29 January 2006

Pertemuan Penulis Blog di Markas Detikcom

Posted under: at 01:00

Kemarin saya diundang untuk menghadiri pertemuan antara beberapa penulis blog di markas Detikcom. Saya sendiri terlambat datang, baru sampai di tempat sekitar pukul 14.00 padahal acara dijadwalkan dimulai pukul 12.00. Sampai di sana ternyata sudah berkumpul rekan-rekan penulis blog baik dari berbagai macam komunitas: Blogfam, Blogbugs, Loenpia, ID-Gmail, Merdeka, Blog Indosiar dan tentunya juga ada rekan-rekan yang datang atas nama pribadi serta tuan rumah dari DetikInet.

DonnyBU yang membuka acara seraya berkali-kali menegaskan bahwa acara ini bukan untuk membicarakan Detik. Tapi ternyata memang sulit melepaskan topik tentang Detik. Saya misalnya, menanyakan tentang kolom News From Blog, apakah sudah ada respon dari pembaca. Ternyata belum, tetapi sejak beberapa hari terakhir DetikInet memiliki fasilitas komentar yang memungkinkan pembaca mengomentari artikel apapun di DetikInet.

Diskusi kemudian cepat bergerak ke arah bagaimana caranya untuk memperkenalkan media blog ke kalangan yang belum terjamah blog. Ternyata rekan-rekan sudah banyak melakukan hal-hal yang ke arah itu. Rekan-rekan dari Indosiar misalnya, mereka kini sedang menyosialisasikan kegiatan Indosiar Blog Awards 2006. Indosiar juga memiliki rencana untuk turun gunung ke SMP dan SMA untuk memperkenalkan media baru ini.

Hal-hal lain yang disampaikan adalah bahwa komunitas Blogfam (kalau tidak salah) akan meluncurkan majalah online tentang blog minggu depan. Selain itu Herry juga mempromosikan agregator Merdeka.or.id yang bertujuan untuk mengumpulkan blog-blog berkualitas.

Untuk mendukung promosi media blog, akan dibuat sebuah situs definitif tentang blog yang berbasis wiki. Nantinya situs ini akan dipromosikan kepada pihak-pihak yang ingin mencoba menulis di blog, menggunakan layanan blog atau hanya sekadar ingin tahu definisi blog. Rasanya saya yang ditunjuk untuk menangani hal ini, mungkin ada yang punya ide apa nama domain yang cocok untuk keperluan ini?

Pihak DetikInet juga berjanji akan akomodatif terhadap usaha-usaha untuk memopulerkan blog ini. Salah satunya mungkin dengan cara menempatkan kolom “News from Blog” ke tempat yang lebih ramai dan dengan membuat taut ke situs definitif blog pada setiap halaman ‘News from Blog’. Selain itu, kolom “News from Blog” juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas blog yang ingin memublikasikan kegiatan-kegiatannya, hanya saja DetikInet meminta agar diinformasikan jika ada kegiatan-kegiatan tersebut.

Saya terkesan dengan semangat rekan-rekan penulis blog yang hadir. Ada yang datang dari Semarang. Ada yang datang dari Bandung pulang pergi hanya untuk menghadiri acara ini. Ada yang sudah datang sejak jam 11. Banyak yang sudah mengadakan kegiatan-kegiatan tentang blog. Jadi malu karena saya terlambat 2 jam :). Rasanya semua sepakat bahwa blog adalah tren, tapi bukan tren sesaat™. Dan kita semua akan menjadikan blog sebagai sesuatu yang lebih besar lagi.

Tulisan terkait:

61 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!