI INFO DENGAN OTAK DAN FISIKMU SENDIRI! Kalo gampang percaya, apa bedanya km dengan anak SD yg diculik dengan diiming2i permen dan kalimat “mama suruh Om jemput” hahahahaha

  23. seandainya Ka’abah Mekah masuk dalam daftar New7Wonders pasti dukungan anda berbalik 180 derajat, ini semata2 karena ada patung Yesus yang membuat ‘gatel’ dan nyebar fitnah.

    1. @alex:

      jangan semua urusan digeser ke masalah SARA. kalau mau, saya juga bisa pake contoh taj mahal (taj mahal itu monumen islam).

      atau bisa juga ganti prambanan/libertystatue/eiffel tower dengan st. peter cathedral atau lincoln cathedral misalnya.

  24. Ulasan menarik. Om. trus kalo tujuannya mau memindahkan atau mengalihkan pandangan masyarakat dr kuadran 2 ke kuadran 1, kenapa ngga disampaikan ke media aja Pa. Supaya semua orang dibukakan mata’nya, pastinya itu lebih efektif…mumpung sekarang sdg anget2nya…thx 4 the info

  25. Ulasan menarik. Om. trus kalo tujuannya mau memindahkan atau mengalihkan pandangan masyarakat dr kuadran 2 ke kuadran 1, kenapa ngga disampaikan ke media aja Om? Supaya semua orang dibukakan mata’nya, pastinya itu lebih efektif…mumpung sekarang sdg anget2nya…thx 4 the info

  26. Sedikit tambahan, N7Wonders bukan sekedar minta bayaran 200 USD, tapi 10 juta USD licensee fee dan 35 juta USD utk acara deklarasi N7 Wonders. Selengkapnya ada di sini :

    http://www.budpar.go.id/page.php?ic=512&id=6828

    quote============================================

    Yayasan N7W pada awal Desember 2010 menyatakan menyetujui Indonesia (Jakarta) sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan (Official Host) Deklarasi 7 Keajaiban Dunia Alam (New7Wonders of Nature) dan mensyaratkan Pemerintah Indonesia untuk membayar license feese bagai tuan rumah penyelenggaraan deklarasi sebesar 10 Juta USD serta menyiapkan 35 juta USD dari berbagai pihak swasta untuk biaya penyelenggaraan acara deklarasi, padahal Kembudpar baru hanya menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah namun sama sekali belum menandatangani persetujuan apapun maupun mendaftarkan proposal bidding resmi seperti yang diharuskan oleh yayasan N7W pada dokumen New7Wonders Official Host Worldwide Bidding Tender.

    Permintaan itu kemudian ditolak oleh Kembudpar,karena dinilai tidak realistis, namun sebagai reaksi penolakan itu, yayasan N7W pada akhir Desember 2010 mengancam akan mengeliminasi TNK sebagai finalis N7W padahal kedua hal tersebut sangat tidak berhubungan dikarenakan keberadaan TNK sebagai finalis kampanye N7WN dan penawaran dari yayasan N7W untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan merupakan 2 (dua) hal yang berbeda dan seharusnya tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

    Tanggal 7 Februari 2011 pihak N7WF melalui press release memutuskan untuk tetap mempertahankan TNK sebagai finalis namun melakukan tindakan menghapuskan peran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebagai Official Supporting Commitee. Keputusan untuk menidadakan peran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dianggap sepihak dan tidak adil karena tidak didasari dengan alasan yang jelas, selain itu pihak N7W tidak mencabut maupun membatalkan perjanjian Standard Participating Agreement yang merupakan satu-satunya dokumen resmi (legal-binding document) yang telah ditandatangani bersama pada awal kampanye yang menyatakan Kementerian Kebudayaan dan PariwisataadalahOfficial Supporting Committeedari TNK pada kampanye N7WN.

    Sementara itu berdasarkan fact finding terhadap kegiatan dan keberadaan yayasan N7W, akhirnya ditemukenali fakta-fakta sebagaiberikut:

    – Yayasan N7W sangat berorientasi komersil, walaupun mereka menyatakan diri sebagai yayasan non-profit.

    – Pelaksanaan kampanye N7WN sangat tidak konsisten dan transparan, khususnya dalam segiketerbukaan informasi jumlah vote (suara) yang didapatkan oleh masing-masingfinalis;

    – Sebagai sebuah organisasi internasional adalah sangat ganjil ketika ditemukan fakta bahwa yayasan N7W tidak memiliki domisili/kantor yang jelas dan dikelola oleh hanya segelintir orang (kemungkinan hanya merupakan virtual office),namun hendak berurusan dengan transaksi jutaan dollar.

    Berdasarkan semua fakta tersebut, Kembudpar yang telah berperan sebagaiLead Agency untuk TNK pada kampanye N7WN,berketetapan tidak melanjutkan kampanye bersama dengan Yayasan N7W.

    end quote============================================

    1. @granv: yang sudah disetorkan pemerintah itu cuma 200 dolar. yang 10 juta USD itu gak dibayarkan karena pemerintah keberatan dengan angka tersebut.

  27. Saya sangat setuju dengan bang Pri…

    kalo menurut saya, daripada ngeluarin pulsa buat ngevote komodo mending hasilnya dikumpulin buat menambah dana pelestarian taman nasional komodo tersebut.

    di beberapa post fb banyak yang mengklaim kalo butuh 100juta sms buat memastikan posisi komodo di new7wonders.
    bayangkan apabila 100juta sms yang bertarif Rp 1 itu disumbangkan buat konservasi pulau komodo.

    jadi daripada ngebuktiin kepedulian dengan ngevote ke new7wonders yang gak jelas bakal ngasih keuntungan apa, mending duit buat smsnya disumbangin langsung ke pengelola taman nasional komodo

  28. setuju mas sama artikelnya, ternyata bukan cuma saya aja yang berpikiran seperti itu. tapi mungkin kalau saya lebih kepada efek setelah menang (misalnya).

    kalau menang, pariwisata di pulau komodo meningkat, terus turis asing atau lokal pada dateng rame-rame, bagi orang yang berduit, kesempatan bagus buat bikin penginapan dsb, yang notabene merusak alam, hanya untuk keuntungan diri sendiri, lalu bisa saja komodonya stress terus mati sedikit demi sedikit, lah nanti yang mau di banggain ga ada lagi.

    karena menurut saya biasanya habitat alam yg seperti itu, kalau sudah ada intervensi yang berlebihan dari manusia, udah pasti rusak. jadi biarkan alam menemukan jalannya sendiri, kalaupun berkunjung ke sana tidak beramai-ramai dan diprioritaskan bagi penelitian.

    toh tidak masuk new7wonders aja, hampir seluruh Dunia tau Komodo binatang Endemik dari Indonesia.

  29. Menyikapi dengan cepat dan berani itu baik, akan lebih baik jika kita menyikapi dengan bijak. Tulisan ini menurut saya adalah bentuk penyikapan yang bijaksana.

  30. Awalnya juga curiga sih, kok untuk msk new7wonders mesti vote sih, khan pantesnya ada lembaga yg nganalis pantes tidaknya masuk new7wonders… ternyata seperti ini Ɣά,, Terima kasi infonya pak… :D

  31. sejak awal gencar dipublikasikan saya tidak greget untuk berpartisipasi. saya sama sekali tidak yakin pulau Komodo dan komodo di sana akan lebih baik.

    lebih tidak yakin lagi, kita akan sukses mengelola turis yang datang (jika mmg lebih banyak).

    mungkin malah… komodonya yang akan semakin terpinggirkan.

    ulasannya sangat lugas.

  32. aaah ternyata ada yg sepemikiran! saya dr awal blm pernah sms komodo, yaa tp alasannya ga sekompleks ini, kalo saya cuma karena waktu itu di metro tv kementrian pariwisata menyatakan mundur dgn berbagai alasan. dr cara ngomong bener2 meyakinkan (ibu2 lupa siapa) dan walaupun pemerintah dinilai buruk tapi kementrian pariwisata saya anggap ga buruk dengan suksesnya menaikkan angka turis asing walaupun konflik internal gencar terjadi.
    lagipula 1 yg disayangkan dari sejumlah uang yg sudah keluar untuk vote sudah mencapai milyaran saya rasa, perhari jutaan sms katanya masuk. nah uang milyaran daripada hanya untuk ‘membeli topeng’ (gelar) bukankah lebih baik untuk ‘memperbaiki hati’. semisal dibikin pelabuhan yang lebih bagus di p. komodo, penginapan, fasilitas bagus, dll… jauh lebih manfaat. misalkan pun ternyata new7wonders sudah lebih baik seenggaknya jgn kyk ajang pencarian bakat di tv yg menang vote bukan kualitas. bukannya bangga malah jd malu!

  33. Great post, Om Pri! Mudah2an membuka mata dan pikiran lebih banyak orang agar nggak asal ikut campaign bertebaran. Komodo butuh konservasi, bukan sekadar banyak turis yang datang dan membawa kemungkinan rusaknya alam di sana (–“)

  34. Itu lah kadang kita terlalu menggunakan emosi dalam pengambilan keputusan termasuk saya :D tp dr informasi blog Pak Priyadi banyak info yg saya dapatkan dan memang ini kondisi” kemungkinan yang kita alami..,database pelanggan asset berharga

  35. @50

    Kalau boleh saya tanya, apakah saudara2 pernah tau 3-5thn lalu tentang Pulau Komodo?? Saya rasa tidak!

    yang ngaku Rakyat Indonesia mestinya minimal pernah baca tentang komodo di buku IPA/IPS sewaktu SD. Atau Anda sewaktu SD tidak pernah dikenalkan komodo, sehingga menggeneralisir seluruh rakyat Indonesia sama ignorant-nya dengan Anda? :)

    PERCAYA TUHANMU, PERCAYA ORANG TUAMU, PERCAYA NURANIMU, CARI INFO DENGAN OTAK DAN FISIKMU SENDIRI! Kalo gampang percaya, apa bedanya km dengan anak SD yg diculik dengan diiming2i permen dan kalimat “mama suruh Om jemput” hahahahah

    Ini Anda ngomong sama cermin, nih? :)

  36. bagus dalam menjelaskan analisisnya,. .
    saya tidak mempermasalahkan pendapat masing2 tntang n7w. yang saya kagumi adalah bagaimana anda menjelaskan analisisnya.
    sungguh berkesan, ingin saya bisa mengutarakan pendapat seperti ini.

  37. Ada satu sisi positif sebenernya, semenjak ada isu ini, pemerintah atau entah siapa jadi lebih giat memasarkan Komodo. Sebelumnya yaa paling mouth-to-mouth saja dari sesama wisatawan.

    Kepada peng-komentar no #50 atas nama harry van sidabukke

    PERCAYA TUHANMU, PERCAYA ORANG TUAMU, PERCAYA NURANIMU, CARI INFO DENGAN OTAK DAN FISIKMU SENDIRI! Kalo gampang percaya, apa bedanya km dengan anak SD yg diculik dengan diiming2i permen

    Tidakkah ironis Anda menyuruh orang untuk tidak gampang percaya, sementara Anda dengan mudahnya percaya kepada “Om” new7wonders?

  38. saya sangat setuju pak priyadi…
    nggak logis kyk nya kalo rakyatnya nge vote…
    seharusnya ada panitia yang men survei dan menganalisis calon keajaiban dunia..

    untuk yang berhubungan dengan SARA sebaiknya coment nya di hapus saja pak…
    bisa bisa yang coment gk bahas komodo malah bahas SARA lagi…
    rakyat Indonesia berbahaya kalau tentang SARA kyk begini pak…

  39. dari jaman masih 2000 sampe 1 rupiah saya ndak tertarik ngevote apalagi setelah terungkap “blackmail” nya panitia ke pemerintah indonesia makin gedeg aja rasanya, yg bikin heran kok sekarang heboh lg ya?..duta nya org2 pinter pula…murni karna mereka gak ngerti atau memang ada hidden agenda? wes mbuhlah :D

  40. jujur ae, aku uda curiga dari awal, kenapa pula harus ada sistem vote untuk new7wonders, dan yang lebih aneh lagi kenapa pula new7wonder berdasar hewan!! banyak hal aneh di vote kali ini, ini new7wonder atau animalwonder kok kagak jelas!! kenapa ga skalian manusia dijadiin wonder soalnya berawal dari sperma bisa jadi manusia,, herankan?!!

  41. Anda tampil dong di TV jelasin ke seluruh rakyat indonesia, kalau memang apa yang ada jelaskan benar adanya,,,itu baru muantepp..takut diciduk ya…

  42. Waaaahhhh…. berarti selama ini saya orang2 yang berada di kuadran 2 dong. bener2 deh. klo gitu posting n7w saya tak hapus aja deh….

    :-(

  43. menarik sekali pak..
    mayoritas rakyat Indonesia (seperti saya) mungkin termasuk orang2 yang sangat nasionalis TAPI tidak mengerti.
    dan tulisan anda tersebut mengajak kita untuk sama2 jadi nasionalis DAN mengerti

    awesome :)

  44. mangstab broo.. dari awal ane juga memiliki sikap yg sama.. dan makin enak ngejelasin-nya dengan dasar blog sampeyan ini.. bukan nilai seribu atau satu rupiah.. bukan masalah berapa.. 1 atau sejuta tetap aja namanya nipu..

  45. Pencerahan nih pak, saya salut dengan tulisan ini, sayangnya vote sudah berlangsung cukup lama, tapi tulisan ini baru keluar. Harapan saya sih yang tetep mau vote ya monggo, tapi sambil meneruskan link ini di berbagai social media agar masyarakat paham. Trims :)

  46. om pri, numpang nanya:

    operator telko kita kan jadi rajin kampanye komodo, mereka tidak tahu kalau new7wonders itu scam, saya kira mereka tahu. tapi mereka tetep ngotot campaign itu apa untung mereka ya.

    apa trik iklan saja atau ada agenda mereka yg lebih gede

    thanks maturnuwun

  47. Saya ini bodoh. Asal ketemu yg namanya disuruh kirim sms sama yang kita ga kenal, artinya ada usaha seseorang ngumpulin uang ‘haram’ dengan mengelabui pikiran ‘pintar’ kita. Jadi jangan pernah bawa kepintaran anda untuk mengirimnya bahkan dengan alasan akan masuk surga.:)

  48. Sayangnya banyak warga negara Indonesia lebih bangga jalan-jalan ke negara tetangga ketimbang jalan-jalan ke pelosok seperti komodo atau raja ampat. Sudah gitu Komodo tidak begitu menarik kecuali kita doyan Diving / Snorkeling, karena paparan letusan tambora di seluruh nusa tenggara membuat daratannya gersang dan tandus.
    Sudah saatnya bagi pemerintah Indonesia menggiatkan wisata dalam negeri, buat kemudahan akses ke tempat pariwisata lokal. masa kita punya uang 3 juta lebih mudah ke Singapore ketimbang ke Pantai Kuta Lombok.

  49. nice post! saya langsung skeptis ama event ini bgitu baca press release dr kemenbudpar : “http://www.budpar.go.id/page.php?ic=512&id=6828” keberatan dg jumlah uang yg dibayarkan malah dapat ancaman dihapus dr finalis? peraturan macam apa itu?

    tp yg saya masih bingung, di web budpar tsb disebutkan kalo TN Komodo telah resmi menarik diri dr ajang pemilihan, tp knp ampe sekarang iklan vote-nya msh bertebaran?? klo Komodo dah ga ada di daftar finalis, lantas sms vote yg dikirim itu untuk memilih siapa?? (@_@)?

    btw, rencananya ada event saingan nih pak, ktnya sih karya anak negeri.. “https://www.facebook.com/event.php?eid=155455084544687” bagaimana analisa bapak? didukung ga nih? :D

  50. komodo adl hewan sensitif oke q stju.mreka adl hewan liar tdk bole dgangu.
    new7wonder adl swasta n jk keikut sertaan indo sbg pserta dgn hrus byar $200 brarti indon g mkir.pa g lbh bermnfaat bwt pndi2kn.
    indonesia bs dkenal tnp ikut2an acra bgni. jd ngra ke5 terkorup j dh bkin terkenl.hahaha

  51. mantap banget tulisannya om pri..
    aku setuju banget sama komentar2nya..
    teruskan perjuangan ini om,, semoga pembodohan di negeri ini dapat di musnahkan. semoga warga indonesia yang dibutakan sama acara N7W ini, bisa cepat sadar dan kembali menggunakan akal sehat untuk menyikapi kejadian ini.
    SALAM

  52. Kenapa tidak melihat dari sisi positifnya saja. Apapun itu ceritanya, dari acara ini khan banyak sisi positifnya. Kebijakan para pengusaha maupun operator seluler untuk mengiklankan produk ini, toh itu juga banyak nilai positifnya. Kita jadi tahu, Pulau komodo itu ada. Bangga-pula komodo jadi dikenal. Pemberitaan tentang komodo sekarang jadi ada dimana2. Itu semua khan hal positif. Jangan ibarat orang baru mau bangkit udah dijatuhin lagi. Orang semua pasti punya pertimbangan masing2 untuk memutuskan sesuatu. Dan kalau dipikir lagi, semuanya ini udah berjalan. Kalau sebelum ada New7wonder ini Anda mau menentang, dan mengajak yang lain untuk tidak mendukung, mugkin ada gunanya. Tapi kalau sekarang?? Coba saja bayangkan uang yang sudah dikeluarkan untuk promosi ini. Dan toh, apapun ceritanya, kenyataannya uang yang ditarik khan tetap 1 SMS hanya dibebankan Rp.1. Kalau Indonesia sampai kalah, bukannya itu namanya “Sudah jatuh tertimpa tangga”? Klau memang semua FAQ yang telah Anda buat menunjukkan bahwa Indonesia sudah “jatuh”, anda membuat blog seperti ini, Anda justru adalah bagian yang jelas ikut andil membuat yang sudah “jatuh” sekarang ini, lengkap dengan tertimpa tangga-nya!

  53. Ups, ane telat baca nie… Dah ngirim jg cemesesny… Pi, yes oke sieh.. Thanx infonya, lumayaaan buat analisis lebih lanjut :))

  54. lebih baik kita menyikapi hal ini dgn bijak dan analisis yg mendalam. jangan hanya krn embel2 nasionalisme, biaya murah, gencarnya iklan, dan ajakan temen2, terus kita jd ikut2an sms vote komodo. pikir matang2.
    lagian, ada hikmah di balik pro kontra sms komodo ini. secara tdk langsung kita jd lebih concern ttg komodo. dan itu bisa menjadi senjata promosi yg besar bagi komodo dan pariwisata indonesia. ga harus lewat pengakuan sebuah lembaga kecil luar negeri yg seolah-olah berhak memberi sebuah pengakuan.

  55. baru kemarin dapet broadcast bbm isinya mendukung komodo, dengan embel-embel USE YOUR BRAIN pulak.

    tentunya saya balas dengan kata-kata USE YOUR BRAIN juga + dengan data dan fakta. nanti ditambahin suruh klik link ini ah

  56. mendukung itu memang Hak. Kalo memang ada yang keberatan, silahkan untuk tidak mendukung. Tapi kalau jadi tidak mendukung karena terpengaruh oleh sesuatu yang lain, Bukankah itu sama saja dengan menghasut?

  57. mas pri, request dong, mungkin perlu dibuat kronologisnya kenapa p komodo bisa masuk ke event ini, termasuk ketika pemerintah menolak setor uang waktu diminta jadi tuan rumah..

  58. Mantabz bung pri….sdh jelas terlihat niat panitia new7wonders tidak baik, pakai acara mengancam segala…lebih baik buat acara sumbangan langsung ke pulau komodo daripada mubazir dan uangnya jg ngak nyampe ke komodonya….

  59. Setuju om pri, lebih baik pemerintah mengalokasikan dana untuk konservasi langsung, saya liat di nat geo, ukuran tubuh komodo terus menyusut, sehingga butuh penanganan serius.. Resiko lebih besar apabila semakin banyak pendatang, tp penanganannya minim, yg nantinya justru merusak ekosistem komodo. Saya setuju usul diatas, mengenai koin buat komodo. Mengenai nasionalisme melawan malaysia, saya kira gak perlu takut ama kadal air malaysia, semua juga tau,” mana ada komodo dikadalin”

  60. Diluar urusan politis dan bisnis, yg jelas kasihan komodo-nya…. Apakah ada yang meng-komodokan komodonya?…… Janganlah si komodo hanya dijadikan objek dan diexploitasi……

  61. Sebagai Awam, ini info yg sangat berharga, sbg pelanggan jasa celluler awam ini menjadi referensi, sekalipun Rp.1 tapi berakibat buruk bagi KOMODO di masa yg akan datang, sy gak rela.

  62. Hmmm….. saya rasa ga ada orang indonesia yang ga tau dengan Komodo. asal dia suka baca…
    Ga perlu lah vote seperti itu, ga jelas juntrungannya..

  63. Nice point of view. Memang bener ini hanya sebuah acara kayak Indonesian Idol, kalo dipikir2. Tapi tetep, gua rasa acara ini akan membawa dampak positif bagi Komodo.

    Buat yg ngerasa kalo 1 rupiah itu kemahalan, silakan vote langsung di website aslinya. Link : http://www.new7wonders.com/archives/wonder/komodo

    BACA DULU link di bawah ini, sebelum kalian memutuskan untuk mendukung atau tidak mendukung…

    http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/10/komodo-butuh-kita.html

  64. nice info pak
    dukung komodo tidak harus kirim sms kan? kalo dipikir2 lantas kemana uang Rp 1/sms itu sapa yg nerima? sy sudah curiga sejak awal.
    semoga suatu saat bisa berkunjung ke pulau komodo.

  65. menggelikan melihat komentar SARA, menuduh fitnah, dan yang senada. buat kalian yang kesulitan memahami sains, mungkin agama memang lebih mudah buat kalian.

  66. Ada data pengeluaran pihak new7wonder ga mas? Lobi level kabupaten saja makan banyak biaya, apalagi negara, puluhan negara. Hanya melihat potensi pendapatan mereka saat ini, sementara saat mereka susah payah memulai startup kita tutup mata, saya kira jg bukan tindakan yg adil.

    Kedua, new7wonder menawarkan solusi yg bisa membuat siapa saja peduli dgn aset pariwisata negara mereka melalui vote. Jika pihak yg lebih berkompeten (unesco misalnya) menawarkan solusi yg sama, tentunya new7wonder tdk perlu ada.

    Ketiga, pertumbuhan kunjungan wisata, semua paham bahwa itu dipengaruhi banyak hal. Namun kalau longtail awarenessnya, saya yakin ada peningkatan signifikan. Gampangnya, jika kita search melalui google, page terindex mengenai komodo makin banyak. Visibilitynya makin terlihat, awareness makin terbentuk. Ini bukan hanya untuk tahun ini, tp jangka panjang.

    Saya pikir, kita tidak perlu malu atau tertipu. Meski new7wonder perusahaan kelas teri,komersil, dan mungkin kurang bonafid, selama kita bertindak krn kita tahu cara memanfaatkannya utk mencapai tujuan kita, mengapa tidak?

  67. Ada data pengeluaran pihak new7wonder ga mas? Lobi level kabupaten saja makan banyak biaya, apalagi negara, puluhan negara. Hanya melihat potensi pendapatan mereka saat ini, sementara saat mereka susah payah memulai startup kita tutup mata, saya kira jg bukan tindakan yg adil.

    Kedua, new7wonder menawarkan solusi yg bisa membuat siapa saja peduli dgn aset pariwisata negara mereka melalui vote. Jika pihak yg lebih berkompeten (unesco misalnya) menawarkan solusi yg sama, tentunya new7wonder tdk perlu ada.

    Ketiga, pertumbuhan kunjungan wisata, semua paham bahwa itu dipengaruhi banyak hal. Namun kalau longtail awarenessnya, saya yakin ada peningkatan. Gampangnya, jika kita search melalui google, page terindex mengenai komodo makin banyak. Visibilitynya makin terlihat, awareness makin terbentuk. Ini bukan hanya untuk tahun ini, tp jangka panjang.

    Saya pikir, kita tidak perlu malu atau tertipu. Meski new7wonder perusahaan kelas teri,komersil, dan mungkin kurang bonafid, selama kita bertindak krn kita tahu cara memanfaatkannya utk mencapai tujuan kita, mengapa tidak?

  68. pulau komodo itu daerah konservasi alam, berarti daerah dengan aktivitas terbatas. mau dibikin kaya bali? komodo itu bisa bertahan seleksi alam yg sangat ketat selama jutaan tahun justru karna ga diganggu manusia, komodo itu hewan sensitif, bayangkan kalo turis2 pada datang kesana. kalo 1000 orang sih masih emnding, kalo 100.000 orang? komodo itu juga hewan buas, liurnya saja bisa bikin ganggrene (pembusukan jaringan), bisa berenang pula, selain itu ga maungkin juga dong kita kurung2 si komodo. menjadikan pulau komodo sbg pusat pariwisata justru membahayakan kelestarian komodo itu sendiri

  69. @harry van sidabuke : kasihan sekali anda bung harri, kalau baru tau ada yg bernama pulau komodo dan binatang komodo… MAAF, hanya orang2 yg malas lah yang tidak tahu komodo itu dimana letakknya, diperpustakaan pun ada, disekolah2 pun diajarin, jadi bung harry anda manusia dari planet mana?…
    Komodo itu sudah banyak dipelajari anak2 diluar negeri, disekolah2, karena merupakan salah satu world heritage oleh unesco dan itu sudah lama sekali, national geographic pun sering membahasnya, ngc, ngwild, animal planet, discovery channel pun sering memutarnya, komodo buat apa embel2 N7W?…

  70. Buat rekan2 …
    Terlepas dr urusan new7wonder..biar kt ga saling berdebat dan saling menjatuhkan..
    Mari kita fikir sejanak..apakah pemerintah setempat pernah memikirkan kelangsungan pulau komodo tersebut..kalo hanya utk meningkatkan pariwisata..selama ini apakah pintu masuk kita sudah bener..yg membuat pariwisata kt bs maju itu bukan karena vote komodo.tp benahilah acces pintu masuk ygembuat wisatawan percaya dan yakin bahwa bangsa dan negara tercinta ini layak utk di kunjungi..ciptakan kenyamanan daerah kita..saling berempati dan mereasa memiliki kekayaan negara ini.menjaga nya. Urusan wisatawan meningkat..itu urusan negara gimana caranya membuat iklan itu menarik dan nyata adanya..a

  71. 1 aja yg saya sampaikan..apakah anda semua merasa sangat dirugikan hanya untuk mnegirirm sms seharga 1 RUPIAH??klo pun ada yg dirugikan, menurut saya cuma sponsor nya doang tuh..kita” yg ngirim sms??gk sama sekali..
    mengenai data nomer telepon??bah..mereka cuma tau nomernya doang lah..klo data pribadi y adanya di operator.. –a
    dan ingat, sebelum ada new 7 wonders ini, berapa orang indonesia yg peduli ama KOMODO??dibicarakan pun sangat jarang..tapi sejak adanya new 7 wonders ini, paling gk orang” indonesia jadi ngomongin, pulau komodo sering diliput di media, dll..
    soal nasionalisme dan intelegensia, idealisme anda terlalu berlebihan sampe vote untuk mendukung yg kita punya aja dianggap jadi penghinaan intelegensia..
    well, even pak JK yg dah memberi banyak untuk negeri ini pun sangat mendukung, tapi anda menganggap intelegensia nya rendah..
    apa yg udah anda berikan untuk negeri ini bung??

  72. Article yg mencerahkan, semoga pemerintah dan rakyat indonesia tidak tertipu oleh acara2 yg ga jelas seperti ini

  73. Betul banget tuh mas..
    Jgn sampe rasa nasionalis kita dieksploitasi oleh pihak lain..

    Saya dpt banyak sms banyak dr temen2 utk vote komodo tp saya ga ikutin..
    Bukan krn saya ga nasionalis tp saya emang ga mau jd korban penipuan sms premi yg bernomor 4 digit..

    Analisa nya mengagumkan..
    Untuk yg tidak setuju ttg artikel ini mah biarin aja mas..
    Itu hak mereka utk mau atau tidaknya dibodohi..
    Nasionalis wajib tp berpikir yg logis dan analistis dulu sebelum melakukan tindakan..

    Izin repost ya mas..

  74. Banyak yang belum baca, dan sudah panas duluan sambil teriak “tidak nasionalis”. Ternyata, banyak yang SUDAH BACA dan masih teriak tidak nasionalis. :D

    Setuju, Pak Pri. Kita perlu kritis menyikapi ini. Kalau sikap kritis dianggap tidak nasionalis, menyedihkan sekali.

  75. om pri setahu saya dulu borobudur masuk di dlm 7 keajaiban dunia, apa itu yg menyatakan unesco?penilaian spt apa yg di lakukan unesco sehingga borobudur bsa termasuk dlm 7 keajaiban dunia?apa saat ini 7 keajaiban dunia yg dulu itu msh berlaku?trus apa tanggapan dan tindakan unesco trhdpn new7wonders?apa ada pernyataan dari unesco klo new7wonders itu penipuan?

  76. namanya juga bisnis bro..asal nggak nyenggol gw..nggak nyedot pulsa gw terus-terusan..

    yang resah karena hilang 1 rupiah..silahkan (kelewatan banget)
    yang nyantai karena cuma kasih sms 1 rupiah..silahkan

  77. Penyikapannya bagus bang priy.
    Saya memang salah satu pendukung vote komodo ke 9818, tapi alasannya mungkin gak ada salah satu pun yang ada di FAQ mas Priy.
    Memang hampir seluruh dunia tahu kalau Komodo dan Pulau Komodo itu hanya ada di Indonesia, binatang dan pulau yang bisa dikatakan “special”. Saya vote dan ikut menyebarkan berita tentang vote komodo bukan untuk pariwisata atau bikin diri bangga dll, tapi lebih condong ke arah agar memperkenalkan agar anak muda Indonesia dan seluruh orang di Dunia dan Indonesia lebih tahu bahwa keunikan di Indonesia bukan hanya ada di bagian Jawa, Sumatera, atau Bali yang notabene tempat yang banyak dikunjungi, di bagian NTT kita juga masih ada beberapa tempat yang unik. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada beberapa anak muda yang tertarik untuk melakukan konservasi alam, walaupun kemungkinannya kecil, saya berharap ada sedikit tindakan dari anak muda Indonesia. Saya mungkin masuk dalam salah satu anak muda Indonesia, tapi saya tidak bisa berbuat banyak karena saya kurang mengerti yang begitu, jadi hanya membantu untuk menyebarluaskan sms vote tadi dengan harapan begitu.
    Jujur karena sms begitu, saya tertarik untuk mencari beberapa informasi tentang dan mendapatkan beberapa infromasi yang bisa menambah wawasan kita tentang Pulau Komodo yang dulu saya hanya tahu kalau itu tempat tinggal Komodo dan satu-satunya tempat.
    Oh yah Mas, tolong tambahin kuadrannya 1 lagi, karena saya memang nasionalis, tapi bukan saya tidak mengerti tentang. Buat untuk kuadran orang-orang netral gitu.
    After all, great post Mas.
    Makasih. ^__^

  78. Tulisan yang mencerahkan pak….

    *untung gak ngirim sms bukan karena pelit karena sedikit ga masuk akal…masak pulau komodo bisa menang kalo kita banyak2an sms…nah yang diluar negeri gimana…

    IMHO

  79. GAN. nice Share. ijin copas yaa. ane malu liat banyak ababil pasang status di fb ato twit nyuruh vote, tapi mereka ngga tau apa’. :)

  80. pertama-tama, yang mau copas/share/repost silakan aja, asal sumber tercantum.

    #87:

    operator telko kita kan jadi rajin kampanye komodo, mereka tidak tahu kalau new7wonders itu scam, saya kira mereka tahu. tapi mereka tetep ngotot campaign itu apa untung mereka ya.

    katanya sih mereka tekor. katanya lho. saya sendiri gak tahu kerjasamanya seperti apa.

    #93:

    tp yg saya masih bingung, di web budpar tsb disebutkan kalo TN Komodo telah resmi menarik diri dr ajang pemilihan, tp knp ampe sekarang iklan vote-nya msh bertebaran?? klo Komodo dah ga ada di daftar finalis, lantas sms vote yg dikirim itu untuk memilih siapa??

    budpar sudah mengundurkan diri. tapi ‘diambil alih’ oleh LSM bernama P2Komodo bersama JK.

    btw, rencananya ada event saingan nih pak, ktnya sih karya anak negeri.. “https://www.facebook.com/event.php?eid=155455084544687″ bagaimana analisa bapak? didukung ga nih? :D

    hehehehe :D

    #97:

    Klau memang semua FAQ yang telah Anda buat menunjukkan bahwa Indonesia sudah “jatuh”, anda membuat blog seperti ini, Anda justru adalah bagian yang jelas ikut andil membuat yang sudah “jatuh” sekarang ini, lengkap dengan tertimpa tangga-nya!

    kalau seandainya nanti komodo ‘menang’, jangan dianggap sebagai ‘prestasi’. dan seandainya ‘kalah’, jangan pula dianggap sebagai ‘kegagalan’.

    #120:

    Ada data pengeluaran pihak new7wonder ga mas? Lobi level kabupaten saja makan banyak biaya, apalagi negara, puluhan negara. Hanya melihat potensi pendapatan mereka saat ini, sementara saat mereka susah payah memulai startup kita tutup mata, saya kira jg bukan tindakan yg adil.

    jadi begini. jika A menyebabkan B, dan B adalah suatu yang positif, maka belum tentu A suatu yang positif. ganti A dengan “korupsi”, dan ganti B dengan “mensejahterakan fakir miskin”. maka kita akan setuju kalau “korupsi” tidak menjadi positif hanya karena perbuatan tersebut dilakukan untuk “menyejahterakan fakir miskin”.

    sekarang ganti A dengan “kontes New7Wonders” dan B dengan “membuat peduli aset pariwisata, menyejahterakan penduduk lokal dll dsb”. nah sekarang kita belum sepakat A itu positif atau negatif. tapi hanya karena B suatu yang positif, maka tidak dapat disimpulkan bahwa A positif.

    Kedua, new7wonder menawarkan solusi yg bisa membuat siapa saja peduli dgn aset pariwisata negara mereka melalui vote. Jika pihak yg lebih berkompeten (unesco misalnya) menawarkan solusi yg sama, tentunya new7wonder tdk perlu ada.

    kalau masalah peduli atau tidak, kita sudah tahu jawabannya. tanya ke siapa saja apa dia peduli dengan komodo, jawabannya pasti peduli :).

    Ketiga, pertumbuhan kunjungan wisata, semua paham bahwa itu dipengaruhi banyak hal. Namun kalau longtail awarenessnya, saya yakin ada peningkatan signifikan. Gampangnya, jika kita search melalui google, page terindex mengenai komodo makin banyak. Visibilitynya makin terlihat, awareness makin terbentuk. Ini bukan hanya untuk tahun ini, tp jangka panjang.

    memang gak mungkin kalo gak ada efeknya. tapi tentunya ada cara lain yang lebih elegan untuk membentuk awareness.

    #129:

    1 aja yg saya sampaikan..apakah anda semua merasa sangat dirugikan hanya untuk mnegirirm sms seharga 1 RUPIAH??

    silakan baca FAQ nomor 3.

    dan ingat, sebelum ada new 7 wonders ini, berapa orang indonesia yg peduli ama KOMODO??dibicarakan pun sangat jarang..tapi sejak adanya new 7 wonders ini, paling gk orang” indonesia jadi ngomongin, pulau komodo sering diliput di media, dll..

    dengan logika yang sama, maka gayus korupsi itu suatu yang positif. akibatnya banyak yang ngomongin, meliput, memperbaiki sistem, dll dsb.

    well, even pak JK yg dah memberi banyak untuk negeri ini pun sangat mendukung, tapi anda menganggap intelegensia nya rendah..
    apa yg udah anda berikan untuk negeri ini bung??

    saya gak bilang pak JK intelegensianya rendah. itu perkataan anda sendiri.

    #135:

    Maaf, saya bukannya tidak setuju dengan anda, tapi kompetensi anda untuk berargumen demikian apa?

    saya gak punya ‘credential’ apapun. tapi hendaknya kita dapat membicarakan apapun dan menilai sesuatu secara objektif dari fakta dan data yang ada, bukan dari siapa yang mengatakannya.

    #144:

    om pri setahu saya dulu borobudur masuk di dlm 7 keajaiban dunia, apa itu yg menyatakan unesco?

    borobudur tidak pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. itu cuma propaganda orde baru. lengkapnya pernah saya tulis di tulisan Tujuh Keajaiban Dunia dan Candi Borobudur.

    bukan UNESCO yang bilang, tapi itu bagian dari sejarah karena tertulis di brosur2 turis 1-2 abad sebelum masehi.

  81. saya gak menganalisis bisnis dsbnya
    saya rasa saya sangat nasionalis u semua yg Indonesia
    hanya saja saya rasa aneh,kog caranya pake sms, bukannya dianalisis dari berbagai faktor
    jadi walau suka banget sama produk alami/buatan khas Indonesia, untuk yg komodo dan candi saya gak ikut sms.
    syukurlah batik gak pake yg beginian
    btw
    tq untuk pak Pri yg berupaya mencerdaskan

    Rugaya di Kuala Lumpur

  82. FAQ 15 : Lalu bagaimana cara menentukan 7 wonders of Nature/Ancient menurut Om Pri? Logika saya kalau misalnya ada 28 pilihan (bahkan lebih), lalu mesti dipilih 7 terbaik, susah rasanya kalau harus pakai musyawarah atau pake check list variable syarat2 sesuatu alam/peninggalan sejarah untuk menjadi 7 keajaiban dunia. Pertama siapa yg berhak mewakili dari 28 kandidat untuk bermusyawarah, kedua daftar syarat2 itu yang buat siapa dan atas dasar apa syarat2 itu dibuat kalau hal2 yang diperbandingkan memang sulit diperbandingkan. Jadi kok menurut saya yah, Voting still OK (terlepas dari latar belakang N7W mengadakan kegiatan ini).

    FAQ 16 : Apakah Om Pri yakin tujuan N7W adalah penipuan untuk mendapatkan keuntungan? Siapa tahu emang ada orang2 yang concern ama hal2 ginian, trus bikin foundation untuk mengajak orang2 di dunia care ama alam dan peninggalan sejarahnya.

    Gitu aja comment dari saya, sekedar brainstorming yaaa…

  83. Mas Pri mantaf sekali ulasaanya sangat membuka wawasan kita.
    Perlu diwaspasadai bahwa semua yang muncul di Internet tidak semua benar :)

  84. wah,,, saya bangga lho sm om priyadi.
    mmg bnr, smw yg akn trjadi nntix pd taman nasional komodo, tdk akn brpngaruh besar sm gaji or khidupan rakyat, yg ada nnt uang k’untunganx d’korupsi lg,, hahahhaa…

  85. Alamak!!!! komen-nya banyak bangettttttt…. :D

    Thx atas insightnya Mas Pri. Tapi mau diterima sebagai sebuah pencerahan, atau tidak, itu HAM masing2 orang. Sedihnya kalo ada yang engak setuju kok pake maki2. Banyak dari orang kita belum sampe level “Hati boleh panas, kepala tetep dingin” dan level “agree to disagree”.

    Sekali lagi, thx atas insightnya. :D

  86. Ah, ada satu hal yang mau saya kemukakan tentang PROMOSI PULAU KOMODO.

    Kalau PEMERINTAH memang serius MAU mengembangkan PARIWISATA terutama yang berhubungan dengan KOMODO ini, saya rasa lebih baik approach ke para produser2 acara yang ada di Discovery Channel, NGC, TLC, BBC, dll. Saya lebih sering menonton acara yang mengulas mengenai Singapura, Malaysia, dan Taiwan di Discovery dan NGC Traveller daripada cerita tentang Indonesia. Dana promosi yang ada lebih baik dialokasikan untuk acara2 di channel2 tersebut.

  87. Guys,
    Bro,
    Lurs,
    Brays,

    KOMODO whatever..
    please theres a lot more important think we must be strong and stick together.
    Look at INDONESIAN PRIMARY SCHOOL CURRICULUM !
    Take some times to ask your kids or your relatives who still go to Sekolah Dasar.
    Dont you think this is more important than KOMODO/PULAU KOMODO.
    Please please we have more important matter than being fooled by those crooks

  88. <blockquote cite="Saya juga tidak yakin, anda ini berasal dari mana, di sponsori oleh siapa, motifnya apa, dll.. Bisa jadi anda di sponsori perusahaan yg sedikit lbh besar dr new7wonders (apalah itu!) Utk memind set me-brainwash otak2 manusia yg dgn membaca teori bahasa asing lalu berkata.. “Ooo.. Betul juga yaa, mantap juga nih si Priy! Org intelek rupanya” hahahahaha.. Pak JK 5 mnt untuk menentukan.. Hahahahaha.. Info dr mana ituuuu.. Buat saudara2ku.. PERCAYA TUHANMU, PERCAYA ORANG TUAMU, PERCAYA NURANIMU, CARI INFO DENGAN OTAK DAN FISIKMU SENDIRI! Kalo gampang percaya, apa bedanya km dengan anak SD yg diculik dengan diiming2i permen dan kalimat “mama suruh Om jemput” hahahahaha”>

    itu infonya lengkap bukannya? coba om selidiki dulu link2 di atas.. klo kurang lengkap, coba googling dulu.. cari infonya dengan usaha om sendiri..

    atau, apa om udah betul2 baca info di atas?
    coba baca lagi FAQ nomer 6..

  89. wow. hanya ingin ngomentari komentar yang masuk. sepertinya ada hal lain yang bisa dipelajari lebih dari sekedar new7wonders dan komodo.

    dari komennya, bisa terlihat langsung. inilah indonesia. inilah bangsa yang bertahun-tahun merdeka secara kedaulatan. tapi masih ada yang terjajah cara berpikirnya.

    MERDEKA!!
    Merdeka untuk berpikir dan berkarya……

    *OOT

  90. setahu saya TN Komodo sdh diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991 (Jawa Pos, 28 Oktober 2011). Saya rasa itu bentuk pengakuan yg lebih ‘worthed’ dibandingkan N7WF.

  91. Wih mantap ulasannya!

    Sejak awal sih saya sudah tidak tertarik dengan acara2 pemilihan dgn menggunakan metode SMS sebanyak2nya. Munurut saya acara2 seperti itu cuma omong kosong.

    Btw banyak acara kirim SMS bisa sebanyak2nya tapi ga pernah denger ada pemilihan dgn metode kirim email sebanyak2nya ya? :P

  92. saya rasa sebaiknya promosi komodo bisa melibatkan blogger-blogger dan orang-orang kreatif media, bisa bikin blog menarik/saintifik dan juga promosi secara kreatif, misalnya dengan pendekatan viral marketing, lucu-lucuan, meme dan banyak hal lain. agak liar bisa memakai semacam Hoax bukan hoax beneran, misalkan: “Koruptor di Indonesia dihukum mati dengan dijadikan santapan KOMODO hidup-hidup”, atau “para Koruptor di Indonesia, jika terbukti korupsi, akan diberikan hukuman menyikat gigi Komodo dua kali sehari”.
    gitu kan bagus. Terus suruh anak-anak muda kreatip dari suroboyo bikin video youtube-nya. hehe.

    just-a-thought

  93. lebih baik benahi dulu akses masuk pulau komodo, BTW kawan-kawan pembaca sudah ada yg pernah ke pulau komodo? kalau sudah pasti tahu bagaimana akses masuk ke pulau ini :-)

  94. Salut buat Mas Pri, membuka dengan sangat jelas…Saya termasuk yang adem ayem dengan iklan Komodo, gak tertarik sms sama sekali :)

  95. keren ulasannya.
    saya setuju untuk STOP dukung KOMODO untuk NEW7WONDER
    tapi alasan pribadi saya sendiri adalah saya tidak mau KOMODO menjadi NEW7WONDER karena melimpahnya SMS dari Indonesia. Justru kalau satu dunia mensepakati KOMODO sebagai 7WONDERS pastinya kita akan bangga sekali. Lagipula saya belum lihat finalis lainnya untuk jadi 7WONDERS. kalau 7 negeri lain lebih layak bagaimana?

  96. buat smua yg ngmng new 7 wonders isa bantu iklanin komodo, ap untung nya semua orang tahu klo pulau komodo it ada? toh klo kalian pny uang bkal lebih milih pergi ke tempat lain selain pulau komodo…. kalau malu diri kalah g usah ngmng gt deh, mending diem aj…
    nice post gan (y)
    like this (y)

  97. Wah… :D beruntung saya belum ada voting tuh pak… :D
    habis yo tak pikir new7wonders iki yo opo e? bingung dewe…
    dari PBB yo bukan jebule cuma perusahaan kecil… lah Indonesia juga bisa bikin kalau gitu, kantornya di Jakarta… :D

  98. lebih penting mana?
    melestarikan atau memasarkan?
    Mengapa uang yang terkumpul tidak kita gunakan untuk melestarikan? :)

  99. bicara tentang hipokritas(hal munafik), ya pak pri..

    priyadi (mungkin waktu habis gajian) : “Kabarnya, Jusuf Kalla hanya membutuhkan waktu lima menit untuk menerima tawaran untuk menjadi duta Komodo. Dalam waktu lima menit tentu saja tak mungkin bagi beliau untuk dapat melakukan analisis [cont.]”

    priyadi (mungkin waktu tanggal tua, bokek, blom makan) : “saya gak punya ‘credential’ apapun. tapi hendaknya kita dapat membicarakan apapun dan menilai sesuatu secara objektif dari fakta dan data yang ada, bukan dari siapa yang mengatakannya.”

    *feel free kalo mau ngritik “kesalahan logika” yang mungkin ada pada kalimat prediksi saya tentang kondisi pak pri yang ada dalam tanda kurung ;)

    masih pgn bahas banyak sih pak pri.. tapi males juga bacain blog ini lengkap2.. :D

  100. Penyajian fakta yang baik, tapi kesimpulannya kebanyakan hanya opini.
    Masih sulit untuk mengungkap motif.

  101. buat bingung…klo iya penipuan masa iya masing2 negra sampe pasang iklan di tv cable…ya klo ini beneran g da salahnya wat dukung Indonesia tp klo penipuan ya biar aja yg nipu dpt dosanya…toh niat kita baik..ya to?

  102. menyimak dan saya kebagian di comment 172 atau 173.. :D
    hehe… segera tersadar rupanya apa sih new7wonders? bukan lembaga yang jelas(cetha)

  103. saya menyimak kok beberapa comment yang masuk tampaknya ndak menyelesaikan membaca tulisan…
    176, bukannya blog menyajikan opini? kesimpulan itu opini? ndasmu juga opini?

  104. #153:

    Jadi kok menurut saya yah, Voting still OK (terlepas dari latar belakang N7W mengadakan kegiatan ini).

    menurut saya juga bukan masalah kalau emang mau voting. yang masalah itu tiap orang bisa vote lebih dari satu dan panitia menganjurkan vote banyak2.

    Apakah Om Pri yakin tujuan N7W adalah penipuan untuk mendapatkan keuntungan? Siapa tahu emang ada orang2 yang concern ama hal2 ginian, trus bikin foundation untuk mengajak orang2 di dunia care ama alam dan peninggalan sejarahnya.

    kalau memang care, dia gak perlu cari profit lewat banyak2 vote SMS. atau minta uang yang luar biasa banyak dari negara2 untuk mengadakan acara. dsb.

    #175:

    masih pgn bahas banyak sih pak pri.. tapi males juga bacain blog ini lengkap2.. :D

    maksudnya anda tanya saya tahu JK 5 menit itu dari mana? sudah saya lengkapi di tulisan. tapi kan tinggal tanya. gak perlu sinis gitu :)

  105. bacalah blog sampai selesai… mari belajar menerima opini orang lain dengan kepala terbuka…
    ketika kamu baca blog nggak sampe kelar yo mesake toh??
    baca postingan lengkap-lengkap itu biar nggak setengah-setengah, yaaa kalau bisa disimak juga isi comment2nya.. lucu lho.. modyar ra? IP addressmu kecatat? mamam tuh…

  106. FAQ 1
    lembaga new7wonders hanya perusahaan kecil(fakta)
    lembaga ini tidak memiliki hubungan multilateral/internasional (fakta)
    lembaga ini menambahkan bumbu2 untuk menarik rasa nasionalisme (fakta)

    kita sebagai “korban” ?? (opini) atau
    kita sebagai “konsumen” ?? (bisa juga)
    konsumen dari apa?? konsumen sinetron internasional tentang 7 wonders dimana penonton sekaligus dapat berperan sebagai pemain…

  107. Setau saya KOMODO sdh d ketahui oleh seluruh dunia. Saya pernah mengetahui acara dokumenter mengenai KOMODO yg d bawakan Discovery Channel. Bkn kah it sdh merupakan pertanda bahwa KOMODO terkenal d mata dunia. Bkn kah telah d akui bahwa KOMODO merupakan satu2nya yg ada d Indonesia. Jd kemgknn ada “intrik” d balik promosi besar2an mengenai vote KOMODO. Mestinya pemerintah lbh memperhatikan kesejahteraan rakyatnya yg bs d blg msh byk yg tenggelam dlm kemiskinan d tgh kekayaan yg d miliki bangsa ini. Jika KOMODO d jdkan alasan pemerintah utk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,saya TIDAK PERCAYA. Sebenarnya bangsa ini sudah SANGAT KAYA,hanya saja selalu ada “manusia”nya yg EGOIS. KESERAKAHAN msh merenggut byk manusia bangsa Indonesia ini. Klo mmg kita peduli thdp bangsa ini,awali dr diri kita sendiri utk mulai bljr dr hal2 kecil yg membw diri kita k kePEDULIan drpd k keEGOISan & keSERAKAHan. Jd saya menghargai semua org yg berada pd kuadran 1&2. Saya yakin semuanya yg ikut comment d sini berada pd salah satu dr kedua kuadran tsb. Mari kita hargai pendpt satu sm lain selama it utk kepentingan semua org. Jgn melihat sekilas pendpt seseorg sbg suatu “ancaman”. Yg menjd ANCAMAN masa dpn bangsa sesungguhnya adlh bbrp DALANG yg ada dlm pemerintahan kita ini. Inilah yg membuat rakyat kita d landa krisis KEPERCAYAAN thdp pemimpin bangsa.

  108. alhamdulillah belom sms. thx mas atas “pencerahannya”.

    yang paling menyadarkan saya saat ini adalah (maaf jika ada yang tersinggung, -saya juga orang indonesia-) kenyataan bahwa rakyat indonesia mudah sekali dibodoh-bodohi oleh pihak2 luar yang bermaksud untuk mencari keuntungan. bukankah ini sudah terjadi sejak zaman kolonial dulu dimana otak orang indonesia mudah sekali dipengaruhi. mari sama2 belajar mencerna segala sesuatu yang tersaji di depan mata kita.

    sekali lagi, thx mas pri. depoknya di sebelah mana ya?

  109. Nah sekarang semakin jelas,… saya pun ngga pernah kirim2an sms yang sepertinya mendukung politik tertentu, bukan kepentingan nasionalis :)

  110. walau sudah tahu kalau ini penipuan, setelah baca post mas Priadi, jadi makin meyakinkan dan menambah pengetahuan baru

    Makasih mas

  111. first,i would say “great job”,pak untuk tulisannya. analisa yang gamblang.

    saya juga sudah mulai agak curiga waktu beberapa tahun yang lalu heboh-hebohnya ada n7w. saya sempat beberapa kali vote di websitenya.
    kalau lewat SMS saya baru ngirim sekali.

    setelah baca tulisan ini baru terpikir,
    “kok menilai sesuatu pake vote ya?”

    hahaha.

    anyway,semoga bermanfaat bagi yang lain pak tulisannya.

    mengenai yang gak setuju,biarkanlah saja pak.
    kita tidak akan pernah bisa memaksa semua orang sependapat dengan kita kan?

    Best regards,

    Rama Rizana
    -student of Civil Engineering Dept. UMY-

  112. btw,bicara masalah keterkenalan komodo di luar,saya punya cerita sedikit.
    waktu saya mengikuti pertukaran pelajar bidang kebudayaan di filipina juni lalu,sebagian besar mahasiswa di sana udah pada tau komodo.

    lagian,kalau peduli gak harus lewat SMS kan? do another real action. :-)

    setuju dengan komentar2 masalah informasi komodo sebelum maraknya info SMS ini.
    kan di pelajaran sekolah2 udah ada info pulau komodo ini.
    kalau ada yang bilang sebelum maraknya info vote ini banyak yang kagak tau komodo,ada dua kemungkinan :
    1. ia jarang bahkan nyaris tidak pernah membaca buku atau berita karena kesibukan

    atau

    2. ia memang gak minat baca berdasarkan kesadaran sendiri,taunya cuma “disuapin”.

    untuk kemungkinan ke1 kayaknya gak masuk akal juga kalau ada yang seperti itu. sibuk banget sampai gak tau pulau komodo.
    bukannya di uang rupiah bahkan di tahun 1957 ada gambar komodo ya?

    hehehe

  113. Maaf ya Pak Sonny, Bapak itu SD-nya di mana sih? Sampai nggak tahu tentang Pulau Komodo?


    *baca bolak-balik*
    Perasaan yang ditulis itu tentang modus, bukan apa yang dipilih. Nggak ada urusan sama Patung Yesus, deh. :-?
    Atau memang aku yang kemampuan membacanya jadi jelek?


    Nah itu poinnya, menurutku. Jangan peduli karena sedang dihebohkan, setelah itu dingin lagi deh. With or without Rp 1,00.

    Masalahnya, semua orang harusnya tahu kalau kita punya beragam binatang yang unik dan hanya milik kita sendiri. Soal komodo dan Pulau Komodo, saya ingat, saat saya masih kecil beberapa kali baca artikel di Kompas. Di sekolah pun diajarin kan, tentang komodo, orang utan, cendrawasih, dll. Harusnya dari situ kalau kita memang peduli, dimulai dari situ, bangga dari situ, bukan setelah digembar-gemborkan.

    Dalih supaya orang asing tahu, come on, Anda kan tinggal di luar negeri, seharusnya Anda juga tahu watak orang-orang sini. Kalau mereka memang mau tahu, mereka akan mencari tahu. Kebetulan aku dulu punya teman asal NTT, dia bilang banyakan orang luar kok yang berkunjung daripada orang lokal. Memang komodo nggak terlalu terkenal, cuma orang yang tertarik atau memang liburan ke Indonesia Timur yang akan (mungkin) mau mengunjunginya. Membuat komodo jadi terkenal itu, motifnya apa? Meningkatkan kesejahteraan komodo atau membuat komodo jadi tontonan? Kalau yang terakhir, aku akan merasa kasihan sekali dengan komodo. Hilang sudah kebebasan yang mereka tahu, pulaunya pun jadi penuh sampah dan hiruk-pikuk, yang bisa membuat dari status “nyaris punah” menjadi “punah”. :-(

    BTW, aku netral ya. Terserah amat orang mau kirim sms atau nggak. It’s not my money.
    Buat aku, cukup cerita ke orang yang mau tahu, apa aja yang kita punya di tanah air, and that’s without asking any cent.

  114. Nice FAQ, di awal saya sudah menduga, yang masuk nominasi New7Wonder ini koq ga masuk di akal. Trus juga pemilihan secara voting itu subyektif banget. Semoga bangsa qita tidak termasuk dalam bangsa yang gila “gelar” tapi ga bisa apa2/ga bermanfaat.
    menurut saya, pemasaran yang selama ini qt lakukan ke bangsa2 lain sudah cukup efektif untuk mengenalkan budaya dan pariwisata qt.

  115. Makasiah buanyak Pak Pri. Meski udah terlanjur saya kirim sms. Saya menerima dan terbuka dengan penjelasan Pak Pri. Mudahan teman-teman yang lain juga akan lebih terbuka matanya. Bravo Indonesia!!!!!

  116. Sepakat. Intinya adalah keajaiban dunia itu ditentukan karena ada kriterianya. Dari namanya saja sudah ajaib, tentu bukan karena faktor nasionalisme atau bangunanya yang wah melainkan karena ajaib dan ajib alias nggak ada bandingannya.

  117. Artikel yang menarik. Tapi pikirkan juga, apa ada sebentuk LSM yang mengupayakan campaign seperti ini dan kemudian ditindaklanjuti dengan upaya-upaya promosi 7wonders itu dengan sistematis dan terstruktur.
    Secara logika, new7wonders ini memang tidak realistis. Tapi apa pentingnya siapa yang mengeluarkan, dan apa hasilnya?
    Yang dikejar dalam perebutan new7wonders ini hanyalah “status”. Status yang kemudian bisa Pemerintah jual sebagai promosi. Sama seperti kontes Miss Universe atau tadi dicontohkan American Idol. Ya, ini hanya kontes popularitas. Bukan kontes kelayakan. Memangnya Pulau Komodo layak jadi 7wonders? Tapi, karena Nasionalisme, saya ingin pulau Komodo jadi new7wonders.
    Penting memangnya versi siapa? Unesco juga bukan lembaga yang berkompeten dalam hal-hal seperti ini. Banyak item yang jelas-jelas warisan budaya bangsa tertentu bisa diakui Unesco sebagai milik bangsa lain.
    Kalo soal metode yang dipermasalahkan, ini tentunya tidak relevan juga. Dari judulnya 7wonders juga sudah “ajaib”. Wonders.
    And i wonders Mr. Prijadi. Have you vote?

  118. Pak, emangnya turis2 pake analisis dulu kalo mau berkunjung ke tempat wisata? kayanya nggak deh.. menurut saya lebih ke kepopulerannya, dan sekarang ini belom jadi N7W aja saya yakin popularitas pulau ini di dalam negeri dan luar negeri sudah meningkat sangat drastis.. FYI, saya nggak ikut vote, tapi juga nggak mau menjatuhkan apa yang udah diusahakan sama pemerintah. Soalnya saya yakin, kalo tulisan Bapak ini semakin dibesar2kan, bisa menurunkan antusiasme turis (minimal dalam negeri) untuk berkunjung ke Pulau Komodo..

  119. Terlepas dr semua perdebatan diatas.. bila kita mempunyai bukti2 bahwa New7Wonders itu adalah Lembaga yang telah menipu masyarakat dunia,kita bisa melaporkan kepada pihak2 yang berwenang dlm masalah ini.. selain itu bila acara dukungan untuk pulau Komodo tidak melanggar UU Negara kita toh tidak jadi masalah.
    Baik pro dan kontra.. peace :)

  120. saya itu lho ya,gk peduli blas sama yang namanya new7wonders,barusan saya coba voting di internet,gk bisa2,tambah males..
    apalgi setelah baca artikel ini..
    lagipula kalo pulau komodo jadi new7wonders saya juga gk dpet apa2..
    secara garis besar gk ada perubahan yang signifikan..
    terima kasih mas pri..
    bagaimana kalo di muat di koran nasional dan diletakkan di halaman utama..
    ^^

  121. gabungan opini dan fakta yang menarik, dan saya ngeliat view yg berbeda ttg kontes ini sekarang….padahal sbelumnya saya jg trmasuk yg sms :D

  122. aneh ya , komodo aja diributin , malah kasih penilaian untuk tdk memilih , anda sendiri sepertinya tidak berguna , lebih berguna komodo , karena orang bayak datang untuk melihat ciptaan tuhan itu , kok ngga senang ya kl orang NTB dapat pekerjaan dari menjual cendera mata khas p.komodo , kan uang itu bisa dipergunakan untuk keluarganya , belum lagi yang tidak terlihat ..
    hei bung , jangan memandang dunia dengan keterbatasan mata mu itu ..atau mendengar dari kuping mu yang congek an itu …lihat lebih dengan pikiran mu yang kau anggap paling bagus analisa nya ..bodoh kau tp sok pintar …memangnya kau mampu memberi makan orang lain .jgn terlalu sinis , tau asal kata sinis ? …

  123. Terima kasih atas infonya.

    Mohon izin untuk share info ini ke forum-forum yang membahas masalah ini.

  124. kebanyakan orang2 indonesia yang mengikuti sms pilih komodo, ada di kuadran II, yaitu “tidak mengerti” tetapi “nasionalis”
    sedangkan gw? gw ada di kuadran ke III, yaitu “tidak mengerti” dan juga “tidak nasionalis”. jadi dari awal gw udah gk tau dan gk akan mau tau dengan new7wonders.. sory.. :D

  125. saya aja yang tinggal dekat dengan komodo aja ga pusing-pusing sms :-p lagian ko baru-baru sekarang pada rame-rame bahas komodo??? emang dulu pada kemana?????

  126. Udah ah ngomongin Rp. 1.. pelitt amat.. efekx tuh yg diincer. Dengan diakui jd satu dr tujuh keajaiban dunia, media dunia ngelirik, sekolah2 di perkenalkan tuh 7 keajaiban dunia, bisa menunjang dunia pariwisata, masyarakat lokal bisa ditolong! liat tuh Bali, kl usah dilirik dunia ya begitu.. Rp. 1 doang ribut, demo tuh koruptor.. Trilyunan duit kita dibeliin rumah mewah ma dia.. Wkwkwkwkw.. ok friends.. Pisss:)

  127. setiap tahun saya dapat rombongan 1 kapal pesiar yang mampir ke labuan bajo untuk melihat komodo, dari paket tour yang dijual Gulliver Travel Agent (GTA).
    ini berarti komodo memang sudah menjadi icon wisata seluruh dunia.
    dari sudut pandang saya, setiap action pasti ada reaction, dan setiap sisi positif pasti harus bersama dengan sisi negatif.
    anda sudah melakukan kontribusi menaikkan keyword komodo di internet, untuk itu saya ucapkan terima kasih, salut atas segala upaya anda.

  128. Terus Dukung KOMODO sebagai keajaiban dunia untuk tujuan pariwisata,,, Jangan dengarkan provokasi Priyadi, dia mata-mata dari pesaing. Bung Proyadi anda dibayar berapa oleh pesaing???

  129. yang jelas indonesia sudah pernah memiliki Borobudur sebagai salah satu 7wonder(ini 7wonder yg paling saya ingat) . Komodo sudah di akui dunia sebagai warisan alam (tanpa harus ikut wonder idol :ngakak:). New7wonder tu kaya situs ga jelas yg pernah ku buka dulu tentang milih klub sepak bola terbaik di dunia . Hasilnya ?? Peringkat pertama Fenerbache, kedua Galatasaray , ketiga PERSIB BANDUNG . sementara Barca , MU , Madrid ada di peringkat sepuluh ke atas . Sangat tidak masuk akal .

  130. jujur,saya ada di kuadran 4 mas!

    saya pikir di depan sana ada cahaya terang akhir dari perjalan didalam terowongan gelap bangsa kita. kalo lihat semua yg ada di negeri ini, sama sekali nggak tuh! saya nggak se-nasionalis itu..

  131. mau nge-vote silakan … gak jg gak pa2 .. gitu aj repot …. yg penting gmn kita menyikapi aj la … masalah N7W itu khan uda ad yg ngurusi … yg penting gini pak pri .. anda bisa gak ngadakan acara yg kayak gini .. maksud aye … sebelum N7W gak ad tu yg perduli ama si KOMO … jd anggap aj ini empati masyarakat ke salah satu keunikan kita … uda yach pak .. sory klo gak berkenan

  132. Pulau komodo tetap jadi kebanggaan Indonesia sejak dulu, sekarang, & nanti. Dengan atau tanpa nominasi sebagai keajaiban dunya. Saya mendukung pelestarian komodo & P. Komodo. Tapi saya TIDAK MENDUKUNG SMS KE 9818 karena itu jelas2 kekonyolan. Lebih baik dukung wacana membuat suaka margasatwa laut di perairan P Komodo, secara perairan di sana kaya organisme & menjadi jalur migrasi tahunan satwa laut.

  133. MAAF HANYA BERBAGI INFO : JANGAN BERPIKIR PESIMIS DULU….CEK FAKTA2 INI,

    1. FAKTA DARI HARIAN INGGRIS YANG MEMBENARKAN KONTES NEW7WONDERS, SITUS dailymail[dot]co[dot]uk , PADA ARTIKEL new-seven-natural-wonders-competition

    2.DARI SITUS RESMI PEMERINTAH AUSTRALIA : australia[dot]com , PADA ARTIKEL promotions/7wonders

    3.DARI SITUS RESMI PARIWISATA KOREA : koreanculture[dot]org[dot]au , PADA ARTIKEL cultural-learning/vote-for-jeju

    BEGINI SAJA KUNCINYA, PEMERINTAH JANGAN LANGSUNG PERCAYA APABILA ADA PIHAK-PIHAK YANG MENGATASNAMAKAN YAYASAN NEW 7 WONDERS, MEMANG MOMENTUM INI BISA MENJADI MODUS BAGI PARA PENIPU-PENIPU KELAS KAKAP…HHE. SAYA CUMA ANAK INDONESIA YANG INGIN NEGARANYA MAJU, BAGAIMANA MAU MAJU KALAU PESIMIS TERUSS…

  134. semoga saja apa yg di postingkan membuat indonesia lebih sadar… bangwa bangsa indoneisia sangat mudah untuk diprofokatif kan…

    ane pernah baca…. klo komodo itu sudah masuk dalam keajaiban dunia jadi buat apa vote2 lagi..

  135. Jujur saja, saya sempat menulis posting ajakan mendukung komodo di blog, tepatnya setelah melihat tayangan News Maker di MetroTV yang mewawancaraii JK terkait komodo. Namun setelah membaca posting2 di sini, saya langsung sadar. Sebagai koreksi, saya pun segera menuliskan posting yang menyampaikan sisi lain New7Wonders dan ajang oemilihan ini di blog. Priyadi.net tentu saja jadi salah satu sumber utama.

    Keren, Bung. Salut atas kerja kerasnya!

  136. analisisnya bagus…
    saya baca berjam-jam untuk mencoba memahaminya (karena bukan orang pinter yg gampang langsung paham)…
    tp kok yg saya liat semua masalah ini kaitannya dengan satu hal yakni “uang”…
    N7W yg gak jelas…
    tujuan dibalik vote via sms…
    keuntungan apa dibalik vote via sms…

    apakah kini nasionalisme hanya berlandaskan uang?

    namun saya yg emang bodoh, dan mungkin termasuk ke golongan radian 2, merasa dukungan TN Komodo di N7W adalah bentuk kepedulian saya terhadap Komodo…
    semoga dukungan ini dapat bermanfaat untuk melestarikan Komodo sebagai salah satu hewan langka di bumi ini….
    saya rasa penduduk asli pulau Komodo juga akan bangga jika TN Komodo menjadi salah satu N7W…

    salam dari saya yang ingin suatu saat nanti dapat melihat Komodo, hewan asli Indonesia, secara langsung… :)

  137. Saya sepakat dengan mas pri. Termasuk johari windownya. Terlihat jelas disini banyak yang tidak mengerti tetap inasionalismenya bisa dikatakan berlebihan. Salah satunya, dengan menyebut tidak mau menggagalakan apa yang sudah di upayakan pemerintah. FYI, coba dicari, pemerintah SUDAH TIDAK BERPERAN DALAM N7H. Pemerintah melalui Kementerian Kebudayaannya sudah ditendang oleh yayasan N7H. kenapa? karena pemerintah indonesia g mau bayar Rp 400 miliar untuk jadi host. Jadi, sekali lagi ini bukan proyek pemerintah. Ini proyek swasta dengan JK sebagai simbolnya. Coba cek ke banyak berita untuk lebih pastinya, apakah pemerintah ada dibalik N7H saat ini.

  138. Hinggar binggar soal Komodo di New7Wonder, diam2 ternyata seekor komodo meninggal di Kebun Binatang Surabaya karena sakit……….. oh.. miris…

  139. Artikel yang bagus. Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak orang indonesia nasionalismenya ada di golongan kuadran 2.

  140. aku baru baca ini artikel.. sebelumnya yang sms komodo kirim ke 9818 itu yang aku kira nyedot pulsa.tapi begitu tau itu didanain sponsor (read:”bakul jamu”).. aku kagak mikir2 lagi. . . -___-”
    tengkyu2. . .
    tengs to priyadi juga noh, jadi tau saya.. . .
    dari artikel ma link2 yang terkait itu ternyata new7wonders nggak berbuat apapun.. mereka cuman sejenis “ajang indonesian idol” yang ngadain seleksi sampe penetapan pemenang.. (terus ngitung duit yang dihasilkan)he3.
    tapi aku sendiri nggak setuju priyadi sepenuhnya juga kalo keikutsertaan komodo dalam new7wonders itu tidak ada untungnya.. dimana seharusnya kita tidak mendukung..
    dibawah ini adalah segala macam pendapat saya yang tidak bersumber ilmiah ataupun alami (kayak iklan odol)…
    ehem,judulnya:
    “dukungan komodo itu tidak lah mengapa, baik malahan”

    karena dengan ikut new7wonders itu,,minimal, komodo jadi sorotan seluruh dunia pastinya.. (paling enggak jadi sorotan negara2 yang ikut new7wonders).seperti halnya sebagian dari kita yang akhirnya tau ada patung kristus penebus di brazil.. (kalo saya sih taunya duluan dari film captain tsubasa.he2)
    justru contoh dari teori spurious relationship alias third-cause fallacy yang priyadi pake buat matahin teori post hoc ergo propter hoc yang kutipannya begini:
    ………………………………………………………….
    efek dari faktor ketiga. Contoh:
    1. A terpilih menjadi nominasi New7Wonders
    2. Dewan pariwisata A meningkatkan pemasaran tentang A
    3. A terpilih menjadi pemenang New7Wonders
    4. Pengunjung A meningkat.
    Setelah 4 terjadi, maka banyak pihak yang akan mengklaim bahwa 4 disebabkan oleh 3. Padahal bukan tidak mungkin 3 dan 4 terjadi karena 2. Dan sebenarnya 2 dapat saja dilakukan tanpa 1. Apalagi mengingat bahwa New7Wonders tidak melakukan pemasaran apapun selain menobatkan A menjadi pemenang.
    ……………………………………………………………
    aku tau banget ada banyak hal yang bisa ningkatin-nurunin angka pengunjung.terutama poin 2.
    tapi, harusnya priyadi nilai jangan objeknya saja..dia harusnya liat subjeknya juga (read:pemerintah indonesia).
    justru di indonesia,poin 1 ini harus ada. karena poin 2 hampir tidak mungkin ada kalo tidak ada sorotan seperti poin 1. karena:
    pemerintahan indonesia kita modelnya “yang disorot yang dibenahi”. . . dimana disorotnya komodo ini yang jadi ningkatin upaya pemerinah juga buat ningkatin pariwisata yang tadinya “apa adanya sajalah”. . .
    dan kalo mau nunggu semua masyarakat (read:pemerintah) indonesia mengerti..kan lama gila sangat terlalu itu. . . itu tidak realistis..
    masalah pihak mana yang nantinya mau klaim apa, saya masa bodo, yang penting angka pariwisata naek, dan klaim karena poin 1 atau 2, saya juga masa bodo. yang penting naek.. hehe.. (mustahil kagak naek boss)
    jadi, dukungan kayak gitu sah-sah aja menurut saya .bagus malahan mengingat keadaan masyarakat (read:pemerintah) indonesia..
    toh uang yang dipakai kan uang sponsor (read:”bakul jamu”) yang dalam hal ini dia bayar,dia dapet nama..jadi kayaknya masing-masing pihak sebenernya nggak dirugikan kan.
    lagian . ,
    karena vote mereka yang di negara maju kayak USA, Australia, dll justru sangat tinggi.. (termasuk juju island yang digunjing segelintir orang pembuat web no7wonders)..
    ada 2 kemungkinan: sebagian besar penduduk negara2 itu juga ada di kuadran 1 yang artinya tidak mengerti alias bodo (saya sedikit sangsi), atau karena mereka sepaham sama saya dimana upaya apapun untuk ningkatin nama baik negaranya dimata dunia itu patut diupayakan.. toh uang kecil itu akan terganti seiring negara mereka terus jadi sorotan baik..
    nah,,sekarang kalo bisa sering ikut ajang “indonesian idol” laennya (yang disponsori “bakul” biar murah :P ).. dan menang, pasti ningkat deh angka pengunjungnya.. dan kita kagak rugi juga.. hehe..
    apapun cara promosinya dah. . .asal setimpal. . .
    contoh :malaysia, mereka ngeluarin biaya segala bentuk promosi besar(2xnya indonesia), bahkan itu kampret nyuri besar2an saking miskin pariwisata dan budaya, dan uang dari pariwisata yang mereka dapetin juga besar (lebih dari indonesia lho walau nggak sampe 2xnya indonesia juga).. (*hasil kurang gaul yang akhirnya diem megangin remote tv dan nemu fakta ini beberapa tahun yang lalu*)
    meski tau fakta, bukan hanya kesesatan berpikir aja yang harus diselesaikan. . . tapi sambil sambil mengupayakan yang baik dikesempatan yang ada kan realistis juga..
    pokoknya hidup new7ICONS “gak-gak-gak-kuat”. . .

  141. terlepas dri pro dan kontra
    aq lebih setuju dng mari kita lestarikan pulau komodo dng tidak mengganggu habitat mereka

  142. Barusan Baca 1-17 benar-benar menarik
    saya coba ingin menanyakan/mendiskusikan sesuatu

    saya sependapat bahwa new7wonders scam
    saya sependapat bahwa new7wonders mengeruk keuntungan dengan cara yg tidak benar
    saya sependapat teori kejadian B tidak serta merta karena kejadian A

    dalam pikiran saya sebagai rakyat Indonesia
    saya rasa tidak ada salahnya untuk vote SMS untuk mensukseskan pulau komodo jadi 7 wonders
    kenapa ?
    1.) alasan paling mudah dan pola pikir goblog2an pulsa yang termakan cuma 1 rupiah bahkan saya coba sendiri malah gratis
    2.) lebih pintar dikit terlepas sebenarnya itu disubsidi yg artinya pihak sponsor menanggung Rp 999/sms atau mungkin Rp 1.000, saya selaku rakyat Indonesia tidak rugi apapun
    3.) dan soal teori B tidak sepenuhnya karena A. dengan kata tidak sepenuhnya maka sebenarnya tetap bisa jadi ada impactnya walaupun sedikit

    jade simpulan saya sebagai rakyat Indonesia kita tidak rugi apapun dalam vote tersebut
    skemanya

    kalau pulau Komodo ke pilih sekalipun efeknya kecil at least cukup berefek walaupun mungkin hanya 1% dan 99%nya karena promosi

    kalau pulau Komodo tidak ke pilih pun yg menanggung hampir seluruh biaya kan dari sponsor

    dan memang saya melihatnya perihal ini sarat akan nuansa politis dan kepentingan pribadi
    terlihat seperti adanya kampanye terselubung

    dan bagi saya siapapun ikon dalam pensuksesan 7wonders ini tidak bertambah sedikitpun pencitraannya pada saya
    karena saya tau ini berbau kampanye terselubung

    feel free to comment and discuss
    saya tidak bermaksud flaming
    Terima Kasih

  143. Dubes Swiss: Yayasan New7Wonders Abal-abal
    “Tidak ada satupun orang di Swiss mengenal alamat itu,” kata Dubes RI Djoko Susilo.
    httxxxxx://nasional.vivanews[dot]com/news/read/260600-dubes-swiss–yayasan-new7wonders-abal-abal?

  144. Analisis yang sangat kuat dan objektif Pak. Saya suka bacanya. Sangat memberi pencerahan. Saya mendukung upaya edukasi lewat tulisan ini. Mudah-mudahan semakin banyak yang sadar.

  145. saya sama sekali tidak pernah mengirim sms mendukung komodo dengan alasan proses ini tidak fair itu saja. tapi saya mengambil hikmah sederhana saja.. ketika saya berada di jalan, tiba2 pengemis dengan kondisi terluka dan cacat datang meminta-minta dengan penuh belas kasihan, tentu kita trenyuh melihat pengemis itu, dengan rasa ikhlas dan kasihan kita memberi uang yang tidak seberapa. Tatkala pengemis itu selesai mengemis ternyata dia berubah menjadi sehat tanpa luka dan cacat yang seperti diperlihatkan saat melakukan aksinya. Apa yang ada dlm pikiran saya, berusaha untuk tetap ikhlas atau murka karena telah dipermainkan…
    sebagai manusia biasa saya marah, dan kata ikhlas itu ternyata bagi saya adalah palsu…
    Yang saya ambil kesimpulan untuk JK sbg duta komodo, beliau tetap ikhlas berbuat sesuatu meskipun dicaci dan dikatai super bodoh sekalipun…

  146. Analisa anda sepihak… memang terkesan meyakinkan dan saling berhubungan… namun sangat berbahaya, analisa anda bisa membuat pulau komodo menjadi musuh bersama bagi jutaan orang yang sudah vote dan mempercayai analisa anda (karena merasa tertipu dan dibodohi)… rakyat indonesia selalu didik untuk terus curiga antara sesama potensi bangsa… Ingat SBY (presiden RI)juga mengajak vote untuk komodo, saya yakin beliau tidak pada posisi kwadran 2.. Saya juga tidak yakin kalo anda seorang yang netral…

  147. #185:

    sekali lagi, thx mas pri. depoknya di sebelah mana ya?

    grand depok city

    #200:

    Yang dikejar dalam perebutan new7wonders ini hanyalah “status”. Status yang kemudian bisa Pemerintah jual sebagai promosi.

    soal efektivitas promosi lewat New7Wonders bisa lihat FAQ nomor 5.

    And i wonders Mr. Prijadi. Have you vote?

    saya memvote untuk tidak memvote :)

    #203:

    Pak, emangnya turis2 pake analisis dulu kalo mau berkunjung ke tempat wisata? kayanya nggak deh.. menurut saya lebih ke kepopulerannya, dan sekarang ini belom jadi N7W aja saya yakin popularitas pulau ini di dalam negeri dan luar negeri sudah meningkat sangat drastis.. FYI, saya nggak ikut vote, tapi juga nggak mau menjatuhkan apa yang udah diusahakan sama pemerintah.

    ah ngga juga. justru saya dukung tindakan pemerintah untuk keluar dari New7Wonders. pemerintah juga sedang meneruskan program pemasaran yang sudah ada dari sebelum keluar dari New7Wonders.

    #212:

    aneh ya , komodo aja diributin , malah kasih penilaian untuk tdk memilih ,

    silakan baca FAQ 1

    anda sendiri sepertinya tidak berguna , lebih berguna komodo , karena orang bayak datang untuk melihat ciptaan tuhan itu , kok ngga senang ya kl orang NTB dapat pekerjaan dari menjual cendera mata khas p.komodo , kan uang itu bisa dipergunakan untuk keluarganya , belum lagi yang tidak terlihat ..

    asumsi awal anda salah. rakyat NTB bisa begitu bukan karena ‘jasa’ New7Wonders. New7Wonders gak keluar duit apa2, gak pernah memasarkan komodo. mereka cuma bikin web site voting & menobatkan sang ‘juara’. itu aja. semua pemasaran kita semua yang nanggung. silakan baca FAQ 6.

    #225:

    Udah ah ngomongin Rp. 1.. pelitt amat..

    silakan baca FAQ 3

    Dengan diakui jd satu dr tujuh keajaiban dunia, media dunia ngelirik, sekolah2 di perkenalkan tuh 7 keajaiban dunia, bisa menunjang dunia pariwisata, masyarakat lokal bisa ditolong!

    silakan baca FAQ 5

    #229:

    setiap tahun saya dapat rombongan 1 kapal pesiar yang mampir ke labuan bajo untuk melihat komodo, dari paket tour yang dijual Gulliver Travel Agent (GTA).
    ini berarti komodo memang sudah menjadi icon wisata seluruh dunia.
    dari sudut pandang saya, setiap action pasti ada reaction, dan setiap sisi positif pasti harus bersama dengan sisi negatif.
    anda sudah melakukan kontribusi menaikkan keyword komodo di internet, untuk itu saya ucapkan terima kasih, salut atas segala upaya anda.

    ndak perlu sinis gitu, saya tahu maksud anda. silakan baca FAQ 17 :)

    #233:

    yg penting gini pak pri .. anda bisa gak ngadakan acara yg kayak gini ..

    terus terang ngga bisa. saya masih punya hati nurani :)

  148. sms gak papa lah.. skrg murah ini. tp kl udh ngancem2 minta duit buat ini itu.., preman apa? itu nunjukin lembaganya mmg kurang kredibel. mrk mestinya punya sistem yg lebih ‘halus’:) ya gak usah kasih lah..

    ini cermin kl lembaga2 independen skrg ini piawai memainkan celah2 isu global, yg menyentuh langsung dengan ‘rakyat’ dunia. gak terikat lg sm yg officially, baik itu pemerintahnya maupun lembaga kyk PBB sekalipun. mereka udh kebanyakan urusan kali ya..

    sy pribadi melihat ide dr n7w cukup brilian. kali idenya pengembangan dr istilah ‘gak ada makan siang yg gratis..’

    ttg vote komodo ini, promosinya ya didapat dari kontroversinya itu.. hehe..

    nice post mr..

  149. #255:

    jade simpulan saya sebagai rakyat Indonesia kita tidak rugi apapun dalam vote tersebut
    skemanya

    kalau pulau Komodo ke pilih sekalipun efeknya kecil at least cukup berefek walaupun mungkin hanya 1% dan 99%nya karena promosi

    kalau pulau Komodo tidak ke pilih pun yg menanggung hampir seluruh biaya kan dari sponsor

    coba baca FAQ 3. jangan semuanya dihitung dalam uang.

    #261:

    gila, gw bacain semua komentarnya! btw, kira2 komen gw direply ga ya sama pri?

    dibales nih.

    #262:

    Yang saya ambil kesimpulan untuk JK sbg duta komodo, beliau tetap ikhlas berbuat sesuatu meskipun dicaci dan dikatai super bodoh sekalipun…

    sama dong sama saya. sudah cape2 bikin tulisan untuk mencerahkan kita semua, malah banyak yang caci maki. tapi tetep saya ikhlas kok :)

    #264:

    namun sangat berbahaya, analisa anda bisa membuat pulau komodo menjadi musuh bersama bagi jutaan orang yang sudah vote dan mempercayai analisa anda (karena merasa tertipu dan dibodohi)…

    ah ngga kok. silakan baca FAQ 15. musuh bersama itu ya New7Wonders, bukan taman nasional komodo.

  150. Saya sudah baca kiriman di atas dari awal sampai akhir. Semua komentar yang masuk juga sudah saya baca. Saya juga sudah sms beberapa kali.

    Keputusan saya: tetap mendukung KOMODO di ajang N7W tersebut dan tetap akan kirim sms.

    Kalau pun setelah menang kontes N7W tidak ada peningkatan signifikan pada arus turis ke negara pemenang N7W, saya kira penyebabnya juga bisa macam-macam. Siapa tahu walaupun di suatu negara ada obyek pemenang kontes N7W tetapi obyek wisata yang lain kurang menarik sehingga bagi wisatawan berkantong pas-pasan tetapi ingin saat melancong bisa melihat banyak hal, negara tersebut ditempatkan di urutan bawah pada daftar negara yang akan dikunjungi.

    Saya tidak kontra dengan kiriman di atas. Saya kira ini negara bebas.

  151. analisa anda bisa membuat pulau komodo menjadi musuh bersama bagi jutaan orang yang sudah vote dan mempercayai analisa anda (karena merasa tertipu dan dibodohi)
    Kalo ada, gak usah jutaan deh, satu aja orang Indonesia yg berpikir seperti #264, saya sedih sekali :(

  152. bisa aja byk yg slh kaprah om, bukan 7wonderny yg jd musuh tp TNK qt..cz bwt org yg gak suka penjelasan analisis gini bs slh ksh kesimpulan. nah kutipan di “FAQ16” pengertiannya agak sedikit “kusut”, gak jelas!

  153. Buat Pak Pri. Emang si semua ini penuh misteri.

    menurut saya sejak dahulu pulau komodo selalu jadi icon bagi peneliti. nda perlu ikut acara 7wonders apa gt :P cos saya mengenal pulau komodo bukan dari acara gt, namun acara discovery chanel.

    salut buat anda. terus perbarui dan 1 hal. mhon diberi semua link yg real untuk setiap perkataan dan argumen and. cayo

  154. @Pak Pri
    iya ada 3 faktor yg dijelaskan di FAQ 3
    1.) Devisa Negara
    kalau hal ini saya rasa walaupun nantinya banyak yg tercerahkan alias tidak ada yg kirim sms toh tetap Organizing Comiteenya yg dengan ikon JK sebagainya donaturnya tetap mengeluarkan sejumlah uang.
    Artinya pak JK lah yg perlu diberi pencerahan dengan membaca blog ini
    2.) Data nomor HP
    ini juga seharusnya diperuntukkan bagi mereka yang tidak ingin data nomor handphone ter-expose seperti para presdir, menteri, bussinesman, etc.
    bagi saya yg nobody ter-exposepun tak masalah kalaupun datanya ntar digunakan buat CP nakal di luar Indopun gak masalah tinggal ganti kartu
    3.) kembali lage soal profit yg didapatkan dari sms premium kan sudah ditanggung oleh pihak sponsor sehingga kembali lagi saya sebagai nobody tidak dirugikan apapun
    4.) tersirat mengenai intelegensia kita kalau di point ini saya akui ada benarnya kita seolah2 dijadikan keledai yg ditunganggi sukarela oleh yayasan N7wonders.
    dan keledai itu saya rasa ada 2 jenis menurut johari window yg Pak Jupri katakan
    keledai nomor 2 yg masa bodoh toh dia tetap diberi makan,minum, dan dirawat dalam hal ini yg memberi makan,minum dan merawat adalah Bapak JK & sponsor sebagai pensubsidi
    atau keledai nomor 1 yg dia berdiri dan memberitau kepada penunggangnya cukup sudah aku capek kamu tungganggi

    nah kalau mau dibahas lebih lanjut
    menurut saya sekarang baiknya adalah kalau memang sudah banyak gerakan di luar yg menentang n7wd maka baeknya segera kita semua saling merapat dan berkoordinasi untuk menginformasikan kepada negaranya masing-masing agar memboikot dengan tidak lagi mendaftar di n7wd
    terutama negara2 maju yg sering jadi tolak ukur seperti USA,Korea,China,Jepang dll

  155. yah semua itu memang ada pro dan kontranya, dan juga semua itu ada hikmahnya ko, jadi tenang saja, mau vote silahkan, murah ini ko, bahkan saya gratis, mau tidak juga silahkan

    saya pikir justru pemerintah benar sudah ikutan dalam acara new7woders ini, karena dengan ini maka seluruh rakyat indonesia bahkan dunia jadi tau bahwa ada pulau komodo di indonesia, dengan catatan bahwa uang yang sudah terkumpul yang seharusnya disetor ke new7wonders tersebut tidak dikorupsi

    kenapa saya bisa bilang seperti ini, jangan salah, biarpun pulau komodo memang diperkenalkan sewaktu SD, tetapi tetap saja banyak orang yang tidak mendapatkan keuntungan untuk sekolah SD, bahkan ada anggota DPR yang tidak hapal pancasila, padahal pancasila itu wajib dihafalkan waktu SD, nah apa lagi pulau komodo yang tidak wajib dihafalkan

    yang kedua, hal ini justru jauh lebih efektif dari pada pemerintah membuat dokumentasi, liputan atau sejenisnya melalui discovery channel, UNESCO atau apa pun itu, karena kebanyakan rakyat indonesia memang tidak menonton discovery channel ataupun membuka situs UNESCO dan new7wonders itu sendiri, kebanyakan rakyat indonesia lebih suka nonton sinetron, berita tentang artis dan film kartun untuk yang masih kecil, jadi dengan adanya iklan yang menyerukan untuk mendukung komodo disela-sela sinetron, film kartun dan infotainment, rakyat indonesia justru malah menjadi tau
    coba saja liat tukang ojek, warung2, dan di pedesaan, mana ada yang nonton discovery channel, kalaupun ada pasti jumlahnya sangat sedikit, yang lainnya pasti akan langsung diganti dengan acara tv yang lainnya yang menurut mereka lebih menarik

    masalah yang mereka jadi mengetahui nomor handphone kita, memang apa salahnya, toh mereka hanya mengetahui nomornya saja, masalah identitas yang memegang kerahasiaannya adalah operator

  156. Terima kasih untuk pencerahannya…. ^^d

    Sedari awal aku juga heran… kenapa masih pada ngeyel mau di-kodo-in sama Weber yach….. KEbanyakan minum tolak angin…?! wkwkwkwkwk….. :D

  157. saya sangat bangga dengan ulasan ini. Beredar isu kita kalah dari Malaysia dan negara lain, lalu saya mencari situs yang valid yang menunjukkan angka hasil poling dan apakah benar provider2 itu memberikan penggratisan biaya…benar-benar analisis logis dan obyektif!!
    Di tengah orang2 yang sisi subyektifitasnya bekerja ketika membaca ulasan ini. bagaimana memandang kepentingan dan hubungan sebab akibat…semoga tulisan ini bisa mencerdaskan banyak manusia2 Indonesia yang berakal dan bisa berpikir :D

  158. apakah ada yang peduli dengan SDM yang menjaga TN Komodo, mereka hanya PNS Polisi Kehutanan Golongan II yg bergaji gak lebih dari 3 juta rupiah per bulan, lebih baik jika pemerintah dan rakyat Indonesia menjaga dan meningkatkan kualitas SDM dan SDA dalam rangka menjaga kelestarian segala macam kawasan konservasi tidak hanya TN Komodo,kawasan konservasi di Indonesia bukan hanya TN komodo, mari kita jaga kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia……

  159. tulisannya bagus om . . .
    ntah kalo tulisan tangan, hhahaha . .. :D
    *mav klo garing ^_^v

    terima kasih om, ini pertanyaan yg dulu kebayang2 kalo dapet sms ttg vote komodo VIA n7w.

    sy tunggu tulisan2 lainnya om . . ^_^

  160. Ai, beginilah Indonesiaku.. Asal grudak gruduk aja sana sini asal ada yang ngomporin meski belum jelas asal usul dan kebenarannya.. Sayangnya saya juga salah satu dari yang demikian,(baca : korban iklandi tv) hehe
    Membaca tulisan ini membuat saya membuka mata, bahwa segala sesuatu harus dilihat dengan cermat kebenarannya.. Terimakasih Pak Pri, ulasan anda bagus :)

  161. Permasalahannya sekarang orang yang sudah mengexpose supaya Vote komodeo itu harus memberi kejelasan Diteruskan atau dihentikan

    jangan biarkan Rakyat yg berspekulasi, pemerintah sudah berbuat maka harus bertanggung jawab

    Ini Moral Bangsa yg dipertaruhkan

  162. izin share di FB ya,
    menurut saya, biar scam, kayaknya tetap ada sisi positifnya, promosi… hehehe…

  163. kalo yg di calonkan n7wonders adalah lumpur lapindo beserta para korbannya yg terpinggirkan atau bagaimana dahsyatnya korupsi di indonesia sy akan vote se banyak2nya biar dunia tau walaupun n7wonders adalah yayasan abal2 yg cm bth duit tp kl untuk pulau komodo yg sdh jd salah satu ciri khas bangsa indonesia tdk akan tuh sy percayakan pada yayasan abal2 ky n7wonders karna pulau komodo sdh terkenal sejak dulu di dunia..!!
    Salut bwt mas pri..

  164. Terima Kasih atas tulisannya Mas. Pencerahan buat saya yg awam ttg hiruk pikuk ttg New7Wonders. Buat saya yg seringkali sibuk, hanya sekali2 membaca berita. Informasi ini sangat berharga! Semoga, secara bertahap saya masuk ke kuadran 1. Kita semua wajib lebih kritis!dgn bisa memproses dgn akal dan hati nurani semua informasi yg luar biasa membuncah dgn adanya media internet.

    Semoga dgn peristiwa ini, kita selalu bisa mendapatkan hikmahnya! kl lembaga New7Wonders ini tdk kredibel, janganlah diteruskan lagi. Kl akhirnya Kementrian Pariwisata tdk menyetujui program selanjutnya, yaitu ingin menjadikan Indonesia tuan rumah u/ “party” 7 Wonders..baguslah! sadar akhirnya..lbh baik dana digunakan u/ yg real-real saja.

    Walau didasari dgn intensi yg “aneh” sebenarnya ada hikmah positif(sengaja atau tdk sengaja) yaitu issue ttg komodo menjadi highlight,jadi perbincangan byk org!, kita diingatkan kembali! semoga saja banyak ide2 cemerlang yg bisa dijalankan yg tujuannya tidak lebih u/ memajukan P.KOmodo atau pariwisata semata.

    Saya dengar Bpk JK akhirnya punya LSM untuk mengurusi P. KOmodo, saya berharap dijalankan dgn baik semata2 untuk memajukan P.Komodo khususnya dan dunia pariwisata Indonesia secara umum.

    Ada pembicaraan lucu antara bapak saya yg sudah 70 tahun, bertanya..”ini maksudnya iklan vote sms2 ini apa sih? beliau bertanya ini buat Pulau Komodo atau binatang KOmodo sii?? kl buat binatang, itu saja komodo2 seantero kebun binatang se-Indonesia diurusi lebih baik” wong yg di Surabaya saja tdk terurus! hehhehe bener juga ya? kl kita berkunjung ke negara lain..ZOO selalu menjadi bagian dari itinerary, apalagi kalau punya binatang yg “unik dan langka”. Kita bisa kok bikin kebun binatang lmyan representatif! spt Taman Safari. Saya paling terkesan dgn yg di Bali. Bagus!

    Trus kalau urusan P.Komodo, terlepas dari “awareness” dan “promosi”, sebaik2nya dipersiapkan infrastrukturnya, jd walau nanti rame jgn sampai menghancurkan alam dan habitat komodo! sebaik2nya dipersiapkan mental masyarakatnya!(pekerjaan yg paling beratt!!!) trus untuk kita turis domestik (kl turis dari mancanegara mah biasanya lbh disiplin) pleaseee..simple..JAGA KEBERSIHAN!!!

    Terakhir, saya berkunjung ke P.Belitung krn imbas buku & film Laskar Pelangi, yg menurut saya sangat efektif secara tidak sengaja untuk promosi pariwisata P. Belitung…ohhh memang Alamnya Indah dgn sisa-sisa kejayaan tambang timahnya… tapi sayang berjuta sayang! batu2 yg menjadi keunikan pantai belitung (yg katanya beberapa abad lalu adalah pegunungan yg tertutup laut), diCORET-CORET!!! begitu pula dgn sampah bertebaran di pantai! prihatin jadinya. Seharusnya tidak berulang ke pulau2 objek wisata lainnya.

  165. Dari statement mreka soal pembagian keuntungan aja uda jelas mreka gk bagi 50% krn mreka gk untung / rugi. Jd semua ini kembali lagi ke soal bisnis. N7W itu soal bisnis. Memakai kita sbg alat utk meraup uang. Rasa nasionalis bangsa gw dipake buat cari duit. Emangnya klo komodo menang trus tiba2 mau punah emg mreka mo peduli? Biarpun mrk gk dpt $10juta dr kita tp mreka uda untung $200 dr 28 negara dan mreka gk kluar biaya mungkin cm sekedar pemasaran via internet. Org KBRI sdh blng yayasan N7W ini meragukan, org swiss sendiri gk kenal yayasan N7W. Si pak JK malah ngotot dan nyalahin pak Jero Wacik yg melakukan kesalahan. Thn lalu waktu blm ada yg dukung dan blm ada sms gw dukung habis2an. Skrng ketauan klo smua ini cm bohong.stlh Koin Untuk Prita dan Koin Untuk SBY. Gmn klo skrng bikin Koin Untuk Komodo? Hasilnya lbh pasti untuk konservasi

  166. Thanks mas pri. tulisannya mencerahkan..

    saya mau menambahkan dua poin yang menarik dari sisi pandangan saya:

    1. kategori new7wonders yang diperlombakan ‘kali ini’ adalah bentangan alam. dari 28 finalis, semuanya adalah kategori alam. tapi di indonesia yang ‘dijual’ oleh panitia adalah ‘hewan’ nya. KOMODO di promosikan melebihi Taman Nasional nya. pembelokan ini yang saya tidak senangi. apabila mau mempromosikan new7wonders nya, promosikan hal yang benar. bahkan website resmi mereka pilihkomodo[dot]com sangat ‘menjual’ (keajaiban) hewan komodo, bukan bentangan alam nya. dangkal?

    2.sebelum menjual nasionalisme dengan cara voting ini, terlebih dahulu cari informasi mengenai kompetisi nya dan juga saingannya. mungkin ini akan mencerahkan sebagian kita bahwa 27 finalis lainnya adalah Hutan Amazon, Grand Canyon, Gunung Kilimanjaro, Laut Mati, Table mountain, dll. karena kategori nya adalah N7W of NATURE! apa keistimewaan TAMAN NASIONAL komodo? harusnya itu yang kita lihat dan kemudian putuskan bersama apakah itu bersaing

    terakhir saran saya untuk mas pri, adalah kita pikirkan cara lain untuk mendukung TAMAN NASIONAL KOMODO tapi tidak dengan cara voting n7w ini. apa opsi nya? seandainya ada yang bisa menyalurkan opsi nasionalisme selain voting ini.
    thanks,
    Fikri

  167. Saya bukan seorang nasionalist, dan sy melihat hal ini dr prespektif keseluruhan (holistik) tanpa menjatuhkan negara manapun. kejadian seperti ini sudah lama merambah hampir ke seluruh pelosok negara, terutama negara konsumtif. mulai dr acara di US “Amrican Idol”, “TheVoice”, “AFI”, “Indonesian Idol”, “KDI”, dll. smua menggunakan sistem messegging untuk vote sebuah / seorang pemenang. namun dalam acara tersebut di atas dapat menambah essensi hiburan untuk setiap penontonnya. tetapi, dalam hal vote untuk N7W ini tidak terdapat essensi yg berdampak positif yg beda dari yg lainnya.. jika dikatakan “bisa membuat pulau komodo terkenal, mengharapkan pulau komodo tetap dikenal, apalagi mengenalkan komodo kepada rakyat indonesia” hal tersebut adalah “omong kosong” dan tidak bisa dijadikan alasan sama sekali. lalu ada yg menyatakan “ambil hal positifnya saja”, berarti hanya melihat dampak positif tanpa memperdulikan hal2 negatif yg bahkan lebih luas kerusakkannya. contoh yg paling nyata adalah “pembangunan secara terus menerus di suatu wilayah dengan tentunya memakan lahan yg luas termasuk hutan2 di wilayah tersebut, lalu tinggal mengatakan, yaa ambil positifnya sajah, wilayah ini jadi berkembang pesat dan menjadi pusat perekonomian yg hebat, tetapi tidak melihat dampak negatif yg lebih berbahaya yakni timbulnya bencana alam yg luas”, jadi jgnlha menjadi serakah dengan hanya melihat dampak positifnya sajah tanpa mempertimbangkan dampak negatif. sy sendiri mgkn masuk kategori 4 hanya sajah tidak ingin merugikan sesama manusia. lalu, bagi kita yg sudah pernah mengecap pendidikan hingga lvl perguruan tinggi, terutama saat melakukan tugas untuk membuat makalah, tentunya kita selalu diingatkan pada daftar pustaka adalah bahwa referrensi yg digunakan merupakan referensi credible,, atau sering bahasa indonesianya “akreditasinya bagaimana”. begitu pulak dengan N7W ini.. bagaimana dengan kredibilitasnya? apakah dengan adanya pihak UNESCO yg menolak adanya hubungan dengan N7W ini membuat N7W ini credible? tentunya fokus kita adalah WHO / UNESCO adalah puncak kredibilitas internasional. dr ulasan ini sy dapat melihat objektifitas dari yg membuat ulasan. lalu terakhir adalah (hal ini masuk dalam politik sehingga sy hanya akan menegur sedikit) mengenai dukungan yg diberikan oleh pak JK dan apakah berarti pak JK itu inteligensianya di pertanyakan. kenapa harus susah2 menggunakan N7W untuk mendukung pulau komodo? pulau komodo sudah ada di indonesia bahkan sebelum saya lahir, kenapa tidak dilakukan usaha besr2an untuk mendukung pulau komodo (pake iklan segala seperti yg hot2nya saat ini di media) dr sebelum N7W ini? kenapa harus menunggu N7W, apakah indonesia ini tidak sanggup mendukung komodo? bahkan national geography lebih sering mengulas mengenai komodo dan pulau komodo drpd program televisi di indonesia. orang luar negeri lebih mengapresiasi komodo untuk ilmu pengetahuan drpd orang indonesia yg bahkan mengeksploitasi komodo untuk supaya jadi terkenal saja. saya kira komentar saya sudah panjang sekali semoga komentar ini dapat mengarahkan kembalai pada fakta dan objektivitas dr suatu masalah/kejadian. terima kasih

  168. Materi post ini sebenarnya oke – oke saja. Klo fokus mencari kelebihan, pasti ketemu dan pasti ada alasannya. Klo fokus mencari kelemahan, pasti ketemu dan pasti ada alasannya juga.

    Cuma, post spt ini timingnya kurang pas. Apa tidak bisa menunggu hingga vote selesai? Latihan debat kan juga bisa dipilih waktunya mas.

  169. Keren sekali penjelasannya

    Mau tambahin aja

    FAQ 20
    Ah, kamu pasti antek Malaysia yang tidak mau ‘kadal air raksasa’ kalah dari komodo!

    Bahkan si kadal air tidak masuk ke dalam 28 finalis new7wonder jadi buat apa antek malaysia berusaha sabotase? hehehe

    pada broadcast di HP banyak yg berisi kebohongan, pertama adanya kadal air malaysia di posisi 1, padahal kadal air ga masuk sebagai 28 finalis lalu new7wonder juga ga pernah kasih urutan2nya, hanya grafik saja dukungannya menguat atau menurun…

    kedua ada broadcast yang bilang sekarang sms dukung KOMODO sudah gratis…tapi saya coba masih berkurang Rp.1,00…bukannya kesal karena ilang uang seperak tapi caranya itu loh yang ga suka…kalau mau bantu pariwisata kenapa harus bohong sih??

    gitu aja mas, thanks yaa

  170. ulasannya mantep!
    sy lebih mencatat yg ini … akibat kontes ini, akan ada pihak yang mendapatkan basis data nomor ponsel dari puluhan juta rakyat Indonesia. Ini adalah informasi yang sangat berharga, mungkin jauh lebih berharga daripada bayaran lisensi kepada New7Wonders. …
    ——————–
    terkadang kita TIDAK TAU atau TIDAK MAU TAU SOAL INI … BASIS DATA NO TELP AKTIP! walaupun ini DATA MENTAH ya tetap SEBUAH HARTA KARUN YG MENGGIURKAN

    apa arti pentingnya sebuah basis data? WOW, BANYAK BANGET! enggak percaya? CONTOH … di situs BLACK MARKET, sebuah DATA NASABAH BANK dengan predikat GOLD atau PLATINUM bisa BERHARGA MAHAL BANGET! … sebuah DATA POPULASI/ PENYEBARAN PENDUDUK adalah ALAT PENTING dalam menentukan sebuah KAMPANYE PRODUK ataupun INI YG PENTING – KAMPANYE POLITIK … siapa konsumen sebuah basis data? PRODUSEN, MARCOMM, POLITIKUS, PARTAI POLITIK, KONSULTAN dan lain-lain

    maaf kalau salah, sy kebetulan cari rejeki di dunia marcomm

  171. pada intinya ada satu hal yang saya tanyakan.

    selain berwacana, berteori, dan berpendapat sana sini.
    adakah satu saja action kongkrit yang sudah benar2 anda lakukan untuk promosi pariwisata indonesia? meningkatkan awareness bangsa idonesia?
    dan apakah itu juga dilakukan oleh sebagian besar rakyat indonesia (dalam hitungan jutaan)?

    vote komodo adalah satu2nya cara yang rakyat indonesia bisa lakukan saat ini. kongkrit, bisa dilakukan saat ini n hampir oleh setiap elemen rakyat indonesia, tanpa harus menunggu adanya program2 pemerintah untk promosi, peningkatan kesejahteraan yang kapan dimulai entah kita tidak tahu.

    “memang gak mungkin kalo gak ada efeknya. tapi tentunya ada cara lain yang lebih elegan untuk membentuk awareness.”

    “Mengapa uang yang terkumpul tidak kita gunakan untuk melestarikan?”

    apa programnya? siapa yang memulai ? bagaimana jalannya? sudahkah dimulai? efektifkah? berhasilkah? atau semua cuma berteori saja?

    vote komodo sampe sekarang adalah satu2nya cara kongkrit untuk membentuk awareness bangsa Indonesia.

    semua bilang, lebih baik ini, lebih baik itu..

    tapi semua cuma bilang…

    jangan hanya bilang, act!

    apa kontribusimu?

    vote komodo, dengan segala keterbatasan, lambatnya pemerintah dalam mempromosikan, lambatnya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan di the least developed province in indonesia, lambatnya pemerintah untuk ini itu.

    ini satu hal yang bisa lo lakukan

    dan percaya kita pasti untung kalo tau gimana memanfaatkan momen ini dengan baik

  172. alasan yang sangat mendalam, teori mantap, tapi untuk apa!, jika teori ini di pahami akhirnnya akan makan waktu, menimbang, memperhatikan, memikirkan, akhrinya tidak jadi jadi.

    dukung saja karena efeknya, komodo akan menjadi sorotan dunia!

    terlalu banyak teori yang anda paparkan mungkin benar, tapi tidak ada salahnya kan mendukung?

    coba bayangkan 1 hal jika saja para blogger diseluruh indonesia bersatu menayangkan banner dukung komodo untuk menjadi 7 ke ajaiban dunia pasti gaung nya akan lebih mantap, yah setidaknya di dunia maya.

    jika anda tidak mau menyumbang Rp. 1 ya silahkan tapi coba bantu dengan gaungkan komodo dengan cara lain.

    yaaa setidaknya sekarang moment nya

  173. Om, saya sepakat sejak awal sudah tidak menyukai publikasi yang terkesan memaksa rakyat untuk mendukung. Lagian menang atau tidak, rasanya tidak ada pengaruh apa2 dengan keberadaan komodo itu sendiri. Sekarang pun pulau komodo sudah terkenal dan sudah menjadi objek pariwisata.

  174. btw, di situs new7wonders.com sendiri nggak ada tuh voting sms. Adanya juga voting online atau voting via telpon (dengan tarif nasional)

    jadi sms yang konon jutaan itu mengalir ke mana dong?

    saya setuju dengan mas pri, kontes ini bukan sekedar banyak-banyakan vote, tapi banyak-banyakan setoran (di bawah meja) :P

  175. Sebelumnya saya ragu-ragu untuk mengirim SMS Komodo. Tetapi setelah membaca postingan Om Pri dan 280 komentarnya, akhirnya saya memutuskan untuk mengirim SMS juga. Ketik Komodo kirim ke 9818
    Bodoh? Ya. Keledai? Mungkin. Nggak ngerti juga? Biarin. Mau berlagak nasionalis? tidak, biasa saja.
    Lalu?
    Saya cuma ingin berbuat sesuatu. Saya tidak merasa dimanipulasi, saya merdeka. Saya hanya ingin berbuat sesuatu, selain ngabisin berjam2 di internet.
    Yang ada di pikiran saat ini hanyalah KOMODO dan ada hape jadul yg alhamdulillah ada pulsanya.
    Itu saja. Sekian :D

  176. saya juga udah kirim kok :D waktu itu ada yang ngajakin ya ikut vote aja, toh cuma 1… dan saya rasa tujuan TS disini adalah menjelaskan apakah N7w ini berguna atau nggak,..

    trus kalo soal jadi ada iklan besar besaran dan memperkenalkan pulau komodo, terbukti bahwa kalau ada niat, pemerintah bisa melakukan pengiklanan secara besar besaran tentang komodo ini. kenapa? karena apakah ada yang pernah mendapatkan iklan langsung dari pihak N7W? toh yang ngiklan juga TV, provider, duta komodo dsb… dan dengan motivasi agar menang n7w, beberapa pihak dengan giatnya iklan juga kan? kenapa ngga dari dulu? trus biaya seperti lisensi dan lain lainnya buat perbaikan sarana di pulau tersebut? lebih manfaat kan sebuah aksi daripada sebuah pengakuan??

  177. we often discussed about ‘vote komodo’ that controversial in the fact and motivation. This is excessive euphoria in Indonesia. #lebay

  178. ambil sisi postif dan buang yg negatifnya…apapun itu selama tidak merugikan indonesia ya jalan terus, tp kalo sudah merugikan halayak orang banyak dan mengandung unsur penipuan meskipun itu hanya 1 rupiah, harus kita stop.
    kejujuran mesti diutamakan

  179. woooow…ternyata banyak fakta di balik kegiatan ini, perlu pencerahan dan perlu banyak info mengenai hal ini, filter untuk setiap kegiatan yg menyangkut indonesiaku

  180. 1. Suatu analisa yang bagus. Tidak asal buka mulut.
    2. Bagi yang meragukan argumen di atas, coba anda cari situs web resmi-nya the New 7 Wonders – lalu teliti isinya.
    3. Bagi yang merasa bahwa P. Priyadi menulis blog ini dengan tujuan supaya negara lain menang, anda seharusnya mencalonkan diri untuk menjadi presiden RI.
    4. Yang berpikir bahwa setelah komodo menjadi salah satu dari the new 7 Wonders, coba hitung berapa turis mancanegara yang tiba tiba memutuskan untuk ke Indonesia untuk liat komodo gara gara komodo menjadi terkenal? Di negara negara luar, acara flora dan fauna sudah sering meliput komodo, banyak orang yang sudah ‘mengenal’ komodo. Yang membuat orang datang ke suatu tempat adalah hal hal yang menarik dan suasana menarik dari tempat tersebut, komodo bukanlah binatang yang ‘menarik’ dalam hal ini.

  181. Tulisan yang mencerahkan mas Pri. Saya setuju. Bulan Februari lalu saya juga pernah menulis artikel serupa di:

    http://daengbattala.com/new-7-wonders-dan-kontraversi-yang-menyertainya/

    http://daengbattala.com/kontraversi-n7w-alasan-lebay-komitmen-pemerintah-dan-kompetisi-tandingan/

    Pernah dibahas pula di Obsat dengan pembicara Todung Mulya Lubis, Pengacara Kemenbudpar, baca di

    http://daengbattala.com/catatan-dari-obrolan-langsatmenyoal-kisruh-n7w-dan-nominasi-tn-komodo/

  182. Huahahaha..

    Ternyata benar.. Whos Who international! penipu, scam! untung saya ga jadi.. dan jadinya belajar conversation pakai bahasa inggris dengan telepon hehe..

    Mas Priyadi ulas dong Whos Who ini biar lebih jelas,, diartikel lain. Soalnya dia ngaku dari Amrik tapi nomer jelas 021 *preet

  183. gw masih percaya sama swasta, toh ini media alternatif yg diharapkan dpt meningkatkan pariwisata indonesia.. memang anda sudah berbuat apa mas pri?? jujur ya gw lebih prcaya swasta drpd pemerintah,. banyak event2 alternatif yg bisa di sajikan.,
    kok nomor2 di kolekin bwt database no hp indonesia sgitu hebohnya., email anda di kolekin sm google yahoo diem aja?? data diri anda dijual oleh facebook? twitter?? dst2..! gimn mas? klo mau hidup aman ga usah berinteraksi dgn dunia luar aja..
    dan juga ini dananya dari swasta, bkn dr pemerintah,. malah gw skeptis sm orang2 indonesia yg mirip kyk anda pemikirannya, entah mau dibw kmn indonesia, ambil positifnya aja mas, klo ga ada event kyk gini masyarakat mana tau *bg yg blum tau*?,

  184. Ulasannya mantab
    Mau n7w itu kredebel ato nngga
    Itu urusan mereka,klo emang tau knapa baru sekarng baru ada ulasan ini mas bro
    Pernyataan dubes n7w abal2 kemarin2 kemana pak ???

  185. Saya sudah cek diinternet dan lihat beberapa berita di internet bagaimana keterlibatan presiden negara yang menjadi finalis 7wonders nature ini mengkampanyekan negaranya. Mulai dari Aquino even Obama. Hanya kita saja yang beberapa pejabatnya justru menantang itu. Sebenarnya mereka hanya jealous ajah, sirik ajah tuh dia. Sekali lagi dunia ini kan sudah era digital, jadi jangan Dubes itu bilang bahwa sudah tanya di sekitar situ tidak ada orang yang tahu itu, itu kan gaya cari alamat di RT/RW, buka donk websitenya.

    http://www.detiknews.com/read/2011/11/02/170907/1758680/10/ini-dia-penjelasan-jk-soal-kontroversi-vote-komodo?9911012

    lah di http://www.new7wonders.com/ aja ga ada halaman buat contact, di cari email jg ga ada, alamat tidak dicantumkan. JK sendiri ini yg belum buka website nya ya?

  186. Intervensi Indonesia dari luar sudah ada sejak jaman Kerajaan sampai kenegaraan, dan dalam berbagai versi pula.
    Jadi waspadalah, New7wonder hanyalah salah satu dari Intervensi ke Negara Kita.
    Apakah adil jika sekarang kita bisa menikmati alam Indonesia, namun dimasa mendatang anak cucu kita hanya bisa Menikmati lewat media?
    Kenapa harus dengan uang kalau bisa menjaga alam dengan diri kita?

    “Komodo dan Alam butuh kepedulian dari diri kita. Bukan butuh dari sms kita”

  187. Walaupun sudah dijelaskan berkali2, tetap saja masih ada yg salah paham. Tulisan di atas bukannya mengajak utk tdk mendukung komodo, tapi tidak mendukung new7wonders MENIPU nasionalisme kita.

  188. @ om pri….
    jelasin di media donk om pri…

    kalau om pri bawa bahasan ini dimedia pasti lebih berguna lagi..

    om pri bilang ga punya akses ke media.,
    tapikan biasanya media suka mendatangin nara sumbernya sendiri..
    apa lagi utk berita2 yg heboh,,
    om pri coba tawarin diri deh kemedia. ..

    biar banyak yg tau om pri…

  189. duh..duhh. . .ya udah laahh. . .
    yg pro biar pro.. yg kontra yaudah biarin..

    orang indonesia bisa ga sih ga bikin ribet gitu?
    toh dukung ga dukung jg ga dosa,
    semua orang kan punya hak, hak berpendapat, hak memilih, ya toh?

    diliat aja tar ke depannya gimana, klo emang menang, ya udah disyukuri, klo kalah iya anggap aja kurang beruntung, gampang kan. .?!?!

  190. #270

    Kalau pun setelah menang kontes N7W tidak ada peningkatan signifikan pada arus turis ke negara pemenang N7W, saya kira penyebabnya juga bisa macam-macam. Siapa tahu walaupun di suatu negara ada obyek pemenang kontes N7W tetapi obyek wisata yang lain kurang menarik sehingga bagi wisatawan berkantong pas-pasan tetapi ingin saat melancong bisa melihat banyak hal, negara tersebut ditempatkan di urutan bawah pada daftar negara yang akan dikunjungi.

    alasan memang bisa macam2. tapi dalam menyimpulkan saya juga sudah pakai pembanding negara2 bukan pemenang. memang belum komprehensif, tapi silakan saja kalau ada yang mau bikin perbandingan. datanya udah ada di luar sana, tinggal diolah. selain itu data saya dalam bentuk ‘kenaikan dari tahun lalu’, bukan angka absolut, jadi alasan di atas gak bisa diterima.

    alasan “mungkin ini, mungkin itu” tentu boleh saja, tapi selama gak ada hasil olah datanya, tentu gak bisa dipakai untuk menyanggah.

    #275:

    yah semua itu memang ada pro dan kontranya, dan juga semua itu ada hikmahnya ko, jadi tenang saja, mau vote silahkan, murah ini ko, bahkan saya gratis, mau tidak juga silahkan

    silakan lihat FAQ 3.

    saya pikir justru pemerintah benar sudah ikutan dalam acara new7woders ini, karena dengan ini maka seluruh rakyat indonesia bahkan dunia jadi tau bahwa ada pulau komodo di indonesia,

    silakan lihat FAQ 5.

    #278:

    Benar gak tuh mas?! Klo bikin opini kasi tau dong mas sumbernya biar kita bisa langsung ke TKP. :)

    TKP sudah saya buat dalam bentuk hyperlink. tinggal diklik aja :)

    #287:

    Asalkan hasile positip ya ga papa. Dari pada membunuh benih yg belum tahu buahnya.

    silakan baca FAQ 17

    #295:

    terakhir saran saya untuk mas pri, adalah kita pikirkan cara lain untuk mendukung TAMAN NASIONAL KOMODO tapi tidak dengan cara voting n7w ini. apa opsi nya? seandainya ada yang bisa menyalurkan opsi nasionalisme selain voting ini.

    sumbang langsung duit anda ke http://www.pilihkomodo.com/donasi/ :). mereka memang OSC New7Wonders, tapi bukan New7Wonders. harusnya mereka punya jalan untuk menyalurkan uang anda. kalau lewat donasi *harusnya* gak ada duit anda atau sponsor yang masuk New7Wonders.

    kalau gak nyaman dengan organisasi yang berafiliasi dengan New7Wonders, coba search google “yayasan komodo”, ada beberapa hit yang mungkin bisa ditindaklanjuti. sayangnya sekarang hasil search penuh dengan ‘sampah’ kontroversi ini :(.

    atau kalau ingin fokus ke komodonya, bisa juga hubungi kebun binatang terdekat. harusnya mereka tahu contact person yang tepat & kadang2 ngadain fund raising juga.

    #297:

    Materi post ini sebenarnya oke – oke saja. Klo fokus mencari kelebihan, pasti ketemu dan pasti ada alasannya. Klo fokus mencari kelemahan, pasti ketemu dan pasti ada alasannya juga.

    Cuma, post spt ini timingnya kurang pas. Apa tidak bisa menunggu hingga vote selesai? Latihan debat kan juga bisa dipilih waktunya mas.

    this is not a drill, this is real world situation :).

    #301:

    adakah satu saja action kongkrit yang sudah benar2 anda lakukan untuk promosi pariwisata indonesia? meningkatkan awareness bangsa idonesia?

    terus terang, kontribusi saya bukan di bidang pariwisata. tapi di bidang lain. setiap orang punya expertise masing2.

    dalam urusan komodo ini kontribusi saya adalah membagi informasi yang saya tahu kepada teman2 yang tidak tahu, supaya nasionalisme teman2 gak dieksploitasi demi kepentingan segelintir orang di luar sana.

    #303:

    dukung saja karena efeknya, komodo akan menjadi sorotan dunia!

    silakan baca FAQ 1, 5, 6, dan yang penting FAQ 17.

    #307:

    Saya cuma ingin berbuat sesuatu. Saya tidak merasa dimanipulasi, saya merdeka. Saya hanya ingin berbuat sesuatu, selain ngabisin berjam2 di internet.

    ini namanya ‘appeal to emotion’, atau hasil dari itu

    #315

    Om Pri, yang kadal air raksasa itu diulas juga dong, FAQ nya lum kelar.. kabarnya hoax ya?

    kadal airnya sih bukan hoax. yang hoax itu kadal air raksasa masuk nominasi new7wonders.

    #316:

    dan juga ini dananya dari swasta, bkn dr pemerintah,. malah gw skeptis sm orang2 indonesia yg mirip kyk anda pemikirannya, entah mau dibw kmn indonesia, ambil positifnya aja mas, klo ga ada event kyk gini masyarakat mana tau *bg yg blum tau*?,

    lihat FAQ 17.

    #318:

    Mau n7w itu kredebel ato nngga
    Itu urusan mereka,klo emang tau knapa baru sekarng baru ada ulasan ini mas bro

    bro, saya sih udah bahas ini dari tahun 2007, cuma dulu yang baca gak sebanyak sekarang.

    #321:

    om pri bilang ga punya akses ke media.,
    tapikan biasanya media suka mendatangin nara sumbernya sendiri..
    apa lagi utk berita2 yg heboh,,
    om pri coba tawarin diri deh kemedia. ..

    kalau ditawarin ok ok aja. tapi kalo datang sendiri gak mau ah :D

  191. Dear Om Pri, makasih ya atas risetnya yang menyeluruh, objektif dan jernih. Di tengah banyaknya noise ttg Komodo di N7W ini, upaya Om Pri susah payah ngeriset dgn argumen2 link serta logika yang disodorkan adalah suatu referensi yang segar untuk publik awam (seperti saya, misalnya).

    Saya heran, lembaga pers yang seharusnya memverifikasi informasi dan bertujuan untuk berpihak pada kepentingan publik (dgn memberi informasi yg jernih) malah tidak ada yang mau menginvest waktunya dengan melakukan riset seperti yang Om Pri lakukan. Mereka hanya menjadi platform bagi pihak2 yang bertikai utk menyuarakan pendapat mereka, tanpa dapat memberikan rekomendasi yang jernih dan logis mengenai kontroversi ini.

    You don’t need to be executive director of an international organization to prove your words. You only need strong arguments supported with solid facts and clear logic. You are a true public guardian. Thanks.

  192. Ah wa abstain aja … sms kagak…dukung kagak…ngelarang juga kagak… Ambil Positif and negatif nya aja ….
    1. Terserah #SLANKERS
    2. Ambil Indahnya #OI

  193. Mas kalau pake teori kebalikan misalkan seluruh rakyat pada ga setuju sama namanya new7wonder, apakah mas akan buat blog “mari majukan new7wonder” kayaknya jadi beken ne blognya gara2 isinya kontra dengan trend sekarang hehehehe

  194. Sebenarnya dari bbrp mggu yg lalu banyak teman yg ajak saya untuk sms vote komodo. Tp rasanya hati saya tidak pernah tergugah. Selain masalah anehnya metode pemilihan, atau ketidakjelasan yayasan new 7 wonder, saya sering mikir kalo sudah jadi ‘keajaiban’ lalu apa yg terjadi? Saya yakin sebagian besar orang2 cm terpancing “jadikan komodo sebagai keajaiban dunia” saya yakin sebagian besar belum pernah mengunjungi pulau komodo langsung.

    Maka dari itu saya ingin ketawa waktu teman bilang, “nanti pariwisata pulau komodo lebih maju” saya merinding dengernya. Banyak orang tdk tahu bahwa status pulau komodo adalah Taman Nasional. Tempat melindungi satwa2 yg terancam punah. Kalau tempat tersebut dibangun demi mengejar pariwisata kelas dunia, hancur sudah habitat komodo.

    Perlu anda pikir ulang, bagi yg merasa telah menjadi pahlawan dengan mengirim vote sms. Apakah anda benar2 peduli dengan komodo atau anda peduli dgn kebanggaan anda menjadi bagian dari icon yang masuk nominasi dunia??

    Apakah dengan membuat orang mengenal komodo dgn kampanye besar2an, lantas mereka menjadi peduli dg satwa langka komodo. Tidak. Mereka peduli krn bangga dan harapan agar menjadi bagian dari gelar ‘keajaiban dunia’. Kalau anda peduli dg komodo yg sesungguhnya, anda tdk akan membiarkan habitat mereka (yg notabene taman nasional) dipenuhi polusi atas nama pembangunan akses pariwisata. Jika itu terjadi, nasib komodo di pulau komodo tdk akan jauh berbeda dg nasib komodo di kebun binatang surabaya yg semakin kotor dan dipenuhi polusi. Terakhir, komodo di KBS banyak yang mati.

    Harusnya pemerintah lebih arif memikirkan dampak ke depannya. Komodo ini kan langka, diklaim hanya ada di indonesia, harusnya memang akses menuju habitat satwa ini tdk sembarangan dibuka utk umum. Apalagi komodo itu tdk suka suasana bising, itu sudah banyak contoh di kebun binatang surabaya yg drsebelahan dgn jalan utama yg padat kendaraan penuh polusi dan didatangi bnyak pgunjung yg meninggalkan bnyak sampah, komodo dan binatang lainnya bnyak yg mati. Tempat wisata lain dgn daya dukung wisata yg lebih memadai (bukan tempat perlindungan satwa super langka)kan masih banyak.

    Ya itu saja tambahan dr saya. Artikelnya bagus, saya suka. Semoga teman2 mempertimbangkan lagi matang2 sebelum memilih.

  195. kita sering mengabaikan kontrol terhadap sumbangan kita atas nama keihlasan. aku pikir ini adalah bentuk kontrol masyarakat untuk efektifitas setiap sumbangan dan rasa kepedulian yang kita berikan walau hanya rp 1 sekalipun.ini proses belajar yang bagus sekali , agar kita berani juga mengontrol sumbangan lain yang besarnya pasti lebih dari rp 1 tadi

  196. salam kenal mas, terima kasih atas pencerahannya..
    dari awal saya sudah membaca artikel dan komentar teman – teman disini.

    dan yang bisa sedikit saya tangkap “bagaimana kalo 1 rupiah itu disumbangkan ke komodo langsung?agar digunakan sebagai bantuan memperbaiki serta memperindah wisata komodo tersebut”

    kenapa mas tidak mencoba menggalang dana dari rakyat Indonesia tersebut dibantu lembaga-lembaga yg berwenang daripada kita mem-sms yang hasilnya belum tentu dikembalikan ke komodo.

    demikian sedikit ide yang saya ungkapkan…
    mudahan bisa diteruskan ke kawan-kawan yang lain.

    dan mas bisa minta bantuan ke kawan – kawan blogger agar dapat membantu merealisasikan wacana ini..

  197. thanks banget mas artikelnya! analisisnya keren, bener2 bikin pemahaman jadi terbuka. :) keep posting dan dukung pulau komodo! *yang pasti bukan lewat n7w* :D

  198. Saya suka dengan pendapat #327. Sama dengan pemikiran saya juga. Binatang komodo sudah hidup beribu ribu tahun, mungkin juga jutaan tahun, tanpa campur tangan manusia. Justru karena keterisolasiannya dari tempat lain, komodo itu bisa exist di pulau tersebut. Sementara kalau di pulau lain yang banyak manusia, justru akan terbunuh karena merupakan binatang berbahaya yg manusia akan merasa terancam. Sebagai contoh, siapa sih yang suka di dekat rumahnya ada buaya atau singa? Walau mungkin tidak secara langsung membunuhnya, tapi cara hidup manusia mungkin akan mengganggu rantai makanan yang menjadi kunci kehidupan komodo, dan juga kontaminasi dari sampah manusia ke habitat komodo, termasuk resiko manusia naik mobil lalu nabrak komodo (berapa kali saya lihat biawak mati tertabrak di Trans Sumatra?)

    Contoh lain adalah binatang di Kepulauan Galapagos, yang unik karena juga terisolasi seperti Pulau Komodo. Mereka sekarang terancam karena tumpahan minyak dari kapal yg bocor : http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0025326X03001590 atau http://www.nature.com/nature/journal/v417/n6889/fig_tab/417607a_F2.html

    Jadi sekiranya Pulau Komodo jadi terkenal, apakah diharapkan turis jadi berbondong bondong ke sana? Kok ya malah tidak sesuai dengan tujuan konservasi-nya? Lain kalau dibandingkan dengan Niagara Falls, Borobudur dll, makin banyak dikenal, makin banyak turis, itu bagus, karena banyak tiket bisa dijual. Tapi untuk Pulau Komodo, malah lebih bagus kalau ada dana, malah dibuat untuk me-relokasikan orang yang bukan pengurus Taman Nasional untuk keluar dari Pulau Komodo.

    Saya sendiri tidak melakukan voting, karena 3 hal. Yang pertama adalah tidak percaya N7Wonder adalah pihak yang credible. Yang kedua saya adalah tujuan kepopuleran untuk menarik wisatawan, spt yang diklaim N7W kok malah justru bertentangan dengan tujuan konservasi. Yang ketiga adalah saya tidak percaya dengan vanity contest yg isinya cuman kirim vote sebanyak banyaknya tidak peduli berapa jumlah manusia yang melakukan vote (bisa jadi cuman 1 orang kirim 1000 vote sehari)

  199. jadi inget lagu kanak-kanak yang salah satu syairnya begini “komodo dari mana? sulawesi tenggara…”

  200. setuju banget mas. saat ini rakyat Indonesia sedang berada si rasa nasionalis atau dibodohi. Saya rasa orang2 yg memilih untuk tidak ikut2an N7W lah yg benar2 mempunyai rasa nasionalisme tinggi. yg tidak mau diinjak2 penjajahan model baru. Hidup TMK. tuntut N7W!!!!

  201. harus nya lembaga seperti ini menilai dengan obyektif.,
    tidak dengan sms..

    sudah banyak event2 seperti kontes nyanti atau apalah di indonesia yg mendapatkan hasil akhir ga memuaskan dengan cara mengirimkan sms.

  202. Jika tujuan mereka yg ikut vote sms komodo supaya menaikkan kunjungan wisata ke TNK berarti telah ikut mempercepat punahnya komodo. kelestarian komodo bisa exist sampai sekarang justru karena tanpa ada kunjungan manusia kesana.

  203. Saya termasuk orang yang sering mengirim SMS ke 9818, buat saya menyumbang Rp.1 tidak ada artinya dibandingkan dengan pengembangan pariwisata di Pulau Komodo dan sekitarnya. Wisata di Pulau Komodo bukan hanya ‘menonton’ Komodo tapi juga ada wisata taman laut yang sangat indah, yang mana dapat juga terangkat jika Pulau Komodo semakin dikenal. Bagi saya, apakah “new7wonders” itu adalah lembaga abal2 atau kredibel tidaklah penting, yang penting adalah dia dengan caranya sendiri telah mempromosikan TNK di dalam negeri (luar negeri belum tentu). Saya juga berterima kasih kepada Pak Pri yang juga punya cara sendiri untuk mempromosikan TNK, walaupun berbeda tujuan dan cara tapi hasilnya sama, orang-orang Indonesia sekarang saya yakin lebih aware dgn TNK

  204. Kenyataannya kalau suatu situs keajaiban hanya di tentukan oleh banyaknya jumlah sms, maka tidak akan ada situs ajaib di negara yang penduduknya sedikit dan “miskin”. MAKASIH PAK ATAS PENCERAHANNYA

  205. Tulisannya sangat mendetail dan gaya FAQ-nya cocok :) Kebetulan saya juga mengikuti berita ini sejak ada kasus dengan kemenbudpar dan mendukung apa yang dilakukan kemenbudpar.
    Mungkin bagi yang ingin ikut terus berpartisipasi tetap memiliki kepercayaan bahwa kerugian secara materiil toh akan tertutupi dengan keuntungan non-materiil di masa depan (meskipun perhitungan kemenbudpar dulu menyatakan sebaliknya). Tentu tidak mudah bagi masyarakat awam menilai mana yang benar.
    Saya sendiri saat ini kurang simpati dengan tema kampanyenya yang terlalu menonjolkan “7 Keajaiban Dunia” yang mana kita semua disini paham “7 Keajaiban Dunia” yang seperti apa yang sedang dikampanyekan itu.

  206. “Mau n7w itu kredebel ato nngga
    Itu urusan mereka,klo emang tau knapa baru sekarng baru ada ulasan ini mas bro

    bro, saya sih udah bahas ini dari tahun 2007, cuma dulu yang baca gak sebanyak sekarang”

    (salah satu hasiL dr Sebaran SMs dan BBM yg mmg Lg Booming)
    Sy termasuk oRg yG “Latah” dgn berita iNi, awaLx dpet BBM, trus
    Kirim sms. Berikutx dpt bbm lg, akhirx aku kirim ke semua kontak dHP.
    awalx mrsa, ya… Sy akan dukung… Tdak ada salahx kita mendukung alam ini.

    Tapi stlh baca blog ini (kiriman dr tman sy), sy baca perlahan, stiap pernyataan sy baca seksama. Hasilnya (mmg) sy br tau, klu N7W itu pihak yg (mgkn) ingin mengambil keuntungan.
    Tp klu ditelaah, dmna org di dunia ini yg tdk mengambil keuntungan walaupun dibalik kerjaanx dia memberikan manfaat buat org lain.
    Tdak smua org tau bhw Komodo dan P.Komodonya itu ada di Indonesia apalagi di NTB. Dgn adax pemilihan ini, org2 akan searching melalui media apapun u/ mengetahuix (terutama anak bangsa).

    MengingaT shrsx P.komodo slalu dan terus harus di konservasi, penjagaan ke pulau trsbt hrs ditingkatkan. Sama halx dgn Bali, tnpa di rawat, balipun akan rusak dgn sndirix!
    Sypun mendukung pak JK dan LSMnya, wlpun ada bumbu politik (mgkn) ddlmx,.
    Yang pasti-pasti aja,
    N7W pihak swasta yg hakx jg ada, sm sprt bang Pri yg pux hak nulis,
    Hidup itu butuh perantara, simbiosismutualisme,
    Kali aja, dr phak swasta indo mau buat “N7I” biaR smua Pariwisata dan kemegahan alam Indonesia bs dikenalkan (walaupun hax u/ warganya sendiri), knp tdak?

  207. Analisa yang bagus Om Pri. Dari dulu saya kurang begitu yakin dengan kontes/lomba dengan sistem Vote SMS -> gak jelas penilaiannya.

  208. Aku udah baca logis banget emang. Banyak FAQ yang dijawab dengan sangat logis, dan iso diterima. Aku mau tanya. Cara realita untuk memopulerkan/mendukung komodo ini gimana?
    Kek nya disitu gak disebutin.
    Kesimpulan : cara mendukung/memopulerkan komodo dengan tidak melakukan apa2 =))
    a few seconds ago · Like

  209. Saya baru baca kompas hari ini 03/11/2011, ternyata SMS 1 rupiah di subsidi dari dana CSR para provider, artinya jika sama normal sebesar 150 rupiah dan dana untuk komodo 1 rupiah, maka provider dianggap mengeluarkan dana csr sebesar 149 rupiah.Jika ini dikalikan dengan target 30.000.000 peng-sms, kita bisa bayangkan berapa nominal yang dikeluarkan.Dan dari nominal itu berapa yang di bayarkan ke N7W? andai dana CSR itu dipergunakan untuk membiayai infrastruktur di wilayah dampak kegiatan provider, pendidikan dan kesehatan maka itu jauh lebih berguna di bandingkan dengan memberikan dana itu ke N7W atau sponsorship provider dalam kegiatan ini.Aneh banget tim pemenangan pulau komodo tidak membuka ini ke publik? dan saya gak bisa bayangkan berapa dana CSR para provider indonesia jika mereka memakai hasil N7W ini jika kelak komodo menang sebagai bahan marketing mereka.its so pathetic:(

  210. Saran Pak, coba dikasih tanggal postingan ini terakhir direvisi :-)

    Oia saya berharap semoga apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Pak Priyadi benar-benar ditangkap dengan benar oleh para pembaca.

    Kalau saya sendiri, dengan adanya tulisan ini, Pak Pri berharap agar masyarakat tidak usah latah dengan adanya gerakan sms voting mendukung Pulau Komodo di kompetisi New7Wonders.

    Sebenarnya tidak salah juga jika mengirim sms untuk mendukung Pulau Komodo, hanya saja Pak Pri ingin meluruskan bahwa sebenarnya ada yang lebih penting dilakukan daripada mengirim sms kepada organisasi tersebut.

    Dengan kemenangan tersebut, tak lantas Komodo akan menjadi terkenal dan akan banyak dikunjungi wisatawan asing. Karena kredibilitas organisasi tersebut diragukan.

    Dengan menjadi pemenang pun, nantinya pemasaran akan dilakukan oleh pihak pemenang dan juga tidak ada `bagi hasil keuntungan` antara pihak new7wonders dengan pemenang.

    Kalah pun tak masalah sebenarnya, karena sebelum ada new7wonders pun, Pulau Komodo mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

    Jadi ya monggo mau kirim sms atau tidak. That’s a choice. Cuman ya monggo cari informasi dahulu sebelum kirim sms. Bukan cuma ikut-ikutan ngirim :-)

    Begitukah, Pak ? Semoga makna postingan yang saya dapat ini sama dengan apa yang dimaksud Pak Pri :-)

    Salam Pak. Saya kagum dengan pemaparan Anda.

  211. hhahhaa…emang dari awal juga udah ga meyakinkan…keajaiban dunia ko di pilih dari KUANTITAS VOTE SMS….aneeeh..ga objektif bgt….nice infooo gan

  212. Ini sama saja dgn org yg ketakutan mengklik ad-sense pay per klik pada website org, karena dgn mengklik yg punya website akan mendapat pee, padahal yg mengklik tdk dirugikan sama sekali.. Paranoid

  213. am yunus, anda mau menang tapi harus bayar biaya untuk menang? maladewa saja gak mau? http://www.detiknews.com/read/2011/10/20/171949/1748952/1148/kisruh-komodo-juga-jadi-alasan-maladewa-mundur-dari-new7wonders

    Kalo menang nanti negara pemenang akan urus sendiri biaya pemasarannya?

    Gak usah menang juga udah dipasarin itu komodo, nunggu menang dulu baru dipasarin?

    Mo bantu pemerintah masarin komodo?, coba itu update blog anda dengan tulis tentang komodo, jangan tulis suruh orang sms buat menang kontes ini.

  214. keajaiban dunia kok pake sms, keajaiban dunia itu gak usah dibandingkan, tapi dibukukan, dilestarikan
    , aneh

  215. Gue malah bingung untuk orang-orang yang pengen P. Komodo jadi tempat PARIWISATA. Seriously, do some research. That thing is poisonous, vicious and it can run, swim, and climb trees. You seriously want to take a holiday with THAT?

    Kita ngga butuh vote ini, karena ngga ada yang perlu dipasarin. Pulaunya sendiri tandus, kecil, dan ngga ada apa-apa selain komodo dan tempat diving. Plus, kalau kalian liat sendiri di tempat pariwisata, yang ada adalah perusakan ekologis. If you care about Komodo, THEN STOP TURNING IT INTO A FUCKING BEACH RESORT.

  216. hahahaha gak ngefek ma aq…..hingga hari ini saya ngebut vote komodo….tererah orang ngomong…intinya disaat ada kebanggaan lagi yang menduania kenapa tidak….KOMODO island dulu sepi gak serame sekarang….toh cuma 1 rupiah ga bikin kantong protes….presiden korea di akunt twiternya tuh meminta rkyatny dukung jeju, presiden israel mengizinkan rakyatnya bugil berjamaah 1000 orang di laut mati, presiden pilipina, vietnam,uni emirat arab yang gencar dan heboh hingga hari ini, dan lain sebagainya…so knp kita juga enggak? kita tahu kan mreka bukan org sembarangan buat dikadalin atau ditipu?

  217. http://www.jpnn.com/read/2011/11/02/107196/Vote-Komodo-Hanya-Akal-Akalan
    TU DIBACA YA KALIAN SEMUA….ap kita ga malu, kalian tau semua kan nama2 itu bukan orang sembarangan? gak mungkin mereka asal2n nge vote tanpa liat background, atau trekrekord panitianya….tambah lagi yah bukan hanya tu, buka tu twitter resminya presiden korea yang gencar promosiin jeju island…blum lagi vietnam dsb….INI SOAL KEBANGGAN boy…kebanggan bersama…so knpa kita mau dipecah belah, ap mungkin benr ya, bangsa kita gampang bgt dipengaruhi dan gampang bagt diombangambingkan ky gini….ad ayu tingting smuanya ikut2na nyanyi ayu ting2, ad syahrini smuanya ikutan….sedikit ja isu kalian gmpang bgt terbawa, tak melihat bner gaknya…gni ja deh lupakan sapa yang ngadain tapi liahatlah dampaknya, bicara fakta sajalah…pamor yang menang N7W tu melejit, KOMODO belum menang ja sudah WOW meningktnya pengunjungnya, apa lagi menang…n liatlah kondisi di NTT, MISKIn brow, cobalah kalo kOMODO menang tambah banyak dan peluang…kita samakan saja dengan balai lah, mereka hidup dari pariwisata brow….lha NTT miskin dan mengenaskan, tanahnya tandus so mw ngandalin ap lagi, pariwisata cuma komodo dan belum populer bgt, padahal pantainya amazing2…tp sapa yang tau klo pantai dan lautnya mantab, karang dan bawah lautnya bner2 termasuk ke;las dunia kaya dan indah…..so?

  218. memang bangsa yang amburadul….
    cuma bisa ikut2an ja tanpa berfikir panjang.

    makasih infox,,untung belum ngvote…hehehe

  219. Tahunya kita adalah dari baca blog sana sini, web sana sini, denger / liat di tv, trus pada komen…. So pada dasarnya berapa persen sih yang kita benar-2 tahu ? Mending kaya’ Pak Djoko atawa ibu Emy Hafidz yg bersentuhan langsung dengan mereka. Lha kita ? cuman modal baca, liat web, liat tv trus komeng… be wise guys. Kebaikan yang kita tularkan akan membawa berkah dan sebaliknya. So ber-Baik sangka lah kita….

  220. nasionalisme perlu.. tetapi tidak seperti ini..
    dukung komodo sebagai bagian identitas bangsa dan..
    jangan dijual sebagai dagangan politik..

  221. Saya mendukung usaha-usaha tanpa lelah Pak Priyadi untuk mengeducate masyarakat kita khususnya dalam kasus ini. Dalam setiap usaha berdasarkan niatan baik selalu ada prasangka buruk, komentar sinis, dll bahkan ekstrimnya berupa cacian yang dapat mematahkan hati. Tapi jangan lupa, dari sekian pembaca yang keep silent, mereka banyak yang telah dicerahkan melalui tulisan-tulisan anda ini. Saya salah satunya. Thanks.

  222. Salam kenal mas Priyadi, terima kasih atas pencerahannya. Sejak awal new7wonder thn 2007 saya juga skeptis ttg mereka, dan makin lama semakin kelihatan belangnya. Saya sudah coba berikan opini yg mensadarkan potensi kerugian dari acara ini di koment detik.com, tapi sepertinya dapat resistensi hebat dari kelompok yang pro new7wonders… Sedih juga lihat sebagian masyarakat kita masih dibutakan nasionalisme sempit tanpa mau berpikir sejenak dan crosscheck… Saya sekarang hanya berharap, semoga acara ini jadi “happy ending” dan jangan sampai membuat masyarakat jadi marah setelah mengetahui bahwa “ada apa2” di balik acara ini. Apa pun yang akan dialami kita nanti setelah acara ini usai, semoga itu akan jadi pembelajaran supaya masyarakat belajar berpikir secara bijak (bisa nggak ya?). Bravo mas Priyadi, salut pada keberanian anda membuka kebenaran dari silau dan hingarbingar kebodohan yang membutakan kita.

  223. New 7 WOnders sudah jelas lepas dari bagian UNESCO. Sudah jelas juga adalah sebuah scam. Sudah jelas pula bahwa yayasan tersebut dikelola swasta dan tidak punya kantor resmi. Sudah jelas pula negara-negara peserta dimintai duit. Sudah jelas pula Komodo tetap dianggap sebagai keajaiban dunia.

    Dan sungguh lucu klo masih menganggap New 7 Wonders lembaga resmi UNESCO. menganggap bukan scam, menganggap sekalipun tidak punya kantor ndak papa, bahkan dianggap klo ndak ikut maka pulau Komodo ndak terkenal.

    Apakah dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau Komodo akan membuat komodo bisa dilestarikan? Sungguh aneh.

    Kasihan ngelihat orang-orang ditroll soal mendukung komodo ini.

  224. mas pri, saia izin copas ya, livelink saia pasang lengkap. Saia ingin mengedukasi pembaca blog saia tentang masalah ini. Soalnya kalo saia nulis sendiri kemungkinan besar gak bakal bisa selengkap ini. makasih.

  225. Saya cuman binun 1, apakah mas Pri baca semua komen2ini
    Panjaaaang bnr. Buat yg ngga tau siapa mas pri, coba buka wikipedia dulu br bicara. Setau sya mas pri adlh blogger senior dan saya percsya kapabilitasnya. Katanya ngga punya akses media, pak? Saya banyak temen di media online. Perlu diekpos lbh luas nih, mas. Apalgi penjelasan Anda sangat logis dan banyak refrensi.
    Angkat topi untuk anda

  226. Cara berpikir orang2 memang berbeda. dan terkadang suka terjebak dengan sesuatu hal, tanpa memikirkannya secara dalam. salut buat mas priyadi. yang bisa memaparkan begitu luas. saya juga kurang setuju untuk mengenalkan “KOMODO” dengan cara kirim SMS bgt…

  227. Terus terang saya sangat prihatin dengan polemik N7W ini. Orang sekaliber JK yg sangat saya kagumi, kok bisa2xnya dibodohin.

  228. #331:

    Mas kalau pake teori kebalikan misalkan seluruh rakyat pada ga setuju sama namanya new7wonder, apakah mas akan buat blog “mari majukan new7wonder” kayaknya jadi beken ne blognya gara2 isinya kontra dengan trend sekarang hehehehe

    ah, ngga juga :). tujuannya bukan cari beken, tapi nulis tentang kebenaran. dan saya udah nulis ini dari dulu walaupun dulu ngga beken :).

    #341:

    Wisata di Pulau Komodo bukan hanya ‘menonton’ Komodo tapi juga ada wisata taman laut yang sangat indah, yang mana dapat juga terangkat jika Pulau Komodo semakin dikenal. Bagi saya, apakah “new7wonders” itu adalah lembaga abal2 atau kredibel tidaklah penting, yang penting adalah dia dengan caranya sendiri telah mempromosikan TNK di dalam negeri (luar negeri belum tentu).

    lihat FAQ 17.

    #345:

    Itu urusan mereka,klo emang tau knapa baru sekarng baru ada ulasan ini mas bro

    saya udah nulis ini dari tahun 2007. bedanya dulu gak banyak yang baca.

    Tp klu ditelaah, dmna org di dunia ini yg tdk mengambil keuntungan walaupun dibalik kerjaanx dia memberikan manfaat buat org lain.

    bukan masalah ambil untung atau tidak, tapi caranya mendapatkan keuntungan. gayus misalnya, dia gak bisa pake excuse “saya korupsi, tapi siapa sih di dunia ini yang gak ambil keuntungan?”

    soal manfaat buat yang lain, silakan lihat FAQ 17. selain itu salah kalau ‘manfaat’ diterima dari New7Wonders, karena New7Wonders sama sekali tidak keluar duit untuk promosi. promosi itu kita2 juga yang lakukan.

    #353:

    Ini sih postingan org yg apriori terus, semua-muanya dicuriga. Kapan bisa maju..

    bukan curiga, tapi buktinya sudah ada. tulisan saya sudah dilengkapi dengan berbagai referensi yang tinggal diklik.

    #354:

    Dimana jiwa sosial kita, kalau cuman minta support Rp 1 aja ketakutannya luar biasa :-)

    baca FAQ nomor 3.

    #355:

    Ini sama saja dgn org yg ketakutan mengklik ad-sense pay per klik pada website org, karena dgn mengklik yg punya website akan mendapat pee, padahal yg mengklik tdk dirugikan sama sekali.. Paranoid

    analoginya ada yang kurang: pengunjung disuruh secara aktif untuk klik iklan. kalau ini ketahuan google, maka akun adsensenya akan diblokir. yang rugi adalah pemasang iklan.

    yaaa, kurang lebih sama dengan situasi New7Wonders. pemasang iklan rugi karena rupanya New7Wonders tidak memberi nilai tambah kepada publik.

    #360:

    toh cuma 1 rupiah ga bikin kantong protes

    baca FAQ nomor 3

    presiden korea di akunt twiternya tuh meminta rkyatny dukung jeju, presiden israel mengizinkan rakyatnya bugil berjamaah 1000 orang di laut mati, presiden pilipina, vietnam,uni emirat arab yang gencar dan heboh hingga hari ini, dan lain sebagainya…so knp kita juga enggak?

    baca FAQ nomor 18

    #361:

    TU DIBACA YA KALIAN SEMUA….ap kita ga malu, kalian tau semua kan nama2 itu bukan orang sembarangan? gak mungkin mereka asal2n nge vote tanpa liat background, atau trekrekord panitianya….tambah lagi yah bukan hanya tu, buka tu twitter resminya presiden korea yang gencar promosiin jeju island…blum lagi vietnam dsb

    baca FAQ nomor 18

    ni ja deh lupakan sapa yang ngadain tapi liahatlah dampaknya, bicara fakta sajalah…pamor yang menang N7W tu melejit, KOMODO belum menang ja sudah WOW meningktnya pengunjungnya, apa lagi menang…

    baca FAQ nomor 5, 6 dan 17.

    #364:

    Mending kaya’ Pak Djoko atawa ibu Emy Hafidz yg bersentuhan langsung dengan mereka. Lha kita ? cuman modal baca, liat web, liat tv trus komeng…

    kalau lihat komentar2 tim P2Komodo di media, rasanya mereka juga gak tahu lebih banyak daripada yang sudah kita ketahui di situs web. pernyataan mereka dapat mudah diverifikasi dari informasi2 yang ada di internet.

    #373:

    INDONESIA BUTUH ORANG-ORANG YANG BERTINDAK… BUKAN TULISAN YANG MENEBAR PRASANGKA NEGATIF…

    ini bukan prasangka, tapi fakta. seluruh referensi telah saya buatkan hiperlinknya di tulisan saya. tinggal diklik kalau mau anda mau info lebih lanjut.

    http://internasional.kompas.co m/read/2011/11/03/14014977/Pem impin.Dunia.Ikut.Pemilihan.New 7Wonders

    silakan baca FAQ 18

  229. AYO DUKUNG KOMODO .. ketik KODOMO kirim ke 9818 skrng utk semua operator ( GRATIS ) …

    jujur walau ini penipuan International tp klo komodo menang sy ttep Bangga… paling tidak dunia tau melalui Internet bahwa Indonesia masuk 10 besar.

  230. Salam, all.
    Seandainya Komodo jadi 7 wonders sekalipun, apakah keadaan Indonesia jadi lebih baik?
    ::Question::

    Entahlah… Masih banyak yang perlu kita kerjakan dari pada sekedar polemik komodo..

    Peace..

  231. Cara menjawab kritikan yang sangat tuntas. Justru saya tertarik dengan cara menganalisisnya daripada yang dianalisis. Postingan yang bagus. Beginilah kalau seorang yang menguasai Ilmu berpikir menulis. Saluut.

  232. pak pri blognya rame..nice post!!salut!
    Tapi sedikit koreksi buat #212: saya orang NTB, dan pulau Komodo bukan di prov. NTB, tapi di NTT mas. Masalah komentar yang bilang ‘hitung-hitung promosi’supaya turis semakin banyak, justru semakin mengancam habitat komodo (opini saya:D). Karena Pulau Komodo bukan seperti Bali atau TMII yang semakin ramai semakin bagus. Yang perlu justru pendanaan untuk kelestarian vegetasinya.
    Buat Pak Pri, sekali lagi salut,ulasan yang cerdas. Dan sekali lagi Pulau Komodo bukan di NTB, tapi NTT. Thanks atas pencerahannya:)

  233. Dari awal emang saya gak mau ikutan vote, meskipun dibilang cuma Rp. 1 bahkan kalau GRATIS juga gak mau. Soalnya gak mau bersentuhan dengan yang namanya nomor PREMIUM… :)

  234. artikel bagus dan mencerdaskan. Untunglah saya gak terlalu nasionalis, biasa-biasa aja, dan sejak awal saya mmg gak peduli sama kontes komodo ini. Apalagi berdasarkan jumlah sms/populer, udah bisa ditebak pasti kontes yg gak jelas apalagi manfaat, kecuali sementara.

    MamaWorm

  235. kasian juga perusahaan swasta nasional (operator telpon, dll). CSR yg seharusnya mereka kasih ke masyarakat, e malah diambil oleh n7w.

  236. Saya sudah beberapa kali nge-link ke FAQ ini, awal-awalnya enak baca komentar — (Saya baca tulisannya cuma sekilas, lebih enak baca komentarnya aja .. hehehe) — Ehh .. setelah komentarnya mencapai ratusan, agak repot juga yaa .. Akhirnya saya pilihi komentar yang dikomentari/ditanggapi oleh Priyadi, jadi lebih enak bacanya.

    Saluut dg Bung Priyadi yg tetap berpikir jernih membagi informasi meski dicaci maki.

    Usul: Dibuat aja rangkuman : Komentar & tanggapan .. biar kita bacanya lebih enak hehehe …

  237. Hahahaha… salut sama om Priyadi yg masih mau dgn sabar melayani komentar2 yg masuk. Kalo saya mungkin sudah saya tutup kolom komentarnya, om. :D

    Saya heran, kesannya sebagian org susah banget ya utk paham bahwa tak setuju dgn New 7 Wonders (N7W) bukan berarti tak mendukung konservasi komodo (berikut TNK dan wisata di sana), apalagi sampai menuduh gak nasionalis segala. Susah banget utk paham bahwa musuh kita bersama dlm kasus ini adalah panitia N7W, bukan om Priyadi pun bukan komodo. Bahkan jika N7W berhasil menghelat acara dan mengukuhkan komodo sbg pemenang, tetap saja ini adalah vanity scam.

    Secara personal para pendukung vote komodo memang gak dirugikan krn SMS-nya cuma 1 rp, tapi secara bersama, bangsa kita telah ditipu oleh panitia N7W. Menang atau kalah tetap saja kita ditipu. Betul kata om Priyadi, ini penghinaan buat intelektual kita atas nama ego nasionalisme. :p

    Bayangkan gini aja deh… saya buat situs utk kontes 10 orang terganteng di Indonesia dgn memilih 100 org finalis dari setiap daerah di Indonesia. Lalu saya minta uang pada 100 org tsb utk tetap jadi finalis harus bayar ke saya, misal 100 juta. Kalo gak bayar, saya keluarkan dia dari kandidat. Perkara mereka ganteng beneran ato nggak, itu gak penting. Buat saya yg penting mereka mau bayar. Lalu saya kerjasama dgn operator telko dan televisi utk memasarkan situs saya tsb dan mengadakan voting SMS terbuka. Kalo saya punya koneksi, saya bisa minta bantuan ke org2 terkenal utk bantu promo situs saya. Ke om Priyadi misalnya. :D (tertarik om?)

    Kota yg mau menjadi tuan rumah pengumuman juga harus bayar ke saya, 10 milyar misalnya. Kalo gak mau bayar, saya pilih kota lain. Setelah diumumkan siapa 10 org pemenangnya, saya gak mau ngurus mereka lagi. Bahkan 10 pemenang itu gak dapet hadiah apa2 kecuali “gelar” dari saya sbg 10 org terganteng di Indonesia. Setelah itu mau mereka ngapain kek, terserah. Mau show, cari aja agen sendiri, bayar sendiri. Mau ngiklan, ya usaha sendiri, kerjasama sendiri. Saya cuma mau ngurusi situs saya tsb. Ya, tentu saja ada kemungkinan 10 pemenang itu akan jadi org terkenal betulan krn situs saya. Tapi itu berkat usaha mereka juga. Saya mah gak urusan, kecuali “menobatkan” mereka. Lah, sapa saya? Kan katanya gak penting toh? Lagian ini kan sudah abad cyber gitu loh. :p

    Kira2 apa respon anda thd saya dan situs saya tsb? Ada yg tertarik mau mendaftar? Kalo ada, ntar saya buatkan beneran situsnya loh! Kayaknya prospektif nih bisnis beginian di Indonesia. Hehehehe… :D

  238. Oh ya, tambahan buat komen saya sebelumnya. Saat saya pasarkan situs saya tsb, saya hembuskan isu2 kedaerahan misalnya jangan sampe org Manado kalah ganteng sama org Jawa misalnya. Dgn cara ini, org Manado akan ber-bondong2 vote SMS finalis dari Manado. Ya biar gak kalah ganteng sama org Jawa. Hehehehe… :D

  239. nih yg mau vote ga pk sms., http://www.new7wonders.com/vote-2 katanya maladewa narik diri, tp itu kok ada masuk 28 besar.. nah loh??

    ini swasta kok bukan pemerintah, bkan pake dana APBN,. udah lah klo pemerintah ga bisa promosiin komodo, biar swasta aja., tp klo dah gini kliatan bgt pemerintah mau diatas pdhl kerjaannya NOL! giliran swasta dah diatas br kbakaran jenggot! tipikal kinerja pemerintah.. jgn2 anda bagian dr pemerintah, pns mungkin :p

  240. “..secara objektif, monumen-monumen lain seperti misalnya Candi Prambanan, Menara Eiffel atau Patung Liberty lebih berhak mendapatkan gelar tersebut.”

    Boleh tau kriteria objektif apa yg dipakai utk menentukan sebuah benda/tempat disebut “keajaiban dunia”?

  241. Perasaan pak Pri sudah nulis diatas, sudah terlanjur basah, malu lah kalau mundur, dari pada ketahuan kena dikadalin. Ibaratnya orang salah alamat waktu resepsi pernikahan, dari pada malu ya sudah duduk saja sampai acara selesai, masak mau bilang maaf saya salah masuk.

  242. Rp 1 perak itung2 sedekah,,
    ga serugi waktu marak2nya pengurangan pulsa oleh provider2 yg tidak bertanggung jawab..
    ckckck

  243. Duit siapa yang heboh siapa.. aneh orang2 indon ini. Semuanya ahli anal isis, semua nya ahli ngoceh, tapi hasilnya NOL besar.

  244. @Priyadi
    FAQ lw masalah yg Rp1 mending ditambah aspek dari CSR alias Corporate social responsibility, uang CSR ini sesuai UU No.25 Tahun 2007 harus disisihkan oleh suatu Perseroan Terbatas , nah disinilah akal2anya

    Biasanya CSR ini dipakai untuk pendidikan, srpt membangun sekolah, tapi ini malah dipakai sbg subsidi Vote komodo yg dari Rp1000 disubsidi jadi Rp 1 dan kemudian disubsidi penuh jadi Gratis

    Jadinya uang CSR yg seharusnya untuk masyarakat langsung, ini malah di HADIAHKAN gratis ke orang asing N7W, dan kalau kita lihat kasus di India, Pihak N7W tidak memeberikan seperserpun uang hasil SMS ke tempat Konservasi,

    jadinya boleh dibilang CSR BUMN sprt Telkomsel ini sudah di Rampok bangsa asing dan bukan untuk Konservasi Komodo

    inilah akal2an nya bro

  245. Sama seperti ketika ada sebuah media memberitakan semur dimasukkan ke dalam buku resep Malaysia

    Banyak orang kita yang merespon secara negatif alias Nasionalisme Tolol, coba lihat buku-2 resep di toko buku di Indonesia bukannya ada resep Capcay, Fuyung Hai, Nasi Kebuli/Kabsa, Martabak India, Kari India, Sirloin Steak, Hamburger, Teriyaki, Tom Yam Kung, Brownies, Muffin apakah China, India, Saudi Arabia, UAE, Qatar, Thailand, Jepang, Amerika dan Inggris pernah teriak-2 GANYANG INDONESIA gara-2 resep makanan mereka dimasukkan dalam buku resep kita

  246. kALAU PEMENANG 7 KEAJAIBAN DUNIA TAHUN 2007 TIDAK BEGITU MENARIK PARIWISATA. KENAPA BANYAK FILM HOLYWOOD YANG MENAYANGKAN TEMPAT” ITU..? ITU ADALAH PROMOSI BESAR” TERUTAMA JIKA FILM YANG DITAYANGKAN ITU BERKUALITAS.

  247. coba liat TV ONE.. byk pakar2 berbicara.. terlepas iseperti yg di bahas diatas, mestinya kita sikapi baik, ambil sisi positifnya, ga ada salahnya vote, toh itu jg untuk kita semua, bangsa sendiri, sapa lagi yg mau dukung bangsa kita kl bukan kita rakyatnya.. knp rasa nasionalisme kita tinggi?? karena skr sudah jarang atau bahkan tidk ada yg bs kita banggakan lagi dr negara kia? olahraga dah hancur.. perekonomian hancur.. mg2 dgn komodo semunya bs lebih baik. oh ya… sya cukup bangga dgn nasionalisme rakyat idonesia, jgnkan buat komodo, kl mau flash back sedikit, buat perang dgn malaysia aja mereka rela ikhlas buang nyawa mereka. saya cukup setuju dgn teori2 yg anda paparkan, tetapi sy jg setuju dgn mendukung komodo, bukannya sy tidak punya pendirian, tetapi sy lebih mengmbil sisi positifnya buat indonesia. berbeda boleh saja, tetapi tidak perlu diperpanjang hingga saling menghina, bukankah berbeda itu indah?? saling mengeluarkan pendapat tp tetep dgn hati yg bersih dan saling bs menerima kekurangan dan kelebihannya…
    so many thanks… maaf kl ada salah2 kata

  248. Thanks KASKUS ( karena link dri kaskus )bsa ketemu ma Om yang atu ini hehehe,,,

    ” SELAMAT OM PRI…

    Sangat amat sangat….
    sebuah wacana luar biasa
    mudah dimengerti
    semoga makin manfaat…

    I LOVE INDONESIA..!!!!!

    makasih buat SieOm yang atu.hehe

  249. klo yg ngirim sms sih gak bakal rugi. tapi, dana pemerintah buat ndukung acara ini dana dari mana? apakah APBN? trus provider juga pasti ngeluarin dana kan? lebih baik dana tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur internet, biar makin cepet :D (asal jgn dikorup)

    bener kata mas priyadi, walaupun komodo nanti menang juara satu toh gak akan berpengaruh apapun. ane malah gak tahu pemenang n7w kemarin siapa. membuktikan bahwa n7w cuma dibuat sama orang iseng yg lagi gak ada kerjaan.

    analoginya sama aja kayak pemilik website yang membuat voting pria paling gendut. apakah hasil votingnya, tentu akan berbeda jika voting juga dibuat orang lain. masalahnya, voting n7w nguras biaya abis dah.

    JK juga sok pahlawan lagi, wkwkkkwwwkwkk.!! biasa, tebar pesona buat pemilu 2014 :D

  250. #380:

    jujur walau ini penipuan International tp klo komodo menang sy ttep Bangga… paling tidak dunia tau melalui Internet bahwa Indonesia masuk 10 besar.

    silakan baca FAQ 17

    #395:

    nih yg mau vote ga pk sms., http://www.new7wonders.com/vote-2 katanya maladewa narik diri, tp itu kok ada masuk 28 besar.. nah loh??

    ceritanya sama dengan indonesia. pemerintah menarik diri, tapi new7wonders gak mendiskualifikasi maladewa. mungkin new7wondersnya takut kehilangan sumber penghasilan :)

    ini swasta kok bukan pemerintah, bkan pake dana APBN,. udah lah klo pemerintah ga bisa promosiin komodo, biar swasta aja., tp klo dah gini kliatan bgt pemerintah mau diatas pdhl kerjaannya NOL! giliran swasta dah diatas br kbakaran jenggot! tipikal kinerja pemerintah.. jgn2 anda bagian dr pemerintah, pns mungkin :p

    bukan PNS :). silakan baca FAQ 3. selain itu ada dana CSR operator yang tadinya bisa dipakai untuk keperluan lain, jadinya malah dipakai untuk kontes gak jelas ini :).

    #398:

    Rp 1 perak itung2 sedekah,,
    ga serugi waktu marak2nya pengurangan pulsa oleh provider2 yg tidak bertanggung jawab..
    ckckck

    silakan baca FAQ nomor 3 :)

    #403:

    terlepas iseperti yg di bahas diatas, mestinya kita sikapi baik, ambil sisi positifnya

    silakan baca FAQ nomor 17.

  251. Seven wonders itu ndak perlu menurut saya, komodo sudah terkenal sejak berpuluh tahun lamanya. Tinggal indonesia aja perlu promosi lebih baik bagus, daripada biaya dihabiskan untuk ikutan vote 7 wonders

  252. om pri tentang faq 12 klo tdk salah yg menjelaskan biaya pendaftaran yg hanya 200 perak dollar rp hehehe digabung sedikit ya.. xD harusx organisasi 7w tidak untung banyak krn jumlah negara didunia tdk sampe angka 2 x lipatx, yah namanya keuntungan harus 2 x lipat kopor xD tapi saya yakin dgn keuntungan tersembunyi lainnya jika dilihat dari segi sosial, politik, hukum juga kalau mereka suka sembunyi2 hehe. Makasih untuk ilmu jendela joharinya moga2 lsm lokat kita juga bisa memanfaatkan ilmu itu untuk apa saja. Semangat om pri.. ;)

  253. http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/03/273326/70/13/Jusuf-Kalla-dan-Komodo-

    pihak n7w sendiri tidak memberi data klasemen sementara. tapi si penulis berita menyatakan kalau komodo berada di posisi 3 klasemen sementara…

    dapat data dari mana…?

    heran, sekelas Media Indonesia dapat menulis berita berantakan seperti itu, tanpa data pendukung serta memasukkan opini dalam badan berita..

    oya, terima kasih atas FAQ serta tautan referensi yang jelas, dari pertama ada kampanye dukung komodo sebagai n7w sudah curiga ada something fishy. apalagi setelah ada kampanye SMS dukung komodo.

  254. MANTAB Pak PRI. Seandainya separuh orang indonesia seperti ini. Hiks Hiks Hiks…

    Untuk yang Mengerti dengan Tulisan Pak Pri, mari berdoa bersama sama agar yang tidak mengerti dan yang tidak sadar menjadi mengerti dan sadar.

    AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNN…………

  255. kebun binatang surabaya saja kita tidak bisa mengurusnya. bagaimana kalau komodo semakin banyak dikunjungi sehingga bisa mengancam habitat asli komodo itu sendiri. realistis saja lah. nice posting mas pri :)

  256. FAQ 20 – kebiasaan orang indon akan mengaitkan apa sahaja dengan negara malaysia walaupun sekadar berita hoax & fitnah. indon sendiri tahu bahawa malaysia tidak pernah memasuki pertandingan bodoh ini dengan meletak biawak sebagai keajaiban dunia. malaysia tidak pernah peduli dengan N7W untuk menarik tourist datang ke malaysia.

  257. 1. Yang punya blog hipster ya, anti mainstream soalnya. :D
    2. Mau gimana juga, kasian komodonya. Temen dikit tidur nggak tenang.
    3. Saya benci dipermainkan. Walaupun dikasih duit kalo ujung-ujungnya dimainin, saya nggak suka.
    4. Mau tulisan ini positif atau negatif, saya tetap suka. Saya senang melihat pendapat dari sisi lain.
    4. Saya masih kasihan sama komodonya. ;A;

  258. Sebelum ada N7W pulau komodo sudah terkenal dimana-mana, dulu waktu saya masih Kuliah di Inggris tahun 2000 di saluran TV kabel Discovery, NGC, Animal Planet sering sekali menayangkan acara tentang hewan purba ini bahkan sampai sekarang saja masih sering

    Orang-2 Bule sudah lebih mengenal Komodo dibandingkan dengan kita, ada yang bilang gara-2 N7W pengunjung pulau Komodo meningkat ? boleh tidak saya minta datanya jadi tidak asal bunyi

    Untuk memperkenalkan pulau Komodo tidak perlulah dengan cara seperti ini masih banyak cara untuk memperkenalkan Komodo pada dunia, dulu saya pernah mengantarkan mahasiswa-2 Universitas Sheffield, South Yorkshire, Inggris untuk berkunjung ke Pulau Komodo untuk melihat Komodo pada habitat aslinya, dari sini saya tahu betapa terkenalnya Komodo di Inggris bahkan satwa ini sudah ada di Chester Zoo, Chesire, UK sejak tahun 1970an dan Chester Zoo ini kalau musim liburan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota di Eropa bukan hanya Inggris saja jadi jangan beranggapan orang eropa tidak tahu Komodo

    Ada satu hewan lagi di negeri kita yang diambang kepunahan dan mungkin anda-2 semua belum pernah tahu atau mendengar yaitu Tarsier/Tarsius Spektrum/Tangkasi, yang hanya bisa dilihat di daerah Tangkoko, Bitung, Sulawesi Utara, dan anehnya lagi yang melakukan konservasi Tangkasi orang bule Perancis bukan orang kita, jadi jangan anggap orang luar tidak tahu hewan langka di Indonesia

    Buat yang teriak-2 Nasionalisme tapi anda sendiri belum pernah ke P Komodo atau membantu konservasi Tangkasi, yayasan N7W jelas telah menipu kita semua secara elegan dengan dalih nasionalisme, toh pulau komodo sudah dimasukkan oleh UNESCO menjadi National Park sejak tahun 1991

  259. *ngakak*
    Duh, saya puyeng baca segitu panjangnya, sama komen-komennya lagi!
    Bisa dibilang saya ini orang yang ketinggalan berita, sampai-sampai baru tau sekarang masalah vote Komodo ini. Well, awalnya sih saya kira nge-vote banyak-banyakan di situs resmi apaaa gitu, supaya kedudukan TNK dari peringkat ke-sekian jadi semakin naik gitu. Eh ternyata di vote pake sms toh. Well, biarpun sms-nya CUMA rp/1 doank per sms, tapi coba diliat dari jumlah yang sms. Jumlah penduduk Indo berdasarkan data yang barusan aja saya googling, desember 2010 aja penduduk Indonesia udah ada 259 Juta lebih! Rp/1 dikali jumlah penduduk Indonesia segitu, uangnya lumayan tuh buat perbaikan infrastruktur kota. Kalo ada yang bilang, ‘alah, kita keluar duit cuma 1 rupiah aja, ada malah yang ga keluar duit! Masa buat pariwisata negara sendiri kamu ga mau ngedukung sih?’ Eits, silahkan baca kembali 2 kalimat sebelumnya kalo begitu =w=. Saya ngutip quote temen saya,”Jadi orang Indonesia itu harus pelit lha, asal ibadah aja yang ga pelit” :P #plak!
    Ditambah lagi, kalo ga salah saya baca di atas, pengiriman sms ke luar negeri-nya aja pake biaya gitu, ya? Kayak biaya subsidi ya? Saya ga ngerti juga sih yang begituan.
    Ah, dan juga, daripada saling tuduh sama saling caci, kenapa tenaga dan waktu ga dihemat buat promosi budaya Indonesia sama teman-teman kita di luar negeri? :D Itu sih saran saya aja… Ga tau caranya? Kreatif donk! #digebukgaragaraberisik

  260. analisis yang di buat secara mendalam,saya pikir analisis semacam ini butuh waktu berhari-hari,bukan 5menit seperti pak JK..

  261. pak pri…harus berterima kasih dengan new7wonders karena akhirnya mas pri tau taman nasional komodo…kalo ngga khan pak pri ngga tau bukan…kita jangan sibuk menganalisa dan sok pintar ;))…panitia dari indonesia khan ngga minta duit anda…tapi meminta bantuan para konglomerat yang bersedia membantu….mereka ngga keberatan kok…anda ngga bunya data lengkap pak…..jadi apapun langkah setiap orang kita harus apresiasi….jangan square mind….kita support apa yang orang ingin lakukan selama untuk komodo….tapi jangan mempengaruhi yg lain…kalo anda tidak vote ke 9818…apa langkah anda buat membantu rakyat NTT ??…..

  262. Dukung Komodo, lemparkan diri anda ke komodo di TNK!
    *cara mudah dukung hidup komodo*
    Heran ini mau bantu komodo apa mau bantu masyarakat NTT sih?

  263. kalaupun komodo menang di New7Wonders, pariwisata ramai, paling yang masuk dan berinvestasi bikin hotel-hotel, resort, dan atraksi pariwisata lainnya adalah pengusaha dari luar NTT yang memang punya modal besar (seperti sebuah grup bisnis dari sulawesi selatan misalnya). penduduk sekitar taman nasional komodo hanya bisa memunguti remah-remah industri pariwisata dgn berjualan buah, suvenir, jadi guide. jadi ekonomi siapa yang meningkat? nasib komodonya sendiri jangan ditanya. wisatawan bawa sampah, ngasih makan sembarangan, membatasi ruang hidup di habitat mereka. mempercepat kepunahan.

  264. Halo pak pri, saya sudah baca argumen anda, saya rasa menarik dan cukup meyakinkan dengan bukti-bukti yang ada…
    Tapi mungkin kita tidak ber hak juga berkata “Tidak!” dengan tegas. Anda tau terkadang orang melihat suatu fenomena sosial dari sudut yang selalu berbeda, karena itu pendapat orang tidak bisa dipaksakan, seperti anda yang tidak bisa dipaksa untuk mendukung komodo.
    Saya sendiri melihat masalah Komodo ini bukan dari 7SW nya sendiri. Anda bilang bahwa ini hanyalah suatu nasionalisme buta yang ada di posisi 2. Tapi menurut saya orang Indonesia sendiri kebanyakan adalah orang” yang gak ngerti nasionalisme bahkan gak peduli (di posisi 3 atau 4) jadi udah bisa naik ke posisi 2 karena pengaruh komodo saja sudah merupakan kemajuan. Tidak semua orang bisa untuk maju ke no 1 tanpa melalui tahap yang ke 2.
    Kita akan semakin kritis dan berkembang seiring kemajuan kita, mungkin kita harus ditipu dulu untuk bisa maju, seperti harus ada bencana alam dulu sebelum kita bisa tahu cara mengatasi bencana itu dikemudian hari. Semuanya butuh pengorbanan~ =)

  265. banyak org yg bilang, “drpd buang2 uang u/ kirim sms walo cm 1 rp mending uangnya buat org miskin, mending buat konservasi lingkungan dan mending2 yg laennya”

    skrg masalahnya, kalo ngga kirim sms, apa yakin hal2 “mendingan yg laen” td itu pasti dilakukan? kalo ngga dilakukan juga kan sama aja ngga nglakukan apa2, dan bahkan lebih buruk dr yang katanya “pembodohan via sms”

    ibaratnya, hal B mungkin lebih baik dari hal A
    tapi kalo hal B nya sendiri ngga dilakukan, dan cm sibuk koar2 “A itu jelek/bodoh” ya sama aja NOL BESAR !! karna ngga menghasilkan apa2.

    juz imho

  266. inilah negeri ini yang katanya ingin terlepas dari keterbatasan untuk berekspresi saat zaman orde baru dan nyatanya sekarang tidak jauh bedanya,
    terima kasih mas Pri, sudah memberikan data dan fakta tentang masalah ini
    marilah kita sama-sama berbesar hati dan membuka wawasan kita, membaca sampai selesai, memikirkannya dalam-dalam,

  267. untung aja ngga sempet sms… salut postingannya lengkap. bikin melek mata ttg penipuan intelek… Indonesia memang kudu siap kroscek kalo ada event2 gt lagi…!!!

  268. dunia ini indah bila dapat menerima adanya yang Pro dan Kontra, tergantung kita sendiri yang menyikapi. Btw, terima kasih buat pemaparannya, sy awalnya cuma bisa ngomong ga setuju aja dengan vote via sms tapi dengan alasannya yang seadanya. Salut dengan pak pri yang secara bijak menyikapi & menanggapi komentar2. Thanks

  269. Terus terang, ……. saya lebih suka kalo’ pulau Komodo ditutup saja dari kunjungan wisatawan, yang diperbolehkan mengunjungi hanya peneliti dan akademisi, yang diseleksi secara ketat.

  270. keren bro/pak analisisnya..

    tapi inget pak, setiap orang memiliki pandangan/sudut yg berbeda dalam menilai suatu “masalah”. Terkadang pendapat/pandangan orang tersebut tidak bisa diubah begitu saja, apalagi orang2 pintar seperti pak priyadi…dan orang2 pintar lainnya di Indonesia, seperti pak JK dan pak ambasador di swiss.

    Makin pintar seseorang, makin susah pula untuk “mem-persuade”nya dan sebaliknya.

  271. gw cenderung sependapat sama bro priyadi. tapi gw ga merasa ada di kuadran 2. gw ada di kuadran 4 malahan. gw bakal nasionalis klo pemerintahan negeri kita teratur, bkn korup sana sini. maaf2, gw merasa ga respect sama negeri sendiri. tapi klo utk SDA seperti pulau komodo, gw cuman bisa ikut bangga aja, support okelah, tp ga begini2 bgt. :)

  272. Oke, sekarang Komodo masuk 7 keajaiban dunia……………………..sementara.

    Then what???

    Pestanya bubar saudara-saudara. Silahkan pulang ke rumah masing-masing dengan meninggalkan sampah berserakan di mana-mana.

    Bye……………..

  273. bagi saya yang awam…, saya merasa tidak perlu mengirim SMS walaupun itu gratis samasekali. tidak ada perlunya dikontes-kontesin karena sudah jelas bahwa komodo memang cuma satu-satunya di Indonesia. Negara hanya perlu menggiatkan iklan disemua media baik dalam maupun luar negeri dan itu sudah pasti akan banyak mendatangkan wisatawan.

  274. Udah pada tw khan kalo new7wonders cuma dibekingi perusahaan kecil?
    Terus elu2 n gue2 yg tergolong orang kecil bsa nglakuin hal yg sama nggak???

    Yg dijual new7wonder itu cuma promosi, tapi punya sensasi yg mendunia. Wjar dpet SPONSOR.
    Buang2 duit? Ketipu? Nasionalisme dimanfaatkan? Ahh sama aja kayak ente2 yg dmen buang2 duit bwt nntn konser2 idiot band2 luar negri, lbh tolol lagi mlh tuh. Toh g da yg nysel, mlh pd seneng ksh duit ke kapitalis2 itu. Padahal efeknya sndiri ga tralu berasa bwt negara (elmnt masy. Lain.) ada, tapi ga jwh di bwh new7wnder.

    Ok, yg lalu biar berlalu. Mulai skrg, simpan bualan2 n tulisan2 tolol kita. Segera bekerja, tulis objek2 wisata di skitar anda, DAN MARI MEMBUAT SENSASI!!!

  275. Udah pada tw khan kalo new7wonders cuma dibekingi perusahaan kecil?
    Terus elu2 n gue2 yg tergolong orang kecil bsa nglakuin hal yg sama nggak???

    Yg dijual new7wonder itu cuma promosi, tapi punya sensasi yg mendunia. Wjar dpet SPONSOR.
    Buang2 duit? Ketipu? Nasionalisme dimanfaatkan? Ahh sama aja kayak ente2 yg dmen buang2 duit bwt nntn konser2 idiot band2 luar negri, lbh tolol lagi mlh tuh. Toh g da yg nysel, mlh pd seneng ksh duit ke kapitalis2 itu. Padahal efeknya sndiri ga tralu berasa bwt negara (elmnt masy. Lain.) ada, tapi jwh di bwh new7wnder.

    Ok, yg lalu biar berlalu. Mulai skrg, simpan bualan2 n tulisan2 tolol kita. Segera bekerja, tulis objek2 wisata di skitar anda, DAN MARI MEMBUAT SENSASI!!!

  276. Postingan ini sangat tidak membangun kreatifitas. Sinis dan naif sekali pemikirannya. Pemikiran negatif dan selalu memikirkan efek dari satu sisi memang tidak selalu bagus. Sayang sekali kredibilitas blog ini dipertaruhkan untuk urusan yang sebenarnya bukan hal baru lagi. Kalau mau kritik, silakan kritik media-media kita, khususnya majalah-majalah motivasi yang masih suka ‘onani’ dengan membuat berbagai award dan jualan mimpi. Artikel ini sangt dangkal pola pemikirannya. Analisnya tidak tajam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *